Home » Ikan » Ikan Cupang Avatar

Ikan Cupang Avatar

Salah satu jenis ikan cupang yang paling dicari oleh para penghobi adalah jenis ikan cupang avatar.

Sepanjang tahun 2020 hingga awal 2021 ini, ikan cupang ini terus menjadi incaran para kolektor ikan khususnya pecinta cupang.

Bahkan jenis ikan cupang avatar ini disebut sebagai cupang kasta tertinggi dikalangan para pecinta ikan cupang.

Mengapa demikian? Ternyata hal ini mengacu kepada warna yang dimiliki oleh jenis cupang ini yang cukup istimewa, dan membuatnya memiliki harga yang cukup mahal.

Asal Usul Nama

ikan cupang avatar gold

Mengapa namanya avatar? Mungkin banyak yang bingung darimana munculnya jenis jenis nama untuk ikan cupang. Menurut para penghobi, ikan cupang di Indonesia lebih banyak dimunculkan dari seller.

Mereka biasanya menilai dari segi warna, dan bentuk sirip ikan cupang. Halfmoon contohnya, dinamakan demikian karena memiliki sirip belakang yang menyerupai bulan setengah lingkaran (halfmoon).

Kemudian ada cupang hellboy, ini disebabkan karena warnanya yang memiliki corak merah dan hitam layaknya tokoh utama film HellBoy.

Lalu bagaimana dengan avatar itu sendiri?

Berikut penjelasannya, hal ini karena jenis cupang avatar sebenarnya lebih dikenal dengan sebutan cupang galaxy karena corak warnanya yang menyala bagaikan langit malam dengan titik-titik bintangnya.

Dan setelah masuk ke Indonesia ikan ini dikenal dengan nama avatar yang mana ikan ini terlihat menyala bagaikan tokoh utama film avatar yang pernah tenar di awal tahun 2000an.

Jenis Ikan Cupang Avatar

Pada awalnya, ikan cupang avatar hanya mempunyai 1 variasi warna saja, yaitu hitam dan biru. Lalu para breeder cupang mencoba untuk menyilangkan ikan cupang avatar dengan variasi cupang lainnya.

Maka muncullah jenis cupang avatar lain dengan variasi warna yang beragam. Contohnya ada cupang avatar red yang memiliki ciri kombinasi warna hitam dengan semburat merah serta totol biru yang terlihat bagaikan mutiara.

Ada pula jenis ikan cupang avatar gordon yang mempunyai warna hitam dan semburat biru. Warna merah yang dihasilkan oleh jenis ini terbilang lebih samar, ada juga variasi cupang avatar gold yang terlihat elegan dengan perpaduan warna hitam dan kuning keemasan.

Berikut ini beberapa jenis cupang avatar:

jenis ikan cupang avatar
  • Blue Black Star Avatar
  • Red Black Avatar Galaxy
  • Avatar Gordon
  • Avatar Gordon Gold
  • Avatar Vampire
  • Avatar Cooper / Gold Cooper
  • Avatar Gold
  • Avatar HMPK (Over Halfmoon Plakat)

Ciri Ciri Ikan Cupang Avatar

ikan cupang avatar

Ciri ciri ikan cupang avatar sangat mudah dikenali sebenarnya, mulai dari ciri badannya yang hanya didominasi oleh 2 warna. Biasanya jenis cupang ini mempunyai warna dasar hitam dengan bintik totol biru.

Akan tetapi semakin pintar breeder dalam mengkawin-silangkan maka ciri cupang avatar tidak lagi didominasi oleh warna hitam dan biru saja.

Terdapat beberapa breeder ikan cupang yang berhasil menciptakan cupang dengan warna hitam berkombinasi dengan warna biru flat. Ikan ini memiliki nama sendiri yaitu Blue Black Light (BBL). Akan tetapi tetap saja ada yang menyebutnya avatar.

Jika kamu ingin mencari jenis ikan avatar dari pasar luar, maka coba gunakan nama Black Star Galaxy. Karena ini adalah nama yang paling umum digunakan di luar negeri untuk jenis ikan cupang tersebut.

Harga

ciri ciri ikan cupang avatar

Terinspirasi dari tokoh film animasi terkenal, ikan cupang ini sangat menarik dan mempunyai kualitas tinggi dari segi warna. Memiliki sirip yang unik dan warna yang didominasi hitam, biru navy, dan merah, membuat gerakan ikan ini semakin indah.

Gerakannya cukup gesit dan elegan didalam akuarium, untuk bisa mendapatkan jenis ikan cupang ini maka kamu perlu menyiapkan mahar yang berkisar antara Rp 200.000,- hingga Rp 400.000,-. Harga tersebut disesuaikan dengan kualitas warna dan ukurannya.

Jadi sudah tahu kan apa itu ikan cupang avatar? Itulah ulasan singkat mengenai jenis ikan cupang populer ini. Cari tahu juga nih ikan cupang terbesar Ikan Cupang Giant Betta.

Semoga bermanfaat.

Share on:

Saya masih pelajar, namun suka sekali menulis, selain itu saya juga menyukai binatang peliharaan, saat ini saya memelihara kucing, dan burung sebagai hewan peliharaan.

Tinggalkan komentar

Home Category Explore Contact About