Indonesia Website Awards
Home » Ikan » Ikan Cupang Giant

Ikan Cupang Giant

Inilah Ikan Cupang Giant Betta, yang merupakan jenis ikan cupang terbesar dan terganas di dunia. Terdapat berbagai jenis ikan cupang seperti ikan petarung siam, siamense fighting fish, betta splendens, dan lainnya.

Namun Ikan Cupang Giant Betta adalah yang terbesar, Giant betta merupakan jenis ikan cupang terbesar diantara jenis ikan cupang lainnya.

ikan cupang terbesar dan terganas di dunia

Tidak heran jika dilabeli dengan nama Giant atau cupang raksasa, karena memiliki ukuran yang lebih besar apabila dibandingkan dengan jenis cupang lainnya.

Untuk ukuran jantan dewasa dapat mencapai kurang lebihnya 12 cm, dan ukuran tersebut tentunya jauh dari king betta yang hanya mencapai 5-6 cm saja.

Giant Betta, Ikan Cupang Terbesar dan Terganas Di Dunia

Karena memiliki tubuh yang besar membuat ikan ini kurang aktif, akan tetapi jangan salah, giant betta fish ini memiliki sisi agresif yang sama seperti jenis ikan cupang pada umumnya.

Ketika bertemu musuh, insangnya akan terbuka dengan membuat gerakan untuk menyerang musuhnya kapan saja.

Sejarah Giant Betta Fish

ikan cupang giant

Dalam menentukan ukuran ikan cupang terbagi dalam beberapa kategori yaitu:

  • (S)
  • (S+)
  • (M)
  • (M+)
  • (L)

Dan dalam kategori ukuran tersebut terdapat dua sudut pandang yang berbeda. Pertama dari segi ukuran panjang dan kedua dari segi umur ikan cupang tersebut.

Ikan cupang giant memiliki asal usul yang bermula dari seorang breeder ikan bernama Mr. Athapon yang merupakan pemiliki Diamond Fish Farm di Thailand dan anaknya yang memiliki nama Mr. Natee, pada tahun 1999.

Untuk pertama kali, breeder ini mempunyai ikan cupang plakat dengan ukuran 10cm (4 inchi) dari akuarium budidaya.

budidaya cupang

Dari situlah mereka mencoba mengembangkan ikan cupang terbesar tersebut, pencarian indukan betina pun dilakukan dan menemukan pasangan untuk ikan cupang terbesar itu, setelah melakukan pencarian di 300-an akuarium yang mereka miliki.

Dengan ulet dan gigih, mereka melakukan perkawinan silang terhadap kedua ikan cupang besar tersebut demi mencapai bentuk dan ukuran yang diinginkan.

Menjadi Ikan Cupang dengan Harga Mahal

Setelah berhasil melakukan pemijahan, Mr. Athapon mulai melakukan pemasaran ikan cupang terbesar ini dengan nama Giant Betta.

Satu tahun kemudian ia mencoba untuk mengikuti IBC (International Betta Competition) yang merupakan kompetisi ikan cupang internasional di Amerika Serikat.

Pada awal pembudidayaan membutuhkan waktu kurang lebihnya sekitar 8-9 bulan untuk mendapat ukuran 3 inchi atau setara dengan 7,5 cm.

giant betta fish

Tetapi saat ini ukuran 3 inchi sudah terjangkau hanya dalam waktu 5 bulan saja, dan ikan tersebut berhasil ditawar di Aquabid dengan harga $US 1000 atau kurang lebih sekitar 10 juta rupiah kala itu, dan akhirnya terjual.

Waktu pun terus berjalan, variasi-variasi lain mulai bermunculan dan munculan berbagai spesies ikan cupang lain seperti:

Rekor ikan cupang terbesar yang pernah ditemukan adalah memiliki ukuran 12,5 cm atau 5 inchi yang sudah berusia 1 tahun.

Share on:

Saya masih pelajar, namun suka sekali menulis, selain itu saya juga menyukai binatang peliharaan, saat ini saya memelihara kucing, dan burung sebagai hewan peliharaan.

Tinggalkan komentar