Burung Kenari

Kenari adalah salah satu burung yang begitu dinikmati dan digemari oleh para kalangan kicau mania di Indonesia.

Bentuk tubuhnya kecil dan mungil serta lucu, dan selain itu burung ini terkenal akan suaranya yang begitu nyaring dan indah.

Untuk harga burung kenari sendiri memiliki berbagai macam harga, tergantung dari jenis dan kualitas suara yang dimiliki oleh siburung.

Untuk perawatan burung kenari sendiri juga berbeda beda tergantung dari setiap jenis dan karakter dari siburung.

Karena perawatan burung ini bisa dibilang gampang gampang susah, apalagi jika kamu seorang pemula.

Suara Burung Kenari

suara burung kenari

Burung kenari adalah burung yang terkenal akan suara khas nya yaitu yang menembak. Untuk mendapatkan suara tersebut, perlu dilakukan yang namanya perawatan rutin atau harian. Seperti:

  • Memandikan burung
  • Membersihkan kandang
  • Memberikan makanan yang berkualitas
  • Serta Pemasteran

Selain itu kamu juga perlu tahu beberapa langkah agar suara burung atau volumenya ini menjadi lebih keras.

Caranya adalah dengan melakukan Latihan di kandang umbaran, menambah durasi penjemuran, menstabilkan birahi burung kenari, pemberian ekstra fooding seperti daun mengkudu muda dan telur puyuh.

1. Latihan di Kandang Umbaran

Tujaun dari ini adalah agar burung lebih kuat fisiknya, dan mampu mengeluarkan suara keras. Kamu bisa melakukannya dalam waktu seminggu sebanyak 3 kali.

2. Menambah Durasi Penjemuran

Selain pelatihan di kandang umbaran, kamu juga bisa melakukan terapi penjemuran, jika selama ini kamu melakukan penjemuran hanya 1 jam maka tambahlah durasinya menjadi 2 jam.

Penjemuran dan pemandian adalah salah satu perawatan penting bagi burung, guna memicu suara burung kenari menjadi semakin lantang dan gacor.

3. Menstabilkan Birahi Burung Kenari

Agar burung kenari memiliki birahi yang stabil tidak terlalu tinggi ataupun rendah, maka kamu perlu melakukan pemandian dengan rutin serta melatihnya di kandang umbaran.

4. Pemberian Extra Fooding

Selain perawatan diatas, makanan burung kenari juga bisa digunakan untuk menambah volume suara burung burung cantik kecil satu ini, diantaranya adalah daun mengkudu muda, dengan daun ini kamu bisa membuat serak pada burung mungil cantik satu ini menjadi hilang.

Kemudian ada telur puyuh yang bermanfaat untuk membuat burung kenari menjadi lebih lantang dan sehat, karena telur puyuh bisa menambah stamina burung kenari.

Burung Kenari Gacor

kenari gacor

Agar burung kecil cantik satu ini memiliki suara yang gacor kamu bisa nih melakukan tips tips sebagai berikut:

1. Memakai Sangkar Harian Dengan Ukuran Luas dan besar

Dengan menggunakan sangkar yang luas, ini akan melatih fisik burung kenari menjadi lebih kuat, karena burung bisa bergerak bebas dalam sangkar.

Jika burung kenari memiliki fisik yang kuat dan kesehatan yang baik maka akan membuat burung rajin berbunyi.

Kemudian kamu bisa memberikan pemasteran dengan suara burung kenari yang memiliki durasi cukup panjang.

Sehingga dengan ini burung akan memiliki suara yang panajng dan gacor.

2. Menjaga Kesehatan Burung

Kemudian langkah yang selanjutnya adalah dengan menjaga kesehatan burung, sehingga burung menjadi lebih semangat untuk berkicau.

Caranya adalah dengan teratur memberikan makanan yang mengandung yodium serta kalsium, seperti buah dan sayuran.

Selain itu kamu juga perlu membersihkan kandang burung kenari agar burung tidak mudah terserang penyakit, seperti penyakit pencernaan atau lainnya.

Makanan

makanan burung kenari

Lalu apa saja sih makanan yang baik untuk burung mungil satu ini, agar burung dengan suara khas ini lebih sehat dan gacor, serta tidak mudah terserang penyakit..

Makanan burung mungil dengan warna bagus ini ada banyak sekali dan ini merupakan makanan yang baik bagi nya, berikut ini beberap daftar makanan burung kenari yang baik.

Daftar Makanan burung mungil cantik:

Sayuran Segar

Dengan sayuran segar seperti sawi, dan sayuran segar lainnya yang memiliki banyak serat dan juga kadar air melimpah akan memberi banyak manfaat bagi si burung mungil ini.

Buah Buahan Segar

Burung mungil imut satu ini selain menyukai sayuran, juga menyukai buah buahan, diantaranya adalah buah pepaya, pisang, apel merah, jeruk dan buah segar lainnya.

Telur Puyuh Rebus

Telur puyuh adalah salah satu extra fooding yang baik untuk si burung cantik satu ini, yaitu sebagai makanan untuk meningkatkan volume suara burung.

Selain itu telur puyuh ini memiliki kandungan gizi yang baik dan sangat bagus untuk membuat burung kecil ini menjadi cepat gacor.

Kroto 

Kroto merupakan makanan tambahan bagi kenari yang memiliki kandungan protein dan vitamin yang tinggi lho.

Kroto sendiri sangat disukai oleh burung mungil cantik ini. Namun ingat jangan terlalu banyak, karena bisa mengganggu kesehatan burung mungil cantik ini.

Bijian Mix

Kenari adalah burung pemakan biji-bijian, biji-bijian adalah makanan utama, seperti canary seed, biji sawi, milet merah dan putih.

Ini merupakan makanan yang begitu digemari.

Agar burung tidak bosan kamu bisa melakukan variasi dengan jenis makanan lainnya, sehingga burung akan memiliki nafsu makan yang baik.

Kamu juga perlu tahu, jenis burung emprit, burung hama yang mendunia.

Itulah hal-hal mengenai burung kenari yang perlu diketahui, kamu ingin memelihara burung mungil cantik satu ini? Rawat dengan baik ya…

Semoga bermanfaat..

Kategori Burung

Tinggalkan komentar