Anjing Pitbull

Anjing pitbull memiliki harga yang dapat dikatakan sangat mahal, harga anjing pitbull berkisar antara Rp 40.000.000 atau $3000 – $5000.

Anjing pitbull memang memiliki harga yang fantastis, jika ingin memelihara anjing ini sebaiknya pilih yang berusia 6 bulan.

Karena diimpor dari negara Amerika, anjing pitbull harus menempuh perjalanan jauh untuk sampai ke Amerika, sehingga anakan anjing yang masih berusia 2 bulan tidak dapat dipastikan kesehatannya.

Harga Anjing Pitbull di Indonesia

harga anjing pitbull

Pitbull pertama kali dikembangkan di Indonesia pada tahun 2002, oleh seorang peternak anjing professional di Jakarta, merupakan anjing impor dari Amerika dengan harga sekitar $10.000 (lebih dari 140 juta rupiah).

Harga tersebut sudah mendapatkan anjing pitbull 100% asli dan dilengkapi dengan dokumen yang lengkap serta akta kelahirannya.

Dengan karakteristiknya yang menawan dan keren, membuat orang yang melihat ingin memeliharanya, pitbull berkembang biak dengan baik dan cepat.

Saat ini anjing ras pitbull sangatlah populer dikalangan pecinta hewan khususnya para pecinta anjing.

Jenis anjing ini sangat mudah dalam pemeliharaannya, indukan pitbull dapat melahirkan setidaknya lebih dari 5 ekor.

Memeliharanya tidak terlalu sulit untuk kalangan proffesional ataupun untuk pemula sekalipun.

Anjing pitbull di indonesia secara umum dibagi menjadi 3 kategori, yaitu:

  1. Pitbull dalam Negeri
  2. Impor dari Thailand
  3. Impor dari America

Harga pitbull sendiri ditentukan berdasarkan kelahirannya, warna, dan keasliannya.

Harga Anjing Pitbull 3-6 Juta

Untuk jenis pitbull ras murni yang lahir di Indonesia namun tidak memiliki surat-surat lengkap, maka harganya berkisar antara 3 hingga 6 juta, harga ini wajar.

Dengan harga tersebut, kamu sudah bisa mendapatkan anjing pitbull dengan indukan yang bagus, vaksinasi, dan juga terjamin kesehatannya.

Harga Anjing Pitbull 6-10 Juta

Dalam range harga 6-10 juta, kamu dapat mendapatkan jenis anjing pitbull dari indukan yang berhasil memenangkan kontes anjing.

Jika pitbull tidak berasal dari Indonesia, maka dapat dipastikan berasal dari Thailand.

Dengan harga tersebut, kamu sudah bisa mengadopsi pitbull dengan jaminan kesehatan yang baik, latar belakang yang jelas, dan disertai dengan dokumen lengkapnya.

Harga Anjing Pitbull 40-70 Juta

Untuk anjing pitbull murni 100% dan dilengkapi dengan dokumen seperti akta kelahiran ditambah dengan hasil dari indukan yang menawan memiliki harga yang sangat tinggi, sekitar 40 juta rupiah atau $3000

Dan untuk anjing pitbull dengan kualitas indukan juara dari kompetisi pitbull memiliki harga antara $5000 hingga $7000 atau sekitar 70-100 juta rupiah.

Sejarah Anjing Pitbull

Anjing pitbull atau Pit Bull adalah jenis anjing keturunan bulldog dan terrier, jenis pit bull ini cukup ambigu karena mencakup pada keturunan, tampilan fisik dan jenis informal tidak dapat diidentifikasi secara pasti.

Terdapat beberapa jenis keturunan dari pit bull, seperti:

  • American Pit Bull Terrier
  • American Staffordshire Terrier
  • Staffordshire Bull Terrier
  • American Bully

Namun untuk jenis American Bulldog juga terkadang diikut sertakan.

Asal usul anjing pitbull ini dipercaya sudah ada sejak zaman purbakala yang memiliki asal dari keluarga anjing Molossian.

Anjing Molissians memiliki keturunan anjing lain yang diberi nama Mastiff. Diawal kehadirannya, anjing Mastiff digunakan sebagai anjing yang ikut serta pada medan perang, karena anjing ini dikenal sebagai anjing yang suka bertarung.

Di wilayah Roma, Anjing Mastiff dikawin silangkan dengan anjing inggris dan akhirnya menyebar luas hingga wilayah kekaisaran Romawi.

