lovebird ngekek

Lovebird Ngekek Panjang

Burung lovebird merupakan jenis burung kicau yang sangat digandrungi, apalagi jika suara lovebird ngekek panjang. Hal ini tentu menjadi nilai plus bagi burung.

Ada banyak cara untuk menjadikan si burung cinta ini menjadi jawara dalam suara. Dan langkah yang paling utama dilakukan oleh para kicau mania adalah pakan lovebird yang diracik dengan ramuan khusus.

Seperti membuat ramuan lovebird dengan makanan alami, atau melakukan pemasteran lovebird dengan suara burung yang lainnya.

Namun cara tersebut belum begitu menopang si lovebird untuk menjadi ngekek, ada cara lain agar lovebird menjadi cepat berbunyi. yaitu dengan terapi selama satu minggu saja.

Yang perlu diperhatikan disini adalah usia lovebird yang sudah cukup umur, namun performanya belum maksimal. Terapi ini juga bisa digunakan untuk lovebird yang sudah ngekek panjang namun performanya menurun.

 

Ciri Fisik Lovebird Ngekek Panjang

burung lovebird

Lovebird ngekek panjang juga dipengaruhi oleh fisik, ciri fisik lovebird ngekek panjangan adalah sebagai berikut:

1. Bentuk Paruh

Dari bentuk paruh kamu bisa melihat kualitas burung lovebird, apabila kamu hendak membeli burung lovebird dengan kualitas terbaik kamu harus melihat bentuk paruh nya terlebih dahulu.

Karena paruh sangat mempengaruhi kualitas kicauan burung lovebird, apakah ngekek nya panjang ataukah tidak. Carilah burung lovebird dengan paruhnya yang kokoh dan kuat.

2. Bentuk Tubuh

Aspek berikutnya adalah bentuk tubuh, lovebird akan sehat jika mempunyai bentuk tubuh yang proprosional. Tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

3. Mata dan Leher

Mata burung lovebird dengan kualitas kicau yang bagus adalah cerah dan warnanya mencolok. Begitu pula dengan leher si burung lovebird yang memiliki kualitas bagus dan dapat berkicau panjang yaitu memiliki bentuk leher yang gempal dan panjang. Inilah yang membuat burung lovebird mudah dalam berkicau serta bercontinue dengan lama.

 

Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang

lovebird ngekek panjang

Sebelum lebih dalam bahasan tentang lovebird berkicau panjang, kamu perlu tahu ada dua faktor yang mempengaruhi lovebird berkicau panjang.

Faktor faktor tersebut adalah Faktor keturunan dan Faktor Lingkungan. Dengan kamu memilih bibit lovebird yang genetika maka hal ini akan lebih mudah dalam membuat lovebird bersuara lantang.

Meskipun begitu, akan sangat sulit bagi kamu untuk mengetahui bagaimana burung yang memiliki DNA bagus dan berkualitas, karena harus melakukan uji DNA dan RNA, yang kamu tidak tahu cara prosesnya.

Namun kamu bisa mengamati dari kondisi bulu, suara dan tingkah lakunya dipenangkaran.

Kemudian ada faktor lingkungan, jika kamu memang merasa sulit dengan mencari lovebird berkualitas berdasarkan gen atau keturunan, maka kamu bisa mencari lovebird berdasarkan faktor lingkungan.

Faktor lingkungan ini meliputi Kebersihan kandang dan Makanan si burung.

Dengan mendapatkan bakalan atau bibit lovebird yang berkualitas, melakukan cara terapi, cara pemasteran, dan cara racik makanan akan lebih mudah dan cepat dalam membuat lovebird menjadi ngekek panjang.

 

 

Tahapan Membuat Lovebird Ngekek Panjang

lovebird ngekek

Terapi lovebird atau cara membuat lovebird memiliki kicauan yang bagus dapat dilakukan dengan cara memandikannya disaat pukul 07.00 pagi, menggunakan hand sprayer hingga basah kuyup.

Mandikan burung dengan cara disemprot dengan menyemprot lovebird mulai dari bagian atas hingga seluruh tubuh, namun jangan sampai mengenai bagian matanya.

 

Penjemuran

Sesudah melalui proses pemandian, burung lovebird kemudian dijemur hingga pukul 10.00 pagi. Kamu bisa menjemurnya di teras rumah. Dan pastikan bahwa lokasi penjemuran aman dari predator seperti kucing, ular, tikus, semut dan anjing.

Setelah penjemuran selesai, silahkan angkat, dan angin-anginkan burung selama 5 menit, karena lovebird butuh adaptasi.

Karena jika dipindahkan langsung dari suhu panas ke normal, akan membuat kesehatan burung terganggu.

 

Pemandian Tahap Dua

Tahapan selanjutnya adalah memandikan lovebird kembali, Terapi ini sama dengan memandikan ditahap awal, yaitu semprot lovebird hingga basah kuyup, kemudian jemur lagi hingag pukul 12.00 siang.

Cara ini juga dapat dilakukan untuk mengontrol birahi burung lovebird yang over.

Namun yang membedakan disini dengan pemandian tahap awal adalah penjemurannya, usahakan penjemuran dilakukan ditempat yang tidak terkena matahari langsung.

Namun usahakan lovebird tetap mendapat udara hangat di siang hari. Jangan sampai kepanasan ya, karena bisa menyebabkan kematian pada si burung.

Setelah selesai dijemur, silahkan angin-anginkan burung lovebird. Sebaiknya lovebird diistirahatkan, atau ditempel dengan burung lain yang sering dijadikan masteran. Atau kamu juga bisa mendekatkan lovebird dengan lovebird lainnya yang performanya sepadan.

 

Pakan Lovebird

Dalam terapi agar lovebird ngekek panjang, makanan juga perlu diperhatikan, Menu dan waktu pemberian pakan pada burung lovebird sama dengan biasanya.

Untuk menu pakan lovebird, dianjurkan bervariasi agar tidak bosan. Dalam pakan harian kamu dapat memberinya milet merah dan putih, canary seed, biji oat atau haver.

Silahkan Baca : Makanan Burung Lovebird, Agar Burung Tidak Bosan!

Makanan sangat penting karena gizi yang diterima akan berpengaruh dengan kemampuan kicauannya.

Untuk makanan tambahan agar gizi tercukupi kamu bisa memberikan buah dan sayur seperti kangkung, tauge, apel, jagung manis dan lainnya.

 

Pemberian Multivitamin

Berikutnya, agar lebih lengkap nutrisi burung lovebird, tunjanglah dengan pemberian multivitamin. Multivitamin ini sebenarnya bersifat opsional, bisa digunakan bisa tidak.

Namun ini adalah jalan alternatif jika burung sangat sulit dilatih. Perlu diketahui juga bahwa multivitamin tidak terlalu berpengaruh dengan kesehatan burung. Yang berpengaruh adalah cara perawatan rutin yang diberikan setiap harinya.

Jangan terlalu banyak dalam memberikan multivitamin, karena dosis yang berlebihan malah akan membuat dampak negative bagi burung lovebird.

 

Kebersihan Kandang

Jangan lupa juga, kebersihan kandang adalah hal yang penting untuk kesehatan burung lovebird. Selalu bersihkan kandang burung lovebird mulai dari sangkar hingga aksesorisnya, misal seperti wadah paka dan minum, tangkringan, dan lainya.

Jika sangkar bersih, burung akan nyaman dan senang berkicau, serta terhindar dari serangan berbagai macam penyakit.

 

 

Itulah cara cara agar burung lovebird ngekek panjang. Cara diatas jika dilakukan secara rutin dan teratur, akan meningkatkan performa burung lovebird dalam berkicau.

Semoga bermanfaat ya…

Terima Kasih.

Gambar Gravatar
اَللّهُ Dulu, اَللّهُ Lagi, اَللّهُ Terus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *