Home » Ikan » Ikan Cupang Koi

Ikan Cupang Koi

Saat ini cupang mulai digemari kembali, bahkan ikan cupang menjadi trending topik, salah satu jenis cupang yang terkenal adalah ikan cupang koi.

Hampir serupa dengan jenis ikan cupang fancy, namun ternyata berbeda, perbedaan yang paling bisa dilihat adalah dari segi corak.

Dimana jenis fancy memiliki corak warna yakti 3 atau lebih, dan berbentuk totol-totol, berbeda dengan jenis koi yang memiliki corak bentuk layaknya ikan mas koi.

Jenis koi ini juga bukan hanya ada di kategori plakat saja, ada juga kategori halfmoon yang memiliki corak koi.

Berikut hal-hal menarik seputar cupang koi.

Jenis Jenis

Cupang koi adalah jenis cupang dengan warna corak yang cerah dan indah, berikut ini adalah beberapa jenis dari cupang koi.

Ikan Cupang Koi Galaxy

ikan cupang koi galaxy

gambar ikan cupang

Memiliki corak yang sangat indah, dimana terdapat warna biru cerah yang membuatnya menyala ketika terkena sinar, sehingga seperti galaxy.

Ikan Cupang Koi Nemo

ikan cupang koi nemo

Pernah melihat ikan nemo, cupang koi dengan corak nemo sangatlah unik dan menakjubkan.

Ikan Cupang Koi Halfmoon

ikan cupang koi

Tidak hanya pada kategori ikan cupang plakat saja, cupang koi juga dapat dijumpai pada kategori halfmoon.

Cara Ternak Ikan Cupang Koi

Membudidayakan ikan cupang terbilang cukup mudah yaitu dengan menyiapkan tempat yang terpisah antara pemijahan dan perkawinan. Ikan cupang dikenal dengan ikan yang disukai dari kalangan orang dewasa hingga anak-anak.

Salah satu jenis ikan cupang yang banyak diminati salah satunya adalah cupang koi. Memiliki warna yang cerah dan bercorak layaknya ikan mas koi membuatnya sangat indah ketika berenang di akuarium.

Berikut ini adalah hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai ternak cupang koi, ketahui yuk.

Pemilihan Bibit Cupang

Tahap pertama dalam proses ternak cupang yang terpenting adalah pemilihan bibit. Cupang ini terbilang cukup mudah ditemukan di pasar atau penjual ikan hias.

Pilihlah bibit cupang koi dengan warna dan tubuh yang bagus, memiliki karakter yang aktif dan agresif.

Pemilihan Tempat

Dalam berternak cupang koi perlu diperhatikan dalam memilih tempat, tempat ikan cupang pembesaran dan pemijahan serta perkawinan harus dibedakan.

Hal ini bertujuan agar ikan tidak beradu, karena sifat alamiah dari cupang adalah agresif dan tempramen terhadap ikan lainnya.

Pemasangan Peralatan

Dalam melakukan budidaya ikan cupang koi ini, kamu bisa menambah alat pendukung seperti aerator ataupun oksigen, namun hal ini bersifat opsional.

Karena ikan cupang adalah jenis ikan yang dapat bertahan meski dalam wadah yang minim oksigen.

Pemilihan Jenis Makanan

Untuk pemberian makanan dapat menggunakan makanan alami seperti cacing beku, cacing sutra, jentik nyamuk. Selain itu bisa juga dengan memberinya pelet ikan yang sudah digerus agar menjadi lebih kecil sehingga dapat dimakan oleh cupang.

Jangan terlalu banyak dalam memberikan makanan, berikanlah secukupnya saja, hal ini bertujuan agar air tidak keruh yang mana dapat menyebabkan cupang terserang penyakit.

Pemberian Obat

Obat ini bersifat opsional, dimana kamu bisa menggunakan obat methylen blue agar cupang terhindar dari parasit, bakteri, dan jamur.

Karena parasit bagi ikan cupang adalah petaka yang membuat ikan menjadi lemah dan mengalami kematian.

Proses Panen Ikan Cupang

Ikan dengan usia remaja hingga dewasa sudah bisa diperjual belikan kepada para peminat, atau bisa juga disalurkan ke toko hewan peliharaan.

Harga yang dipatok disesuaikan dengan ukuran dan kualitas warna dari ikan cupang itu sendiri.

Pemilihan Induk Cupang Koi

Pemilihan induk yang digunakan untuk beternak diambil berdasarkan warna, ukuran, dan keindahan sirip dan ekornya.

Karena hal inilah yang menjadi daya tarik cupang, tempat perkawinan cupang harus dibuat khusus agar tidak terganggu dan mengakibatkan stress.

Induk jantan cupang memiliki ekor yang menarik dan warna yang mencolok untuk menarik perhatian ikan cupang betina.

Untuk betina memiliki ekor yang standar dan sederhana, peternak dapat melakukan kreasi corak dan warna sesuai dengan indukan cupang dipunyai.

Pemijahan Cupang Koi

Setelah proses perkawinan ikan cupang berhasil, maka cupang akan bertelur, hal yang harus dilakukan ialah memisahkan induk betina dari telurnya.

Biarkan induk jantan yang menjaga telur telur cupang tersebut, tunggu hingga telur cupang menetas dan kamu bisa memisahkan induk cupang jantan.

Harga Ikan Cupang Koi

koi betta fish
gambar ikan cupang

Memiliki warna yang khas layaknya ikan mas koi, dengan warna yang cerah dan beragam, membuat ikan cupang koi banyak digandrungi.

Kamu juga harus tahu nih, jenis ikan cupang hellboy, si ikan garang.

Untuk harganya ditentukan dari kualitas warna dan bentuk ukurannya, namun ada juga yang memelihara ikan cupang jenis ini sebagai indukan untuk beternak ikan cupang. Kisaran harga di pasarnya berkisar antara Rp 100.000,- rupiah hingga Rp 250.000,- rupiah.

Share on:

Saya masih pelajar, namun suka sekali menulis, selain itu saya juga menyukai binatang peliharaan, saat ini saya memelihara kucing, dan burung sebagai hewan peliharaan.

Tinggalkan komentar

Home Category Explore Contact About