makanan burung lovebird

Makanan Burung Lovebird

Makanan Burung Lovebird ada berbagai macam, dengan makanan yang baik burung lovebird bisa menjadi gacor.

Tidak dipungkiri bahwa burung lovebird adalah burung yang populer, namun banyak yang tidak tahu makanan yang cocok untuk burung lovebird ini.

Karena masih banyak yang bingung untuk memberikan makanan jenis apa yang terbaik untuk si burung cinta ini. Padahal makanan merupakan salah satu faktor yang menjadi hal penting dalam membuat burung bertumbuh dengan baik.

Selain baik untuk pertumbuhan, makanan burung yang baik juga menentukan kualitas burung dalam berkicau. Maka dari itu wajib bagi kamu untuk selalu memperhatikan jenis makanan yang akan diberikan kepada si lovebird.

 

Jenis Jenis Makanan Burung Lovebird

Makanan menjadi salah satu faktor penting dalam membentuk pertumbuhan si burung lovebird, selain itu pakan pada burung lovebird juga hal yang bisa menjadikan si burung lovebird berkicau gacor.

Ada banyak jenis jenis makanan burung lovebird yang baik seperti mempercepat pertumbuhan, membuat suara menjadi lantang dan gacor, ada juga yang membuat burung lovebird menjadi cepat bertelur dan berkembang biak.

Perlu tahu : 5+ Cara Berternak Burung Lovebird Bagi Pemula

Apa saja sih jenis pakan lovebird yang baik dan sehat ???

 

1. Milet Putih & Merah

makanan burung lovebird

Makanan kesukaan burung paruh bengkok adalah biji-bijian, termasuk burung lovebird ini, sedangkan untuk sayuran dan buah-buahan merupakan makanan extra fooding.

Milet adalah biji-bijian yang merupakan makanan pokok atau utama bagi si burung cinta ini, Jadi pemberiannya bisa diberikan setiap hari.

Tekstur dari millet ini mudah dicerna dan mengandung banyak zat yang baik seperti zat besi, vitamin B, protein, asam amino dan masih banyak lagi. Zat zat diatas sangat dibutuhkan untuk tubuh dan pertumbuhan si burung.

Dalam pemberiannya, terkadang milet putih dicampur dengan milet merah, karena milet merah dianggap bisa menjaga kestabilan birahi burung lovebird. Dan milet putih digunakan sebagai pakan agar burung menjadi gacor.

Namun sejatinya, pemberian milet putih saja sudah cukup tanpa campuran apapun, namun tetap harus diberikan selingan sehingga burung tidak bosan, misal dengan memberikan extra fooding sebagai variasi makanan pada siburung.

 

2. Pakan Lovebird Biji OAT atau Haver

makanan burung lovebird

Kemudian ada biji oat, apa itu biji oat?

Biji Oat adalah makanan yang baik untuk burung lovebird karena memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi. sehingga sangat cocok dan bagus bagi burung lovebird. Biji Oat ini juga biasanya dijadikan makanan alternatif ketika tidak ada milet.

Biji Oat dianjurkan diberikan ketika lovebird pasca bertelur dan sedang merawat anakannya. Karena pada pasca bertelur dan merawat anakannya, lovebird membutuhkan protein dan karbohidrat sehingga memulihkan staminanya.

Fungi dari biji Oat ini adalah untuk memperbaiki jaringan kulit pada bulu burung dan juga memulihkan rasa sakit. Serta masih banyak lagi manfaat lainnya.

 

3. Makanan Burung Lovebird Canary Seed

pakan lovebird

Selain millet dan oat, biji kenari atau canary seed juga bagus untuk burung lovebird. Biji kenari ini mengandung protein, asam amino sehingga baik bagi stamina siburung. Selain itu biji kenari juga baik bagi pertumbuhan burung lovebird.

Untuk membuat burung menyukai biji kenari ini harus dilakukan percobaan secara bertahap sehingga burung mau memakannya, meskipun ada juga burung lovebird yang menyukainya.

Untuk pakan burung lovebird, pilihlah biji kenari yang berwarna agak gelap, agak tua dan berisi padat. Jangan berikan setiap haru, karena ini berupakan makanan extra. Berikan lah ketika memang dibutuhkan.

 

4. Biji Sawi sebagai Makanan Tambahan Burung Lovebird

biji sawi

Biji sawi juga menjadi makanan yang baik untuk burung  karena biji sawi ini mengandung berbagai macam zat protein dan juga omega3 yang dapat membantu burung bertumbuh dengan baik dan tidak akan membuat burung menjadi obesitas.

 

5. Jewawut sebagai Makanan Tambahan Burung Lovebird

jewawut

Hampir mirip seperti milet merah, jewawut merupakan biji-bijian yang bagus untuk si lovebird, karena biji jewawut ini mengandung karbohidrat hingga 75% dan juga protein hingga 9,8% selain itu jewawut juga mengandung zat kapur.

Jewawut ini sangat bagus untuk burung lovebird yang sedang bertelur, sehingga burung tetap terjaga kesehatannya.

 

6. Makanan Burung Lovebird Beras Merah

beras merah

Beras merah adalah makanan yang bagus juga untuk burung lovebird, karena mengandung karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh burung lovebird.

Dalam penyajiannya beras merah dicampur dengan milet sehingga burung tidak bosan. Beras merah ini merupakan makanan untuk menjaga kesehatan burung sehingga tidak gampang sakit.

 

7. Jagung Pakan Tambahan Untuk Lovebird

makanan lovebird

Kemudian ada jagung manis yang digunakan untuk extra fooding bagi burung cinta yang indah ini. Jagung sendiri memiliki manfaat sebagai penjaga kesehatan bagi burung, menambah daya tahan tubuh dan birahi burung lovebird.

Dalam pemberiannya jangan terlalu sering. Karena jagung memiliki zat yang dapat membuat menjadi obesitas.

 

8. Buah Apel Merah

buah apel

Apel merupakan buah yang disukai burung paruh bengkok termasuk lovebird, namun apel merah lebih disukai daripada apel hijau, sebab rasa dari apel merah ini lebih manis dan tekstur nya yang empuk.

Dalam pemberiannya silahkan kupas kulit apel dan cuci hingga bersih kemudian bisa diberikan. Karena ini adalah makanan tambahan jadi jangan terlalu sering ya…

 

9. Tauge (Kecambah)

 

pakan lovebird

Tauge adalah makanan yang diyakini sebagai penambah birahi burung lovebird, namun ada juga yang meyakini bahwa tauge ini bermanfaat untuk suara burung lovebird, sehingga burung lebih gacor dan memiliki kekebalan tubuh yang bagus.

Dalam pemberiannya tauge bisa diberikan seminggu sekali atau dua kali, jangan terlalu sering.

 

10. Kangkung

makanan burung lovebird

Kangkung adalah makanan yang sering digunakan untuk meningkatkan kualitas suara burung dan juga birahi burung.

Pemberian kangkung tidak boleh diberikan setiap hari karena tidak baik untuk lovebird apalagi ketika sedang memiliki anakan.

 

11. Sawi Putih

makanan lovebird

Selain kangkung, sawi putih adalah makanan yang baik untuk menjaga keindahan bulu pada burung lovebird, berikan pakan sawi ini selang seling sehingga tidak membuat burung bosan dan jangan setiap hari.

 

12. Telur Rebus

 telur rebus

Kandungan protein yang ada pada telur rebus juga baik untuk pertumbuhan tubuh burung lovebird. Jadi cocok untuk diberikan kepada anakan burung lovebird sehingga cepat gemuk dan besar.

Berikan 3-4 kali dalam seminggu, adapun ketika burung sudah dewasa bisa 1-2 kali dalam seminggu. Sehingga burung tidak terkena obesitas.

 

13. Asinan / Tulang Sotong

pakan lovebird tulang sotong

Burung lovebird membutuhkan pakan untuk asupan kalsiumnya sehingga burung terhindar dari berbagai macam penyakit. Untuk itu kamu bisa memberikan asinan atau tulang sotong sebagai makanan sehat bagi burung lovebird.

Untuk pemberiannya cukup mudah, cukup gantungkan saja tulang sotong pada jeruji kandang didalm sangkar, dan biarkan burung menyantap tulang sotong tersebut.

 

Itulah beberapa makanan burung lovebird yang sering di gunakan oleh para pecinta burung khususnya burung lovebird, terkadang ada juga yang memberikan bubur sun atau bubur bayi bagi anakan burung lovebird, namun menurut saya sebaiknya diganti dengan pakan khusus anakan burung lovebird.

Selain itu ada juga yang memberikan jangkrik sebagai asupan untuk pertumbuhan burung lovebird, namun hal ini juga tidak begitu pas, karena banyak burung lovebird yang tidak menyukai serangga.

Jadi kamu bisa memberikan makanan burung lovebird yang baik seperti yang telah disebutkan diatas.

Semoga Bermanfaat

Gambar Gravatar
“Semangatlah dalam hal yang bermanfaat untukmu, minta tolonglah pada Allah, dan jangan malas (patah semangat).”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *