Home » Burung » Harga Burung Parkit

Harga Burung Parkit

5
(3)

Sudah tahu mengenai burung parkit? Berapa kah harga burung parkit ini? Yuk ketahui seputar harga burung parkit.

Parkit atau Parakeet adalah jenis burung yang memiliki banyak warna yang indah dan mempesona. Dengan keindahan warna tersebut, banyak pecinta burung tertarik untuk memelihara burung parkit ini.

Burung ini dapat dijumpai di pasar hewan atau pasar burung, harga jualnya pun tergolong terjangkau. Namun untuk beberapa parkit memiliki harga yang cukup mahal. Karena beberapa jenis dari parkit ini dapat berbicara layaknya kata-kata manusia di sekitarnya.

Bagi kamu ingin berencana memelihara burung ini, tidak perlu ragu dalam hal perawatan, karena cukup mudah. Berikut penjelasan beberapa informasi seputar parkit yang bisa kamu ketahui.

Apa Itu Burung Parkit?

Burung parkit adalah jenis burung kicau yang memiliki suara merdu dan juga warna bulu yang indah, jenis burung ini tergolong kedalam burung paruh bengkok.

Salah satu keunikan dari burung parkit adalah tingkat kecerdasannya yang tinggi, umumnya burung ini memiliki warna hijau yang di selingi dengan warna kuning dan hitam.

Namun kini warna burung parkit semakin bervariasi seperti biru, kuning, abu-abu, dan kombinasi hasil penangkaran.

Untuk jenis burung parkit juga bervariasi, berikut ini beberapa jenis burung parkit populer yang sering dipelihara.

Jenis Jenis Burung Parkit

Sama dengan jenis burung lainnya, parkit juga terdapat beragam jenisnya, secara umum jenis parkit ini berasal dari tempat atau habitat aslinya, berikut ini daftar jenisnya.

1. Parkit Australia

harga burung parkit australia

Burung parkit australia berasal dari negara Australia, mempunyai ciri yang mudah dikenali, yaitu jambul pada kepalanya yang berwarna kuning, untuk ukuran badan cenderung lebih besar, warna parkit australia ini beragam seperti silver, albino, lutino, white dan lainnya.

Range harga burung parkit australia: Rp 600.000 - Rp 1.500.000

2. Parkit Holland

parkit holland

Parkit holland adalah parkit yang berasal dari Belanda, memiliki warna yang cerah dan bulu yang lembut, salah satu perbedaan yang paling mencolok dengan parkit lokal adalah parkit holland memiliki ukuran badan yang besar.

 Range harga burung parkit holland: Rp 500.000 - Rp 1.000.000 

3. Parkit Lokal

Burung Parkit Lokal

Sesuai dengan namanya, jenis parkit ini sangat mudah dijumpai di pasar burung, karakteristik dari parkit lokal adalah tubuhnya yang kecil jika dibandingkan dengan parkit australia ataupun parkit holland. Parkit lokal juga memiliki harga yang lebih terjangkau.

 Range harga burung parkit lokal: Rp 50.000 - Rp 150.000 

Selengkapnya mengenai burung parkit bisa kamu baca pada artikel seputar hal burung parkit dan berbagai jenis-jenisnya. Baca Juga Parkit Rosella, Si cantik yang pintar bersiul

Untuk daftar harga burung parkit yang lebih lengkap dapat dilihat pada tabel berikut ini.

harga burung parkit

Daftar Harga Burung Parkit Lengkap Terbaru

Jenis Burung ParkitHarga
Anakan Lutino Parkit Australia Mata Merah perRp590.000
Anakan Parkit Australia per EkorRp570.000
Burung Parkit Holland per EkorRp520.000
Indukan Lutino Parkit Australia Mata Merah SepasangRp1.550.000
Indukan Parkit Australia SepasangRp1.450.000
Indukan Parkit Holland SepasangRp930.000
Parkit Lokal Lutino/Albino SepasangRp210.000
Parkit Lokal Warna Hijau SepasangRp120.000
Parkit Lokal Warna Non Hijau SepasangRp160.000

Cara Merawat Burung Parkit

harga burung parkit

Berbincang mengenai perawatan, burung ini sangat mudah untuk dirawat, yang pasti kamu perlu menyediakan lingkungan yang bersih dan pakan yang baik untuk si burung. Nah berikut ini tata cara memelihara burung parkit.

1. Merawat Sesuai Jenis Parkit

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah jenis burung, karena setiap jenis burung memiliki karakteristik yang berbeda dan perawatan yang berbeda pula. Jadi pahami jenis nya terlebih dahulu agar tidak salah perawatan.

2. Menjaga Kebersihan Kandang

Sama halnya dengan jenis burung lain, cara merawat parkit yang penting adalah dengan selalu memperhatikan kebersihan kandangnya minimal tiga kali dalam seminggu.

Namun jika kamu memiliki banyak waktu tidak salah jika membersihkan kandang setiap hari. Tujuannya adalah agar parkit terbebas dari serangan virus dan kuman yang dapat mengganggu kesehatan, tentunya mencegah lebih baik dibanding mengobati.

3. Memberi Makanan Bergizi

Berikutnya hal yang perlu diperhatikan adalah makanan burung parkit, berikan makanan yang bergizi. Umumnya makanan burung parkit mudah untuk didapatkan.

Beberapa jenis makanan burung parkit seperti:

  • canary seeds
  • millet merah dan putih
  • sayuran
  • dan buah-buahan

Namun jenis yang paling disukai adalah jenis pakan biji-bijian.

4. Pemberian Vitamin

Terkesan tidak penting, vitamin adalah salah satu faktor penting yang membuat parkit terbebas dari berbagai serangan penyakit. Seperti yang diketahui, burung adalah jenis hewan yang rentan terkena penyakit, maka untuk mengantisipasi hal tersebut vitamin adalah hal yang perlu diberikan dalam perawatan burung.

Itulah hal terkait harga burung parkit yang bisa kamu ketahui, berikut ini adalah daftar artikel terkait dari burung parkit.

Seberapa Manfaat Artikel Ini?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 3

Share on:

Pekerja dan Pelajar yang suka dan tertarik seputar hal-hal teknologi, selain itu saya juga suka hal-hal tentang hewan. Hewan yang saya pelihara antara lain seperti burung lovebird, ikan cupang, dan kucing.

Tinggalkan komentar