Burung Parkit

Jenis Burung Parkit

jenis burung parkit

Download E-Book Gratis Dari Satria Hewan

Mengenal Burung Parkit

 

 

Sedikit kita ulas tentang sejarah burung parkit, Shaw adalah seorang penulis buku Zoologi of New Holland dia memberi nama burung parkit dengan sebutan Melopsittacus Undulates nama ini berasal dari bahasa yunani yang memiliki arti melos yang artinya nyanyian dan psittacua yang merupakan sebutan bagi keluarga betet.

Di Indonesia juga sudah ada burung parkit dan banyak orang Indonesia yang menyukai burung parkit ini karena burung parkit ini memiliki beragam banyak warna, tidak hanya warna parkit juga bisa meniru suara burung lain lohh….

Habitat burung parkit sendiri biasanya sering dijumpai di hutan atau di daerah savana, hidup burung parkit pada habitat alam liar ini biasanya bergerombol atau koloni. Burung parkit pemakan biji bijian dan sayuran seperti milet, padi,kenari seed , jewawut, beras merah, dan untuk sayuran biasanya memakan jagung muda, kangkung , brokoli dan lain sebagainya.

Baca Juga : 10 Hewan Peliharaan Lucu dan Murah, Recommended!

Kalian pasti tau burung paruh bengkok masih termasuk dalam keluarga burung yang cerdas, kenapa? Karena burung paruh bengkok mudah untuk di latih dan di jinakan seperti dilatih belajar trik, dilepas di dalam rumah dan bahkan sampai ada yang melatih untuk ff (free fly) yaitu di lepaskan untuk terbang dan nanti jika di panggil akan balik lagi kepada pemiliknya biasanya memanggilnya menggunakan peluit , dan juga parkit pintar dalam menirukan suara burung lain. Parkit juga masih dalam keluarga paruh bengkok.

Parkit juga memiliki banyak jenis dan beragam warna apa saja jenis burung parkit? Mari kita pelajari.

 

 

Jenis-jenis parkit :

 

1. Parkit lokal

 

parkit lokal

 

Jenis ini sangat mudah di temukan jika kita pergi ke pasar atau ke penjual burung pasti masih banyak yang menjual jenis parkit lokal ini, parkit lokal ini juga mudah di pelihara maka tak heran banyak orang yang memilikinya untuk dijadikan burung kicauan ataupun di budidayakan.

Entah benar atau tidak katanya parkit lokal ini berasal dari Indonesia, atau hanya saja di Indonesia yang paling banyak yang menangkarnya.

Harga yang tidak terlalu tinggi juga bisa menjadi alasan kenapa di Indonesia banyak yang menangkarnya. Walaupun jenis parkit lokal harganya tidak terlalu tinggi atau bisa kita bilang murah tetapi warna dan wajahnya tidak kalah lucu dengan jenis parkit lainnya.

Kalian bisa baca artikel di bawah ini tentang seputar pertanyaan burung parkit

Baca : 16 Pertanyaan Umum tentang Burung Parkit

 

2. Parkit Lutino/mata merah

 

lutino juara

 

Ciri-ciri jenis parkit ini juga sama dengan parkit lokal hanya perbedaanya di mata. Karena parkit lutino memiliki mata merah berbeda dengan parkit lokal yang memiliki mata hitam biasa. Parkit Lutino sendiri memiliki harga yang cukup lumayan daripada harga parkit lokal. ini dikarenakan warna nya yang khas pada matanya. Untuk harga satuannya burung parkit ini bisa mencapai Rp 200.000,-.

Ciri khusus pada parkit lutino ini adalah warna tubuh yang kuning, mata yang merah dan tubuh burung yang sedikit lebih besar dari parkit lokal. Parkit lutino memiliki bulu yang lembut dan indah walaupun hanya satu warna.

 

3. Parkit Albino

 

parkit albino

 

Jenis ini juga sama memiliki ciri-ciri seperti jenis parkit lokal dan lutino,bedanya parkit albino hanya mempunyai warna yang putih polos saja. Sama seperti parkit lutino parkit albino ini memiliki mata merah juga. Harganya juga bagus sekitar Rp 180.000,00 – Rp 200.000,00.

Dapatkan Tutorial Internet Marketing Dari Kami 

Ciri umum yang dimiliki parkit albino ini adalah warna bulu yang ia miliki putih polos bersih tanpa corak, warna paruh yang putih dan mata yang merah. Pada kegelapan mata tersebut seakan akan menyala.

 

4. Parkit Australia

 

burung parkit australia

 

Jenis parkit selanjutnya parkit Australia. Jenis ini masih termasuk keluarga burung kakatua yang endemik Australia.

banyak orang yang mengangap burung ini sebagai burung beo jambul atau kakatua kecil tetapi seorang peneliti menilai bahwa jenis ini mempunyai subfamily sendiri,oleh karena itu burung ini di klarifikasikan sebagai burung terkecil dalam keluarga kakatua.

Baca Juga : Jenis Burung Parkit Australia dan Harganya 

Terdapat beberapa jenis warna pada burung ini yaitu albino,cinnamon,lutino,domain silver,white face dan lain-lainya. Ciri khas pada burung ini adalah memiliki jambul di atas kepalanya dan tompel merah pada pipinya.

 

5. Parkit Holland

 

parakeet

 

Jenis parkit ini sangat populer di dunia terutama di jepang dan korea mengapa ? disana banyak yang memelihara jenis ini tetapi memeliharanya hanya di lepas di dalam rumah dan dibiarkan berkeliaran di sekitar kandang, jenis parkit ini berasal dari Belanda.

Ciri-ciri parkit holland yaitu memiliki ukuran badan yang lebih besar di bandingkan parkit lokal,selain itu jenis ini lebih memiliki banyak warna yang bervariasi.

Baca Juga : Mengenal Parkit Holland Lebih Dekat 

Jenis ini agak susah beradaptasi di Indonesia karena faktor suhu dan cuaca yang berbeda dari asal burung tersebut.

 

6. Parkit Taiwan

 

jenis burung parkit

 

Jenis parkit ini di kabarkan dari negara Taiwan. Jenis ini hampir sama dengan jenis parkit lokal, perbedaanya hanya pada postur tubuhnya saja.

 

Baca Juga : Macam – Macam Penyakit Burung Paruh Bengkok

Parkit taiwan memiliki bentuk tubuh yang sama dengan parkit holland, hanya saja parkit taiwan ini lebih cepat beradaptasi di daerah tropis seperti di indonesia, berbeda dengan parkit holland yang sangat sensitive terhadap perubahan suhu, walaupun suhu hanya berubah sedikit ini bisa mempengaruhi daya tahan tubuh parkit holland.

Harga parkit taiwan sendiri cukup mendekati dengan harga parkit lokal sekitar Rp 125.000,00 – Rp 250.000,00

 

7. Parkit Rosella

 

Jenis parkit rosella

 

Jenis ini sangat di gemari oleh negara-negara asing , parkit jenis ini berasal dari Australia. Burung ini memilk warna sangat cantik dan suaranya pun juga sangat bagus. Namun jika kamu memelihara parkit rosella kamu harus sering berinteraksi dengan si burung, ini dikarenakan karakter parkit rosella yang sedikit bandel, jika kamu jarang sekali berinteraksi dengan siburung, ini bisa menyebabkan parkit rosella mu menjadi liar karakternya.

Jika kamu berniat menangkarkan burung ini maka peliharalah dengan perawatan yang bagus sehingga mereka bisa hidup lebih lama karena burung ini adalah jenis burung import. Parkit rosella ini mampu bertahan hidup dengan kondisi yang baik sekitar 20 tahun.

Di alam liar sendiri parkit rosela memakan larva, bunga, buah, dan biji-biijian. Maka apabila kamu punya parkit jenis ini sediakanlah beberapa kombinasi makanan yang ia sukai.

Parkit Rosella ini masih salah satu dari enam spesies burung Genus Platycercus yaitu :

  • Northern Rosella (Platycercus venustus)
  • Eastren Rosella (Platycercus eximus)
  • Westren Rosella (Platycercus icterotis)
  • Crimson Rosella (Platycercus elegans)
  • Pale-headed Rosella (Platycercus adscitus)
  • Green Rosella (Platycercus caledonicus)

Selain itu parkit rosella ternyata dibagi menjadi beberapa sub spesies.

Kalian bisa melihat lengkapnya di link ini :
Burung Parkit Rosella Si Burung Cantik

yapp.. itu tadi informasi tentang jenis jenis burung parkit, semoga bermanfaat. TerimaKasih

Baca Juga : Jenis-Jenis Burung Lovebird, Lengkap !

 

 

Pencarian Parkit Terbaru :

  • cara menjinakan burung parkit
  • burung parkit
  • jenis burung parkit
  • burung parkit australia
  • parakeet
  • budgie
  • jenis parkit
  • gambar burung parkit
  • Cara berternak parkit

About author

“Semangatlah dalam hal yang bermanfaat untukmu, minta tolonglah pada Allah, dan jangan malas (patah semangat).”
Related posts
BurungBurung Parkit

Mutasi Warna Burung Parkit

BurungBurung Parkit

Makanan Burung Parkit Yang Dilarang

BurungBurung Parkit

Makanan Burung Parkit Yang Baik

BurungBurung Parkit

Mengenal Parkit Rosella

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *