Ikan Guppy

Salah satu ikan yang memiliki tubuh kecil dan memiliki warna yang bagus yaitu ikan guppy, selain memiliki warna yang bagus ternyata ikan ini memiliki corak dan bentuk tubuh yang indah juga.

Maka tidak heran kalau jenis ikan guppy sangat banyak dijadikan ikan hias yang di pelihara di aquarium atau aquascape.

Baca Juga : 16+ Jenis Jenis Ikan Hias Aquascape

Nama latin dari ikan guppy yaitu Poecilia, ikan ini juga termasuk ke spesies ikan air tawar. Perlu kamu ketahui ternyata ikan guppy memiliki jenis yang banyak lohh,,,, lalu apa saja sih untuk jenis ikan guppy ?

Mengenal Lebih Dekat Dengan Ikan Guppy

Sebelum masuk ke pembahasan jenis ikan guppy, ternyata ikan ini memiliki 3 spesies yang dari keluarga Poecilia, Spesie itu seperti :

  • Poecilia Reticulata, Salah satu spesies yang sudah banyak tersebar di dunia yaitu spesies guppy ini. spesies ini berasal dari negara America.

  • Poecilia Wingei, Spesies ini lumayan jarang ditemukan, karena spesies ini bisa dibilang cukup langka.

  • Micropoecilia Picta, Sebenarnya spesies ikan ini hidup di air payau, tetapi spesies ini juga dapat beradaptasi di air tawar, disitu keunikan spesies ini.

Ikan guppy ini adalah jenis ikan hias aquarium, atau lebih tepatnya aquascape.

Banyak orang yang memilih ikan ini sebagai pengisi aquariumnya karena mudahnya dalam merawat dan berkembang biak, serta keindahan warnanya yang begitu memanjakan mata.

Selain alasan tersebut, harga ikan ini juga termasuk hewan berkategori murah dengan harga yang tidak begitu mahal layaknya ikan louhan atau ikan arwana.

Karena mudahnya dalam berkembang biak dan menghasilkan keturunan yang banyak, tak ayal ikan ini mendapatkan julukan sebagai ikan seribu. Untuk jenis ikan seribu sendiri terdapat berbagai macam, baik itu ikan seribu import atau lokal.

Berikut ini adalah jenis jenis dari ikan seribu Lokal

Jenis – Jenis Ikan Guppy Lokal

Ikan Guppy Dragon Big Ear

ikan guppy

Jenis Guppy ini adalah jenis guppy yang memiliki ciri sirip dada yang lebar dan besar. Kemudian selain itu ternyata pada bagian ekornya juga besar daripada jenis guppy lainnya.

Untuk harga ikan ini dipasaran sekitar 8 ribu per-ekornya, murah ya… cocok deh buat dijadikan ikan peliharaan.

Ikan Guppy Neon

ikan guppy

Guppy Neon adalah jenis ikan guppy lokal yang cantik. Hal ini karena ikan ini memiliki pola yang unik pada bagain tubuhnya. Dibagain badan ikan ini dibalut warna hijau kekuningan yang menyala bagaikan lampu. Harga dari ikan ini lumayan yaitu sekitar 20 ribu hingga 30 ribu rupiah per ekornya.

Ikan Guppy Yellow Cobra

ikan guppy

Ikan guppy Yellow Cobra memiliki warna khas yaitu bintik hitam pada tubuh dan bagain tengah hingga ekornya. Seperti namanya, ikan ini didominasi oleh warna kuning di tubuhnya. Harga untuk jenis ini cukup murah yaitu sekitar 8 ribu hingga 15 ribu rupiah per ekornya.

Ikan Guppy Pastel

ikan seribu

Jenis yang selanjutnya adalah guppy pastel. Ciri dari ikan jenis ini adalah memiliki warna putih dan ekornya yang panjang.

Warna tubuhnya didominasi dengan warna hitam. Untuk harga, ikan ini berkisar antara 10-15 ribu rupiah per ekornya.

Ikan Guppy Magenta

magenta

Guppy Lokal yang satu ini cukup unik karena memiliki ciri khas yaitu warna nya yang pink. Maka dari itu banyak kalangan pecinta ikan hias kecil untuk memelihara ikan ini. Karena selain indah harga nya juga murah yaitu sekitar 25 ribu per ekornya.

Ikan ikan diatas adalah jenis lokal dari ikan seribu ini. Dan ini merupakan ikan dari indonesia. Wah ternyata indonesia punya juga ya spesies ikan seribu ini…

Bagaimana dengan yang import??

Jenis Jenis Ikan Guppy Populer dan Termahal Di Pasaran

1. Guppy Red Gragon

red dragon

Jenis ikan seribu yang paling populer dikalangan para pecinta ikan hias khususnya guppy ini, adalah RED DRAGON.

Harga per ekornya bisa mencapai 300 ribu rupiah. Ciri dari ikan ini adalah bentuk sirip yang melebar ke arah samping dan dikenal dengan ekor delta.

Yang menjadikan jenis ikan ini unik adalah cara berenang ikan ini, ia seperti membawa beban berat dan lebar yaitu ekornya.

2. Guppy Blue Moscow

guppy blue moscow

Jenis yang kedua adalah blue moscow, ikan ini berasal dari moscow australia. Warna tubuh ikan ini adalah seperti biru donker, Ciri selanjutnya adalah ia memiliki ekor yang panjang dan elegan ketika berenang di air.

3. Guppy Blue Moscow Albino

guppy blue moscow albino

Masih satu jenis dengan blue moscow, ikan ini juga berasal dari australia kawasan moscow, yang membedakan disini adalah warnanya. Jenis blue moscow albino ini memiliki warna pink dan bercampur gradasi dengan warna putih serta ungu.

Pada ekornya berwarna biru bentuknya panjang, dan begitu indah ketika berenang di air.

4. Guppy Black Moscow

black moscow

Masih dari guppy asal moscow yaitu black moscow, ikan ini memiliki ciri warna yang hitam pekat dan gelap serta merata pada tubuhnya.

Selain ada yang dimoscow, ikan guppy black ini juga ada di thailand, cirinya sama hanya asalnya saja yang berbeda.

5. Guppy Metal Yellow Lace

metal yellow lace

Jenis guppy populer dan cantik selanjutnya adalah yellow lace, jika kamu pertama kali melihatnya pasti akan terkagum kagum.

Ciri khasnya adalah warna kuning keemasan yang ada dibagian kepala hingga ekornya.

Bentuknya hampir sama dengan silver lace, namun corak dan warnanya yang berbeda.

6. Guppy Blue Grass

guppy blue grass

Ikan cantik berikutnya adalah jenis blue grass, ia memiliki ciri kepala hingga ekornya berwarna kuning redup, kemudian ditambah dengan warna biru seluruh tubuh, dan ditambah dengan bintik totol hitam.

7. Guppy Cherry Grass

guppy cherry grass

Ikan selanjutnya adalah cherry grass. Ikan ini begitu indah karena memiliki warna pink yang dipadukan dengan warna ungu serta orange mulai dari kepala hingga ekornya.

Selain warna yang cantik, ikan ini juga memiliki bintik hitam dibagian ekornya. Harga dari ikan ini per ekornya mencapai 250 ribu rupiah.

8. Guppy Silver Lace

guppy silver lace

Guppy silver lace adalah ikan cantik dan elegan, jenis ini memiliki ciri khas yaitu tubuhnya yang memiliki bentuk dari lukisan warna abstrak putih.

Karena susah untuk mendapatkan ikan jenis ini, maka dari itu harganya menjadi cukup tinggi. Dipasaran ikan ini dijual dengan harga 400 ribu per ekor.

9. Guppy Platinum Half Moon

guppy platinum half moon

Berikutnya adalah jenis platinum halfmoon, seperti namanya tubuh ikan ini berwarna silver platinum. Dan ditambah dengan warna biru dan hitam di bagian pangkal ekornya.

10. Guppy Young Pair Champion Purple

guppy young pair champion purple

Yang selanjutnya adalah young pair champion purple, ikan ini merupakan ikan dengan corak dan warna yang begitu menarik.

Ikan seribu pada umumnya memiliki bintik bintik hitam, namun ikan seribu jenis ini tidak memiliki corak hitam, melainkan polos.

Untuk harganya satu ekor ikan jenis ini dibandrol dengan harga 1 juta rupiah.

11. Guppy Red Mosaic

red mosaic

Ikan ini memiliki corak mozaik ditubuhnya. Selain itu bentuk sirip ekornya kecil dan tidak beraturan.

Dipasaran sendiri harga ikan red mozaik ini dibandrol dengan harga 150 ribu rupiah per ekornya.

12. Guppy German Platinum Crown Tail

guppy german crown tail

Jenis selanjutnya adalah german platinum crown tail, Ikan ini lebih terlihat seperti ikan cupang.

Yang unik disini adalah bagian ekornya yang mirip seperti sisir atau mahkota, yaitu berserit.

Itulah berbagai jenis ikan seribu atau guppy yang populer di kalangan para pecinta ikan…

Bagaimana tertarik merawat dan memelihara ikan ini??

Semoga bermanfaat

Terima Kasih

Kategori Ikan

Tinggalkan komentar