Home » Burung » Cara Membedakan Parkit Jantan dan betina

Cara Membedakan Parkit Jantan dan betina

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara membedakan parkit jantan dan betina.

Apa itu burung parkit ?

Parkit adalah termasuk burung berparuh bengkok yang cukup pintar, parkit juga hewan yang banyak di sukai keluarga karena tidak hanya dari kepintarannya saja.

Tetapi juga mempunyai warna yang cantik, mudah di jinakan, dan anak kecilpun banyak yang menyukainya jadi tidak heran kalau parkit mudah bersahabat dengan anak-anak.

Kita tahu bahwa parkit ini termasuk jenis burung yang memiliki kepintaran, jadi tak heran kalau banyak orang yang menjinakannya.

Melatihnya atau agar mempunyai skill seperti contoh: FTM (fly to me), Boomerang, FF (free flight), dll.

Perlu kita ketahui bahwasannya parkit yang mudah untuk di jinakan itu yang pastinya sehat.

Parkit jantan lebih mudah dari pada parkit betina dan yang memiliki bulu yang halus, jadi kita harus jeli dalam memilih parkit.

Tetapi jika ingin melatih parkit sampe memiliki skill saran saya peliharalah dari lolohan.

Banyak orang yang bertanya tentang perbedaan parkit jantan dan betina. Cara membedakan parkit jantan dan betina gimana sih?

Dilihat dari mananya sih?

Itu semua akan kita bahas. Mari simak dengan baik.

Mudahnya Cara Membedakan Parkit Jantan Dan Betina

Ada beberapa cara untuk membedakan parkit jantan dan betina, inilah tahapan-tahapan dalam membedakan jenis kelamin burung parkit.

1. Warna cere

Salah satu cara membedakan parkit bisa dilihat dari cerenya terletak pada bagian atas paruh atau di sekitar lubang hidung.

Parkit jantan biasanya memiliki cere yang berwarna biru atau ungu kebiruan, beda halnya dengan parkit betina yang memiliki warna putih,coklat,cream dan putih kebiru-biruan.

Tetapi cara ini lebih akurat untuk membedakan parkit dewasa yang kisaran berumur 1 tahun lebih, beda lagi dengan parkit muda.

Untuk mengetahui perbedaan parkit jantan dan betina muda, anda harus lebih jeli karna biasanya parkit jantan yang masih muda bisa di lihat cerenya berwarna putih ke biru-biruan yang masih terlihat samar.

Jika pada parkit betina yang masih muda berwarna putih ke pink itu juga masih terlihat samar , maka dari itu harus sangat jeli cara membedakan parkit jantan dan betina muda.

2. Suara parkit

Cara selanjutnya bisa dlihat dari perbedaan suara parkit jantan dan betina, pada umumnya parkit jantan gemar berkicau,terdengar lebih keras dan sangat aktif.

Hal ini merupakan ciri khas parkit pejantan karena untuk di gunakan membuat betina mendekati pejantan dalam masa perjodohan.

Berbeda dengan parkit betina volume suaranya lebih relatif kecil atau ngriwik.

3. Tingkah laku parkit

Tingkah laku parkit juga bisa menjadi salah satu ciri perbedaan parkit jantan dan betina,

Karena parkit jantan lebih agresif atau lebih aktif ketimbang parkit betina yang tidak seaktif jantan.

4. Cara Membedakan Parkit Jantan dan Betina Ketika Birahi

Pada umur 8-9 bulan akan terlihat dari pejantan akan meloloih si betina dan juga betina akan menerima lolohan dari sijantan.

Tetapi cara ini hanya bisa dilihat pada parkit yang sedang birahi.

Perbedaan Parkit Jantan dan Betina Albino

Membedakan albino hampir sama dengan membedakan parkit lainnya pertama bisa dilihat dari cerenya dan juga perbedaan fisik pada jantan dan betina.

Jika jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan bulunya agak keatas, kalau betina ukuran tubuhnya lebih kecil dari ukuran pejantan.

Cara di atas juga bisa dilakukan untuk mengetahui perbedaan antara parkit jantan dan betina parkit lutino.

Cara Membedakan Parkit Australia Jantan dan Betina

Parkit australia atau di sebut juga dengan burung falk/cockatiel, untuk perbedaan parkit australia jantan dan betina saat masih anakan itu akan sulit saat membedakannya.

Karena belum terlihat jelas tanda-tandanya.

Kecuali jika si burung falk sudah mengalami masa mabung pada saat umur 6-7 bulanan.

Langsung saja untuk perbedaan yang pertama, falk jantan biasanya memiliki wajah kuning cerah sedangkan falk betina memeiliki warna wajah kuning pudar dan juga masih memiliki warna bulu abu-abu.

Cara lain juga bisa di lihat dari ekor si burung falk betina terdapat pola bergaris pada bagian bawah ekornya, sedangkan jantan tidak ada.

cara membedakan parkit jantan dan betina

Dari segi warna tubuhnya juga bisa di lihat perbedaanya, jantan memiliki warna bulu abu-abu gelap pada seluruh tubuhnya.

Sedangkan yang betina memiliki warna abu-abu kecoklatan dan disertai warna agak pudar.

Itu adalah perbedaan burung parkit australia yang berwarna asli abu-abu.

Itulah cara cara membedakan burung parkit jantan dan betina jika artikel ini bermanfaat jangan lupa di share.

Setelah mengetahui perbedaan dari jenis kelamin burung parkit, kamu juga harus tahu bagaimana cara menjinakkan burung parkit yang benar.

Sekian Terimakasih.

Share on:

Seorang mahasiswa telekomunikasi yang suka dengan hewan peliharaan, saya juga memelihara iguana dan ikan sebagai hewan peliharaan.

Tinggalkan komentar