Jenis Burung Lovebird

Jenis burung lovebird sangatlah beragam, burung ini dikenal karena kecantikan dan keindahan suaranya, berikut macam macam burung lovebird cantik dan menawan.

Dalam bahasa yunani “Agape” memiliki arti cinta dan “Ornis” yang berarti burung maka tidak asing jika burung lovebird dinamai sebagai burung cinta.

Lovebird juga masih termasuk keluarga burung paruh bengkok yang memiliki ukuran kecil, burung ini berasal dari madagaskar.

Hal Hal Tentang Lovebird

Mari kita kembali ke belakang untuk menilik sedikit sejarah burung lovebird ini, burung LB adalah satu burung dari sembilan jenis species genus Agapornis.

Di Indonesia juga sudah ada burung lovebird dan banyak orang Indonesia yang menyukai burung lovebird ini karena burung lovebird ini memiliki beragam banyak warna.

Dan tidak hanya itu saja, sering kali orang memelihara burung lovebird ini juga karena suara yang khas dengan ngekek nya.

Orang-orang saat ini berbondong-bondong memelihara lovebird karena bisa menghasilkan pundi-pundi uang.

Hidup burung Lovebird pada habitat alam liar ini biasanya bergerombol atau koloni.

Habitat burung lovebird sendiri biasanya sering dijumpai di perbukitan, pegunungan atau pohon yang berlubang karena burung lovebird ini senang sekali memakan biji-bijian.

Makanan burung lovebird selain biji-bijian berupa padi, kenari seed, jewawut, beras merah dan biji bunga matahari adalah buah apel merah, dan jagung manis.

Selain itu burung lovebird juga menyukai sayuran hijau seperti kangkung, brokoli, sawi dan masih banyak lagi.

Jenis Burung Lovebird Klep dan Non Klep

Dengan sentuhan yang lembut dan telaten burung lovebird bisa menjadi sahabat yang menyenangkan bagi keluarga.

Dengan melakukan terapi pelatihan yang baik, burung lovebird bisa dilatih dengan trik-trik yang memukau, seperti FTM (fly to me), Jump or Down, Memasukkan Bola ke Ring bisa juga di lepas didalam rumah dan bahkan bisa di lepaskan di alam bebas.

Istilah kerennya Free Fly (FF), untuk FF sendiri butuh proses pelatihan yang panjang, hal yang perlu disiapkan adalah peluit untuk memanggil, makanan kesukaan si burung, cobalah melakukan latihan di dalam ruangan dengan tahap makan di tangan terlebih dahulu.

Satu lagi nih kelebihan dari burung paruh bengkok satu ini, selain punya ciri suaranya yang ngekek, ternyata burung lovebird juga termasuk hewan yang cerdas lho.

Perlu di ketahui juga Lovebird juga memiliki banyak jenis dan berbagai macam warna. Apa saja jenis burung lovebird di Indonesia yang paling populer?

1. Jenis Burung Lovebird Muka Salem (Agapornis roseicollis)

Lovebird ini tidak memiliki kacamata, dominasi warnya adalah hijau pada bagian ekor dan sayap biasanya terdapat warna biru, dan muka burung ini merah cerah.

2. Jenis Burung Lovebird Opaline

LB opaline adalah LB nonklep yang punya banyak warna, dari yang berwarna biru, hijau, kuning, dan masih banyak lagi, untuk paruh burung ini termasuk jenis paruh putih.

3. Jenis Burung Lovebird Cinamon

Jika di jenis klep memiliki pastel, maka di non-klep memiliki cinamon. Burung ini hampir seperti pastel.

Namun lebih memiliki warna yang soft daripada pastel sendiri karena warna nya sendiri terlihat muda dan bersih daripada lovebird lainnya.

4. Jenis Burung Lovebird Hijau

Jenis ini sangat mudah di temukan jika kita pergi ke pasar atau ke penjual burung pasti masih banyak yang menjual jenis lovebird hijau ini.

Lovebird hijau ini juga mudah di pelihara maka tak heran banyak orang yang memilikinya untuk dijadikan burung kicauan ataupun di budidayakan.

Harga yang tidak terlalu tinggi juga bisa menjadi alasan kenapa di Indonesia banyak yang menangkarnya.

Walaupun jenis lovebird hijau harganya tidak terlalu tinggi atau bisa kita bilang murah tetapi warna dan kicau nya juga sering masuk ke pentas lomba burung.

5. Jenis Burung Lovebird Palamas

Jenis lovebird palamas hampir sama dengan lovebird pastel, hanya saja yang membedakan lovebird palamas dan pastel adalah pada bagian bulu kepala yang berwarna keemasan.

Ciri lovebird palamas sendiri adalah warna bulu tubuh yang hijau kekuningan di sertai warna bulu kepala yang orange ke emasan, dan paruh yang merah.

Harga burung lovebird palamas sendiri juga masih termasuk harga burung lovebird yang murah meriah, walaupun murah tapi jangan salah, lovebird palamas sering juara di perlombaan kicau.

6. Jenis Burung Lovebird Dark Green

Jenis lovebird dark green adalah jenis yang mirip dengan lovebird ijo, namun bedanya adalah di bagian kepala, ia memiliki bulu kepala yang kehitaman dan ada juga yang hitam pekat.

7. Jenis Burung Lovebird Violet

Jenis Burung lovebird yang sudah masuk ke kategori menengah ke atas, lovebird ini sudah menjadi rahasia umum yaitu menjadi incaran para kicau mania karena keindahan warna bulunya yang bewarna keunguan dan juga memiliki paruh yang putih.

8. Jenis Burung Lovebird Pastel

Jenis burung lovebird ini adalah jenis persilangan dua lovebird yang berbeda warnanya, sehingga menghasilkan warna campur namun tidak dominan. Ada banyak macam lovebird pastel ini di antaranya :

  • Lovebird Pastel Biru
  • Lovebird Pastel Kuning
  • Lovebird Pastel Mouve
  • Lovebird Pastel Olive
  • Lovebird Pastel Hijau
  • Lovebird Pastel Putih

9. Jenis Burung Lovebird Batman

Sudah tahukan superhero batman ?

Lovebird jenis ini di namakan lovebird batman tidak lain karena warna nya yang dominan dan juga memiliki corak abu di bagian leher depan.

Namun warna hitam yang lebih mendominasi menjadikan lovebird ini terlihat seperti warna tokoh superhero batman.

Lovebird batman sendiri juga menjadi incaran para pecinta burung karena keunikan warnanya.

10. Jenis Burung Lovebird Albino

Jenis lovebird ini memiliki warna yang dominan putih sehingga di beri nama albino. Selain itu lovebird albino juga ada dua macam yaitu, lovebird albino mata merah dan mata hitam.

11. Jenis Burung Lovebird Mangsi

Lovebird mangsi adalah lovebird yang memiliki warna biru seperti buah mangsi. Warna biru muda yang bercampur tosca menjadikan burung jenis ini memiliki warna yang indah di tambah dengan warna corak yang putih.

12. Jenis Burung Lovebird Lutino

Tidak hanya lovebird albino yang memiliki 2 macam mata yaitu mata merah dan mata hitam.

Lovebird Lutino juga termasuk jenis lovebird yang memiliki 2 jenis mata tersebut.

Ciri lovebird ini adalah warna nya yang kuning dan memiliki warna kepala yang merah cerah. Untuk paruh lovebird ini berwarna merah.

13. Jenis Burung Lovebird Biola

Lovebird jenis ini merupakan lovebird yang sudah menjadi primadona lovebird di indonesia karena selain cantik warnanya, harganya juga cantik, lovebird ini bisa di bandrol dengan harga 10-25 juta. Lovebird ini mempunyai 4 macam rupa yaitu :

  • Lovebird Biola Lutino
  • Lovebird Biola Parblue
  • Lovebird Biola Blue
  • Lovebird Biola Green

14. Lovebird Green Series (Hijau Blorok)

Lovebird jenis hijau blorok ini mempunyai ciri di bagian tubuhnya berwarna hijau bercampur dengan gradasi kuning, pada bagian kepala nya berwarna seperti keemasan mirip lovebird palamas.

15. Jenis Burung Lovebird Blue Series (Biru Blorok)

Seperti green series, Blue series merupakan lovebird blorok juga namun memiliki ciri yang berwarna biru dan bercampur dengan putih.

Paruhnya pun putih ke merah mudaan, di tambah lagi dengan warna kepala yang berwarna putih keabu-abuan, semakin mempercantik burung lovebird ini.

16. Jenis Burung Lovebird Parblue

Lovebird ini memiliki ciri tubuh berwarna biru tosca pekat dan juga memiliki warna kepala yang kuning cerah.

Keberadaannya cukup sulit di temukan karena untuk menghasilkan warna parblue ini sangat susah.

Alhasil menjadikan harga lovebird ini mencapi puluhan juta.

17. Jenis Burung Lovebird Lovebird Olive

Lovebird Olive merupakan lovebird yang mempunyai ciri warna hijau gelap pada bagian tubuh dan kuning pada bagian lehernya.

Pada bagian kepala nya lovebird ini memiliki warna kuning kusam yang kehitaman.

18. Jenis Burung Lovebird Lovebird Mouve

Lovebird mouve adalah lovebird dengan ciri warna coklat tapi pudah dan dipadukan dengan warna putih di bagian leher dan kepala, lovebird ini termasuk lovebird paruh putih.

19. Jenis Burung Lovebird Dakocan

Lovebird Dacokan memiliki 3 warna yaitu hitam pekat pada bagian muka, kuning cerah pada bagian leher hingga atas kepala, dan hijau pada bagian tubuhnya.

20. Jenis Burung Lovebird Biru Cobalt

Lovebird biru cobalt ini memiliki ciri warna tubuh biru seperti langit dan putih di leher serta hitam pada kepala. Burung ini juga termasuk jenis paruh putih.

21. Jenis Burung Lovebird Euwing

Lovebird euwing memiliki warna yang indah dengan perpaduan bintik bintik pada tubuhnya.

Warna yang dominan ialah kuning pekat di tambah warna hitam yang sedikit menghiasi tubuh si burung cantik ini.

22. Lovebird Merah

Keberadaan lovebird merah ini sempat menjadi sebuah kontroversi, pasalnya hingga saat ini sangat sulit untuk menjumpai dan mendapatkan jenis yang satu ini.

Secara spekulasi, lovebird merah ini memang tidak ada. Melainkan hanya bentuk kejahilan para peternak agar burung tersebut dapat naik harganya.

23. Lovebird Halfsider

Dapat dibilang, jenis Halfsider adalah jenis LB blorok yang mempunyai gradasi warna dengan variasi yang menarik dan unik.

lovebird ini cukup langka, karena untuk mendapatkan anakannya saja sangat sulit, bagi para pecinta burung lovebird berdasarkan warnanya, pasti akan cukup tertarik pada LB yang satu ini.

Karena warnanya yang unik, membuat harga dari burung lovebird halfsider sangat mahal dibandingkan dengan lainnya.

24. Lovebird Dakori

Dakori merupakan jenis lovebird dengan tiga warna yaitu hijau, kuning pada dada, dan hitam pada kepala.

Harganya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan lovebird dakocan walaupun warnanya hampir serupa.

Namun untuk lovebird dakori, tidak terdapat warna orange sedikitpun seperti halnya pada lovebird dakocan.

Inilah yang membuat jenis dakocan mendapat julukan dakocor atau dakori bocor.

Karena jenis dakocan merupakan jenis yang mempunyai warna layaknya dakori, namun terdapat warna orange di bagian pangkal leher dan bagian tubuh.

25. Lovebird Holland dan Taiwan

Lovebird import yang masuk ke Indonesia sering kali berasal dari negara Taiwan ataupun Belanda.

Lovebird import mempunyai ukuran tubuh besar dan tambun ketimbang lovebird lokal.

Hal ini karena peternak asing lebih suka burung lovebird yang memiliki tubuh tambun dan warna yang cantik ketimbang lovebird suara atau kicauan.

26. Lovebird Pale Fallow

Lovebird pale fallow merupakan lovebird dengan mata merah, biasanya mata merah hanya terdapat pada jenis lutino, albono atau kepala emas saja, namun baru-baru ini tercipta jenis pale fallow.

