Home » Info Hewan » Ayam Hias

Ayam Hias

Ayam hias adalah jenis ayam yang mempunyai ciri unik dan keindahan yang berbeda dari jenis ayam petelur ataupun pedaging.

Terdapat berbagai jenis ayam hias yang tersebar di seluruh negara di dunia, dan tentunya memiliki karakter serta ciri khas masing-masing, inilah yang membuat ayam hias begitu diminati dan banyak menarik perhatian, khususnya bagi para pecinta ayam.

Inilah berbagai jenis ayam hias yang selain bisa dipelihara juga bisa menghasilkan nilai investasi yang menjanjikan.

Jenis Ayam Hias

Ayam yang dapat dikategorikan sebagai jenis ayam hias adalah jenis ayam yang mempunyai keunikan mulai dari suaranya, postur tubuh, warna, hingga bulunya. Yuk ketahui jenis jenis ayam hias yang indah dan cantik.

1. Ayam Cemani

hewan langka

Ayam Cemani merupakan salah satu jenis ayam yang berasal dari Indonesia. Ayam Cemani memiliki ciri khas yang unik, dimana seluruh tubuhnya berwarna hitam, mulai dari bulu, kulit, hingga kakinya, membuat ayam ini unik, dan banyak yang menjadikannya sebagai ayam hias, terlepas dari sisi ayam cemani yang terkenal sebagai ayam mistis. Selengkapnya mengenai Ayam Cemani.

2. Ayam Hutan Merah

ayam hias

Ayam hutan merah atau Gallus-gallus, merupakan jenis ayam hutan dengan daerah penyerabaran cukup luas, mulai dari negara Indonesia, China, hingga India.

Jenis ayam ini mempunyai 5 sub spesies, yaitu gallus-gallus di sumatra, gallus-gallus bankiva di Madura & Jawa. Gallus-gallus murghi di India & Bangladesh, gallus-gallus jaboullei di China selatan dan Hainan, serta gallus-gallus spadiceus yang ada di Myanmar dan Vietnam.

Ayam hutan merah yang ada di Indonesia tepatnya di pulau Jawa dan madura memiliki bobot dewasa jantan sekitar 0,7 Kg dan betina sekitar 0,4 Kg.

3. Ayam Hutan Hijau / Gallus Various

ayam hias

Ayam jantan hutan hijau memiliki ukuran panjang sekitar 70 cm dan berat sekitar 0,7 sampai 1,5 Kg. Memiliki warna bulu hitam pada bagian dada, dan berpadu dengan hijau mengkilap yang berkombinasi dengan warna kuning pada bagian tubuhnya, dan bulu ekor yang panjang melengkung berwarna hitam, membuat ayam ini begitu cantik dan mempesona.

4. Ayam Hutan Sri Langka

ayam hias

Ayam hutan Srilangka atau dikenal dengan ayam hutan Ceylon merupakan anggota keluarga unggas yang merupakan endemik Srilangka.

Ayam ini dikenal sebagai ayam kebangsaan di Srilangka, ayam ini dikenal sebagai cikal bakal dari ayam peliharaan yang ada saat ini.

5. Ayam Hutan Kelabu

ayam hias

Gallus Sonneratii atau ayam hutan kelabu memiliki ukuran yang sedang dengan panjangn sekitar 80 cm untuk jantan dan betina dengan panjang 38 cm. Ayam hutan ini memiliki corak yang indah dan menarik, terdapat bintik emas di bagian leher, dan berawarna kuning kecoklatan ditambah dengan warna hitam pada ekornya.

6. Ayam Kapas / Silkie Hen

ayam hias

Di Indonesia Silkie Hen dikenal dengan nama Ayam Kapas. Hal ini karena ayam ini memiliki bulu yang halus seperti layaknya, ditambah bulunya lebat dan menutupi tubuhnya, sangat unik.

Berdasarkan penelitian, ayam ini kemungkinan berasal dari China, memiliki bulu putih halus seperti kapas, bobot ayam kapas jantan sekitar 0,8 Kg dan untuk betina sekitar 0,6 Kg.

Keunikan yang lainnya ialah jari kaki ayam kapas ada 5, berbeda dengan jenis ayam lainnya yang hanya memiliki 4 jari kaki saja.

7. Ayam Plymouth Rock

Plymouth Rock

Ayam Plymouth Rock adalah ayam dengan corak warna hitam dan putih seperti zebra. Ayam ini dikenal sebagai ayam rock atau bareed rock.

Berasal dari negara Amerika dan diternakkan untuk diambil daging dan telurnya, namun karena perkembangan zaman, semakin banyak orang yang melakukan persilangan dan menghasilkan ayam jenis baru, diantaranya seperti barred plymouth rock, buff, white rock, dan blue plymouth rock.

8. Ayam Hias Orpington

orpington

Ayam orpington adalah jenis ayam yang berasal dari Inggris, ayam ini adalah hasil persilangan antara ayam minorca dan ayam plymouth rock dan disilangkan lagi dengan ayam langshan.

Memiliki keunikan dengan tubuhnya yang bongsor dan besar, maka banyak yang memeliharanya sebagai ayam hias, namun sejatinya ini adalah jenis ayam petelur yang bagus.

9. Ayam Phoenix

phoenix

Ayam phoenix merupakan jenis ayam kerabat dekat dengan ayam Onagadori, dengan memiliki ciri khas yaitu ekornya yang panjang, panjang ekornya dapat mencapai 12 hingga 27 cm.

Ayam phoenix merupakan keturunan dari ayam onagadori jepang yang di budidayakan di Jerman.

Ayam phoenix sangat aktif bergerak dan produktif, tempat paling tepat untuk memeliharanya adalah lahan kebun yang luas.

10. Ayam Kate

ayam kate

Ayam kate adalah jenis ayam dengan kaki pendek dan tubuhnya yang mungil, unik sekali, memiliki berbagai kelebihan dalam segi keindahan tubuh, jengger, fisik, dan tingkah laku, jenis ayam kate pun ada banyak, diantaranya seperti:

  • Ayam kate lokal
  • Ayam kate batindo
  • Ayam kate emas
  • Ayam kate cochin
  • Ayam kate bangkok
  • Ayam kate kaki pedang

11. Ayam Leghorn

leghorn

Ayam leghorn merupakan jenis ayam yang berasal dari italia, dengan nama latin Livorno atua livornese, di Indonesia sendiri ayam ini merupakan jenis ayam pedaging.

Namun ada juga yang memeliharanya sebagai ayam hias, karena warna bulunya yang sangat puih dengan warna kaki yang kuning, sungguh indah.

12. Ayam Hias Balenggek

balenggek

Jenis ayam balenggek adalah ayam dengan kokok balenggek yang berasal dari solok, sumatera barat.

Balenggek dalam bahasa minang memiliki arti irama yang bertingkat, dan ternyata ayam ini mampu berkokok dengan irama 3 hingga 12 lenggek.

Jenis ayam ini diantaranya seperti:

  • Ayam Yungkilok Gadang
  • Ayam Ratiah
  • Ayam Randah Batu

13. Ayam Hias Randah Batu

randah batu

Ayam randah batu merupakan jenis ayam yang berasal dari sumatera barat dan tergolong masuk ke jenis ayam kate atau ratiah.

Karakteristik yang mencolok dari ayam randah batu adalah kaki dan ruas jarinya yang pendek, disisi lain tubuhnya kekar dan didukung dengan lingkaran kaki yang besar.

14. Ayam Pelung

Ayam pelung adalah ayam asli Indonesia yang berasal dari Cianjur dan Sukabumi Jawa Barat. Cirinya adalah tubuhnya kekar dan besar, tagap, dan temboloknya yang tampak menonjol.

15. Ayam Hias Cochin

Ayam chocin adalah ayam yang berasal dari China dan dikembangbiakkan di Inggris, selain di Inggris ayam ini juga dibudidayakan di prancis oleh peternak asal Vietnam.

Memiliki ciri khas yang unik karena terdapat bulu pada kakinya dengan ekor yang pendek.

16. Ayam Brahma

indukan ayam brahma

Ayam brahma adalah ayam hias multiguna karena bisa dimanfaatkan daging dan telurnya, ayam ini pertama kali dikembangbiakan di India tepatnya di Brahmaputra.

Dengan bulu yang cantik yang menutupi tubuh hingga kakinya, maka ayam brahma banyak dipelihara sebagai ayam hias.

Untuk jenis ayam brahma jantan memiliki berat sekitar 6 sampai 7 Kg. Dan untuk betina berkisar sekitar 4 Kg.

17. Ayam Hias Ameraucana

ameraucana

Ayam ameraucana yang merupakan jenis ayam dengan asal negara Amerika, ayam ini memiliki warna yang sangat unik seperti gradasi dari warna hitam, biru, coklat kemerahan, silver, dan warna lainnya.

Yang paling unik adalah adanya bulu yang tumbuh panjang pada bagian telinga atau pipi dari ayam ameraucana ini.

18. Ayam Batik / Sebright

ayam kate batik

Ayam batik adalah ayam yang berasal dari Inggris atau sering disebut sebagai ayam sebright.

Dikenal dengan sebutan batik karena corak pada bulunya yang menyerupai batik dengan bulu yang berukir-ukir nan rapih pada tubuhnya.

Ayam ini terdapat 2 kategori yaitu ayam dengan warna coklat dasar kemerahan atau disebut dengan ayam batik kanada, dan ayam batik warna hitam putih, atau disebut ayam batik italia. Harga ayam batik ini berkisar antara 20 ribu hingga 100 ribu rupiah.

19. Ayam Polish / Poland

poland chicken

Meskipun bernama ayam poland namun asal ayam ini berasal dari Belanda, dan nama lain dari ayam poland ini adalah ayam mahkota.

Secara umum ciri khas dari ayam ini adalah pada bagian jengger terdapat bulu lebat yang menutup matanya.

Harga ayam poland berkisar antara 100 ribu rupiah hingga 800 ribu rupiah untuk usia dewasa.

20. Ayam Hias Rosecomb

rosecomb

Ayam rosecomb dikenal dengan jenggernya yang unik, karena memiliki bentuk seperti mawar. Ciri khas lain dari ayam ini adalah telinganya yang besar dan berwarna putih, asal ayam ini yaitu dari negara Inggris.

21. Ayam Hias Naked Neck

ayam hias

Ayam Naked Neck merupakan ayam dengan ciri khas pada bagian leher yang tidak ditumbuhi bulu, Ayam ini dikenal dengan transsylvanian naked neck karena memiliki asal dari daerah Transylvania. Selain dikenal sebagai ayam naked neck julukan lainnya adalah ayam turken, atau kaalnek.

22. Ayam Hias Onagadori

ayam hias

Ayam onagadori adalah ayam yang berasal dari negara Jepang dengan ciri khas yaitu ekornya yang dapat 15 meter di negara asalnya. Sementara di indonesia hanya mampu sekitar 1,5 meter saja.

23. Ayam Ketawa

Ayam ketawa dikenal dengan ciri khas suaranya yang seperti orang sedang ketawa, memiliki 3 jenis yaitu gretek, gaga, dan gogo.

untuk harga ayam ketawa ini dapat berkisar antara 500 ribu rupiah hingga 2 juta rupiah.

24. Ayam Serama

ayam serama

Ayam serama merupakan jenis ayam terkecil yang ada di dunia dan berasal dari Malaysia. Ciri unik dari ayam ini adalah dadanya yang tegap dan berisi, layaknya seorang yang gagah perkasa. Harga ayam ini dibandrol sekitar 200 ribu rupiah hingga 300 ribu rupiah.

25. Ayam Kalkun

kalkun

Daging Ayam kalkun dikenal sebagai santapan orang kaya, ayam kalkun juga memiliki varietas ayam hias yang menarik.

Jenis kalkun ada banyak seperti Bronze, Royal Palm, Bourbon Red, Self, Black Holland dan lainnya. Harga ayam kalkun sendiri berkisar antara 80 ribu rupiah hingga 950 ribu rupiah.

26. Ayam Bekisar

ayam bekisar

Ayam bekisar adalah ayam khas pulau Kangean, Sumenep, jawa timur, dan ini merupakan ayam kebanggaan bagi orang jawa timur.

Ayam bekisar adalah ayam hasil kawin silang dari ayam kampung betina dan ayam hutan hijau jantan.

Ciri unik dari ayam bekisar adalah bentuk bulu di bagian lehernya yang lonjong atau membulat tidak lancip.

27. Ayam Hias Modern Game Batam

ayam modern game bantam

Ayam modern game merupakan jenis ayam yang berasal dari daratan Britania Inggris, ayam ini dikembangkan untuk tujuan menjadikan ayam hias, berat maksimalnya hanya sampai satu kilogram.

Namun yang unik dari ayam ini adalah bentuk kakinya yang panjang seperti seorang model.

28. Ayam Arab

ayam arab

Ayam arab merupakan jenis ayam yang merupakan keturunan dari ayam brakel kriel-silver dari Belgia. Di sebut dengan julukan ayam arab karena pejantan ayam ini memiliki daya kembang biak yang tinggi, dan awal keberadaannya di Indonesia ialah melalui telur yang dibawa oleh orang yang telah pergi ke mekkah untuk ibadah haji.

29. Ayam Mutiara

mutiara chicken

Dikenal sebagai ayam yang berasal dari Afrika dan hidup secara bergerombol di sabana dan semak-semak, ayam ini dikategorikan dalam keluarga burung yang dapat terbang tinggi, dan dapat kembali ke tempat tinggalnya.

Dalam satu kali bertelur ayam ini mampu menghasilkan telur hingga 50-100 butir, namun ayam ini cukup terbatas karena hanya bertelur pada musim hujan saja. Harga ayam mutiara dewasa mampu mencapai 200 ribuan per ekornya.

30. Ayam Pheasant

golden pheasant

Ayam pheasant dikenal sebagai ayam hias yang memiliki tampilan memukau, memiliki banyak jenis seperti golden pheasant, yellow pheasant, reeves pheasant, dan lainnya. Ayam ini terkenal dengan harga jualnya yang tinggi yang dapat dibandrol hingga 10 juta rupiah.

Itulah berbagai jenis ayam hias yang menarik dan unik, tertarik memelihara ayam hias?

Semoga bermanfaat.

Share on:

Pekerja dan Pelajar yang suka dan tertarik seputar hal-hal teknologi, selain itu saya juga suka hal-hal tentang hewan. Hewan yang saya pelihara antara lain seperti burung lovebird, ikan cupang, dan kucing.

Tinggalkan komentar