Peluang Usaha Ternak

Usaha adalah sebuah cara untuk mendapatkan pemasukan selain menjadi seorang karyawan, berikut adalah beberapa rekomendasi peluang usaha ternak.

Dengan berwirausaha, seseorang bisa merubah kehidupannya dari yang semula sederhana menjadi berkecukupan.

Saat ini mendapatkan pekerjaan bukanlah hal yang mudah, meskipun lowongan pekerjaan tersebar luas.

Namun perusahaan lah yang menentukan keinginan mereka untuk mendapatkan karyawan nya.

Tidak perlu berkecil hati bagi kamu yang tidak bisa menjadi PNS ataupun Karyawan perusahaan, ada banyak cara untuk mendapatkan uang.

Dan juga rezeki itu sudah Allah atur, tentunya dengan tetap berikhtiar yang sesuai, salah satunya adalah dengan cara beternak hewan.

Mengapa berternak menjadi usaha yang menjanjikan?

Karena hasil ternak merupakan kebutuhan yang tidak lepas dari kehidupan manusia, banyak sekali yang membutuhkan seperti kebutuhan akan daging, telur atau lainnya dimana dapat menunjang kesehatan tubuh ataupun untuk menambah gizi.

Dalam penjualannya dapat dilakukan secara mudah, terlebih saat ini sudah memasuki era modern, dimana Internet semakin mudah di akses, kamu dapat melakukan pemasaran secara online ataupun offline.

Lalu apa saja peluang usaha ternak yang menjanjikan? Yuk ketahui ulasan lengkapnya.

Peluang Usaha Ternak Menjajikan

hewan yang bisa dijadikan sebagai ternak ada banyak sekali, dan diantaranya merupakan hewan yang cukup menjajikan untuk usaha ternak, berikut ini adalah beberapa jenis hewan populer yang dapat dijadikan sebagai hewan peternakan.

1. Peluang Usaha Ternak Kambing

kambing

Ternak Kambing adalah salah satu prospek usaha yang menguntungkan karena bisa mendapatkan keuntungan jutaan rupiah hingga puluhan juta per bulannya.

Memang dalam berternak kambing membutuhkan waktu yang agak lama.

Namun dengan perencanaan dan penjadwalan yang sesuai dan benar, ternak kambing bisa menjadi ladang usaha yang menjanjikan.

Selain daging nya kotoran kambing pun bisa dijadikan prospek usaha pupuk kompos, Karena kotoran kambing bisa menjadi pupuk alami untuk berbagai jenis tumbuhan.

Bahkan saat ini terdapat jenis kambing yang di perah susunya untuk di perjual belikan, karena kandungan protein nya yang bagus.

Semakin besar modal dalam memulai usaha kambing ini maka akan semakin besar penghasilannya.

2. Peluang Usaha Ternak Sapi

peluang usaha ternak

Ternak Sapi merupakan salah satu bisnis yang memiliki penghasilan sangat besar, Dalam ternak sapi ini yang dibutuhkan adalah modal yang besar dan kuat serta lahan yang luas dan memiliki sistem pembuangan yang baik.

Agar Sapi tidak berbau dan mengganggu daerah sekitarnya. Harga sapi biasanya akan melampung tinggi ketika mendekati hari raya qurban.

Untuk Harga daging sapi sendiri saat ini memasuki angka seratus ribu lebih, selain daging, sapi juga di perah susunya untuk dijadikan berbagai jenis minuman, ataupun olahan makanan.

3. Ternak Bebek

bebek

Meskipun bebek adalah hewan unggas bukan mamalia akan tetapi kebutuhan daging bebek dan telur bebek sangatlah tinggi di pasaran.

Banyak sekali yang mencari daging bebek ini untuk dijadikan berbagai jenis hidangan makanan.

Selain daging telur bebek juga menjadi incaran para wisatawan untuk dijadikan oleh – oleh. Karena memiliki rasa yang khas.

Telur bebek ini biasanya di jual dengan harga 2500-5000 rupiah perbutirnya.

Sedangan dagingnya mencapai 30 – 50 rb perkilonya.

Adapun kendala dalam berternak bebek adalah pakannya, karena bebek sangat sensitive terhadap makanannya.

Jika bebek di beri makan yang salah maka bebek akan terserang penyakit bahkan kematian.

Jadi jika ingin berternak bebek sebaiknya jaga kualitas pakannya.

4. Peluang Usaha Ternak Ayam

peluang usaha ternak ayam

Ternak Ayam adalah jenis ternak yang dibilang mudah dalam perawatannya, selain itu modal yang dibutuhkan tidak sebesar seperti ternak kambing atau sapi.

Ternak ayam ini ada beberapa golongan ada yang memilih ternak ayam potong dan juga ternak ayam khusus petelur.

s

Ternak ayam potong ini merupakan ternak ayam yang khusus kepada daging ayam, ayam akan di supplay makanan agar cepat besar dan gemuk agar cepat panen.

Sedangkan ayam petelur adalah ternak yang khusus kepada telur ayamnya.

Telur- telur nya akan di ambil dan kemudian di distribusikan, sehingga ayam – ayam tersebut akan berterlur kembali.

5. Ternak Kelinci

peluang usaha ternak kelinci

Kelinci di kenal sebagai hewan yang lucu dan menyenangkan untuk di pelihara, oleh karena itu banyak yang mencoba menternakkan kelinci sebagai kelinci hias.

Seperti rex, new zealand, himalaya, anggora dan lainnya.

Namun ternyata tidak hanya diminati untuk dipelihara, kelinci juga sangat diminati dagingnya.

Salah satu olahan daging kelinci adalah sate kelinci, untuk jenis kelinci yang di ambil dagingnya adalah jenis kelinci new zealand.

Hal ini karena body dari kelinci tersebut besar dan juga dagingnya yang banyak.

Dalam perawatannya kelinci juga terbilang mudah, makannya bisa di variasi seperti pelet kelinci, wortel, ataupun daun daun hijau.

Jaga juga kelembaban suhu kandanga kelinci, karena jika terlalu lembab kelinci mudah terserang jamur, yang biasanya terdapat pada kakinya dan juga telingannya.

Jika hal itu terjadi segera obati dengan obat jamur khusus kelinci dengan cara di suntikkan ataupun di teteskan.

6. Peluang Budidaya Ikan Lele

peluang usaha ternak lele

Ternak Lele merupakan salah satu contoh peluang bisnis dengan modal yang tidak begitu besar.

Sekitar 500 ribu saja sudah bisa memulai ternak ini.

Cukup sediakan kolam menggunakan semen atau pun terpal dengan lebar 4 meter dan panjang 6 meter saja sudah bisa di masuki bibit ikan lele ini.

Ternak lele merupakan ternak yang mudah, cukup berikan pakan berupa pelet ikan setiap hari dan juga cek kondisi air dalam kolam.

Dan pastikan kolam tertutup sehingga tidak termangsa predator seperti kucing ataupun garangan dan lainnya, dalam waktu 1 bulan lele – lele sudah bisa di panen dan di pasarkan.

Itulah beberapa jenis ternak hewan yang menjanjikan, sebelum beternak pastikan bekali dulu diri kamu dengan ilmu seputar cara beternak hewan, serta atur segala kebutuhannya sehingga bisa berhasil dalam berternaknya.

Semoga bermanfaat.

About Rozak

Seorang mahasiswa telekomunikasi yang suka dengan hewan peliharaan, saya juga memelihara iguana dan ikan sebagai hewan peliharaan.

Tinggalkan komentar