Ikan

Ikan Arwana Super Red

arwana super red

Ikan Arwana Super Red – Salah satu ikan yang banyak digemari oleh para pecinta ikan yaitu jenis ikan arwana, karena ikan ini memiliki moncong yang unik dan memiliki warna badan yang mewah dan elegan.

Ikan arwana sendiri memiliki beberapa jenis, jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai jenis ikan arwana, kamu bisa membacanya pada artikel di bawah ini.

Baca Juga Jenis Ikan Arwana

Selain itu, ternyata jenis ikan ini termasuk ikan air tawar yang harganya cukup mahal, bahkan pada jenis ikan arwana tertentu harganya bisa di bandrol hingga sampai jutaan.

Nahhh salah satu jenis ikan arwana yang harganya mahal yaitu jenis ikan arwana super red, karena ikan ini memiliki warna merah cerah menyala yang memiliki keindahan dan kemewahan tersendiri.

Maka tidak heran jika para kolektor ikan sangat tertarik dengan jenis ikan ini, Selain dijadikan koleksi ternyata ikan jenis ini juga sering di ikutkan kontes arwana.

 

Arwana Super Red

Ikan arwana super red berasal dari Kapuas Hulu – Pulau Kalimantan Barat, habitat asli dari ikan arwana yaitu di daerah danau – danau.

Tetapi Ikan super red ini sudah masuk ke daftar spesies ikan yang terancam punah.

untuk kategori ikan super red sendiri dibagi menjadi 4 kelompok yaitu

  • Merah Cabe (Chilli Red)
  • Merah Orange (Orange Red)
  • Merah Darah (Blood Red)
  • Dan Merah Emas (Golden Red)

Jenis jenis diatas diberi golongkan menjadi satu kedalam jenis ikan arwana super red. Jadi yang dimaksud dengan super red adalah ikan dengan jenis warna yang kemerahan seperti merah cabe atau darah.

Warna Merah ini terdapat pada sirip, dayung, sungut, hingga Ekor. Warna ini akan tampak sangat jelas pada usia 3-4 tahun dan ketika ukurannya mencapai 25 cm, Ring akan nampak dan ring tersebut akan berwarna mengkilat di pinggiran sisik.

Para pecinta ikan arwana, menemukan sebuah cara agar warna merah ini cepat muncul yaitu dengan melakukan tanning.

tanning adalah pemberian makanan yang bagus dengan menempatkan ikan arwana pada sebuah kolam yang langsung terkena sinar matahari.

 

 

Ciri – Ciri Arwana Super Red

Jika kamu ingin memelihara atau ingin membeli ikan jenis ini, maka kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja ciri ciri ikan arwan super red.

Lalu apa saja sih untuk ciri – cirinya ? nahh berikut ulasannya….

  • Sesuai dengan namanya maka ikan jenis ini memiliki warna merah yang cerah.
  • Memiliki sisik yang tebal pada badannya.
  • Memiliki kepala agak bulat dan lebar di bandingkan dengan jenis silver.
  • Memiliki tekstur gerak yang berkelok secara pelan dan lembut.

 

arwana super red

 

Perawatan Arwana Super Red

Merawat ikan arowana merah super ini sama dengan jenis lainnya secara umum. Yang terpenting disni adalah tempatnya yaitu akuarium. Sebaiknya gunakannlah aquarium dengan ukuran besar. Karena jenis ini memiliki ukuran tubuh yang besar.

Dengan akuarium yang besar, maka akan mempermudah ikan bergerak secara leluasa. Selain itu dengan adanya tempat yang luas ini, akan menambah nilai estetika karena dapat menampilkan dengan jelas bagaimana ikan super red arowana dalam berenang.

Dengan warna tubuh yang merah merona ditambah dengan sinar yang kerepakan. Serta dengan ukuran akuarium besar ini, tumbuh kembang ikan arowana bisa menjadi maksimal.

Yang perlu diperhatikan pada hal merawat si merah ini adalah makanannya. Pilih makanan dengan kualitas tinggi jangan asal-asalan. Kamu bisa memberikan pakan alami, jika ingin memberi pelet boleh saja, namun lebih baik makanan alami.

Makanan alami ini bisa kamu berikan seperti kroto, jangkrik, kodok kecil, ikan kecil dan lainnya. Sehingga ikan arowana super red kamu bisa bertambah besar secara maksimal.

 

arwana super red

 

Reproduksi Arowana Super Red

Ikan arowana super red ini adalah jenis ikan yang sangat sulit dikembang biakan, oleh karena itu saat ini jenis ikan super red mengalami ancaman kepunahan.

Pembiakan ikan ini belum dapat dipastikan secara jelas, bisa setahun atau bahkan 2 tahun baru berkembang biak.

Ketika di tunggu tidak berkembang biak, tapi terkadang dalam 6 bulan sudah bisa beranak pinak.

Oleh karena ketidakpastian berkembang biak ikan ini, sehingga jenis ini mengalami ancaman kepunahanan.

Cara reproduksi ikan arowana super red ini hampir sama dengan yang lainnya, yaitu si pejantan akan mendekati betina dan saling membuahi, hingga si betina bertelur.

Kemudian ketika sudah bertelur, maka telur telur tersebut akan disimpan di dalam mulut si pejantan untuk dierami. Setelah 55-60 hari di erami, maka anakan akan keluar dari mulut si arowana jantan.

dan pejantan arowana selama itu pula tidak akan makan. Sementara si betina akan melakukan penjagaan terhadap teritori wilayah mereka.

Jadi akan aman dari gangguan predator lain hingga bayi arowana lahir.

Kalau dalam penangkaran, pada usia kelahiran saat anakan masih terdapat embrionya, ketika ini lah masa panen anakan arwana.

Untuk memanen pun harus dengan keahlian khusus, jadi jika pemula, maka akan sulit untuk memanen anakan arowana ini, sehingga butuh bimbingan dari yang sudah berpengalaman.

 

arwana super red

 

Harga Arowana Super Red

Harga ikan arowana jenis super red ini lumayan tinggi, karena didukung dengan keindahan yang dimiliki oleh si ikan. warna merah yang khas dan mencolok, menjadi salah satu andalan dari ikan ini.

Untuk membeli ikan arwana ternyata ada tipsnya, sehingga kamu bisa membeli dengan harga yang lebih terjangkau namun kualitas tetap nomor wahid.

Yaitu dengan membeli kepada sesama pecinta ikan arwana ini. Biasanya karena komunitas yang sama, maka harganya mengikuti harga komunitas.

Rata rata harga ikan arwana ini sekitar 1-2 juta rupiah per ekornya.

Mahal? Iya untuk jenis ikan hias. Namun ada kepuasan tersendiri dengan memiliki ikan jenis super red ini, karena ikan jenis super red ini adalah jenis arwana populer.

 

Itulah mengenai arwana super red sicantik yang menyilaukan.

Semoga bermanfaat

Terima Kasih

About author

“Semangatlah dalam hal yang bermanfaat untukmu, minta tolonglah pada Allah, dan jangan malas (patah semangat).”
Related posts
AquascapeIkan

Ikan Hias Aquascape

Ikan

Mengenal Jenis Ikan Arwana

Ikan

Ikan Guppy

Ikan

Ikan Louhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *