Cara Membuat Aquascape

Bagaimana cara membuat aquascape? Mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu aquascape.

Aquascape adalah aquarium yang berisikan ikan-ikan kecil, dengan berbagai kombinasi tanaman hias air serta bebatuan-bebatuan dengan tampilan yang mempesona dan sering dijadikan sebagai display ruangan, seperti ruang tamu, ruang keluarga, ataupun kamar.

Bagi yang baru pertama kali mengetahui tentang aquascape maka akan merasa dalam pembuatannya terkesan rumit.

Karena banyak bahan dan alat-alat yang perlu disiapkan, ukurannya pun bermacam-macam ada yang berukuran kecil hingga berukuran besar.

Bahan Pembuatan Aquascape

Dalam pembuatannya maka diperlukan berbagai macam alat dan bahan, berikut ini adalah beberapa daftar alat dan bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan aquarium aquascape.

1. Aquarium

akuarium aquascape

Aquarium sendiri adalah bahan wajib yang harus disediakan dalam pembuatan aquascape, karena aquarium adalah wadah untuk ikan.

Siapkan aquarium dengan ukuran panjang antara 40-60 cm, tinggi aquarium 30-40 cm dan lebar aquarium antara 30-35 cm.

Ini merupakan ukuran standar, karena ukuran aquarium mempengaruhi ekosistem, jadi apabila aquarium kecil maka ekosistem pun akan susah terbentuk dan parameter seperti pH air akan sulit terjaga kestabilannya.

2. Filter Air

filter aquarium

Fungsi filter sendiri adalah untuk menyaring, jadi tugas filter ini adalah mengalirkan kembali air yang sudah disaring kedalam aquarium.

Apabila kamu ingin membuat aquascape, maka filter adalah alat pendukung yang wajib karena memiliki fungsi yang cukup vital.

Karena apabila filter tidak ada maka aquarium akan sangat mudah kotor, sehingga air akan berubah massa nya, dan ini mempengaruhi ekosistem di dalam aquarium tersebut.

Untuk filter bisa gunakan merek Hanging Filter (HOB), karena murah dan cukup bagus kualitasnya.

3. Led (Lampu)

LED aquarium

Lampu sendiri digunakan untuk menggantikan cahaya matahari, karena tanaman hias agar tetap hidup membutuhkan cahaya untuk berfotosintesis.

Selain itu LED juga dapat membuat aquarium menjadi lebih cantik, terang, dan terasa hidup.

4. Termometer

termometer aquarium

Termometer dibutuhkan untuk mengetahui kondisi suhu air pada aquarium, sehingga apabila suhu air terlalu panas kamu dapat mengetahuinya, suhu ideal bagi ikan hias adalah sekitar 26°C – 28°C.

5. Kipas Angin Kecil

kipas angin aquarium

Agar suhu udara dan air pada aquarium tetap terjaga, maka dapat diberikan kipas angin kecil, sehingga apabila suhu melebihi 29°C, kamu dapat menyalakan kipas angin untuk menurunkan suhunya.

6. CO2 (Karbon Dioksida)

Co2 untuk Aquarium

Karena aquascape merupakan aquarium dengan tanaman hias, maka sebaiknya lengkapi dengan CO2.

CO2 sendiri digunakan untuk membantu tanaman dalam berfotosintesis, sehingga tanaman akan tetap tumbuh dan hijau serta tidak mati.

7. Tanaman Hias Air

tanaman hias air

Tanaman hias air ini berfungsi untuk membantu menstabilkan pH air, selain itu tanaman hias juga dapat mempercantik tampilan aquarium.

Kamu bisa menggunakan jenis tanaman hias seperti: Lilaeopsis, Jaa Fern, African Water Fern, Amazon Sword dan masih banyak lagi.

8. Bebatuan & Pasir

dekorasi bebatuan

Bebatuan & Pasir berguna untuk menambah ke-eksotisan tampilan aquarium, bebatuan ini juga dapat berubah menjadi tempat persembunyian bagi ikan hias.

9. Ikan Hias

ikan hias cantik

Tidak lengkap jika aquarium aquascape tanpa ikan hias, untuk pemilihan ikan hias sebaiknya pilih yang tahan terhadap CO2, seperti ikan guppy, Ikan Molly, Ikan neon, Ikan tetra, Ikan discus, Ikan Angel Fish, dan masih banyak lagi.

10. Pupuk

Menambahkan pupuk

Pupuk berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan tanaman, jadi apabila kamu ingin membuat aquascape tanpa pupuk maka sebaiknya gunakan tanaman air yang bisa menyerap nutrisi melalui daun.

Cara Membuat Aquascape Sederhana

Berikut adalah cara membuat aquascape sederhana yang indah dan cantik, hanya terdapat 7 tahapan saja dalam pembuatannya, yuk ketahui.

1. Pembuatan Dekorasi Dasar Aquascape

cara membuat aquascape

Pertama dekorasi dasar aquarium menggunakan pasir dengan ketinggian sekitar 2-3 cm, kamu bisa menggunakan pasir coklat ataupun pasir putih.

Tergantung tema atau konsep yang akan dibuat, terdapat berbagai macam tema yang bisa dibuat.

Seperti tema tebing, tema padang rumput, ataupun tema hutan, berikan sedikit ruang pada bagian tengah supaya mudah dalam menambahkan pupuk.

2. Menambahkan Pupuk

cara membuat aquascape

Setelah pasir maka langkah berikutnya adalah memasukkan pupuk di dalam tempat yang sudah di sediakan tadi, untuk ketebalannya berikan sekitar 2-3 cm sehingga tingginya sama dengan tinggi pasir.

3. Dekorasi Dasar Aquascape Tahap II

cara membuat aquascape

Setelah pupuk di berikan maka tutup pupuk tersebut dengan pasir, sehingga pupuk tidak terlihat dari luar kaca, berikan pasir secukupnya untuk menutup.

Karena pasir sebagai dasar dekorasi aquarium, maka sebaiknya buat bentuk yang tertata rapi sehingga tetap indah untuk dipandang.

4. Menambahkan Dekorasi Bebatuan

cara membuat aquascape

Masukkan bebatuan untuk menambah kecantikan aquascape, tata lah semenarik mungkin dan semaksimal mungkin.

Karena apabila kamu ingin merubah tatanan batuan, maka kamu harus membongkarnya terlebih dahulu dan mulai dari awal kembali, hal ini tentunya akan membutuhkan waktu yang lama.

5. Menambahkan Tanaman Hias

cara membuat aquascape
cara membuat aquascape

Langkah ke lima adalah memasukkan tanaman hias kedalam aquarium, lakukan penamanan tanaman hias tersebut satu persatu dan pelan-pelan.

Berikan sedikit air ke dalam aquarium untuk mempermudah dalam proses penanaman tanaman hias.

Dalam memberikan air, berikanlah secara bertahap dan perlahan menggunakan saringan agar tidak merusak dekorasi yang sudah dibuat.

Akan lebih baik lagi apabila kamu melakukan penyemprotan pada saat penanaman tanaman, sehingga tanaman tidak mudah layu dan rusak.

6. Menambahkan Air Bersih

cara membuat aquascape

Pada tahap ke-enam adalah memasukkan air ke dalam aquarium, masukkan lah secara perlahan sehingga tidak merusak dekorasi tanaman dan bebatuan, gunakan lah saringan untuk membuat aliran air tidak terlalu cepat.

Isikan air dengan penuh, jika sudah penuh maka buanglah sebagian besarnya atau sekitar 70 persen nya.

Mengapa Demikian?

Hal ini berfungsi untuk membuang zat-zat berbahaya pada aquarium aquascape yang berasal dari pasir, bebatuan, pupuk , ataupun tanaman.

Isikan kembali aquarium dengan air bersih hingga penuh, pada saat pertama kali, air pada aquascape akan terlihat kusam dan keruh, ini merupakan hal wajar.

Tunggu saja hingga beberapa jam atau beberapa hari, maka aquascape akan terlihat jernih dan cerah, hal ini menandakan mikroorganisme sudah mulai bekerja.

Jika kamu ingin memasang termometer maka sebelum pemberian air, terlebih dahulu pasang termometernya di dinding kaca aquarium.

7. Pemasangan Filter & Alat Pendukung Aquascape

cara membuat aquascape

Langkah terakhir dalam pembuatan aquascape adalah memasang alat-alat pendukung seperti filter dan lainnya.

Filter di gunakan untuk mengatur kebersihan, jadi dengan adanya filter maka akan membuat aquascape tidak mudah kotor.

Pasang juga diffucer CO2 dan LED, ini di gunakan untuk membantu tanaman hias untuk tetap melakukan proses fotosintesis.

Sebaiknya nyalakan LED tidak lebih dari 9 jam, karena selain merubah suhu air, LED juga membantu pertumbuhan alga yang diyakini dapat merusak pertumbuhan tanaman hias.

Pasang juga kipas angin untuk menjaga suhu air, sehingga apabila suhu air terlalu tinggi, kipas angin bisa membantu menurunkan suhu air.

Gambar Aquascape Sederhana

Sebagai referensi dalam pembuatan aquarium cantik atau aquascape ini, berikut adalah beberapa contoh aquascape indah dan cantik yang sederhana.

gambar aquascape minimalis
AQUASCAPE MINIMALIS
Gambar Aquascape Sederhana
AQUASCAPE SEDERHANA
Gambar Aquascape Tebing
AQUASCAPE TEBING
Gambar Aquascape Small
AQUASCAPE SMALL

Itulah seputar cara membuat aquascape sederhana dan mudah, semoga bermanfaat.

About Naufal Rasyada

Pekerja dan Pelajar yang suka dan tertarik seputar hal-hal teknologi, selain itu saya juga suka hal-hal tentang hewan. Hewan yang saya pelihara antara lain seperti burung lovebird, ikan cupang, dan kucing.

2 pemikiran pada “Cara Membuat Aquascape”

  1. Untuk estimasi biaya, jika ingin membuat aquascape dengan ukuran kecil 60x40x40 dan ornamen sederhana, paling kurang lebih sekitar 350 ribuan kak

Tinggalkan komentar