Nama Kucing Kesayangan Nabi

Nama Kucing Nabi Muhammad – Istilah kucing sudah sangat umum ditelinga masyarakat, dimana dalam Islam sendiri Kucing merupakan sosok yang sangat terkenal sebagai hewan yang disayangi Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Karena Kucing merupakan hewan yang bisa membersihkan dirinya sendiri, sering kita jumpai kucing sedang menjilati tubuhnya maupun ekornya, maka sebenarnya ia sedang membersihkan dirinya dari kotoran dan kuman.

Bahkan ada sebuah hadist yang meriwayatkan,  Ibnu Umar ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Seorang wanita dimasukkan ke dalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberinya makan, bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai.” (HR. Bukhari).

Diriwayatkan dalam sebuah Hadist, (H.R AlBaihaqi, Abd Al-Razzaq, dan Al-Daruquthni), bahwa istri Nabi, yakni  Siti Aisyah, pernah melihat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam berwudhu dari sisa jilatan kucing.

Tentu ini sangat menjelaskan bahwasanya kucing bukan merupakan hewan yang menjijikan.

Nama Kucing Nabi Muhammad

nama kucing nabi muhammad

Kita sering bertanya tanya, siapa nama Kucing yang disayangi oleh Panutan orang orang muslim ini. Apakah semua jenis kucing dipelihara Oleh Nabi?

Mueeza, adalah nama kucing kesayangan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, diceritakan dalam suatu riwayat, Nabi Muhammad terbangun karena mendengar lantunan Adzan.

Kemudian beliau bergegas mempersiapkan diri dan berpakaian, namun Beliau menemukan Mueeza sedang tidur beralaskan jubah/ pakaiannya.

Dibanding mengganggu dan memindahkan Mueeza, Nabi Muhammad kemudian memotong sebagian jubahnya tersebut. 

Setelah Nabi Muhammad kembali dari Shalatnya, Nabi Muhammad menerima penghormatan dari Mueeza sebagai tanda terimakasihnya.

Kemudian Nabi Muhammad mengelus kucing tersebut sebanyak tiga kali, dan menjadikan Mueeza sebagai kucing kesayangannya.

Perilaku sayang Nabi terhadap Kucing

nama kucing nabi muhammad

Seperti apa sih cara memperlakukan kucing ala Nabi Muhammad SAW? Apakah dengan menggendongnya setiap saat? atau bahkan dengan mengajaknya pergi kemana mana?

Nabi Muhammad merupakan sosok yang sangat menyayangi kucing, beliau memiliki cara tersendiri dalam memperlakukan kucing.

Bagaimana cara memperlakukannya?

Terdapat sebuah riwayat yang menjelaskan bahwa, terdapat suatu waktu Nabi Muhammad sedang memberikan Khotbah, dan Beliau membiarkan Kucingnya (Mueeza) tertidur lelap dipangkuannya.

Kemudian sebagai rasa sayangnya Nabi Muhammad, Beliau berpesan agar menyayangi kucing layaknya menyayangi sanak saudaranya sendiri. Dan Melarang menjadikan Kucing sebagai barang dagangan.

Dari Hadist Riwayat Jami’ Tirmidzi bersabda ” Rasulullah telah melarang memakan dan memperdagangkan kucing” dan Dari Riwayat Shahih Muslim mengenai perdagangan Kucing bersabda bahwa “Nabi Muhammad menolak dan tidak menyukai itu”.

Yang terakhir adalah, Memelihara tanpa harus mengekangnya.

Karena sesungguhnya “kucing tidak akan pernah mengganggu orang yang memeliharanya, karena ia adalah sesuatu yang sangat berguna di dalam rumah” HR Ibnu Majjah.

Bahkan dianjurkan bagi Manusia yang memelihara Kucing, untuk memberikan makanan dan minuman yang cukup.

Apabila sudah tidak sanggup untuk memelihara kucing, sebaiknya diberikan kepada yang sanggup. Demi kesejahteraan si Kucing tersebut.

Sangat Jelas bukan, betapa Sayangnya Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wasallam sebagai panutan Umat Muslim sangat menyayangi hewan yang bernama “KUCING”.

Sepantasnya sebagai manusia, menyayangi hewan adalah bukan suatu hal yang menjijikan.

Itulah nama dari kucing kesayangan nabi, jadi cintai kucing kamu ya dan rawat dengan baik.

Kamu juga harus tahu nih, daftar shampo terbaik untuk kucing dan harganya.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar