Home » Kelinci » Kelinci Rex

Kelinci Rex

Kelinci memiliki banyak jenis, salah satunya adalah Kelinci rex, kelinci adalah hewan yang begitu lucu dan menyenangkan, kamu bisa memelihara hewan satu ini.

Di Indonesia banyak juga yang menjadikan kelinci rex menjadi hewan peliharaan, selain di pelihara ada juga yang membudidayakan untuk dijadikan sebagai kelinci pedaging.

Karakteristik

hewan peliharaan lucu

Fisik

  • Bobot: 3,6 -5 Kg ( Jenis Standar) ; 1,4 – 2 kg ( Jenis Mini )
  • Bulu: Lembut dan halus seperti beludru, Bulu Pendek
  • Telinga: Lebar dan Tegak
  • Warna: Kombinasi, hitam, putih, biru, merah dan lainnya.

Tempramen / Sifat

Kelinci ini memiliki sifat yang patuh dan tidak mudah tersinggung ketika dibelai, terutama jika dilakukan oleh pemiliknya yang sering memberikan makanan dan merawatnya.

Seperti halnya hewan peliharaan, kelinci ini dapat tumbuh dan mengenal pemilik yanga menghabiskan waktu untuk merawat mereka dari pemberian makanan hingga bermain bersama.

Tetapi secara umum kelinci ini tidak takut terhadap siapapun yang memberlakukannya dengan cara baik.

Ciri Ciri

Salah satu jenis kelinci yang sering ditemukan di pasaran atau di peternak kelinci yaitu kelinci jenis rex carpet, sedikit sejarah mengenai jenis kelinci lucu satu ini.

Kelinci ini berasal dari negara Prancis, jenis kelinci ini mulai dikenal pada tahun 1919 oleh para peternak disana.

Sebenarnya kelinci jenis ini adalah keturunan dari kelinci liar yang di seleksi dan dibudidayakan oleh peternak di Prancis.

Lalu pada tahun 1924 kelinci jenis ini di ikutkan show internasional dan mulai dikenal di seluruh dunia.

Kelinci ini memiliki bulu yang halus dan indah, hal tersebut yang membuat para pecinta kelinci di dunia menyukai dan memelihara hewan jenis ini. Dan hewan ini salah satu hewan hias juga loh.

Berikut Ciri-Ciri nya:

  • Memiliki bulu yang pendek dan halus seperti karpet/kain beludru.
  • Postur tubuh yang dimiliki lumayan besar dan ada yang kecil/mini.
  • Telinga tegak, tebal dan di selimuti bulu pendek yang indah.
  • Memiliki berat badan 3,7 – 4,7 kg untuk yang lumayan besar, dan untuk yang kecil/mini sekitar 1,5 – 2 kg.
  • Kelinci Rex dapat bertahan hidup 5-6 tahun.
  • Memiliki warna yang unik dan berkombinasi. Biasanya didasari warna putih dan dikombinasi dengan warna lain, dan kombinasi warna tersebut bermotif bercak bercak seperti telor puyuh. Warna kombinasi yang dimiliki jenis ini yaitu coklat, hitam, abu abu, kuning, dll.

Kelinci Rex Karpet

Kelinci Rex Karpet adalah julukan bagi kelinci rex yang memiliki bulu lembut dan halus serupa dengan beludru mewah serta mirip seperti karpet, maka dari itulah kelinci ini dijuluki sebagai kelinci rex karpet atau kelinci karpet.

Dengan memiliki bulu yang lembut, kulit yang bagus, kelinci ini juga dapat dimanfaatkan bulunya untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan baju ataupun jas.

Namun banyak juga yang memelihara kelinci lucu ini sebagai hewan peliharaan tepatnya sebagai kelinci hias.

Kelinci Rex Mini merupakan jenis yang paling banyak diminati untuk dipelihara.

Karena memiliki bentuk tubuh yang mungil dan menggemaskan, selain itu harganya pun terbilang cukup terjangkau.

Jenis Kelinci Rex

kelinci rex

Apa saja jenis kelinci lucu ini? Kelinci ini dikenal sebagai jenis kelinci yang imut dan memiliki tubuh yang besar namun ada juga jenis mini nya, berikut ini adalah jenis-jenis nya.

