Home » Ikan » Ikan Cupang Hellboy

Ikan Cupang Hellboy

Ikan cupang adalah salah satu jenis ikan yang memiliki banyak variasi dan nama, salah satunya adalah jenis ikan cupang hellboy. Jenis ini memiliki harga yang terbilang stabil dan memiliki peningkatan peminat setiap tahunnya.

Apa yang membuat ikan cupang hellboy banyak diminati, ditengah banyaknya jenis ikan cupang cantik lainnya? Yuk ketahui selengkapnya.

Ciri Ciri Ikan Cupang Hellboy

Cupang hellboy ialah cupang dengan corak warna merah yang menyala. Cupang hellboy memiliki warna layaknya api yang menyala dimana ini identik dengan neraka (hell). Dan Boy karena ikan ini memiliki tingkah yang unik dan lincah layaknya anak anak (boy).

Ikan cupang hellboy memiliki warna padu antara merah dan hitam yang sempurna yang membuatnya terlihat seperti penghuni neraka.

Tentu kamu pernah melihat bukan ilustrasi atau gambaran mengenai neraka, dimana memiliki warna merah dan hitam yang bersatu.

Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh cupang hellboy ini terlihat garang dan gagah, memiliki kepala yang berbentuk seperti peluru dengan moncong yang lancip. Siripnya berbentuk setengah lingkaran, dan mengembang sempurna ketika berenang. Untuk sirip atasnya berbentuk kecil dan bergerombol, dengan tulang yang tegas.

Untuk warna dasar dari cupang ini adalah hitam dan merah, ketika masih berusia 2 bulan, warnanya masih belum terlihat jelas atau besgel, karena cupang ini merupakan jenis mutas yang mana warnanya akan terlihat ketika dewasa.

Jenis Ikan Cupang Hellboy

Ada beberapa jenis warna variasi dari cupang hellboy ini, berikut beberapa jenisnya:

ikan cupang hellboy

  • Hellboy Blue Startail
    Memiliki warna dominan merah dan hitam, ditambah dengan pola unik berbentuk bintang yang berwarna biru pada ekornya. Untuk jenis ini terbilang mahal.
  • Hellboy Fancy
    Hellboy fancy memiliki warna yang cukup beragam, dimana memiliki warna dasar merah dan berpadu dengan warna putih pada sisiknya, serta biru muda yang samar.
  • Hellboy Blood
    Untuk cupang hellboy blood ini memiliki warna merah darah, dan warnanya memiliki perpaduan yang beragam, ada yang putih, biru, dan hitam. Namun warna merah darah ini yang lebih dominan.
  • Super Red Hellboy Betta Fish
    Super red hellboy betta fish memiliki warna yang sangat merah, dan tidak ada warna lainnya. Dan untuk warna matanya yaitu bening atau putih, dimana ini berbeda dengan jenis cupang hellboy lainnya.
  • Yellow Hellboy
    Ada cupang hellboy dengan warna yang sangat berbeda, dimana tidak ada warna merahnya, warna dasarnya adalah kuning yang berkombinasi dengan warna hitam dan putih. Ada jenis cupang plakat yaitu super yellow, dan tentu ini berbeda, untuk perbedaanya adalah pada mata, dimana yellow hellboy memiliki warna mata hitam, sedangkan plakat memiliki warna bening.
  • Hellboy Fancy Copper
    Ciri dari jenis hellboy ini adalah sisiknya yang berwarna seperti kilat tembaga, yaitu berwarna putih keemasan. Warna dasar tubuh dari hellboy ini ialah merah dengan warna mata hitam, sisik ini akan terlihat bercahaya ketika ada diruang terang.
  • Hellboy Meat
    Hellboy meet adalah jenis hellboy dasar, warnanya adalah merah dan hitam yang acak ditubuhnya. Ini merupakan sumber dari variasi jenis ikan cupang hellboy yang ada.

Mungkin masih terdapat warna lain yang dihasilkan dari berbagai perkawinan silang cupang yang dilakukan oleh para breeder, bukan tidak mungkin jika terdapat variasi warna lain dari cupang hellboy ini.

Perawatan

ikan cupang hellboy

Perawatan ikan cupang terbilang mudah, kamu bisa baca selengkapnya mengenai ikan cupang di artikel Jenis Ikan Cupang dan Perawatannya.

Makanan

Makanan cupang hellboy sama dengan jenis cupang lainnya, yaitu bisa dengan memberikan makanan hidup seperti udang air asin, cacing darah, jentik nyamuk, dan daphnia. Atau jika ingin instan kamu bisa menggunakan pelet yang digerus atau dipotong menjadi kecil.

Kamu tidak bisa sembarangan mencampurkan ikan cupang dengan jenis ikan hias kecil, karena bisa saja ikan hias kecil ini menjadi santapannya.

Setup Akuarium

Untuk akuarium, ikan cupang terbilang jenis ikan hias yang tidak rewel, kamu bisa menggunakan botol bekas atau wadah lainnya seperti toples.

Akan tetapi lebih baik lagi jika kamu memeliharanya di akurium yang cocok untuk ikan cupang, berikut ini ciri akuarium yang baik:

  • Tidak terlalu besar, memiliki bentuk memanjang kesamping.
  • Memiliki suhu yang berkisar antara 24-26 derajat celcius.
  • Memiliki air yang jernih.

Harga Ikan Cupang Hellboy

ciri ciri cupang hellboy

Untuk ikan cupang hellboy sendiri memiliki harga yang terbilang stabil, mulai dari harga puluhan ribu, hingga raturan ribu. Semua bergantung pada kualitas ikan cupang itu sendiri.

  • Cupang cendolan Hellboy : Rp 7500,-
  • Cupang Hellboy Plakat : Rp 50.000,-
  • Cupang Hellboy Berkualitas : Rp 150.000,- hingga Rp 250.000,-
  • Cupang Hellboy Juara : Rp 300.000,- hingga Rp 500.000,-

Jadi itulah hal hal mengenai jenis ikan cupang hellboy, cupang dengan warna mencolok yang elegan. Semoga bermanfaat.

Share on:

Saya masih pelajar, namun suka sekali menulis, selain itu saya juga menyukai binatang peliharaan, saat ini saya memelihara kucing, dan burung sebagai hewan peliharaan.

Tinggalkan komentar

Home Category Explore Contact About