Home » Kucing » Kucing Mix Dome

Kucing Mix Dome

Saat ini sudah banyak sekali ras kucing yang ada, salah satunya adalah ras kucing persilangan. Proses perkawinan silang ras kucing satu dan lainnya saat ini banyak dilakukan, dan akhirnya menjadi sebuah ras kucing campuran atau kucing mix dome.

Banyak yang berpendapat jika kucing ini disamakan dengan kucing domestik yang sering berada di lingkungan rumah, namun nyatanya kucing mix dome memiliki perbedaan dengan kucing ras lainnya.

Apa Itu Kucing Mix Dome?

Kucing mixdome adalah ras kucing campuran yang tidak diketahui sejarahnya. Umumnya kucing mix dome dikelompokkan berdasarkan warna, tubuh, dan bentuk wajah.

Mengenal Kucing Mixdom

kucing tuxedo mix dome

Tentunya kucing mixdome dan kucing ras asli adalah jenis hewan peliharaan yang berbeda.

Kucing ras asli adalah jenis kucing yang sudah mendapatkan pengakuan dimana tercatat sebagai keturunan kucing tertentu. Di Amerika Serikat sendiri sudah terdapat 42 ras kucing yang diakui.

Ras kucing asli atau murni yang populer dipelihara antara lain seperti ras kucing persia, kucing maine coon, kucing siam, kucing bengal, dan lainnya.

Dan Asosiasi Kucing Internasional juga mengakui sekitar kurang lebihnya terdapat 71 jenis ras kucing asli, contohnya seperti ras kucing Abyssinian, kucing lykoi, dan kucing chausie.

Untuk dapat melihat perbedaan antara kucing ras asli dan mixdome maka kamu perlu teliti dalam melihat bentuk tubuh, wajah, hingga pola warna yang dimiliki.

Kelebihan Kucing Mix Dome

Mengapa banyak para pecinta kucing yang lebih memilih kucing mixdome dibandingkan kucing ras asli?

Faktanya kucing mix dome atau campuran memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah penampilan fisik yang tidak kalah lucu dengan kucing ras asli nya, warna bagus, dan harga yang terjangkau.

Selain itu pemeliharaan dan perawatan kucing mixdome juga lebih mudah di lakukan jika dibandingkan dengan perawatan kucing ras asli.

Untuk mendapatkan kucing ras campuran kamu bisa mengadopsinya dari tempat penangkaran kucing, atau petshop.

Karakter Kucing Mixdome yang Beragam

Kucing ras mix atau campuran dengan domestik memiliki berbagai karakter yang beragam dan tidak terduga.

Ada yang memiliki karakter pendiam, ada yang lebih suka menyendiri, ada yang suka mendapatkan kasih sayang dan perhatian, hingga manja dan lucu.

Tedapat sebagian besar kucing ras campuran domestik yang suka mendapatkan perhatian dengan cara mengelus nya atau mengajaknya bermain bersama.

Dengan perawatan yang tepat kucing domestik campuran yang awalnya pemalu dapat menjadi percaya diri dan manja.

Apabila kamu menginginkan hewan peliharaan lucu yang setia, manja, dapat dijadikan teman tidur atau bermain bersama, maka kucing mixdome adalah pilihan yang tepat.

Cara Merawat Kucing Mix Dome

Lalu bagaimana cara merawat kucing mixdome yang tepat dan benar?

Cara merawat kucing mixdome dapat dikatakan lebih mudah dilakukan ketimbang merawat kucing ras asli.

Hal yang harus diperhatikan dalam perawatan kucing ini adalah jenis bulunya, apakah termasuk kategori short hair (bulu pendek), medium hair (bulu sedang), atau long hair (bulu panjang).

Dalam merawat kucing dengan bulu pendek maka perlu menyikat setiap minggu sekali untuk meminimalisir bulu kucing rontok.

