Ikan Louhan

Related Articles




Ikan Louhan – Ikan apakah itu?

Pasti kamu pernah melihat ikan dengan tubuh yang memiliki tulisan seperti tulisan bahasa china ditambah dengan bagian kepala memiliki jenong yang besar.

Iya itulah ikan louhan, ikan louhan adalah jenis ikan hias yang terkenal dengan warna yang cerah dan cantik serta kejenongannya.

Ikan ini termasuk jenis ikan air tawar, jadi kamu akan lebih mudah untuk melakukan perawatannya.

Selain menjadi hewan peliharaan, ikan ini juga sering masuk ke dunia perlombaan.

 

Cara Memilih Ikan Louhan Dengan Kualitas Bagus

Hewan air satu ini sangat indah untuk dipandang, punya keunikan tersendiri, dan sifatnya yang agresif, salah satu point hiburan bagi para pemilik ikan jenong ini.

Karena ikan ini adalah ikan hias, pastinya kamu akan memelihara ikan jenong ini dengan kualitas bagus. Mulai dari karakter, warna, jenong, dan kesehatan.

Bagaimana sih tips agar bisa mendapatkan ikan louhan yang bagus dan sehat?

Berikut ini tipsnya:

 

1. Cari Tahu Indukkannya

Kualitas louhan dapat diambil dari garis keturunannya, dengan kualitas indukan yang bagus, pastilah menghasilkan anakan yang bagus pula. Coba kamu cari asal usul dari ikan jenong yang akan kamu beli, dengan cara menanyakan ke penjual.

 

2. Lihat Fisik Ikan

Selain dari Indukan, kamu bisa melihat ciri fisik ikan tersebut. Karena jika hanya dari indukan maka tidak akan spesifik.

Pilih ikan louhan yang memiliki jenong dibagian kepala, Hindari juga untuk membeli ikan jenong tanpa jenong, karena harganya akan murah.

Lihat pada bagian punggung, jangan sampai kamu memilih ikan jenong yang bengkok punggungnya, serta rusak siripnya.

Cari ikan jenong dengan bentuk tubuh bulat, tebal dan memanjang. Pada bagian mata pilihlah ikan jenong dengan mata yang terdapat bulatan merah di kedua bola matanya.

 

3. Corak dan Warna

Corak ikan louhan yang bagus adalah yang memiliki corak mutiara dibagian tubuhnya.

Dan adanya motif garis marking yang membuat semakin unik ikan ini. Motif garis ini usahakan yang warnanya hitam pekat dan panjangnya dari pangkal sirip ekor hingga kepala louhan.

Untuk warna, warna yang sangat disukai para penghobi si jenong ini adalah merah yang ada dibagian ingsangnya, Kemudian sirip lalu perutnya.

Selain itu, biasanya para pecinta ikan ini memilih warna merah pekat yang bergradasi dibagian bawah dan berangsur cerah di bagian atas.

 

4. Karakter Agresif

Selain kondisi diatas, kamu juga harus nih memperhatikan keagresifan ikan louhan. Sifat Agresif ini bisa dilihat dari ciri fisik ikan louhan yang terdapat bentuk sirip pada bagian belakang yang mekar.

Dan sirip atas yang tidak mingkup. Bisa juga dengan mendekatkan jari ke arah kaca, biasanya jenis ikan jenong yang agresif ini akan langsung merespon dengan mengikuti gerak jari tangan kamu.

 

Lalu apa saja sih jenis jenis ikan louhan itu?

 

Jenis Ikan Louhan

Jenis jenis ikan louhan ini terdiri dari berbagai macam, jenis inilah yang menjadi sebuah penentu harga dari ikan louhan tersebut. Dari jenis ini, kita akan tahu berbagai corak dan warna yang ada di ikan louhan, yang menjadi salah satu faktor mahalnya harga ikan ini.

berikut ini jenis jenis ikan louhan:

 

1. Ikan Louhan Cencu

 

ikan louhan cencu




 

Ikan louhan cencu atau dikenal sebagai zhen zhu, adalah jenis ikan louhan paling populer di indonesia.

Ciri khas dari ikan ini adalah adanya bintik putih di bagian tubuhnya mirip seperti mutiara, dan akhirnya ini lah yang membuat orang orang mengenal sebagai sijenong mutiara.

Untuk warna ikan ini memiliki warna yang unik dimana terdapat dua warna yaitu merah dan terdapat warna kuning keemasan ditengah tubuh hingga ke ekornya.

Ikan louhan cencu terdapat 2 jenis yaitu klasik dan modern. Yang membedakan hanyalah pada bagain corak mutiara dan warna merah yang lebih dominan.

Pada cencu klasik, hewan ini lebih sedikit corak mutiaranya dan warna merah yang lebih merata.

Sedangkan untuk yang modern, ukuran tubuhnya lebih besar, dan corak mutiaranya lebih banyak.

 

2. Ikan Louhan Bonsai

 

ikan louhan bonsai

 

Seperti namanya, sijenong ini dikenal karena ukurannya yang berbeda dari jenis lainnya yaitu lebih kecil dari ukuran biasanya.

Meskipun tubuhnya kecil, hewan ini memiliki kepala yang besar, karena inilah orang menganggapnya unik, selain unik hewan ini juga langka, oleh karena itu banyak orang mencari jenis ini khususnya penghobi ikan.

Ikan ini sangat berbeda dari ikan louhan biasanya, karena keagresifannya sangat tidak menonjol daripada jenis lainnya.

Untuk jenisnya terdapat berbagai macam dan digolongkan berdasarkan warna, seperti Super red Bonsai, bonsai kemalau dan lainnya.

Jadi sangat cocok sekali sebagai penghias akuarium dan penghilang penat.

 

3. Golden Red

 

golden red

 

Golden red adalah jenis ikan jenong yang paling mahal dan tercantik didunia, Hewan satu ini adalah jenis yang sangat langka.

Kenapa demikian?

Karena pada jenis ini, ada corak mutiara yang sangat indah dan berbeda dari jenis ikan louhan lainnya.

Asal ikan jenis ini adalah dari thailand. Tetapi saat ini sudah banyak para penjual yang menghadirkan ikan ini di Indonesia.

Seperti namanya, ikan ini memiliki warna merah yang berpadu dengan warna emas. Warna ini akan terlihat jelas ketika si ikan sudah menginjak usia dewasa.

Ketika masih anakan belum terlihat begitu jelas. Seiring dengan jalannya waktu, lama lama sisiknya akan berubah. Hal ini dikarenakan adanya hormon kulit dan membuat warna kulit menjadi sempurna.

 

4. Ikan Louhan Kamfa

 

ikan louhan kamfa

 

Jenis ini adalah jenis yang banyak di indonesia dan paling banyak diminati. Warna dari ikan jenis ini lebih kalem dan bentuk bintik yang dimiliki bercorak seperti bunga.

Ikan ini juga sering disebut sebagai golden flower. Ciri khas dari ikan jeins ini adalah bintik putih di bagian ekor dan siripnya kemudian bintik hitam yang terdapat di tubuhnya lebih rapih daripada jenis lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa melihat dari sisi matanya yang cekung dan berwarna putih atau kuning.

 

5. Ikan Louhan Super Red Dragon (SRD)

 

ikan louhan super red dragon

 

Super Red Dragon adalah jenis ikan yang banyak dicari oleh para penghobi ikan jenong ini, karena warnanya yang cantik dan juga bentuk jenongnya yang paling besar daripada jenis lainnya.

Ketenaran ikan jenis ini sangat luar biasa, tidak hanya di indonesia, ikan ini terkenal di negara lainnya termasuk asia tenggara seperti singapura, malaysia, thailand dan lainnya.

Ikan ini memiliki ciri khas warna merah yang menyala di bagian kepala hingga setengah tubuhnya, berpadu dengan warna putih silver pada bagian ekor, lalu terdapat warna hitam ditengah-tengah tubuhnya.

Warna matanya yaitu merah, semakin merah warna matanya semakin mahal pula harganya.

 

6. Super Red Synspilum (SRS)

 

super red synspillium

 

Jenis SRS adalah jenis ikan jenong yang langka dan sangat jarang ditemukan. khususnya di indonesia.

Maka dari itu ikan ini memiliki harga yang lumayan tinggi sekitar 1-3 jutaan.

Ciri dari ikan ini adalah warna merah yang menyeluruh dari kepala hingga ekor. Jika warna merah semakin cerah dan semakin bersih dari corak, harganya akan melambung tinggi.

 

7. Super Red Texas (SRT)

 

super red texas

 

Jenis ikan super red texas bukan lah jenis ikan yang berasal dari texas, ikan ini tetap berasal dari thailand. Nama texas sendiri didapatkan karena ikan ini adalah ikan hasil persilangan antara louhan texas cichild abu-abu dengan golden red.

Ciri khas dari ikan ini adalah warnanya yang begitu merah merona dengan bintik mutiara yang berwarna putih yang terdapat mulai dari kepala hingga ekornya. Sehingga membuat ikan ini bertampilan seperti buah strawberry.

Untuk ukuran jenong ikan ini tidak begitu besar daripada jenis ikan louhan lainnya.

 

8. Super Red Monkey (SRM)

 

super red monkey

 

Jenis ikan jenong yang satu ini adalah jenis yang diminati oleh masyarakat indonesia. karena warna pada tubuhnya yang begitu cerah.

Ciri dari ikan ini adalah memiliki warna merah terang dan sedikit corak mutiara ditubuhnya. Sekilas mirip dengan jenis kamfa, namun jenis ini berwarna merah pekat.

 

9. Golden Base

 

golden base

 

Golden Base ini adalah jenis ikan yang hampir mirip dengan golden red. Jika kamu pertama kali melihatnya pasti akan tertukar antara golden base dan golden red.

Perbedaannya sebenarnya pada warnanya.

Jika pada golden red warna dominan merah, golden base memiliki warna yang dominan kuning keemasan.

 

10. Kemalau

 

kemalau

 

Jenis kemalau adalah jenis ikan louhan yang langka, karena kelangkaan ini membuat harganya menjadi mahal hingga puluhan juta rupiah.

Peminat dari ikan ini begitu banyak. Ciri khas dari ikan ini adalah corak mutiara yang membentang ditubuhnya dari kepala hingga ekor.

Warna mutiara pada jenis ikan ini, akan terlihat ketika usainya sudah beranjak remaja, ketika ukuran tubuhnya sekitar 5-6 cm, dan akan terlihat jelas ketika ukuran tubuhnya menjadi 8-9 cm.

 

11. Strom

 

strom

 

Strom adalah jenis ikan jenong yang asing, karena ia merupakan jenis ikan yang ada di thailand.

Ikan ini termasuk langka di indonesia. Namun saat ini banyak yang tertarik dengan jenis strom ini karena warna nya yang cantik dan menarik perhatian.

Jenis strom ini memiliki 4 warna yaitu merah, biru dan silver. Dan terdapat warna hitam di tengah tubuhnya.

 

12. Rainbow King

 

rainbow king

 

Rainbow king adalah jenis ikan jenong dengan warna yang beragam bagaikan warna pelangi.

Hal inilah yang menjadi keunikan dari rainbow king, sehingga banyak dicari dan menjadi mahal harganya.

Rainbow king ini sering menjadi ikan jenong kontes, karena keunikan warna yang ada, warnanya terdapat 5 jenis yaitu merah, orange, biru, putih dan kuning.

 

Cara Memelihara Ikan Louhan

Bagaimana sih memelihara ikan louhan yang benar? Sehingga ikan terawat dan sehat?

Meskipun memelihara ikan louhan adalah peliharaan yang cukup mudah dibandingkan jenis ikan hias lainnya, karena ikan louhan termasuk ikan air tawar, jadi sedikit lebih menguntungkan dalam perawatannya.

Jadi ini lah yang harus kamu perhatikan ketika memelihara ikan louhan:

aquarium ikan louhan

 

1. Tempat Ikan Louhan (Aquarium)

Sebelum kamu membeli dan memelihara ikan louhan, sebaiknya siapkan dulu nih aquarium untuk si jenong.

Kenapa aquarium? Karena ikan ini adalah ikan hias yang cocok untuk dilihat keagresifan dan warnanya secara dekat, berbeda dengan dikolam yang sulit untuk dilihat.

Jadi siapkan aquarium dengan ukuran yang tepat, idealnya adalah sekitar 3-4 kali lebih besar dari ukuran ikan itu sendiri.

Hal ini dilakukan agar ikan louhan mampu beraktivitas dengan nyaman dan aman, karena kita tahu jika ikan ini adalah salah satu ikan yang agresif, jadi butuh ruang besar untuk bergerak, sehingga tidak stress.






Selain ukuran, jangan lupa juga untuk memperhatikan kualitas aquarium, mulai dari kaca, perekat hingga desain lanskap yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

Untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan aquarium, tambahkan lah alat bantu seperti:

a. Filter

Filter berguna untuk menjaga kebersihan aquarium, karena louhan ini salah satu ikan yang suka akan air bersih, jadi jika air kotor, ikan ini akan mudah terserang jamur.

Maka dari itu kamu membutuhkan filter untuk pelengkap aquarium sehingga aquarium tetap terjaga kebersihan airnya.

b. Aerator

Aerator adalah alat untuk memompa udara. Aerator ini dibutuhkan untuk menyalurkan udara kedalam aquarium dan membuang sisa respirasi pada ikan keluar aquarium.

c. Lampu Tubular

Lampu ini dibutuhkan untuk penerangan serta mempercantik tampilan aquarium. Namun perlu diingat, karena lampu ini menghasilkan panas yang berlebih, sebelum membeli perhatikan ukurannya.

Ukuran lampu tubular yang ideal adalah 80 cm x 40 cm dengan tegangan 20 watt

 

suhu aquarium

 

2. Pengontrol Aquarium

Selain hal diatas, kamu juga butuh nih alat pengontrol aquarium seperti Heater dan termometer.

Gunanya agar kamu tahu suhu air di aquarium apakah stabil atau tidak, jika terlalu dingin, maka kamu perlu heater untuk menghangatkan suhunya.

Suhu air yang tepat untuk ikan louhan ini adalah sekitar 25-27 derajat celcius. Jika suhu terlalu rendah akan mengakibatkan pertumbuhan ikan menjadi sedikit terhambat. Dan jika terlalu panas, maka akan kurang baik untuk kesehatan ikan.

Heater disini dibutuhkan untuk menghangatkan. Jika suhu diruangan panas, maka kamu bisa menambah kipas khusus aquarium sebagai alat pendingin suhu.

Hal lain yang perlu kamu tahu juga adalah ukuran ph air yang tepat untuk ikan ini adalah 6,5 hingga 7,5.

Jika terjadi penurunan pH yang tidak normal, sebaiknya gunakan kapur yang dimasukkan ke dalam aquarium untuk menetralkan.

Jika terlalu tinggi kamu bisa menguras air dan menggantinya dengan yang baru. Diamkan terlebih dahulu selama 24 jam baru ikan dimasukkan kembali kedalam aquarium.

 

interior akuarium

 

3. Interior

Agar ikan tidak mudah stress kamu bisa menghias aquarium dengan berbagai macam interior, namun yang tidak membahayakan ikan. seperti:

Tanaman Air, Pasir atau bebatuan, dan Lainnya. Hal ini bertujuan agar aquarium terlihat seperti habitat aslinya.

Ikan louhan ini dihabitat aslinya selalu suka bersembunyi diantara tumbuhan dengan tujuan untuk melindungi dirinya.

Selain itu tamanan air dan pasir ini berguna untuk memperindah tampilan aquarium, jadi ikan tidak stress, kamu juga semakin senang memandang aquarium dan bisa sebagai tempat pelepas penat.

 

makanan ikan louhan

 

4. Makanan

Setelah hal mengenai kandang ikan jenong, maka kamu juga harus memperhatikan makanan yang baik dan tepat untuk ikan jenong tentunya.

Kamu harus tahu jenis makanan yang baik dan tepat untuk si jenong, sehingga pertumbuhan jenong nya akan semakin terlihat.

Berikan makanan kepada ikan louhan secara variasi, kamu bisa memberikan makanan alami dan juga makanan buatan.

lalu apa saja sih makanan yang baik dan tepat untuk ikan louhan ini???

 

a. Cacing

Cacing ini sangat tepat diberikan, jika ikan louhan kamu masih berusia anakan, terutama cacing yang memiliki darah beku. Cacing ini sangat cocok untuk louhan dengan ukuran 8 cm.

Jika ikan louhan kamu berukuran besar, maka sebaiknya tidak diberikan pakan cacing lagi. Ganti ke jenis makanan lainnya.

Untuk mendapatkan cacing, kamu bisa membelinya di pasar ikan atau toko pet shop yang menjual ikan hias.

 

b. Udang

Udang adalah makanan yang baik untuk kecerahan warna ikan jenong ini, kamu bisa memberikan udang baik dalam keadaan segar atau beku.

Sebelum memberikan udang ke ikan louhan, sebaiknya buang terlebih dahulu sungutnya sehingga tidak mencederai ikan kamu.

 

c. Jangkrik

Selain udang, jangkrik juga temasuk hewan yang bagus sebagai penunjang protein bagi si jenong, karena jangrik mengandung beta karoten yang tinggi, sehingga bisa memperbaiki kecerahan warna pada sisik ikan.

Ukuran jangkrik yang baik adalah jangkrik yang remaja, belum terlalu besar, jangan lupa juga potong kaki jangrik, sehingga tidak membuat luka pada ikan louhan kamu.

 

d. Pelet

Selain makanan diatas, kamu juga bisa memberikan ikan louhan kamu berupa makanan buatan, yaitu pelet, diadalam pelet biasanya sudah terkandung semua protein yang dibutuhkan si ikan ini.

Terkadang banyak ikan louhan yang tidak menyukai pelet, karena itu, jika ingin ikan louhan mu menyukai pelet, sebaiknya sejak kecil sudah diberikan makanan pelet ini.

Pelet sendiri termasuk makanan yang simpel, karena sudah jadi, dan dibungkus dikemasan.

 

Untuk admin sendiri, terkadang ikan louhannya diberikan ikan ikan kecil, seperti ikan blenduk, anakan ikan, bahkan cicak kecil atau kecoa. Bahkan menjadi hiburan tersendiri bagi si ikan, karena mangsanya bergerak. Ikan jenong ini termasuk jenis ikan yang menyukai serangga lebih tepatnya.

 

Harga Ikan Louhan

 

harga ikan louhan

 

Jenis Ikan Louhan Harga
Cencu Rp 750.000,00
Kamfa Rp 3.500.000,-
Super Red Dragon Rp 1.500.000,-
Super Red Synspilum Rp 2.500.000,-
Super Red Texas Rp 600.000,- s/d Rp 2.300.000,-
Super Red Monkey Rp 600.000,- s/d Rp 2.000.000,-
Golden Base Rp 450.000,- s/d Rp 1.800.000,-
Kemalau Rp 150.000,- s/d Rp 600.000,-
Bonsai Rp 800.000,-
Golden Red Rp 3.000.000,-
Strom Rp 600.000,- s/d Rp 2.500.000,-
Rainbow King Rp 650.000,- s/d Rp 3.000.000,-
Golden Red Anakan Rp 650.000,-
Kamfa Anakan Rp 850.000,-
Cencu Anakan Rp 150.000,-
Bonsai Anakan Rp 250.000,-
Super Red Dragon Anakan Rp 400.000,-
Super Red Synspillum Anakan Rp 400.000,-
Inilah Harga dari ikan louhan

 

Yuk baca harga hewan di harga hewan satria

 

Itulah hal-hal mengenai ikan louhan..

Tertarik membeli dan Memelihara ikan louhan?

Semoga info diatas bisa membantu.

Terima Kasih




More on this topic

Berita sebelumyaKura Kura Ambon
Berita berikutnyaIkan Guppy

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Popular stories

Jalak Suren

Jalak Suren atau dikenal sebagai jalak uren merupakan spesies jalak yang ditemukan di wilayah Anakbenua India dan Asia Tenggara (Dilansir dari wikipedia). Burung ini biasa...

Cara Memandikan Sugar Glider

Sugar glider merupakan hewan yang mungil dan memiliki bulu yang cantik, hal tersebut membuat harus memperhatikan kebersihan kandang maupun badannya. Untuk dapat membersihkan badannya...

Jenis Burung Emprit

Hallo Sahabat Hewan, Satria Hewan kembali lagi setelah beberapa hari ini tidak update karena kesibukan real life. Dalam update kali ini satria hewan akan membahas...