1. Kelinci Rex Standar

Kelinci rex standar ini yang biasa ditemui di pasar hewan, karena harganya tidak terlalu mahal dan untuk bulunya juga lumayan indah, ukuran tubuhnya sedang. Biasanya rex standar dimanfaatkan dagingnya, dan bulunya di buat pakaian.

Di beri nama standar karena jenis ini di kembangkan di indonesia dan keturunanya tidak terlalu bagus atau tidak dari silsilah murni kelinci rex.

2. Kelinci Rex Mini

Kelinci rex mini yaitu jenis kelinci yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan, karena postur tubuhnya yang kecil dan tetap memiiki bulu halus yang indah dan mewah,

Maka tak heran kalau jika kelinci ini sering diikutkan kedalam kontes kelinci hias, biasanya kelinci jenis ini memiliki berat badan 1,5-2 kg.

kelinci rex

Jika kalian baru pertama kali memelihara kelinci pasti akan ke bingungan dengan kata kata kelinci rex pure, cross atau lokal, maka berikut ini adalah pembahasannya.

3. Kelinci Rex Pure

Sesuai dengan namanya istilah pure adalah asli, yaitu kelinci rex yang dihasilkan oleh indukan indukan rex yang tidak ada campuran atau silsilah dari keturunan jenis kelinci lain.

Tetapi di Indonesia istilah kata pure bermakna kelinci jenis rex yang bagus dan yang dihasilkan dari negara luar dan merupakan kelinci kontes.

Pada dasarnya istilah tersebut adalah salah arti, karena tidak semua kelinci rex pure dapat dijadikan patokan bahwa kelinci tersebut merupakan kelinci kontes dan dari keturunan berkualitas, hal tersebut biasanya dilihat dari indukannnya terlebih dahulu.

Jika kamu ingin mencari kelinci rex yang berkualitas bagus atau dapat untuk dijadikan kontes bisa menggunakan kata brood, atau show.

4. Kelinci Rex Lokal

Kelinci rex Lokal di kembangkan di Indonesia, maka dari itu istilah lokal di dapat dari situ.

terdapat pendapat yang mengatakan jika kelinci rex lokal di artikan sebagai keturunan yang jelek dan memiliki silsilah keturunan dari kelinci lain.

Sebenarnya hal itu tidak dapat dijadikan acuan karena kelinci rex lokal juga ada yang bagus dan dapat dijadikan kontes.

Pada dasarnya kembali lagi kepada indukan yang berkualitas yang ada di peternakan kelinci tersbut.

Tetapi kebanyakan peternak kelinci di Indonesia tetap menjadikan istilah lokal merupakan kelinci rex yang jelek.

5. Kelinci Rex Cross

Kelinci rex cross merupakan kelinci rex yang dihasilkan dari persilanangan antara kelinci lain atau jenis kelinci rex yang berbeda.

Banyak yang mengatakan jika kelinci rex cross merupakan hasil silangan dari kelinci rex pure dan rex lokal.

Kelinci Rex Termahal

Terdapat jenis kelinci yang memiliki harga termahal, termasuk juga kelinci rex, namun bukan kelinci rex mini yang memiliki harga mahal melainkan jenis kelinci rex termahal adalah kelinci rex carpet murni dengan corak warna yang unik.

Dimana harganya untuk usia kelinci lebih dari 3 bulan dapat mencapai harga 4.000.000 rupiah.

Hal ini dikarenakan kelinci dengan corak warna unik dan bulu halus yang sehat dapat dijadikan sebagai indukan berkualitas yang dapat menghasilkan anak kelinci yang baik dengan tubuh besar, kulit yang sehat, dan bulu yang halus.

Cara Merawat Kelinci Rex

Merawat kelinci rex tidak terlalu rumit, karena kelinci ini memiliki bulu yang pendek maka lebih mudah untuk menyisirnya.

kalau kamu memelihara kelinci karpet pada lokasi suhu yang rendah maka bulu kelinci karpet ini tidak akan mudah rontok dan untuk warna pada bulu kelinci tersebut akan lebih kuat/jelas.  

Selain itu kebersihan kandang kelinci juga perlu diperhatikan, menjaga kebersihan pada kandang juga sangat penting?  

Agar kelinci tersebut tidak terkena infeksi kulit yang sering terjadi pada telinganya, dan untuk menjaga kebersihan pada bulu kelinci tersebut.  

Mandikanlah kelinci jika sudah terlihat kotor pada badannya, karena jika tidak dimandikan kotoran yang menempel pada badannya akan kering dan susah untuk dihilangkan.

Banyak yang memelihara kelinci ini untuk diternakkan, namun sebelum melakukan proses ternak, maka kamu harus tau bagaimana cara merawat kelinci ini dengan baik dan tepat.

Hal yang sering dilakukan ketika mengangkat kelinci dengan memegang telinganya adalah hal yang salah untuk dilakukan.

Jangan menggendong kelinci dengan cara memegang telinga kelinci saat mengangkatnya.

Jangan pula menjatuhkan kelinci secara tiba-tiba ketika kelinci memberontak pada saat dipegang atau digendong, namun perlu dilakukan secara perlahan.

Perkandangan

Kelinci Rex disarankan untuk dipelihara dalam kandang indoor, hal ini merupakan salah satu solusi agar terhindar dari risiko hipotermia, overheat (panas berlebihan), dan gangguan predator.

Lebih jauh lagi, kelinci dapat berisiko mengalami kematian lebih cepat apabila dipelihara di kandang outdoor.

Persyaratan Kandang

Kamu dapat menempatkan kelinci pada kandang standar. Ketika memilih kandang untuk kelinci maka perlu mempertimbangkan hal berikut:

  • Ukuran Kandang, Sebaiknya kandang kelinci memiliki ukuran panjang sekitar 150-200 cm dan ukuran lebar sekitar 60 cm. Kandang harus cukup tinggi sehingga kelinci kamu dapat nerdiri diatas kaki belakangnya, tanpa telinga menyentuh pada bagian atas.
  • Lantai Kandang, Kandang dengan alas kawat dapat melukai kaki kelinci, sehingga perhatikan pemilihan alas untuk kandangn kelinci. Kandang dengan alas logam padat jauh lebih baik, jika kamu tidak dapat menemukan kandang dengan alas logam, maka dapat memberikan beberapa kayu lapis di lantai kandang agar seluruh alas kandang tertutup.
  • Sarang, Kamu dapat membuat sarang untuk kelinci dengan menggunakan kotak yang diberikan alas rumput jerapi ataupun kardus yang dipotong. Jangan menggunakan serutan atau serbuk kayu sebagai alas karena dapat mengakibatkan gangguan pernapasan pada kelinci.

Tempat Persembunyian Kelinci

Untuk menjaga kenyamanan kelinci, sebaiknya kandang kelinci dilengkapi dengan tempat persembunyian atau hiding spot.

Kelinci sangat suka berada ditempat tersembunyi, maka dari itu kelinci membutuhkan hiding spot agar dapat menyamankan diri dan sebagai tempat persembunyian sebagaimana di habitatnya.

Kamu dapat menggunakan kotak kayu yang diberi lubang atau pipa pvc yang berdiameter besar sebagai hiding spot.

Makanan dan Minuman

Pakan kelinci adalah 70% jerami dengan kualitas bagus seperti jerami tanah atau rendeng, dan sisanya adalah sayuran hijau, buah-buahan, sayuran, dan pelet khusus kelinci yang berkualitas.

Makanan kelinci agar selalu sehat diantaranya seperti rumput hay, rumput legetan, rumput sintrong, rumput bandotan, kangkung, wortel, dan lainnya.

Jangan terlalu sering memberikan wortel dan kangkung kepada kelinci karena memiliki kandungan air yang sangat tinggi yang dapat mengakibatkan kelinci mengalami gangguan pencernaan seperti mencret dan diare.

Maka dari itu biasakan untuk melakuakan riset sebelum memberikan jenis makanan kepada kelinci yang kamu miliki.

Selain makanan air bersih juga sangat dibutuhkan bagi kelinci, maka pastikan ketersedian air bersih selalu ada bagi kelinci.

Menjaga kelinci tetap terhidrasi sangatlah penting untuk menjaga kesehatannya.

Untuk hal ini selalu pastikan wadah pakan dan minum kelinci bersih dan terhindar dari kotoran, agar kelinci tidak terkena infeksi yang berbahaya dan mengalami kematian.

Cara Ternak Kelinci Rex

Berikut ini adalah point-point dalam melalukan ternak kelinci:

  • Menentukan cara paling efektif dalam beternak
  • Memenuhi syarat lokasi ternak kelinci
  • Melakukan persiapan sarana dan prasarana ternak kelinci
  • Membuat kandang untuk ternak kelinci
  • Memilih indukan kelinci
  • Melakukan pembibitan kelinci
  • Memelihara kelinci yang diternakkan
  • Melakukan proses pengebirian
  • Memberikan makanan kelinci yang sehat dan berkualitas
  • Mengenal dan membasmi hama serta penyakit pada kelinci ternak
  • Menganalisa ternak kelinci

Jika ingin melakukan proses ternak, maka kamu perlu melihat lokasi yang akan digunakan sebagai lahan peternakan kelinci.

Dimana lokasi tersebut harus dekat dengan sumber air, jauh dari pemukiman, jauh dari gangguan, dan tidak terdapat predator yang dapat memangsa kelinci disekitar lokasi peternakan.

Persyaratan Lokasi Ternak Kelinci:

  • Jauh dari pemukiman warga
  • Sudah mendapatkan izin untuk beternak kelinci dari desa
  • Bebas dari gangguan asap polusi
  • Tertutup dan tidak ada gangguan suara yang bising
  • Terlindungi [aman] dari gangguan predator kelinci
  • Dekat dengan sumber mata air

Perlengkapan Sarana dan Prasarana Ternak Kelinci:

  • Pembuatan kandang ternak kelinci yang sesuai dan tepat
  • Memilih indukan kelinci yang berkualitas
  • Melakukan proses pembibitan kelinci
  • Memilih jenis makanan kelinci yang segar dan sehat

Memilih Indukan Kelinci yang Sehat dan Berkualitas Bagus:

  • Memiliki bentuk tubuh ideal, tidak memiliki cacat
  • Tidak stress, bulu lembut dan halus
  • Warna cerah dan tidak kusam
  • Lincah dan aktif
  • Bobot kelinci pejantan sekitar 3-5 Kg
  • Bobot kelinci betina sekitar 4-5 kg
  • Punggung kelinci tidak melengkung (cekung)
  • Mata tidak berair (bersih dan sehat)

Untuk kandang ternak perlu menggunakan kandang khusus dengan suhu yang ideal bagi kelinci yaitu sekitar 21 derajat celcius.

Pembuatan kandang juga harus disesuaikan dengan jumlah indukan kelinci, kelinci pejantan, kelinci anak lepas, dan kelinci induk dan anaknya harus memiliki tempat atau kandang masing-masing.

Agar kelinci merasa nyaman di dalam kandang, maka perlu disiapkan berbagai macam perlengkapan tambahan seperti tempat minum, tempat pakan, tempat kotoran, dan lainnya.

Intinya adalah buatlah kandang ternak yang aman dan membuat kelinci merasa nyaman, pastikan juga kesehatan kelinci dan kebersihan kadang agar ternak yang dijalankan berhasil.

Harga Kelinci Rex

Jenis KelinciHarga
Rex Standar/ekorRp 45.000 – Rp 250.000
Rex Mini/ekorRp 200.000 – Rp 500.000
Karpet/ekorRp 800.000 – Rp 4,000,000
Rex Usia 1-3 BulanRp 50.000 – Rp 300.000
Rex Usia > 3 BulanRp 300.000 – Rp 4.000.000

Itulah daftar harga terbaru dari kelinci karpet yang dapat dijadikan rujikan, mungkin itu yang dapat di bahas mengenai jenis, harga, cara merawat dan ciri-ciri kelinci karpet ini.

Setelah mengetahui berbagai macam jenis-jenis kelinci, kamu juga perlu tahu bagaimana cara merawat kelinci, yuk cek artikel seputar cara merawat kelinci dengan baik, agar sehat dan terhindar dari stress.

Semoga bermanfaat.

Terima Kasih.


Seorang mahasiswa telekomunikasi yang suka dengan hewan peliharaan, saya juga memelihara iguana dan ikan sebagai hewan peliharaan.

Tinggalkan komentar