Untuk kucing dengan bulu sedang dan panjang maka perlu disikat dengan menggunakan sisir khusus kucing untuk menjaga bulu kucing tidak kusam dan menggumpal, sehingga bulu kucing tetap sehat dan tidak kusut.

sisir sikat kucing

Sebagian hewan seperti kucing merupakan hewan yang dapat membersihkan dirinya secara mandiri, maka ketika memelihara kucing untuk memandikannya jangan terlalu sering.

Cukup lakukan minimal 2 minggu sekali dalam memandikan kucing, atau ketika tubuh kucing benar-benar kotor karena bermain di luar rumah.

Pahami cara membersihkan tubuh kucing dengan memandikannya secara mandiri.

Dalam proses membersihkan kucing jangan lupa juga untuk memeriksa dan membersihkan area telinga kucing, hal ini bertujuan untuk menghilangkan penumpukan zat lilin yang berlebih.

Terdapat beberapa cara merawat kucing mixdome lainnya yaitu dengan selalu memperhatikan kesehatan kucing dari adanya infeksi dan kutu yang mengganggu.

Selain itu kucing juga perlu mendapatkan perawatan kuku, dalam perawatan kuku kucing, pemilik dapat menjadwalkan minimal satu bulan sekali untuk memotong kuku kucing menggunakan pemotong kuku khusus kucing.

Agar kucing tidak merasa bosan dan menjaga berat badan kucing agar tetap ideal, maka sebagai pemilik perlu memberikan mainan sebagai alat bermain untuk kucing agar tidak merasa jenuh.

Untuk jenis mainan kucing yang dapat digunakan antara lain seperti sinar laser yang diarahkan ketembok, mainan ini dapat melatih mental kucing.

Atau menggunakan boneka layaknya tikus yang digerakan, sehingga kucing akan mengejarnya.

Jenis alat bermain lainnya untuk kucing mixdome antara lain seperti tiang penggaruk, atau puzzle makanan, atau bisa juga dengan tali dan bola.

Menjaga Kesehatan Kucing Mix Dome

mix dome cats

Untuk menjaga kesehatan kucing, maka selalu perhatikan jenis makanan dan minuman yang diberikan.

Jaga selalu kebersihan kandang, tempat makan, dan tempat minum kucing, tidak lupa juga untuk selalu mengganti pasir khusus tempat kucing membuang kotorannya. Jauhkan kucing dari bahan dan benda yang berbahaya.

Makanan Kucing yang Tepat dan Sehat

Meskipun makanan untuk kucing mix dome memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan makanan kucing ras seperti makanan kucing anggora dan persia, namun tetap harus diperhatikan kualitasnya.

Makanan untuk kucing yang baik dan menyehatkan harus mengandung nutrisi yang baik bagi perkembangan pertumbuhan kucing.

Kamu dapat memberikan makanan kepada kucing yang memiliki kandungan protein tinggi, kandungan lemak rendah, dan beberapa supply vitamin.

Jangan lupa pula untuk memberikan minuman bagi kucing, karena kucing juga membutuhkan minum layaknya makhluk hidup lain.

Dalam memberikan jenis makanan seperti makanan basah atau kering tidak menjadi masalah apabila kucing berselera dan memiliki tekstur yang tepat.

Untuk jadwal pemberian makanan bagi kucing sendiri dapat dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari, di sela-sela waktu tersebut, kamu bisa memberikan kucing camilan atau snack khusus kucing.

Ingin tahu makanan kucing terbaik? Silahkan baca seputar daftar makanan kucing paling direkomendasikan.

Kandang dan Tempat Kucing

harga kandang kucing

Agar kucing mendapatkan tempat istirahat yang nyaman, maka siapkan tempat bagi kucing yang nyaman dan layak.

Sebaiknya pilih tempat untuk kucing dengan ventilasi udara yang baik dan terbuka, agar udara dapat masuk secara leluasa.

Pastikan tidak ada bahan dan benda yang berbahaya disekitar tempat kucing, selalu sediakan alat bermain untuk kucing agar aktif bermain dan sehat.

Dimana untuk Bisa Mendapatkan Kucing Mix Dome?

Untuk mendapatkan kucing campuran atau mixdome sebenarnya tidak terlalu sulit, karena banyak dari para pecinta kucing yang melakukan perkawinan silang antar ras kucing yang berbeda, seperti kucing kampung dengan kucing persia, kucing persia dengan kucing anggora, atau lainnya.

Kamu dapat mendapatkan kucing mix dome dari para pecinta kucing yang menawarkan sistem adopsi, atau dari penangkaran binatang, atau juga dapat mengadopsi dari petshop yang terpercaya di sekitar wilayah kamu.

Cara Membedakan Kucing Mixdome dan Kucing Ras Lain

Untuk dapat membedakan kucing mixdome dengan kucing ras lainnya, maka kamu harus tahu ciri ciri dari jenis kucing.

Kamu perlu lebih mengenal kucing mix dome mulai dari warna, tubuh, hingga bulunya.

Ciri Ciri Kucing Mix Dome, Ras Asli, dan Domestik

Terdapat banyak jenis ras kucing yang ada di dunia ini, atau bahkan disekitar rumah kamu.

Terutama untuk kucing domestik atau kucing lokal yang banyak berkeliaran di jalanan.

Meskipun kucing jalanan lebih sering disebut sebagai kucing liar, namun siapa yang tahu jika ternyata kucing tersebut adalah hasil perkawinan silang dengan kucing ras, atau sering disebut sebagai kucing mix dome, atau memang kucing domestik, atau bahkan kucing ras asli.

Untuk itu kamu juga perlu tahu perbedaan kucing ras asli, domestik, dan mixdome, berikut seputar perbedaannya.

1. Ciri Ciri Kucing Domestik

kucing liar

Kucing domestik adalah jenis ras kucing yang berada para suatu wilayah, contohnya seperti kucing anggora yang merupakan kucing domestik turki.

Namun untuk negara Indonesia, maka kucing domestik nya adalah kucing kampung jawa.

Sehingga dengan demikian kucing domestik bukan hanya kucing kampung saja, melainkan kucing berada di suatu wilayah.

Namun yang dimaksudkan kucing domestik pada pembahasan ini adalah kucing domestik Indonesia atau lebih dikenal sebagai kucing kampung.

Berikut ini adalah ciri ciri kucing domestik Indonesia (kucing kampung):

  • Bentuk wajah lonjong dan kecil.
  • Leher kucing hingga pundak memiliki ukuran yang kecil, kecuali jika kucing tersebut gemuk, maka leher juga akan membesar.
  • Bulu yang dimiliki pendek, tipis, dan tidak lebat layaknya kucing ras Persia atau Anggora.

Ingin tahu seputar kucing kampung lucu di Indonesia, silahkan baca seputar Jenis Jenis Kucing Lokal Indonesia.

2. Ciri Ciri Kucing Ras Asli

jenis kucing persia

Kucing ras asli merupakan jenis kucing keturunan dari suatu jenis kucing tertentu berdasarkan ras kucing tersebut.

Kucing ras asli biasanya dilengkapi dengan sertifikat pengakuan dari lembaga atau asosiasi kucing internasional.

Contoh kucing ras antara lain seperti kucing siamese, kucing Abyssinian, kucing Siberia, Kucing Hutan Norwegia, hingga kucing Caracal.

Jenis kucing ras asli begitu beragam, namun diantara banyaknya jenis kucing ras asli, terdapat beberapa kesamaan ciri-ciri pada kucing ras yang mudah dikenali, sebagaimana berikut.

  • Hampir sebagian kucing ras memiliki bentuk wajah yang bulat, walaupun tidak semuanya, karena ada jenis kucing ras yang memiliki kepala lonjong seperti kucing anggora, abyssinian, dan maine coon, namun meskipun lonjong kepala kucing ras asli memiliki ukuran yang besar dibandingkan dengan kucing kampung indonesia.
  • Rata-rata memiliki pundak lebar dan leher yang besar, disertai dengan tulang yang kokoh untuk menopang tubuhnya. Namun ada juga ras kucing asli dengan tubuh kecil seperti kucing Abyssinian contohnya.
  • Kebanyakan kucing ras memiliki bulu yang lebat dan panjang, contohnya seperti kucing persia, kucing anggora, kucing maine coon, kucing himalaya, dan masih banyak lagi, namun sebagain dari kucing ras juga ada yang berbulu pendek seperti kucing bombay, kucing havana brown, atau american shorthair, dan lainnya.
  • Warna mata kucing ras lebih cerah dan berwarna, warna nya pun beragam seperti biru, kuning, gold, perak, hingga hijau.
  • Kucing ras lebih memiliki karakter kalem dan ramah, serta penyayang.
  • Jumlah kucing ras di dunia kurang lebihnya sekitar 40+ jenis kucing ras.

3. Ciri Ciri Kucing Mix Dome

kucing mix dome

Kucing Mix Dome atau kucing campuran antara kucing domestik dan kucing ras lain sehingga menghasilkan jenis kucing baru.

Ciri-ciri kucing mixdome biasanya tidak akan jauh berbeda dengan kucing ras aslinya.

Misal jika kucing kampung jawa di kawin silangkan dengan kucing anggora, maka biasanya akan mendapatkan keturunan yang bagus.

Dimana keturunan tersebut memiliki bulu ekor yang lebat, dan panjang, namun untuk bagian tubuh mengikuti postur tubuh induk kucing kampung jawa.

Selengkapnya seputar ciri ciri kucing mixdome.

  • Rata-rata memiliki sifat yang agresif dan aktif, meski tidak semuanya.
  • Memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan ras kucing asli, namun sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan kucing domestik Indonesia.
  • Untuk bola mata memiliki warna yang tidak beragam, cenderung mengikuti kucing domestik.
  • Harga lebih murah dibandingkan dengan harga kucing ras asli atau murni.
  • Kebanyakan memiliki bulu lebat (biasanya merupakan kucing persia campuran atau kucing anggora campuran).

Itulah seputar perbedaan antara kucing domestik, kucing ras asli, dan kucing mixdome.

Jenis Kucing Mixdome

Terdapat berbagai macam jenis jenis kucing mix dome yang ada di dunia, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kucing Tuxedo Mixdome
  • Kucing Siberia Mixdome
  • Kucing Norwegia Campuran
  • Kucing Anggora Mix Dome
  • Kucing Persia Mix Domestik
  • Kucing Manx Campuran
  • Dan masih banyak lagi.

Selengkapnya seputar jenis jenis kucing mix dome yang populer dan menggemaskan.

Harga Kucing Mixdom

Untuk harga kucing mixdome tentu sangat bervariasi, hal ini tergantung pada keturunan hasil persilangan kucing tersebut.

Misal kucing anggora dengan kucing kampung tentu akan berbeda harganya dengan kucing mixdome antara kucing siberia dan kucing persia.

Berikut adalah beberapa harga kucing mixdome.

Jenis KucingHarga (Rp)
Kucing Mixdome Persia X Maine CoonRp 1.800.000,-
Kucing Persia X Kucing NorwegiaRp 1.700.000,-
Kucing Persia X RagdollRp 1.600.000,-
Kucing Persia X Kucing KampungRp 350.000,-
Kucing Anggora Mix Himalaya AnakanRp 450.000,-
Kucing Anggora Mix Dome IndonesiaRp 400.000,-
Kucing Anggora Mix PersiaRp 1.200.000,-
Kucing Bengal Mix Kucing SiamRp 2.500.000,-
Kucing Bengal Mix PersiaRp 1.500.000,-
Kucing Anggora Mix Kucing BengalRp 1.400.000,-
Kucing Persia Mix Kucing SiamRp 2.000.000,-

Itulah hal hal seputar kucing mixdome, semoga artikel ini dapat membantu kamu lebih mengenal kucing mixdome, domestik, dan kucing ras asli.

Terima Kasih.

Share on:

Pekerja dan Pelajar yang suka dan tertarik seputar hal-hal teknologi, selain itu saya juga suka hal-hal tentang hewan. Hewan yang saya pelihara antara lain seperti burung lovebird, ikan cupang, dan kucing.

Tinggalkan komentar

Home Category Explore Contact About