Parkit Rosella

Parkit Rosella (Platycercus eximius) adalah jenis burung parkit import yang banyak disukai, karena memiliki warna yang cerah dan indah, serta pintar bersiul.

Berikut ulasan seputar burung parkit rosella secara lengkap, mulai dari jenis, hingga perawatan.

Burung Rosella masih merupakan keluarga burung paruh bengkok, meskipun begitu ternyata burung rosella ini memiliki kelebihan, yaitu pintar dalam bersiul dan menirukan suara.

Apabila dilatih dengan benar burung rosella akan menghasilkan suara yang khas, suara burung rosella sendiri lebih mirip seperti bunyi burung cockataeil, selain itu parkit rosella juga dapat menirukan suara layaknya manusia.

Namun ia lebih suka bersiul dari pada bersuara layaknya burung nuri dan burung beo ataupun burung kakatua.

Mengenal Burung Parkit Rosella

Parkit rosella adalah salah satu jenis burung parkit yang memiliki bulu yang indah, warnanya merah terang, mutasi warna nya juga sangat banyak.

Berbicara perihal mutasi warna pada burung parkit, ternyata terdapat banyak sekali mutasi yang dihasilkan dari hasil perkawinan silang, berikut ulasan lengkap seputar mutasi warna burung parkit.

Jika kamu ingin melatih burung rosella menjadi burung yang bisa free fly atau terbang bebas, pilihlah yang usianya masih muda atau anakan, ini akan mempermudah memproses penjinakan.

Berbeda dengan parkit holland yang sulit untuk beradaptasi, rosella malah lebih mudah untuk beradaptasi, bahkan saat ini sudah banyak yang mampu menangkarnya.

Penangkaran atau pengembangbiakan burung parkit rosella hampir sama dengan jenis burung parkit lainnya.

Makanan dari burung ini juga sama dengan parkit lainnya yaitu canary seed, millet, beras merah dan lainnya.

Karena burung parkit adalah burung yang suka mengasah paruhnya sebaiknya sediakan mainan atapun kayu yang lunak untuk di jadikan bahan kunyah mereka.

Ini bertujuan agar burung tidak memiliki perilaku mencabuti bulunya sendiri, karakter yang dimiliki burung parkit rosella ini cenderung lebih aktif dari jenis parkit lainnya, dan parkit rosella ini sangat menyukai mandi.

Jadi, apabila ingin berternak burung rosella, sebaiknya beri tempat yang dapat di gunakan untuk mandi oleh burung rosella.

Di habitat aslinya burung rosella ini suka sekali dengan pohon yang berlubang, pohon berlubang ini dijadikan sebagai tempat tinggal burung rosella ini. Nah jangan lupa juga untuk menaruh sarang di kandang sebagai tempat bagi parkit ya.

Perbedaan Kelamin Jantan Dan Betina

Cara membedakan jenis kelamin burung rosella jantan dan betina juga tidak terlalu sulit untuk dilakukan, parkit rosella jantan pada bagian kepalanya memiliki warna merah yang sangat cerah, sedangkan untuk betina memiliki warna yang sedikit lebih kusam.

Perbedaan Jenis kelamin parkit rosella

Selain warna bisa juga dengan melihat paruhnya, untuk paruhnya parkit rosella jantan memiliki pangkal paruh yang lebih besar dari parkit betina.

Atau bisa juga melihat ukuran body parkit jantan dan betina. Untuk parkit betina biasanya memiliki ukuran yang lebih besar.

Rosella juga terkenal sebagai burung yang penyayang terhadap anak-anaknya baik parkit jantan maupun parkit betina, ia sangat peduli kepada anaknya.

Parkit jantan akan mencari makanan dan memberi makanan kepada parkit betina sedangkan parkit betina akan menjaga telur-telur nya hingga menetas dan akan merawat anakannya sekitar 35 hari.

Perlu di ketahui juga jika ingin memelihara burung rosella ini sebaiknya sering seringlah memperhatikannya, sebab jika burung rosella tidak di perhatikan maka ia akan berubah karakternya menjadi agresif dan sangat liar.

Cara Merawat

Parkit Rosella adalah jenis burung yang memiliki karakter jinak dan mudah tenang, oleh karena itu merawat Burung rosella ini juga tidak terlalu sulit seperti parkit holland.

Oleh karena itu burung paruh bengkok satu ini juga jadi rekomendasi sebagai jenis burung parkit yang di tangkarkan.

Jika ingin menangkarkan burung ini cukup buatkan kandang penangkaran saja, untuk makanannya juga terbilang mudah didapatkan seperti biji-bijian, sayuran, buah-buahan, nektar dan kadang bisa di beri serangga kecil.

Jika ingin membuat si Rosella menjadi pintar bersiul cobalah untuk melatihnya dengan cara memberinya contoh siulan siulan burung lain, atau sering disebut dengan pemasteran.

Burung ini pintar dalam menirukan suara, dan suaranya khas yaitu ngekek burung parkit.

untuk makanan burung agar gacor kamu dapat membuat Egg Food untuk burung, egg food ini sangat cocok untuk burung kicau seperti kenari, Lovebird dan lainnya.

Jenis Burung Parkit Rosella

Burung Rosella sendiri memiliki macam macam jenis dan jenis yang populer ada 6 yaitu:

a. Northern Rosella ( Platycercus Venustus)

Parkit Rosella
Northern Rosella

b. Eastern Rosella ( Platycercus Excimus)

Eastern Rosella
Eastern Rosella

c. Western Rosella (Platycercus icterotis)

Western Rosella
Western Rosella

d. Crimson Rosella (Platycercus Elegans)

Platycercus Elegans
Crimson Rosella

e. Pale Headed Rosella (Platycercus Adscitus)

Platycercus Adscitus
Pale-Headed Rosella

f. Green Rosella (Platycercus caledonicus)

Platycercus caledonicus
Green Rosella

Dan jenis burung rosella ini di bagi menjadi 2 yaitu jenis burung rosella dengan pipi biru dan jenis burung rosella dengan pipi putih.

Jenis Parkit Rosella Dengan Pipi Biru

  • Yellow Rosella
  • Adelaide Rosella
  • Crimson Rosella
  • Green Rosella
  • Blue Cheeked Rosella

Jenis Parkit Rosella Dengan Pipi Putih

  • Eastern Rosella
  • Northern Rosella
  • Pale Headed Rosella
  • Tasmania Eastern Rosella
  • Western Rosella
  • Red Checked Western Rosella

Dari jenis jenis di atas ternyata masih di bagi lagi menjadi sub-spesies, berikut ini adalah daftar sub spesies parkit rosella:

Crimson Rosella memiliki 3 sub spesies :  

  • Adelaide Rosella P. e. adelaide
  • Crimson Rosella P. e. nigrescens
  • Yellow Rosella P. e. flaveolus

Estern Rosella memiliki 2 sub spesies

  • Tasmanian Estern Rosella P. e. diemensis
  • Golden Mantled Rosella P. e. cecilae

Blue Cheeked Rosella memiliki 1 sub spesies 

  • Pale Headed Rosella Pa palliceps

Western Rosella memiliki 1 sub spesies  

  • Red Checmed Western Rosella P. i. xanthogenys

Northern Rosella memiliki 1 sub spesies  

  • Northern Rosella P. e. Hilli

Green Rosella tidak memiliki sub spesies.      

parkit rosella
Parkit Rosella

Nah, dari jenis jenis rosella di atas, jenis Estern Rosella merupakan rosella paling populer untuk di jadikan peliharaan ataupun hewan ternak.

Dan untuk jenis estern rosella memiliki harga yang berkisar antara Rp 300.000,- hingga Rp 400.000,- untuk anakannya.

Jika sudah usia dewasa harganya dapat mencapai Rp 500.000,- hingga Rp 1.000.000,- lebih, apalagi jika burung nya jinak dan pintar bersiul pasti melambung harganya.

Itulah tentang parkit rosella, semoga bermanfaat.

Terima Kasih.


About Naufal Rasyada

Pekerja dan Pelajar yang suka dan tertarik seputar hal-hal teknologi, selain itu saya juga suka hal-hal tentang hewan. Hewan yang saya pelihara antara lain seperti burung lovebird, ikan cupang, dan kucing.

Tinggalkan komentar