Makanan Kelinci Yang Sehat

Related Articles




Makanan Kelinci – Pernahkah kamu berfikir ingin memelihara hewan peliharan kelinci ? atau kamu sudah memilikinya ?

Jika begitu, maka kamu harus mengetahui makanan apa saja yang baik dan sehat untuk dapat diberikan ke kelinci kamu, karena kalau kamu salah dalam memberikan makanan, maka akan membuat kelinci kamu terkena penyakit bahkan dapat menyebabkan kematian.

Jika di alam liar makanan kelinci yang sering dimakan biasanya seperti rumput, tanaman sayur, dan jerami. Nahhh, lalu apa saja sih jika kamu ingin memelihara kelinci tetapi tidak sempat mencari makanan seperti di alam liar, apakah bisa terpenuhi untuk kebutuhan makannya ?

Okee, maka dari itu satrihewan akan membahas mengenai makanan yang dapat memenuhi kebutuhan pakannya, langsung saja ke topik pembahasannya.

 

Makanan Kelinci Yang Baik dan Sehat

1. Rumput

 

kelinci makan rumput




 

Sama seperti di alam liar, kamu dapat memberikan rumput untuk dijadikan makan, dan dapat menjadikan rumput sebagai makanan pokok, kamu bisa memberikan rumput teki, rumput gajah, dan rumput hay atau sering disebut rumput jerami kering.

Rumput gajah memiliki kandungan 19,9 % bahan kering, 10,2 % protein kasar, 1,6 % lemak, hal tersebut yang membuat rumput gajah bagus untuk dijadikan bahan pokok bagi kelinci kamu.

 

2. Wortel

 

kelinci makan wortel

 

Wortel merupakan jenis sayur yang sangat di sukai oleh hewan satu ini, karena wortel memiliki kandungan lemak dan protein, selain itu wortel memiliki banyak kandungan berupa vitamin seperti vitamin A yang berguna untuk menyehatkan mata, biotin (vitamin B)  yang berperan untuk metabolisme tubuh, vitamin k1 yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang, lalu ada kalium yang membantu untuk menambah sumber tenaga, dan menambah kekuatan otot.

Maka hal tersebut yang membuat wortel bagus untuk diberikan kepada kelinci karena memiliki kandungan yang bagus dan kaya akan vitamin.

 

3. Sayur Kangkung

 

sayur kangkung

 

Sayur kangkung selain di konsumsi untuk manusia juga dapat di dijadikan makanan untuk kelinci, karena memiliki kandungan yang banyak dan bagus , apa saja kandungan yang dimiliki ?

  • Energi
  • Protein
  • Lemak
  • Fosfor
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Vitamin A
  • Vitamin C

Sangat banyak bukan ? maka dari itu sayur kangkung sangat bagus untuk bahan pakan kelinci, tetapi jangan terlalu sering memberikan sayur kangkung sebagai pakan untuk setiap harinya karena dapat membuat kelinci mencret.

 

 

4. Sayur Sawi

 

sayur sawi

 

Sawi juga dapat diberikan ke kelinci, karena sayuran sawi memiliki kandungan yang baik untuk kelinci, pada sawi terdapat kandungan seperti Vitamin A,B,C,E dan K, selain itu sawi juga memiliki karbohidrat, protein, dan lemak, yang berfugsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

 

5. Selada

 

kelinci makan selada

Memang sayuran hijau memiliki banyak akan kandungan, jika tadi ada kangkung dan sawi , selanjutnya ada sayuran hijau yang tak kalah memiliki kandungan yang bagus yaitu sayur selada.

Selada memiliki kandunga seperti Vitamin A, vitamin K, zat besi, kalium, kalsium, serat dan asam folat. hal tersebut sangat bagus jika di berikan ke kelinci.

 

6. Buah – Buahan

 

makanan kelinci buah

 

Buah buahan juga sangat bagus untuk diberikan kepada kelinci, karena buah memiliki kandungan vitamin, zat besi, protein, serat, kalium, kalsium dan masih banyak lagi. Lalu buah apa saja yang dapat diberikan untuk makanan kelinci ? okey simak di bawah ini.

Jenis Buah – Buahan

  • Apel
  • Pepaya
  • Pear
  • Watermelon
  • Melon
  • Pisang
  • Strawberry
  • Mangga

Jangan memberikan buah kepada kelinci setiap hari, alangkah baiknya berikan setiap seminggu sekali atau seminggu 2 kali.

 

7. Pelet Khusus Kelinci

 

kelinci makan pelet

 

Pelet khusus  kelinci merupakan makanan yang di buat oleh manusia, pelet ini bisa diberikan kepada kelinci kamu, tapi perlu di ingat, untuk pelet kelinci yang bagus adalah pelet yang mengandung protein, kalsium, moisture, dan phosporus, maka dari itu belilah pelet kelinci yang sudah terjamin kualitasnya dan banyak digunakan oleh para peternak kelinci.

Saran dari saya, alangkah baiknya untuk memberikan makanan ke kelinci secara variasi, jadi jangan terlalu terpacu dengan satu makanan saja karena dapat membuat kelinci bosan dengan menu makanan yang sama setiap harinya.

Nahh sekarang kamu sudah tahu kan makanan kelinci apa saja yang baik dan sehat untuk kelinci peliharaanmu, oke semoga artikel ini bermanfaat dan Terimakasih….




More on this topic

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Popular stories

Harga Jalak Suren

Harga Jalak Suren - Burung jalak adalah salah satu jenis burung paling diminati oleh para pecinta kicau nih. Burung jalak sendiri memiliki berbagai macam...

Nama Kucing Kesayangan Nabi

Kucing Kesayangan Nabi - Istilah kucing sudah sangat umum ditelinga masyarakat, dimana dalam Islam sendiri Kucing merupakan sosok yang sangat terkenal sebagai hewan yang...

Cara Memandikan Sugar Glider

Sugar glider merupakan hewan yang mungil dan memiliki bulu yang cantik, hal tersebut membuat harus memperhatikan kebersihan kandang maupun badannya. Untuk dapat membersihkan badannya...