Home » Info Hewan » Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Kucing

Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Kucing

Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Kucing – Proses pertumbuhan makhluk hidup mempunyai banyak pengaruh dan faktor yang saling bersinggungan antara satu dan lainnya.

Sama halnya dengan faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang kucing sejak umur anakan hingga dewasa, selain dari genetika induk yang menurun pada anak-anaknya, terdapat faktor-faktor lain yang menjadi kendala antara lain seperti kelainan dan cacat hingga kondisi lingkungan.

Cara Mengetahui Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Kucing

faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kucing

Terdapat beberapa cara yang dapat kamu coba untuk mengamati pertumbuhan kucing.

Standar umum yang digunakan dalam penilaian kesehatan pada pertumbuhan kucing adalah membandingkan berat badan kucing dengan ukuran panjangnya.

Terdapat ras kucing tertentu yang merupakan ras asli dan bukan kucing mixdome, biasanya memiliki pertumbuhan yang lebih lambat jika dibandingkan dengan kucing liar yang hidup bebas seperti kucing hutan.

Untuk jenis kucing rumahan seperti maine coon, persia, anggora, dan lainnya memang memiliki pertumbuhan yang lebih lambat, baik karena faktor lingkungan ataupun genetik.

Berikut ini adalah beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kucing.

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Kucing, Apa Saja?

faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kucing
faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kucing
  1. Asal usul Keturunan dari sang induk kucing
  2. Jenis kelamin kucing
  3. Asupan makanan induk kucing ketika hamil dan sesudahnya
  4. Genetika bawaan dari induk pejantan atau betina
  5. Hormon
  6. Perkembangan fungsi pada tubuh kucing
  7. Lingkungan tempat kucing tinggal
  8. Tingkat persaingan antar saudara kucing dalam mendapatkan ASI
  9. Berat badan induk kucing
  10. Kebutuhan nutrisi, gizi, dan vitamin ketika induk kucing hamil dan menyusui

Itulah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses daya tumbuh kucing, selain itu terdapat faktor lain yang bisa membuat kucing lebih optimal atau bahkan tidak berkembang.

Untuk mengetahui info lebih lengkap, maka dapat berkonsultasi dengan para pakar yang memiliki pengalaman dalam merawat kucing, atau bisa juga melalui dokter hewan untuk bertukar pendapat dalam mengoptimalkan pertumbuhan anak kucing agar sehat.

Faktor terbesar dalam pertumbuhan kucing adalah:

Asal Usul dan Ras Kucing

Ras dan asal usul keturunan kucing adalah pengaruh besar dalam pertumbuhan anak kucing, dan faktor lain yang tidak kalah penting adalah perkawinan silang antara induk jantan dan betina yang sehat, hingga persilangan dengan ras lain.

Jenis Kelamin Kucing

Jenis kelamin kucing juga mempengaruhi pertumbuhan, biasanya kucing jantan akan memiliki postur tubuh yang lebih berat dan kokoh karena tumbuh kembangnya yang lebih cepat sebelum usia dewasanya.

Postur Tubuh Induk Kucing Ketika Hamil dan Melahirkan

Postur tubuh kucing ketika hamil dan melahirkan juga dapat mempengaruhi pertumbuhan kucing.

Selain dari faktor eksternal yang sudah disebutkan, terdapat pula faktor internal yang mempengaruhi tumbuh kembang kucing yang berasal dari hormon, gen tidak cacat, dan juga nutrisi.

Nutrisi dan Gizi ini didapatkan dari jenis makanan kucing yang mana mendorong pertumbuhan kucing secara internal untuk menjalankan metabolisme tubuh.

Itulah faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang kucing, semoga bermanfaat.

Share on:

Pekerja dan Pelajar yang suka dan tertarik seputar hal-hal teknologi, selain itu saya juga suka hal-hal tentang hewan. Hewan yang saya pelihara antara lain seperti burung lovebird, ikan cupang, dan kucing.

Tinggalkan komentar