Cara Memandikan Kucing

Bagaimana cara memandikan kucing yang baik dan tepat? Berikut adalah seputar cara melakukan pemandian terhadap kucing dengan baik.

Kucing adalah hewan peliharaan lucu dan menggemaskan. Tingkahnya begitu unik dan membuat orang menggeleng-gelengkan kepalanya.

Bagaimana tidak, kucing sangat suka bermain dan berlari serta melompat dengan gaya kelucuannya.

Kamu pasti sering kan menemukan aksi unik yang dilakukan oleh hewan peliharaan lucu satu ini.

Selain bikin bahagia, memelihara hewan seperti kucing dan hwean lucu lainnya juga berdampak bagi kehidupan seseorang.

Namun, terlepas dari itu, tentu menjadi tidak nyaman apabila hewan kesayangan kamu bau nya tidak sedap. Seperti halnya si kucing ini.

Cara Memandikan Kucing Sendiri Dirumah

Kucing senang sekali bermain, alhasil tubuhnya cepat kotor dan kadang menimbulkan bau yang kurang sedap.

Kucing yang awalnya cantik jadi tertutupi oleh aroma kurang sedap atau tampilan yang lusuh.

Kamu pasti ingin membawa kucing ke petshop agar tampak bersih lagi. Sayangnya, memandikan kucing secara rutin ke petshop pasti akan cepat menguras isi kantong mu.

Maka sebagai bentuk penghematan, kamu bisa nih memandikan kucing kamu secara mandiri. Apakah bisa Memandikan kucing dirumah?

Nah, bagaimana sih cara memandikan kucing? Berikut Satriahewan.com rangkum dari berbagai sumber dari para ahlinya untuk cara cara memandikan kucing yang benar.

Untuk tips yang saya tulis ini ditujukan untuk kucing dengan usia yang sudah berumur atau dewasa (lebih dari 3 bulan). Bukan untuk anak kucing bahkan anak kucing yang baru lahir.

Kita tahu nih kalau kucing itu benci jika terkena air, apalagi mandi, lari lari lah sikucing. Akan tetapi kadang tidak ada jalan lain, ketika kucing kamu memang sudah sangat kotor dan bau yang membuat kucing kamu harus dimandikan.

Terdapat beberapa cara memandikan kucing agar moment memandikan kucing sedikit nyaman bagi kamu dan juga hewan peliharaan kesayangan kamu. Berikut cara memandikan kucing:

1. Tentukan Waktu Yang Tepat dan Sesuai

Tentukan waktu yang tepat untuk memandikan kucing. Jadi pastikan kucing kamu dalam keadaan senang, rileks dan kondisi perut kucing tidak dalam keadaan kosong.

Kamu bisa memberikan makanan terlebih dahulu ketika akan memandikan kucing, tunggu suasana hatinya baik, baru siap dimandikan.

Terkadang kucing dimandikan seminggu sekali.

Namun, sebaiknya jangan terlalu sering dalam memandikan kucing.

Akan tetapi, jika kucing kamu sudah nampak kotor dan terdapat bau yang menyengat segeralah dimandikan, sebelum terkena penyakit kutu, yang malah membahayakan bagi si kucing.

Jika kucing kamu terkena kutu, maka kamu harus tahu tentang cara menghilangkan kutu kucing secara alami.

2. Menggunakan Shampoo Khusus Kucing

Pastikan juga shampoo kucing yang kamu gunakan adalah shampoo khusus kucing. Kamu bisa mendapatkannya di petshop atau online shop yang terpercaya.

pastikan shampo kucing tersebut aman dari bahan kimia dan parfum keras. Ingat jangan pernah menggunakan shampoo manusia untuk kucing.

Karena kandungan shampo manusia terdapat pH yang berbeda dan ini tidak cocok bagi kucing. Malah dapat membuat bulu kucing menjadi rontok.

3. Gunakan Air Hangat

cara memandikan kucing

Gunakan ember plastik yang berukuran besar atau sedang dengan air hangat secukupnya untuk memandikan kucing. Ingat air hangat, bukan air panas.

Karena, banyak kucing yang sensitif dengan air dingin, dengan menggunakan air hangat kamu bisa meminimalisir pemberontakan si kucing.

Jangan lupa juga untuk menyediakan tempat pijakan yang aman untuk kamu pada saat memandikan kucing, agar kamu tidak terpeleset saat memandikan kucing kesayangan.

4. Basahi Tubuh Kucing

cara memandikan kucing

Gunakan selang semprot guna membasahi kucingmu, hal ini akan membantu proses pemandian kucing.

Apabila kamu tidak memiliki selang semprot, kamu juga bisa menggunakan gayung, tetapi hati-hati agar tidak menyemprot langsung pada bagian telinga, mata, dan hidung kucing.

5. Berikan Sedikit Shampoo

cara memandikan kucing

Langkah berikutnnya adalah tuangkan sedikit shampo ke tubuh kucing. Kamu juga bisa menggunakan waslap untuk menggosokkan ke tubuh kucing dengan perlahan lahan.

Gosokkan buka ke tubuh kucing hingga ekornya. Jangan lupa juga bagian bawah dan juga leher, seperti kaki kucing. Hati-hati agar shampo tidak masuk ke dalam mata si kucing.

Saat memandikan kucing usahakan jangan sampai mengenai telinga kucing, karena kucing sangat tidak menyukai jika ada air atau benda yang masuk kedalam telinganya.

6. Bilas Bersih Kucing Dengan Air Hangat

cara memandikan kucing

Setelah selesai menyabuni, bilas kucing kamu dengan air hangat. Sekali lagi, pastikan untuk tidak kena bagian mata dan telinganya ya..

7. Keringkan Kucing

hewan peliharaan lucu

Usapl,ah kucing kamu dari kepala hingga kaki dengan menggunakan handuk yang lembut. Setelah itu, keringkan kucing kamu diruangan yang hangat dan jangan biarkan dia keluar hingga benar-benar kering.

Untuk mengeringkan bulu-bulunya, kamu bisa menggunakan blower atau pengering rambut, atau juga kamu bisa menjemurnya di bawah sinar matahari dengan menggunakan kandang kucing keranjang.

8. Berikan Usapan Kasih Sayang

Tidak hanya manusia, kucing juga hewan yang memiliki rasa, Usaplah kucing kamu dengan lembut ketika selesai memandikan. Sehingga kucing akan merasa rileks lagi dan tidak takut jika kamu ingin memandikan kucing kamu kembali.

Cara Membersihkan Telinga Kucing

hewan peliharaan lucu

Setelah kucing mandi lebih baik jika kamu membersihkan telinganya menggunakan cutton buds atau kapas lembab yang dipadukan dengan baby oil.

Mengapa perlu dibersihkan? Karena telinga yang kotor pada kucing dapat mengakibatkan infeksi pada telinga kucing.

Cara membersihkannya sama layaknya membersihkan telinga manusia. Lakukan dengan perlahan, agar tidak menyakiti si kucing.

Pastikan untuk tidak terkena bagian dalam telinga kucing, usap secara pelan dan perlahan-lahan dengan menggunakan kapas dibagian lipatan telinga kucing.

Membersihkan telinga kucing sebaiknya dilakukan sekitar 2-4 minggu sekali atau ketika telinga kucing terlihat kotor.

Nah, diatas adalah cara memandikan kucing yang bisa kamu ketahui. Membersihkan kucing dengan baik dan benar bisa membuat kucing terhindar dari penyakit yang bisa saja menyerang kucing kesayangan kamu.

Tips Dalam Memandikan Kucing

Terdapat beberap tips nih buat kamu yang ingin mencoba memandikan kucing sendiri, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memotong Kuku Kucing

memotong kuku

Sebisa mungkin potonglah kuku kucing sebelum dimandikan, ini agar meminimalisir luka yang kamu alami jika si kucing takut dan mencakar saat dimandikan.

Namun jangan potong terlalu dalam ya, haru rata dan sedang saja, kan kuku kucing juga diperlukan untuk pertahanan diri dan menerkam mangsa.

Untuk panduannya satria hewan akan buatkan diartikel selanjutnya.

2. Menyikat untuk membuat sampo menjadi rata

Saat memulai proses pemandian kucing kamu bisa menggunakan sikat khusus untuk membuat shampoo menjadi rata.

Gosok saja sikucing dengan sikat tersebut secara hati-hati. Ini bertujuan agar bulu kucing tidak rontok dan bulu yang menggumpal bisa dikeluarkan.

3. Pastikan Kucing Dalam Waktu Yang Tepat Untuk Dimandikan

Kapan sih waktu yang bagus dalam melakukan pemandian pada kucing? Kalau ini tergantung dari kucing kamu, jika kamu melihat sangat kotor dan bau ya segera dimandikan.

Jika secara umum, sebaiknya kucing dimandikan dalam waktu 1 minggu sekali , ini bertujuan agar kucing tetap bersih, dan kesehatan serta kecantikan kucing tetap terjaga.

Itulah pembahasan mengenai cara memandikan kucing, semoga bisa bermanfaat!


About Naufal Rasyada

Pekerja dan Pelajar yang suka dan tertarik seputar hal-hal teknologi, selain itu saya juga suka hal-hal tentang hewan. Hewan yang saya pelihara antara lain seperti burung lovebird, ikan cupang, dan kucing.

Tinggalkan komentar