Kelinci New Zealand

Kelinci New Zealand (NZ) merupakan salah satu jenis kelinci pedaging yang banyak disukai oleh para peternak kelinci.

Hal ini karena kelinci jenis ini memiliki postur tubuh yang besar dan dapat menghasilkan daging kelinci lebih banyak.

Selain dimanfaatkan dagingnya untuk dijadikan bahan pangan, kelinci ini juga sering di ikutkan show dan sudah diakui oleh ARBA (American Rabbit Breeders Association).

Memiliki nama New Zealand, bukan berarti kalau kelinci ini berasal dari negara tersebut, tetapi kelinci ini malah berasal dari negara America. 

Berikut ini ulasan lengkap mengenai kelinci new zealand, yuk baca selengkapnya.

Sejarah Kelinci NZ

Kelinci New zealand

Pada tahun 1900 an kelinci jenis ini mulai dikembangbiakan di negara America. Kelinci ini dihasilkan dari persilangan jenis kelinci flemish giant dengan kelinci belgian hare yang sama- sama memiliki postur tubuh besar.

Kelinci New Zealand mulai di kembangbiakkan pada tahun 1917 dan kemudian kelinci ini menyebar di Inggris. Kelinci ini mulai dibawa dan diperkenalkan di inggris pada tahun 1945.

Pada saat itu kelinci ini sangat terkenal untuk dimanfaatkan dagingnya. Memang benar tujuan kelinci ini di kembangkan adalah untuk dimanfaatkan dagingnya.

Namun dengan berjalannya waktu dari tahun ke tahun, malah banyak yang menjadikan kelinci New Zealand sebagai kelinci peliharaan dan sering diikutkan perlombaan.

Kelinci New Zealand White

Kelinci New Zealand white adalah jenis kelinci yang bisa dikatakan paling populer, hal ini dikarenakan bulunya yang putih, ditambah dengan warna merah pada matanya.

Namun yang menjadikan kelinci ini populer adalah warna putih pada tubuhnya yang identik dengan kebersihan.

Dimana warna putih pada kelinci ini, sangat disukai oleh para penggemar dan penghobi kelinci.

Kelinci New Zealand juga memiliki banyak keunggulan, seperti untuk di ternakkan dan diambil dagingnya, atau di manfaatkan bulunya. Karena kelinci yang satu ini memiliki bulu yang sangat halus dan lembut.

Terkadang, kelinci New Zealand juga digunakan dan dijadikan sebagai kelinci dalam ajang kontes.

Selain itu, kelinci ini bisa juga dijadikan sebagai hewan peliharaan, bahkan digunakan sebagai kelinci percobaan dalam sebuah penelitian di laboratorium.

Harga Kelinci New Zealand White

Harga kelinci new zealand terdapat berbagai variasi dan berbeda-beda tergantung pada jenis indukan, bobot, dan umur kelinci.

Untuk kelinci new zealand white harganya sekitar Rp 300.000,- hingga Rp 350.000,- dengan bobot kurang lebih 3,6 kg – 4,2 kg, dan umur sekitar 10 bulan hingga 15 bulan.

Untuk jenis kelinci new zealand indukan australia dengan berat 3,25 kg – 3,75 kg, dengan usia kelinci sekitar 10 bulan hingga 15 bulan, memiliki harga kisaran antara Rp 250.000,- hingga Rp 300.000,-.

Dan untuk jenis kelinci new zealand indukan bligon dengan berat sekitar 3 kg – 4 kg, dengan usia kelinci sekitar 10 bulan hingga 15 bulan, harganya mencapai Rp 150.000,- hingga Rp 200.000,-.

Jika kamu ingin mencari dan membeli anakan kelinci new zealand white harganya bergantung pada usia dari anakan kelinci NZ tersebut.

Untuk usia sekitar 6 hari hingga 75 hari harga anakan kelinci NZ ini berkisar antara Rp 75.000,- hingga Rp 100.000,-.

Jika ingin membeli kelinci new zealand white ini, lebih baik untuk langsung membelinya kepada breeder kelinci atau peternak yang terpercaya.

Sehingga kamu dapat memiliki kelinci yang sehat, terawat, dan terjamin kualitas dari kelinci tersebut.

Sebab, apabila dalam melakukan pembelian kelinci kepada para penjual yang berada di pinggir jalan atau pasar, terkadang akan mendapatkan kelinci yang mudah stress, dan akhirnya mati.

Kelinci merupakan jenis hewan yang suka ketenangan, tidak menyukai kebisingan, karena jika terdapat suara bising yang mengganggu, akan membuat kelinci menjadi stress, yang akhirnya mengakibatkan kelinci mengalami kematian.

Jenis Kelinci New Zealand

Jenis warna kelinci new zealand memiliki 4 variates yang sudah diakui oleh ARBA, namun hanya ada 3 jenis kelinci NZ yang terkenal dan populer di Indonesia.

Cirinya sama, yaitu berbadan besar, namun yang membedakan adalah warnanya, berikut seputar jenis kelinci NZ.

1. Kelinci New Zealand Red

Kelinci New zealand red

Jenis kelinci ini memiliki warna coklat solid kemerahan dan memiliki mata berwarna hitam, bulunya halus, jenis ini juga banyak diminati oleh pecinta kelinci.

2. Kelinci New Zealand Black

Kelinci New zealand black

Jenis kelinci ini memiliki warna hitam solid dan pada matanya juga berwarna hitam, ditambah dengan ukuran tubuhnya yang besar.

3. Kelinci New Zealand White

Kelinci New zealand white

Jenis yang satu ini memiliki warna putih solid memiliki mata berwarna merah, jenis variates ini yang paling sering di ternak di Indonesia.

Ciri Ciri Kelinci New Zealand

Kelinci NZW

Seperti yang dikatakan di atas kelinci ini memiliki 4 variates warna yang sudah di akui oleh ARBA, seperti warna merah, hitam, putih dan broken.

Dengan banyak nya anak yang dihasilkan oleh indukan kelinci dalam satu kali melahirkan, membuat kelinci NZ banyak di ternakkan.

Dan kelinci NZ ini memiliki ciri yang hampir serupa dengan kelinci lokal, maka terkadang ada juga yang menyebyt jika kelinci NZ lokal adalah kelinci new zealand magelang.

Kelinci NZ memiliki bentuk dada yang dipenuhi oleh bulu dengan panjang medium, memiliki kepala yang besar, dan bulu yang lebat namun halus.

Berat dari kelinci NZ sekitar 5,44 kg, namun untuk jenis kelinci NZ Red beratnya sekitar 4 Kg hingga 5 Kg saja.

Kelinci ini banyak diternakkan dan diambil dagingnya serta bulunya untuk dijadikan baju hangat.

Usia kelinci NZ dapat mencapai sekitar umur 10 tahun, jika dalam melakukan perawatannya baik dan pemberian makanan yang cukup untuk menunjang kebutuhan nutrisi serta vitamin, yang dapat menjaga kesehatan tubuh kelinci.

Semua variates Kelinci NZ memiliki ciri ciri yang sama hanya saja berbeda pada warnanya, berikut ciri-cirinya:

  • Memiliki tubuh yang panjang.
  • Memiliki kepala yang lebar dan sedikit membulat.
  • Memiliki telinga yang tebal dan lumayan panjang.
  • Memiliki bulu yang pedek tetapi lebat dan halus.
  • Memiliki kaki yang kuat dan kokoh, untuk kaki bagian depan agak pendek
  • Bobot ukuran kelinci NZ dewasa berkisar 5,5 Kg dan khusus variates warna Red berkisar antara 4 Kg – 5 Kg.
  • Dapat hidup hingga umur 10 tahun.

Kelinci NZ juga memiliki reproduksi yang besar, dimana setiap melahirkan dapat menghasilkan anak hingga 10 sampai 12 ekor anak kelinci.

Perawatan Kelinci NZ

Kelinci NZ Besar

Jika kamu memelihara kelinci NZ sebagai kelinci kontes atau kelinci show, maka kamu harus memperhatikan perawataanya.

Perawatan kelinci ini tidak terlalu susah layaknya memelihara kelinci Anggora, kamu bisa menyisir kelinci ini dan membersihkan kotoran yang menempel pada badannya.

Kandang kelinci kontes juga harus tetap selalu bersih, bersihkan minimal 1 hari sekali agar kelinci tidak mudah kotor dan terhindar dari virus penyakit.

Berikut persiapan untuk perawatan kelinci.

kandang kelinci

1. Menyiapkan Kandang Kelinci

Siapkan kandang yang memiliki ukuran sesuai dengan kelinci kamu, untuk kelinci yang mempunyai berat 4 Kg atau lebih, maka perlu membutuhkan kandang sebagai berikut:

  • Panjang: 150 cm
  • Tinggi: 75 cm
  • Lebar: 75 cm

Kandang harus bisa digunakan untuk kelinci berbaring dan merentangkan tubuhnya, sehingga kelinci menjadi nyaman.

Jangan lupa untuk menyisakan ruang untuk menjadi tempat makanan, air, dan pembuangan kotoran kelinci.

2. Pemberian Makanan, Minuman

Rumput segar adalah makanan penting dalam perawatan kelinci, kamu dapat memilih rumput timothy, gandum, brome, yang dapat dijadikan sebagai pilihan makanan yang tepat.

Selain rumput, kamu juga dapat memberikan sayur-sayuran seperti bayam, kol hijau, daun lobak, sawi, selada air, dan lainnya.

Atau kamu juga bisa memberikan pelet yang terbuat dari rumput timothy yang sudah dikeringkan.

Jangan lupa untuk menghindarkan kelinci dari makanan yang kurang baik, kelinci tidak cocok untuk memakan makanan seperti jagung, tomat, kobis, kacang-kacangan, dan bawang.

Siapkan air yang bersih, untuk menjadi minuman bagi kelinci kamu, kamu harus memastikan air yang diberikan adalah air yang bersih, sehingga usahakan untuk selalu mengganti air minum kelinci setiap hari.

rabbit

3. Memberikan Teman Bermain

Sebaiknya, jika kamu memelihara kelinci, jangan biarkan kelinci sendirian, usahakan memelihara beberapa ekor sekaligus, mengingat kelinci adalah hewan sosial.

Kelinci suka bermain dengan sesamanya, jika kamu merasa kurang mampu untuk memelihara banyak, kamu bisa memelihara 2 ekor kelinci.

4. Menjaga Kesehatan Kelinci

Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan kandang kelinci, bersihkan kandang kelinci minimal satu minggu sekali.

Pastikan suhu dimana ruangan tempat kelinci berada memiliki suhu yang normal, yaitu sekitar 16-22 derajat Celcius.

Untuk membersihkan kelinci, tidak perlu dimandikan, cukup sikat badan kelinci menggunakan sikat lembut secara perlahan, untuk membersihkan bulu kelinci bisa dilakukan setiap 1-2 hari sekali.

5. Tips Dalam Memelihara Kelinci

Berikut ini adalah tips-tips penting dalam memelihara kelinci, yuk baca tips pintar memelihara kelinci:

  • Jangan sembarangan memberikan obat kutu kepada kelinci, kamu perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter, mengenai langkah yang harus dilakukan ketika kelinci memiliki kutu.
  • Kuku kelinci harus dipotong setiap 1 sampai 2 bulan sekali, tergantung dari aktivitas serta tempat tinggal, atau tempat bermainnya.
  • Hati-hati dalam memegang kelinci, jika kelinci merasa tidak nyaman dan terdesak, maka kelinci akan menggigit.
  • Untuk menjaga keamanan kelinci, usahakan kandang kelinci jauh dari jangkauan anjing dan kucing.
  • Jangan pernah mengangkat kelinci dengan cara menarik telingnya, karena dapat merusak telinga kelinci.

Harga Kelinci New Zealand

harga kelinci new zealand

Harga kelinci jenis ini berbedai beda, tergantung dari berat badan, jenis, usia, dan keasliannya, lalu berapa harga kelinci New Zealand (NZ)?

berikut harganya.

Jenis KelinciHarga
Kelinci NZW (White) 3,7 - 4,2 KgRp 320.000 - Rp 360.000
Kelinci NZ Indukan Australia 3,5 - 3,75 KgRp 250.000 - Rp 300.000
Kelinci NZ Indukan Bligon 3,0 - 3,5 KgRp 170.000 - Rp 200,000
Kelinci NZ anakan 1 - 2 bulanRp 80.000 - Rp 130.000
Kelinci NZ Red (Murni) usia 2-3 bulanRp 3.000.000 - Rp 3.500.000
Kelinci NZ Broken (Murni) usia 2-3 bulanRp 2.500.000 - Rp 3.000.000

Mungkin itu saja pembahasan mengenenai kelinci New Zealand, dari sejarahnya, ciri cirinya, perawatannya dan harganya.

Kamu juga harus tahu tentang jenis kelinci australia, seperti ciri-ciri, harga, dan cara beternak.

Semoga artikel ini bermanfaat, sekian dan terimakasih.


About Rozak

Seorang mahasiswa telekomunikasi yang suka dengan hewan peliharaan, saya juga memelihara iguana dan ikan sebagai hewan peliharaan.

Tinggalkan komentar