Anjing yang telah memiliki campuran dengan ras pribumi layaknya Bulldog dipercaya sebagai anjing yang memiliki keturunan langsung dengan anjing Pitbull.

Fakta Unik Anjing Pitbull

Ada fakta unik seputar anjing pitbull, seperti:

  • Nama Pitbull bukanlah nama dari satu jenis ras saja, melainkan untuk 4 jenis ras anjing lain yaitu American Pit Bull Terrier, American Staffordshire Terrier, Staffordshire Bull Terrier, dan Bull Terrier.

Akan tetapi, di Indonesia nama Pit Bull sering digunakan untuk menyebut jenis anjing ras amerika ini yaitu American Pit Bull Terrier atau lebih dikenal sebagai APBT.

  • Anjing Pit Bull adalah keturunan dari hasil perkawinan silang antara anjing terrier dan english bull dog.
  • Terdapat mitos, bahwa rahang anjing pitbull dapat digunakan untuk mengunci, namun sebenarnya tidak demikian, melainkan rahang anjing pitbull sangatlah kuat, maka ketika telah menggigit akan sulit untuk dilepaskan.
  • Anjing Pitbull di negara New Zealand dan Inggris tidak boleh untuk dipelihara di rumah, karena memiliki serangan yang ganas dan mematikan.
  • Berdasarkan “The American Temperment Testing Society”, jika anjing pitbull sebenarnya tidak lebih agresif dibandingkan dengan anjing Golden Retrivier dan Beagle.
  • Pada dasarnya anjing pitbull merupakan jenis anjing petarung, seperti melawan banteng, tikus, beruang, dan sesama jenis anjing.
  • Di Indonesia, anjing pitbull kerap kali dilatih untuk berburu dan bertarung dengan babi hutan.
  • Anjing pitbull memiliki sifat yang setia (one man), namun harus selalu diberikan pelatihan dan sosialisasi berkala sejak kecil hingga usia dewasa.
  • Pelatihan dan pengenalan sosialisasi bertujuan agar sifat agresif anjing pitbull dapat dicegah.
  • Anjing Pitbull adalah lambang keberanian, di Amerika, anjing ini digunakan sebagai lambang poster untuk merekrut para prajurit perang dunia pertama.
  • Pit Bull yang terlatih bisa menjadi anjing pekerja yang sangat baik. Bahkan mampu dijadikan sebagai metode terapi agar ramah terhadap anak-anak dan bisa menjadi anjing pendamping anak atau balita.
  • Selain jenis American Pit Bull Terrier dan American Staffordshire Terrier, terdapat jenis pit bull lain yang sudah diidentifikasi yaitu seperti Japanese Tosa, Dogo Argentino, Bulldog, dan Dogue de Bordeaux.
  • Berat pit bull dapat mencapai 2 ton.
  • Kekuatan gigitan pit bull hingga 1,2 ton.
  • Usia hidup anjing pitbull dapat mencapai 12-14 tahun.
  • Ketika usia muda, anjing ini memiliki dahi yang keriput, dan ketika dewasa dahinya akan membentang dan halus.
  • Jumlah pitbull untuk saat ini tidak dapat diketahui, namun di negara Amerika sudah terdapat 2 juta jenis pit bull yang tersebar.
  • Anjing pitbull merupakan jenis anjing yang mampu bertahan dalam rasa sakit ketika fokus terhadap sesuatu, tetapi anjing ini juga bisa sakit.
  • Memiliki tubuh yang berotot dan atletis, anjing pitbull merupakan jenis anjing yang dapat memanjat dengan baik, bahkan anjing ini dinobatkan sebagai anjing pemanjat terbaik di dunia.
  • Anjing pitbull memiliki rasa percaya diri yang tinggi terhadap manusia, maka dari itu anjing ini bukanlah anjing penjaga yang hebat.

Jenis Anjing Pitbull

Anjing pit bull juga memiliki jenis, seperti American Pit Bull Terrier, American Stanffordshire Terried, dan Stanffordshire Bull Terrier. Mari kenali lebih dalam seputar jenis anjing pitbull.

American Pit Bull Terrier

american pit bull terrier
American Pit Bull Terrier

American pit bull terrier memiliki bentuk tubuh yang sangat ideal, berat tubuhnya dapat mencapai 16 hingga 25 Kg.

Tidak hanya itu saja, jenis ini memiliki bulu yang pendek dan rapi serta sangat halus.

American Stanffordshire Terrier

American Stanffordshire Terrier
American Stanffordshire Terrier

Tidak kalah dengan jenis american pit bull terrier, jenis kedua adalah American Stanffordshire Terrier, yang memiliki tubuh lebih berotot dan terlihat lebih pendek jika dibandingkan dengan jenis yang pertama. Untuk bulu yang dimiliki juga sedikit lebih panjang dan kulitnya tebal.

Stanffordshire Bull Terrier

Stanffordshire Bull Terrier
Stanffordshire Bull Terrier

Stanffordshire Bull Terrier adalah jenis pit bull yang memiliki berat antara 11 hingga 15 Kg.

Anjing ini memiliki tubuh yang sama-sama berotot dan ideal, yang membedakan adalah bentuk kepalanya yang lebih besar.

Ciri dan Karakteristik Pitbull

Anjing Pit Bull dikenal dengan karakternya yang galak dan menyeramkan, namun sebenarnya anjing ini sangat bersahabat dengan manusia, berikut ciri dan karakteristik dari anjing pitbull.

1. Percaya Diri

Pit bull memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, sehingga anjing ini mudah untuk beradaptasi, melakukan interaksi dan bersosialisasi dengan orang baru tanpa memiliki rasa takut.

2. Senang Bermain

Ketika ingin memelihara pitbull, alangkah lebih baik memilih pit bull yang masih berusia muda atau anakan.

Hal ini akan membuat anjing mudah dilatih, sehingga senang untuk bermain, serta membuat temperamen ayang dimiliki cenderung lebih stabil.

3. Submisif Kepada Manusia

Anjing pitbull yang baik adalah anjing yang mau patuh terhadap pemiliknya, sehingga tidak ada paksaan terhadap anjing.

Maka dari itu, sebaiknya jangan mengadopsi anjing pitbull dewasa dan terlihat takut ketika diajak berinteraksi oleh kamu.

4. Bersahabat

Anjing pitbull yang dirawat dengan benar sedari kecil akan memiliki sifat yang penyayang terhadap pemiliknya. Sehingga mereka akan menjadi penjaga dan bersahabat dengan pemiliknya.

Cara Merawat Pitbull

Cara merawat anjing pit bull

Lalu bagaimana cara untuk merawat anjing pitbull dengan baik dan benar? Berikut ini adalah tahapan-tahapan perawatan terhadap anjing pit bull.

1. Pemberian Makanan Bernutrisi

Berikan makanan yang berkualitas tinggi kepada anjing pitbull, sehingga daya tumbuh pitbull menjadi baik dan terjaga kesehatannya.

2. Jaga Kebersihan Tempat Makan dan Minum

Pastikan tempat makan dan minum anjing selalu bersih dan terhindar dari berbagai kotoran.

Tempat makan dan minum anjing yang kotor dapat membuat anjing mengalami masalah pencernaan seperti diare dan muntah.

3. Gunakan Collar dan Leash

Pitbull adalah anjing yang aktif, jadi kamu perlu melakukan kegiatan jalan-jalan secara rutin. Kamu harus bisa menyempatkan waktu di pagi atau sore hari hanya untuk mengajak anjing pitbull jalan-jalan.

Untuk itu, agar anjing tidak berulah dan bisa dihandle, kamu membutuhkan leash atau collar. Gunakan collar yang memiliki model halter, yang mana jenis collar ini mengikat hingga bahu anjing, jenis ini juga dipilih karena tidak akan menyakiti leher anjing ketika memberontak.

4. Memandikan Anjing

Pitbull adalah anjing yang memiliki bulu pendek, sehingga dalam memandikannya tidak terlalu repot seperti anjing maltese yang memiliki bulu panjang.

Rutinlah memandikan anjing pitbull agar tidak mudah terserang kutu dan penyakit kulit, anjing pitbull tidak membutuhkan perlakuakn khusus dalam proses pemandiannya, cukup gunakan air bersih yang diberi disinfektan.

Cara Merawat Kandang Pitbull

Untuk perawatan kandang, kamu dapat merawatnya dengan cara berikut ini, sehingga kandang anjing pitbull akan terjaga kebersihannya.

  • Bersihkan kandang anjing secara rutin, minimal 2 kali dalam sebulan.
  • Gunakan sarung tangan karet untuk menghindari terkena berbagai kotoran di dalam kandang yang dapat tertinggal di kuku.
  • Wajib memakai sabun setelah membersihkan kandang anjing.
  • Siapkan satu ember air yang sudah diberi disinfektan atau sabun guna membersihkan kandang anjing pit bull.
  • Kamu dapat menggunakan spons sebagai alat pembersih dinding dan kandang anjing pitbull.
  • Gunakan sikat dan sapu untuk membersihkan alas kandang hingga bersih.
  • Jika kandang berbentuk rumah, maka sebaiknya lepas terlebih dahulu bagian atapnya, untuk mempermudah proses pembersihan.
  • Gunakan lap kering untuk mengeringkan sisa air dalam kandang anjing pitbull.
  • Jika terdapat kumpulan kotoran yang menumpuk dalam kandang, segera buang dan bersihkan juga.
  • Bilas kandang menggunakan air bersih.
  • Pastikan kandang terbilas hingga bersih dan tidak ada kotoran, gunakan semprotan air atau selang untuk mempermudah proses pembilasan.

Cara Melatih Pitbull

harga anjing pitbull

Anjing pitbull dikenal sebagai anjing yang ganas, bahkan banyak rumor mengenai anjing pitbull yang menewaskan orang. Sehingga hal ini menjadi perbincangan yang hangat dikalangan para pecinta anjing.

Namun sebenarnya anjing pitbull merupakan anjing yang mudah dilatih dan dapat menjadi jinak, berikut cara melatih anjing pitbull.

1. Memberikan Porsi Latihan Yang Sesuai

Pitbull merupakan jenis anjing yang buas, sehingga anjing ini akan merasa cepat bosan ketika tidak diajak bermain atau berlatih.

Dengan munculnya rasa bosan inilah yang membuat sifat pit bull menjadi agresif dan berbahaya.

Maka dari itu, sebagai pemilik harus tahu porsi latihan yang diberikan kepada anjing pitbullnya, usahakan sesuai, agar pitbull tidak merasa bosan.

2. Memahami Karakter dan Bahasa Tubuh Pit Bull

Dengan memahami karakter anjing pitbull yang kamu pelihara, maka kamu akan mengetahui setiap bahasa tubuh yang merupakan kode mereka untuk pemilik.

Pahamilah bagaimana kode tersebut ketika mereka sedang marah, sehingga kamu dapat memberikan peringatan dan mencegah pitbull melakukan tindakan agresif.

3. Melatih Kedisiplinan Anjing

Membuat anjing menjadi disiplin itu sangat diperlukan, kamu dapat menggunakan gerakan positif yang sederhana agar dapat dimengerti dengan mudah oleh pitbull mu, dengan begitu anjing akan lebih mudah di handle.

4. Jangan Memukul

Memukul anjing merupakan tindakan yang kurang tepat, hal ini dapat membuat anjing menjadi agresif, ketika anjing salah tegur dan komunikasikan dengan perlahan, tanpa harus memulkul sehingga pitbull tidak menjadi semakin buas dan galak.

5. Melakukan Sosialisasi

Jangan hanya mengeluarkan anjing di halaman rumah saja, atau bahkan mengurungnya di dalam kandang dalam waktu lama.

Anjing pitbull membutuhkan sosialisasi ke lingkungan luar, sehingga anjing tidak merasa terkurung.

Tidak hanya itu saja, kegiatan ini mampu membuat anjing pitbull berinteraksi dengan lingkungan luar dan bersahabat.

Setelah memahami cara melatih anjing pitbull, kamu bisa melatih anjing pitbull dengan berbagai trik dan atraksi.

Trik yang sering diberikan kepada anjing pitbull antara lain seperti

  1. Melatih Pitbull untuk Berjalan Bersama
  2. Melatih Pitbull Untuk Menghampiri ketika Dipanggil
  3. Melatih Pitbull Untuk Stay dan Duduk
  4. Melatih Anjing Pitbull Untuk Menjaga
  5. Dan Masih Banyak Trik yang Bisa Diberikan Kepada Anjing Pitbull

Cara Reproduksi Anjing Pitbull

cara mengawinkan anjing pitbull

Melakukan breeding anjing pitbull dapat dilakukan, anjing jantan dapat melakukan proses reproduksi kapan pun ketika mencapai masa suburnya.

Namun untuk anjing betina hanya boleh di breed ketika sudah masuk usia suburnya saja.

Pada anjing betina yang dalam keadaan subur, hormon pheromones yang dihasilkan akan tercium oleh anjing jantan hingga jarak 5 km.

Maka dari itu akan mengundang anjing jantan untuk mendekat ke anjing betina, tidak jarang membuat sesama anjing jantan menjadi berkelahi untuk memperebutkan anjing betina.

Proses perkembangbiakan anjing betina ditandai dengan proses loop atau mens pertama ketika masuk usia 6 hingga 7 bulan, bahakn ada juga yang baru mengalami loop pada usia 24 bulan.

Masa subur pada anjing betina terbilang cukup singkat, kurang lebih antar 8 hingga 14 hari sejak loop pertama.

Anjing akan melakukan proses perkawinan selama 5 hingga 20 menit, hal ini tergantung pada kondisi dan situasi pada lingkungan.

Setelah proses perkawinan selesai, maka anjing betina tidak boleh untuk terlalu banyak bergerak seperti lari atau melompat, karena dapat memicu terjadinya keguguran.

Proses perkawinan anjing pada umumnya akan diulang kembali untuk beberapa hari setelah proses perkawinan pertama. Hal ini bertujuan agar peluang kehamilan anjing betina meningkat.

Makanan untuk Anjing Pitbull

Dalam pemberian makanan untuk anjing pitbull, maka perlu memperhatikan jenis makanannya, sehingga anjing dapat tumbuh dengan baik dan selalu sehat.

Menu Makanan yang baik untuk pit bull antara lain sebagai berikut.

Makanan Pit Bull untuk usia 1-8 bulan

  • Menu Makanan Pitbull Pagi Hari
    • Bubur Bayi, Susu Khusus Anjing atau Susu Dancow Full Cream
      • Cara Penyajian:
        • Bubur dicampur dengan susu sebanyak 2 sendok makan, kemudian berikan air hangat secukupnya.
  • Menu Makanan Pitbull Siang Hari
    • Dog Food, Hati Ayam atau Daging Ayam Rebus, Nasi
      • Cara Penyajian
        • Sesuaikan dog food dengan takaran puppies ( 1 Cup Gelas Air Kemasan)
        • Rebus Daging Ayam
        • Dapat memberikan daging ayam atau leher ayam
        • Dapat juga dicampur dengan nasi putih dan kuah rebusan ayam
  • Menu Makanan Pitbull Sore Hari
    • Snack khusus anjing puppies
    • Atau buah-buahan segar
  • Menu Makanan Pitbull Malam Hari
    • Dog Food, Susu
      • Cara Penyajian
        • Campurkan susu dan dog food
        • Tambahkan air matang
        • Aduk hingga rata, pastikan jangan terlalu encer, dan jangan terlalu kental, karena dapat membuat pitbull mencret

NB: Dalam pemberian makanan selalu pastikan ketersediaan air bening yang matang dan bersih untuk minuman anjing.

Makanan Pitbull Usia Dewasa 8 Bulan ++

  • Menu Makanan Pitbull Pagi Hari
    • Dog Food
    • Nasi
    • Daging Ayam / Daging Sapi
    • Sayuran
      • Cara Penyajian
        • Campurkan dog food dengan nasi dan daging ayam atau daging sapi rebus, dan campurkan juga air rebusan daging nya. (Takaran gizi harus disesuaikan denga berat badan anjing)
        • Untuk sayuran dapat ditambahkan dengan rebusan tauge atau kangkung.
  • Menu Makanan Pitbull Siang Hari
    • Cemilan Snack Anjing
    • Buah-Buahan
  • Menu Makanan Pitbull Malam Hari
    • Dog Food, Nasi, Daging Ayam / Daging Sapi Rebus, Sayuran
      • Cara Penyajian
        • Campurkan dog food dengan nasi dan daging ayam atau daging sapi yang sudah direbus, dan masukkan pula air rebusan dagingnya.
        • Pastikan takaran gizi disesuaikan dengan berat badan anjing.
        • Sayuran dapat ditambah dengan rebusan kangkung atau tauge.
        • Tambahkan Susu untuk Anjing

Daftar Harga Anjing Pitbull

anak pit bull

Harga Anjing pitbull memang terbilang sangat tinggi, terlebih untuk anjing pitbull asli dan dilengkapi dengan dokumen.

Berikut daftar harga anjing pit bull

Daftar Anjing PitbullHarga
Harga Anjing Pitbull 100% Murni dan Berdokumen LengkapRp 140.000.000
Anjing Pitbull Indukan Bagus + Kelengkapan DokumenRp 40.000.000
Harga Anjing Pitbull Kualitas Bagus dan Dokumen LengkapRp 6.000.000 – Rp 10.000.000
Anjing Pitbull Surat Lengkap Berkualitas StandarRp 3.000.000 – Rp 6.000.000
Harga Anjing Pitbull Non StamboomRp 2.000.000 – Rp 3.000.000
Harga Anjing Pitbull Otot BesarRp 4.000.000
Harga Anjing Pitbull StamboomRp 4.000.000 – Rp 7.000.000
Harga Anak Anjing Pitbull StamboomRp 3.000.000

Waspada!! Anjing Pitbull Dengan Harga Murah

Saat ini sudah banyak anjing pitbull yang dijual dengan harga 1-2 juta rupiah saja.

Namun hal ini sangatlah tidak mungkin. Kamu perlu waspada dan berhati-hati. Banyak pitbull yang sudah bukan keturunan murni, dan ketika usianya masih kecil akan terlihat seperti ras murni pitbull.

Akan tetapi ketika menginjak usia 4 bulan akan mulai terlihat karakteristik dari ras anjing lainnya, maka hati-hatilah ketika mendapatkan pitbull dengan harga yang sangat murah.

Tips Memelihara Anjing Pitbull

anak pit bull

1. Cara Memilih Anjing Pitbull

Agar dapat merawat dan melatih anjing pitbull dengan baik, sebaiknya peliharalah anjing pitbull yang masih berusia anakan.

Usia yang tepat untuk mengadopsi anjing pitbull sekitar 2 bulan hingga 6 bulan, jangan membeli pitbull yang sudah dewasa, karena pitbull dewasa akan lebih sulit untuk dijinakkan dan dilatih.

Belilah pitbull dewasa hanya ketika kamu ingin melakukan pengembangbiakan terhadap pitbull.

2. Cara Mencegah Penyakit pada Anjing Pitbull

Anjing pitbull tetaplah hewan yang dapat terkena serangan penyakit, maka kamu perlu melakukan pencegahan agar tidak terserang penyakit yang berbahaya.

  • Penyakit Kulit

Penyakit kulit pada anjing dapat dicegah dengan menjaga keadaan bulu dan kulit anjing selalu kering.

Jika anjing pitbull masih memiliki bulu pendek, maka akan lebih baik jika menaburkan bedak dan menyikat hingga bulunya bersih dari bedak tersebut.

Selain bedak, kamu juga dapat menggunakan sprayer yang sudah diberikan disinfektan, semprotkan secukupnya pada bulunya saja, jangan terlalu basah.

Setelah itu, kamu dapat memandikannya menggunakan shampoo khusus anjing yang memiliki formula anti jamur dan bakteri.

  • Pneumonia

Radang paru-paru atau Pneumonia juga dapat menyerang anjing, cara mencegahnya adalah memberikan kain atau alas yang tebal pada alas kandang anjing.

  • Diare

Anjing yang mengalami diare dan dibarengi muntah dapat menyebabkan anjing kehilangan nafsu makan.

Untuk mencegahnya yaitu dengan cara menjaga keseimbangan sistem pencernaan anjing.

Seperti memberikan anjing yoghurt secara rutin sehingga dapat membunuh bakteri jahat yang ada pada sistem pencernaannya.

Untuk lebih maksimal dalam penanganan penyakit diare pada anjing, konsultasi kepada dokter hewan adalah solusi yang paling direkomendasikan.

  • Parvovirus atau Distemper

Parvovirus atau parvo adalah penyakit yang menyerang daya tahan tubuh anjing hingga anjing lemah tidak berdaya.

Penyakit ini dapat dicegah dengan selalu memberikan vaksinasi yang rutin setiap tahunnya.

Selain itu, anjing juga harus diberi nutrisi yang bagus dan seimbang untuk menjaga sistem imunitas dan daya tahan tubuhnya. Maka dari itu asupan vitamin dan nutris sangat dibutuhkan oleh anjing.

F.A.Q Seputar Anjing Pitbull

Berapa Harga Anjing Pitbull?

Anjing Pitbull memiliki harga mulai dari yang termurah hingga yang termahal, sesuai dengan kondisi dan kelengkapan dokumen yang dimiliki oleh anjing pitbull, range harga anjing pitbull berkisar antara Rp 3.000.000,- hingga Rp 140.000.000,-

Apa Saja Jenis Jenis Anjing Pitbull?

Terdapat beberapa jenis anjing pitbull yang populer dipelihara, seperti American Pit Bull Terrier, American Stanffordshire Terrier, dan Stanffordshire Bull Terrier.

Apa yang Mempengaruhi Harga Anjing Pitbull

Terdapat 3 faktor yang berpengaruh terhadap harga anjing pitbull yaitu: 1) Ukuran, 2) Jenis Kelamin, 3) Warna Bulu.

Tinggalkan komentar