Home » Burung » Harga Burung Robin

Harga Burung Robin

4.5
(213)

Kini sudah banyak sekali jenis burung kicau yang tersebar di wilayah Indonesia. Diantarnay seperti burung murai batu, kenari, parkit, lovebird, dan lainnya, termasuk burung robin, berikut pembahasan mengenai jenis dan harga burung robin.

Mengenal Burung Robin

Indonesia dikenal sebagai tempat dengan fauna yang beragam, termasuk jenis burungnya, dan tentunya hal ini menjadi surga tersendiri bagi para kicau mania.

Bagaimana tidak, hampir seluruh jenis burung memberikan suara yang indah dan khas sesuai dengan karakteristik masing-masing.

Salah satunya adalah burung robin, burung ini terkenal dan sangat populer di tahun 90-an, dan menjadikannya primadona karena memiliki suara yang unik dan warnanya yang indah.

Maka, banyak dari kicau mania yang ingin memeliharanya, akan tetapi harga burung robin cukup tinggi, baik dulu ataupun saat sekarang ini.

Hal ini dikarenakan burung robin merupakan burung import yang berasal dari China.

Burung robin juga termasuk langka dan sulit untuk dijumpai. Hal ini berkaitan dengan kebijakan pemerintah yang semakin ketat dalam mengatur import burung.

Walaupun sudah dilakukan pengembangbiakan, namun hasilnya masih terbatas, maka tidak heran jika harga burung robin dipasaran cukup mahal.

Meskipun begitu, harga yang tinggi menjadi sepadan dengan performa dari burung ini. Ketika dalam keadaan fit, burung robin dapat memberikan tampilan yang indah, dari menampilkan kicauan dan tarian yang gesit serta lincah.

Burung robin juga sangat baik dalam melakuakn adaptasi terhadap lingkungan baru, meskipun dibawa jauh dari habitat aslinya burung robin dapat bertahan untuk hidup, dengan begitu dapat dikatakan jika burung ini memiliki mental dan fisik yang kuat.

Apabila tertarik memelihara burung dengan nama latin Leiothrix Lutea ini ada baiknya melakukan pertimbangan terlebih dahulu.

Salah satu pertimbangan yang sangat penting adalah hal yang berkaitan dengan harga burung robin. Berikut penjabarannya.

  • Burung Robin Gacor
harga burung robin

Burung robin dikenal sebagai burung kicau dengan suara yang orisinal dan tidak mudah untuk meniru suara burung lainnya.

Ketika sudah pandai berkicau gacor maka suaranya akan terdengar sangat merdu dan melengking.

Untuk harga burung robin gacor sendiri cukup tinggi dan tentunya lebih mahal dari harga anakannya, yaitu berkisar antara Rp 1.000.000,-.

Apalagi ketika burung sudah pernah dan memenangkan kontes, maka harganya dapat melambung tinggi.

  • Burung Robin Jawa
harga burung robin

Jenis burung robin yang mempunyai ciri khas yang indah dan menawan adalah burung robin jawa. Meskipun bernama burung robin jawa, namun asal burung ini bukanlah dari pulau jawa.

Akan tetapi, burung robin jawa merupakan jenis burung robin yang banyak dijumpai di pulau jawa, karena sudah banyak yang membudidayakannya.

Untuk ciri nya adalah memiliki tampilan seperti burung robin kebanyak. Diantaranya yaitu berwarna abu-abu dominan di seluruh tubuhnya dan warna kehijauan pada bagian atas kepalanya.

Pada bagian dagu dan leher, terdapat warna orange ke kuningan yang cerah dan hingga bagian dada burung.

Dipasaran harga burung robin jawa dapat ditaksir antara Rp 500.000,- untuk bakalannya dan dapat menyentuh angka Rp 1.000.000, – untuk yang sudah berkicau gacor.

  • Burung Robin Bahan
harga burung robin

Burung robin bahan adalah burung dengan harga yang murah dari yang sudah dewasa dan pandai berkicau.

Harga pasarannya juga ditentukan dari jenis kelamin burung. Umumnya harga burung jantan lebih mahal karena memiliki suara yang lebih lantang dan merdu. Untuk harga burung robin bahan saat ini menginjak kisaran angka Rp 500.000,-.

Perbedaan Burung Robin Jantan dan Betina

perbedaan burung jantan dan betina

Sebelum membeli burung robin yang akan dipelihara atau dibudidayakan, maka sebaiknya perlu tahu bagaimana cara membedakan jenis kelamin burung robin jantan dan betina, karena kelamin jantan dan betina ini menentukan kicau dari burung.

Dimana burung jantan akan mengeluarkan kicauan yang lebih variatif, dan untuk betina akan terdengar monoton, dan cenderung memiliki suara panggilan.

Dan untuk ciri-ciri yang dapat dijadikan patokan ketika menentukan jantan dan betina burung robin adalah sebagai berikut:

Burung robin jantan mempunyai paruh dengan warna merah dan orange yang bercampur.

Burung robin betina mempunyai paruh dengan warna cenderung kekuningan.

Suara Burung Robin

Penasaran dengan suara burung robin? Berikut dapat didownload melalui link dibawah ini. GRATIS!!

Harga Burung Robin Terbaru

burung robin
Jenis Burung RobinHarga Burung Robin
Burung Robin GacorRp 1.000.000
Burung Robin bahanRp 500.000
Burung Robin jawa bakalanRp 500.000
Burung Robin jawa dewasa gacorRp 1.000.000
Burung Robin BakalanRp 750.000
Burung Robin BetinaRp 800.000

Jika ingin membelinnya, kamu dapat mengunjungi pasar burung yang terdapat di berbagai daerah. Namun harap bersabar, karena tidak semua tempat menyediakan burung ini.

Untuk harga yang dipatok biasanya memiliki perbedaan di setiap daerah. Harga burung robin di pasar pramuka bisa saja lebih murah jika kamu dapat menawar dengan baik.

Itulah seputar burung robin dan harganya, semoga bermanfaat.

Seberapa Manfaat Artikel Ini?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.5 / 5. Vote count: 213

Share on:

Seorang mahasiswa telekomunikasi yang suka dengan hewan peliharaan, saya juga memelihara iguana dan ikan sebagai hewan peliharaan.

Tinggalkan komentar