Jenis ini merupakan jenis baru yang ditemukan oleh orang asing, beda nya dari jenis lutino adalah pada reduksi eumelaninnya.

Jika pada lutino atau albino memiliki reduksi eumelanin hingga 100 persen, namun untuk pale fallow hanya mempunyai reduksi eumelanin hanya 90 hingga 95 persen saja.

Efeknya, warna pada bulu, kaki, mata, dan kuku menjadi terang atau tidak gelap, namun terdapat sebuah pernyataan jika pale fallow dan pale fallow di jodohkan maka anakannya akan mengalami kelainan genetik dan rentan mati.

Banyak yang memberikan informasi seputar harga lovebird pale fallow ini, dalam salah satu forum FJB harganya mencapai 50 juta rupiah per ekornya.

27. Lovebird Misty

Misty merupakan mutasi dominan yang dipengaruhi dari pengurangan pigmen eumelanin dengan jumlah yang sedikit.

Mist sendiri berarti kabut jika dalam bahasa inggri.

Corak pada burung ini memang terlihat seperti kabut, lusuh, namun memancarkan warna kemerahan apabila terkena sinar atau cahaya.

Untuk harga lovebird misty ini juga termasuk mahal, karena ini merupakan jenis mutasi yang sulit didapatkan.

28. Lovebird Slaty

Lovebird slaty masih masuk pada lovebird paruh putih, terdapat campuran warna tipis dan tidak terlalu pekat.

Warna burung ini hampir mirip dengan jenis cobalt, namun sedikit lebih pudar.

Terdapat gradasi warna yang berbeda-beda, tidak hanya satu macam, lovebird slaty terbagi menjadi dua jenis yaitu slaty fischery dan slaty perso.

Untuk harga, lovebird ini terbilang mahal, namun tidak lebih mahal dari lovebird misty ataupun pale fallow.

29. Lovebird Muka Merah (Agapornis Pullaria)

Lovebird muka merah mempunyai ciri khas tersendiri pada bagian wajahnya, dimana pada bagian muka depannya memiliki warna merah yang terang dan mencolok.

Burung ini cukup berani, lincah dan gesit, rata-rata tubuhnya memiliki warna hijau yang kekuningan.

Untuk populasinya banyak ditemui disekitar wilayah pantai negara Afrika tengah hingga sebelah barat negara Ethiopia.

30. Lovebird Madagaskar (Agapornis cana)

Burung lovebird madagaskar merupakan lovebird yang memiliki ukuran kecil jika dibandingkan dengan lovebird lainnya.

Warnanya memiliki ciri putih, hijau muda, dan hijau tua, untuk paruhnya memiliki warna abu-abu.

Untuk jenis lovebird yang satu ini peminat nya masih sedikit di Indonesia, habitat asli dari lovebird ini adalah Madagaskar, Afrika.

Harga Burung Lovebird Terbaru

Jenis Burung LovebirdAnakanDewasa
Harga Lovebird BlorokRp 150.000Rp 500.000
Harga Lovebird Kepala EmasRp 200.000Rp 500.000
Harga Lovebird Pastel Hitam, Kuning & HijauRp 80.000Rp 200.000
Harga Lovebird Pastel BiruRp 100.000Rp 200.000
Harga Lovebird Albino Mata MerahRp 300.000Rp 500.000
Harga Lovebird Albino Mata HitamRp 250.000Rp 400.000
Harga Lovebird Dakocan HijauRp 100.000Rp 150.000
Harga Lovebird Dakocan BiruRp 100.000Rp 200.000
Harga Lovebird OliveRp 300.000Rp 550.000
Harga Lovebird Biru VioletRp 400.000Rp 800.000
Harga Lovebird Biru CobaltRp 400.000Rp 600.000
Harga Lovebird HollandRp 400.000Rp 700.000
Harga Lovebird BatmanRp 500.000Rp 700.000
Harga Lovebird LutinoRp 300.000Rp 500.000

Itulah sedikit info dari Satria Hewan tentang jenis burung Lovebird di nusantara ini. Bagaimana ? Menarik untuk di pelihara bukan ?

Setelah mengetahui berbagai macam jenisnya, kamu juga harus tahu nih cara ternak lovebird yang baik dan ampuh.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar