Indonesia Website Awards
Home » Ikan » Ikan Channa

Ikan Channa

Kamu termasuk pecinta ikan hias? Jika iya, sudah tahukah kamu mengenai ikan channa atau ikan gabus yang sedang naik daun di kalangan para pecinta ikan hias.

Yuk kenalan dulu dengan ikan channa ini, berikut adalah fakta-fakta menarik mengenai channa fish untuk kamu.

Cara Merawat Ikan Channa

Ikan channa atau ikan dengan nama latin snakehead emperor yang merupakan jenis ikan gabus hias dengan bentuk kepala menyerupai ular.

Berbeda dengan ikan gabus pada umumnya yang merupakan ikan konsumsi, ikan gabus hias ini memiliki corak tubuh yang indah dan mempesona sehingga mengundan minat bagi para pecinta ikan hias untuk memeliharanya.

Untuk kamu yang ingin memelihara ikan gabus hias ini, alangkah lebih baik mengetahui fakta berikut agar pemeliharaan dapat dilakukan dengan tepat.

1. Toleransi Oksigen Ikan Channa

Ikan channa adalah jenis ikan yang mempunyai toleransi tinggi terhadap oksigen, sehingga dapat hidup dengan kadar oksigen yang rendah.

Hal ini karena ikan channa memiliki organ pernapasan yang dilapisi dengan epitel pernapasan (kulit dimodifikasi sebagai agar dapat menyerap oksigen atmosfer).

2. Ikan Channa Ikan Teritorial

Seperti halnya ikan cupang, ikan ini juga masuk kedalam kategori ikan teritorial, sehingga jika memelihara ikan ini tidak bisa digabungkan dengan ikan hias lainnya.

Ikan gabus hias ini adalah perenang yang aktif dan ketika tidak makan, ikan ini akan bergerak ke permukaan untuk mencari udara.

Ikan channa lebih sering bergerak di tengah air, dan beristirahat di dasar air sebagai bentuk perlindungan terhadap predatornya.

maka dari itu, ruang persembunyian yang luas dalam bentuk kayu apung dan vegetasi terendam harus ada.

Penutup permukaan, yang dibuat oleh tanaman apung juga bisa digunakan, perhatikan celah antara penutup dan permukaan air, karena ikan ini memerlukan akses ke lapisan udara yang lembap.

Karena jenis ikan yang senang melompat, maka dianjurkan untuk menutup permukaan akuarium dan juga gunakan batu kerikil dalam akuarium, hal ini karena partikel halus seperti pasir akan mnyembat filter akuarium.

3. Pemilihan Pakan Ikan Channa

Ikan gabus hias yang satu ini dikenal sebagai hewan karnivora yang rakus, kamu bisa memberikannya pakan hidup seperti cacing darah, cacing tanah kecil, potongan daging ikan, udang utuh, udang cincang, kerang, jangkrik, laron, dan seringga lainnya. Namun selain itu kamu bisa juga lho menggunakan pelet sebagai pakan ikan ini.

Setelah mengetahui tahap cara merawat ikan channa, kamu bisa memilih jenis ikan channa yang akan dipelihara.

Ada beberapa jenisnya berikut ini 20 jenis ikan channa yang sangat indah dan mempesona, yuk ketahui…..

Jenis Ikan Channa

Sudah yakin memelihara ikan gabus hias ini? Maka kamu perlu tahu nih jenis-jenisnya agar semakin yakin untuk memeliharanya.

Apa sajakah jenis-jenis ikan gabus hias ini? Mari kita ulas….

1. Channa Pseudomarulius

channa pseoudomarulius

Harga Channa Pseudomarulius : Rp 500.000,-

Yang pertama adalah channa Pseudomarulius, jenis ini berasal dari India, dan berbeda dengan channa marulius. Terkhusus dari segi ukuran, jenis marulius memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan Pseudomarulius.

Jenis ini mempunyai corak pada bagian punggungnya, disertai warna coklat dan hitam, dan bintik-bintik putih.

2. Ikan Channa Barca

harga channa barca

Harga Channa Barca: Rp 25.000.000,- hingga Rp 50.000.000,-

Jenis Channa Barca dikenal sebagai channa yang paling populer, karena termasuk jenis ikan channa termahal, harganya pun cukup fantastis, karena bisa digunakan untuk membeli 1 unit motor.

Keunikan dari dari jenis ini adalah warnanya yang abu-abu terang disertai motif totol-totol hitam dan putih pada bagian tubuh dan sirip punggung, serta perut, ekornya melebar dan terdapat warna kuning melingkar.

Jika terkena cahaya, tubuhnya akan menyala seperti lampu neon yang berwarna hijau tosca.

3. Channa Asiatica

channa asiatica

Harga Channa Asiatica: Rp 800.000,-

Channa Asiatica mempunyai warna yang cukup beragam, berwarna coklat dengan kombinasi hitam, abu-abu kombinasi hitam, dan juga merah dengan kombinasi hitam, yang cukup terkenal dari jenis ini adalah warna merah kombinasi hitam yang dijuluki “Channa Asiatica Red Spotted”.

4. Ikan Channa Maculata

harga ikan channa

Harga Channa Maculata: Rp 1.000.000,-

Channa Maculata merupakan jenis channa yang memiliki corak warna layaknya ular python molurus. Ukuran tubuhnya lebih besar dibandingkan dengan channa asiatica, barca, dan Pseudomarulius.

Warna tubuhnya didominasi dengan warna cokelat dan motif hitam, yang membuatnya sangat indah dan mempesona.

5. Channa Shingon

harga gabus hias

Harga Channa Shingon: Belum ada daftar harga di Indonesia

Jenis channa ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok dibandingkan dengan jenis lainnya. Yaitu dibagian sirip punggung, perut, dan ekornya.

Apabila channa lain memiliki sirip yang konsisten (Dari bagian insang hingga ekor), channa shingon memiliki sirip yang terpisah-pisah.

6. Channa Pomanensis

channa pomanensis

Harga Channa Pomanensis : Mulai dari Rp 130.000,-

Jenis channa yang satu ini memiliki corak yang menyerupai ular derik, bentuk sirip dan ekornya seolah-olah bergerigi pada tepinya, dan pada bagian ekor menyerupai kipas lipat.

7. Channa Burmanica

channa burmanica

Harga Channa Burmanica: Mulai dari Rp 150.000,-

Secara sekilas Channa burmanica memiliki warna dan corak yang hampir mirip dengan channa pomanensis. Hanya saja tingkat kecerahan dari corak channa burmanica lebih cerah, dan juga bentuk sirip dan ekornya jauh berbeda.

8. Ikan Channa Aurantimaculata

Aurantimaculata fish

Harga Channa Aurantimaculata: Rp 750.000 – Rp 1.500.000

Channa aurantimaculata memiliki warna tubuh kecokelatan dan berkombinasi dengan garis vertikal berwarna orange.

Ikan channa aurantimaculata ini bisa tumbuh hingga berukuran 40 cm, dan jenis ini cukup agresif dan paling baik dipelihara sendiri.

9. Channa Marulioides

ikan channa

Harga Channa Marulioides: Mulai dari Rp 150.000

Channa marulioides adalah channa denga corak totol-totol bulat di sebagian tubuhnya, corak tersebut berwarna orange sehingga membuatnya sangat cantik.

Harganya bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari segi ukurannya.Ukurannya mampu mencapai 65 cm sehingga dibutuhkan akuarium atau tempat penangkaran yang baik dan besar.

10. Channa Stewartii

ikan channa

Harga Channa Stewartii: Rp 400.000 – Rp 2.000.000

Channa stewartii merupakan jenis channa dengan warna tubuh cokelat seperti ikan gabus pada umumnya, namun yang membuatnya menarik adalah bagian siripnya yang berwarna biru terang.

Sehingga warna siripnya akan terlihat jelas ketika terkena cahaya di tempat gelap, harganya dibandrol mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

11. Ikan Channa Argus

ikan channa

Harga Channa Argus: Mulai dari Rp 1.000.000,-

Channa argus adalah channa dengan ciri warna dan corak tubuh yang hampir mirip dengan ular python reticulatus.

Warna tubuhnya coklat keemasan hingga coklat pucat, ditambah bercak gelap di sisi dan bercak seperti pelana di bagian belakang.

Untuk nama lain dari ikan channa argus adalah Northern Snakehead, yang mana harganya dapat mencapai jutaan rupiah.

12. Channa Gachua

gachua fish

Harga Channa Gachua: Rp 100.000,-

Channa gachua adalah gabus hias kecil yang mana ukuran tubuhnya hanya dapat mencapai 20 cm saja, ditambah channa ini relatif jinak jika dibandingkan dengan channa lainnya.

Harganya cukup terjangkau mulai dari puluhan hingga ratusan ribu saja, Channa gachua sempat menjadi primadona dan banyak dicari karena harganya terjangkau dan warnanya yang indah.

Ciri khas dari channa ini adalah warna tubuhnya yang coklat gelap dan pada bagian sirip dan ekornya berwarna biru.

13. Channa Lucius

ikan gabus hias

Harga Channa Lucius: Rp 150.000,-

Channa lucius adalah jenis channa yang mampu tumbuh hingga ukuran 30 cm, dari segi tampilan juga menarik, warnanya berpadu dengan motif totol-totol dengan warna hitam dibagian tubuhnya. Untuk warna tubuhnya sendiri adalah cokelat muda.

14. Channa Bleheri

ikan gabus hias

Harga Channa Bleheri: Rp 350.000,- hingga Rp 1.200.000,-

Channa Bleheri disebut juga dengan istilah rainbow snakehead, hal ini karena tubuhnya seperti pelangi yang berwarna-warni.

Channa bleheri yang memiliki warna menarik ini termasuk jenis ikan yang aktif dan energik, untuk harga cukup terjangkau.

15. Channa Micropeltes

ikan gabus hias

Harga Channa Micropeltes: Rp 100.000,-

Channa micropeltes termasuk ikan gabus hias yang dapat tumbuh hingga ukuran 1,5 meer, warna tubuhnya cantik namun gahar, ikan ini juga sering dikenal sebagai ikan Toman.

16. Ikan Channa Andrao

ikan gabus hias

Harga Channa Andrao: Mulai Rp 200.000,-

Channa andrao adalah jenis channa yang unik, warnanya sangat menarik, di bagian tubuh dan sirip punggung berwarna gelap, yang berkombinasi dengan warna sirip bawah dan ekor yang berwarna biru.

Untuk ukurannya channa andrao hanya dapat tumbuh hingga ukuran 15-20 cm saja, harganya cukup terjangkau, mulai dari 45 ribu rupiah untuk yang berukuran kecil.

17. Channa Pleurophthalma

channa Pleuropthalma

Harga Channa Pleurophthalma: Mulai Rp 50.000,-

Ciri khas dari channa Pleurophthalma adalah terdapat motif seperti kelereng dibagian kepala hingga ekor, biasanya terdapat 3 hingga 5.

Terdapat beberapa jenis warna untuk channa Pleurophthalma ini, ada yang berwarna biru cerah, ada juga yang berwarna cokelat gelap. Namun ciri khas paling utama adalah corak bulat-bulat seperti kelereng yang dapat dijumpai disemua jenis channna Pleurophthalma.

18. Ikan Channa Striata

harga gabus hias

Harga Channa Striata (Albino): Rp 200.000

Channa striata ini sebenarnya salah satu jenis ikan gabus yang sering di konsumsi, Namun terdapat jenis channa striata albino yang banyak dipelihara karena keunikannya.

19. Channa Pulchra

harga gabus hias

Harga Channa Pulchra: Rp 250.000,-

Channa pulchra berasal dari Myanmar. Di habitat asli ikan ini senang di tempat yang memiliki air bersih dan jernih.

Jenis Ikan Channa Pulchra menjadi salah satu channa favorit, karena warnanya yang unik dan perawatan yang cukup mudah.

20. Channa Melasoma

harga gabus hias

Harga Channa Melasoma: Rp 150.000,- hingga Rp 3.000.000,- (Albino)

Jenis channa melasoma ini sangat unik, ciri khasnya adalah waran kuning kecokelatan yang solid di bagian tubuhnya. Dibagian ujung sirip terdapat motif list berwarna putih, sehingga dari segi tampilan membuat channa melasoma tampak tenang dan lembut.

Daftar Harga Ikan Channa

Jenis Ikan ChannaHarga Channa
Channa PseudomaruliusRp 500.000,-
Channa BarcaRp 25.000.000,- hingga Rp 50.000.000,-
Channa AsiaticaRp 800.000,-
Channa MaculataRp 1.000.000,-
Channa Shingon
Channa PomanensisMulai dari Rp 130.000,-
Channa BurmanicaMulai dari Rp 150.000,-
Channa AurantimaculataRp 750.000 – Rp 1.500.000
Channa MarulioidesMulai dari Rp 150.000
Channa StewartiiRp 400.000 – Rp 2.000.000
Channa ArgusMulai dari Rp 1.000.000,-
Channa GachuaRp 100.000,-
Channa LuciusRp 150.000,-
Channa BleheriRp 350.000,- hingga Rp 1.200.000,-
Channa MicropeltesRp 100.000,-
Channa AndraoMulai Rp 200.000,-
Channa PleurophthalmaMulai Rp 50.000,-
Channa Striata (Albino)Rp 200.000
Channa PulchraRp 250.000,-
Channa MelasomaRp 150.000,- hingga Rp 3.000.000,- (Albino)

*Daftar harga yang tercantum hanya digunakan sebagai referensi dan bukan menjadi harga paten, daftar harga tersebut di dapatkan melalui berbagai sumber informasi di pasaran.

Tankmate Ikan Channa

Pada dasarnya ikan channa adalah jenis ikan predator yang memiliki sifat berteritorial, namun kamu juga harus tahu jika ikan ini bisa kok untuk hidup bersama dengan jenis ikan lainnya di dalam aquarium yang sama.

Namun tidak sembarang ikan bisa hidup dengan ikan channa ini, berikut ini daftar tankmate atau teman yang bisa hidup berdampingan dengan ikan channa, diantaranya adalah:

  • Ikan Manfish atau Angelfish
  • Ikan Rainbow
  • Ikan Lemon
  • Ikan Ramirezi
  • Dan Jenis Ikan Cichlid yang bersifat tenang dan damai.

Kuncinya adalah pilih jenis ikan dengan karakter yang tenang dan damai, dan tidak berukuran kecil.

Share on:

Pekerja dan Pelajar yang suka dan tertarik seputar hal-hal teknologi, selain itu saya juga suka hal-hal tentang hewan. Hewan yang saya pelihara antara lain seperti burung lovebird, ikan cupang, dan kucing.

Tinggalkan komentar