Home » Anjing » Anjing Mini Pom

Anjing Mini Pom

4.7
(3)

Ingin memelihara anjing pomeranian atau mini pom, tapi bingung, tenang berikut ini ulasan mengenai anjing pomeranian dan mini pom mulai dari ciri hingga harga anjing mini pom agar tidak bingung lagi.

Anjing pomeranian adalah jenis anjing yang bertubuh kecil, beda dengan anjing alaskan malamute yang merupakan anjing berbadan besar.

Untuk penyuka anjing kecil, anjing pomeranian atau anjing minipom adalah pilihan yang tepat, selain anjing maltese.

Karakternya yang imut ditambah dengan bulu yang lebat membuatnya semakin menggemaskan, namun apa perbedaan pomeranian dan mini pom ini?

Yuk simak ulasan berikut.

Ras Anjing Pomeranian

anjing pomeranian

Anjing pomeranian atau lebih dikenal sebagai pom adalah jenis anjing dalam kategori toy dog karena ukurannya yang kecil.

Namanya diambil berdasarkan satu wilayah yang ada di Polandia dan Jerman. Ras anjing pom ini sudah populer sejak abad ke-18. Bahkan Ratu Victoria dari Inggris juga memelihara pomeranian .

Kenali ras anjing pomeranian yukk.

1. Ciri Ciri Anjing Pomeranian

Pom memiliki kepala yang terlihat seimbang dengan badannya dan moncong yang pendek, bermata gelap yang berkilau seperti almond.

Anjing pom memiliki sekitar 17 hingga 30 cm, dengan bobot kurang lebih 1,3 hingga 3,2 kg. Bulunya lebat dan halus, dibagian leher merupakan bagian yang paling lebat. Untuk warna cukup bervariasi seperti cokelat, orange, putih, dan hitam serta lainnya.

2. Karakteristik

Anjing pomeranian terkenal dengan sifatnya yang cerdas, semangat, lucu, dan setia kepada pemiliknya. Meskipun bertubuh kecil, anjing pom tidak takut untuk menyerang anjing yang berukuran lebih besar darinya.

Anjing ini tergolong mandiri, sehingga bagi kamu yang sibuk, bisa memilih anjing pom untuk dipelihara.

Karena suka menggonggong terutama ketika bertemu orang asing, maka perlu dilatih agar tidak terlalu berisik.

3. Makanan Anjing Pomeranian

Dengan ukuran tubuh yang kecil, bukan berarti kamu boleh memberikan makanan dengan jumlah porsi yang sedikit.

Untuk anjing pomeranian ini kamu bisa memberikan ¼ hingga ½ cangkir dog food kering yang bisa dibagi dua kali waktu makan. Jumlah ini tentu berbeda, tergantung pada ukuran, usia, bentuk tubuh, dan aktivitasnya.

4. Cara Merawat Anjing Pomeranian

Anjing pomeranian memiliki bulu yang terdiri dari dua lapis, dibagian dalam terdapat bulu lembut dan padat sedangkan bagian luar terdapat bulu lurus dan panjang.

Pada ekor anjing juga terdapat bulu lebat yang merata, dengan hal ini maka perlu diperhatikan perawatan untuk menjaga keindahan dan kesehatan bulu anjing.

Dibutuhkan sikat untuk menyikat bulu anjing pom minimal seminggu dua kali agar distribusi minyak alami kulit lancar sehingga bulu dan kulit anjing pom tetap sehat dan tidak kusut.

Anjing pom bisa dimandikan sesuai keinginan, baik setiap hari atau satu bulan sekali, yang harus diingat adalah penggunaan shampoo dan kondisioner yang lembut adalah hal wajib.

Apabila dirasa bulu sudah sangat panjang dan menganggu maka bisa di potong, terutama pada bagian wajah dan telinga, kaki, serta bagian belakang. Akan lebih baik lagi jika dibawa ke tukang pangkas hewan dibanding melakukan sendiri, namun jika kamu bisa melakukannya dengan benar dan baik, maka itu tidak masalah.

Tidak lupa juga untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi serta kuku anjing, yang harus diperhatikan adalah anjing pom rentan terhadap penyakit gigi, maka harus rajin dalam penyikat gigi anjing pom minimal satu hingga dua kali dalam seminggu.

Perbedaan Anjing Mini Pom dan Pomeranian

anjing mini pom

Lalu apakah yang menjadi pembeda antara anjing mini pom dan pomeranian ?

Jadi, sebenarnya tidak ada ras anjing mini pom!!

Secara resmi, hanya ada satu ras pomeranian di dunia dan tidak memiliki cabang atau turunan ras lain.

Sebutan mini pom dan lainnya seperti teacup adalah bagian dari strategi pemasaran untuk memikat para pembeli.

Anjing Mini Pom adalah jenis pomeranian yang memiliki ukuran dibawah rata-rata, memiliki bobot kurang lebih sekitar 1,36 hingga 1,81 Kg saja.

Bahkan terdapat sisi gelap dalam Anjing pomeranian ini, terdapat beberapa peternak anjing yang sengaja “menghasilkan” anjing pomeranian berukuran kecil, namun hal ini tentu bisa saja menciptakan masalah kesehatan.

Maka dari itu, sebaiknya pilihlah anjing pomeranian dibandingkan pomeranian kecil yang bisa menimbulkan resiko kesehatan.

Baca juga anjing mungil lucu berbulu lebat anjing maltese.

Cara Merawat Anjing Mini Pom

anjing mini pomeranian

Tentunya dalam hal perawatan anjing mini pom perlu diperhatikan secara extra hal ini bertujuan agar anjing tetap sehat dan senang. Berikut ini tahapan perawatannya.

  • Dalam pemberian makanana, jangan memberikan makanan yang mengandung pewarna berbahaya, tidak lupa juga untuk memberikan minum secukupnya. Pastikan pakan tidak mengandung banyak lemak, pilihlah makanan untuk anjing mini pomeranian yang mengandung banyak protein dan serat.
  • Mini Pom perlu dimandinkan secara rutin, dalam memandikannya gunakanlah air hangat, pastikan tubuhnya terendam dengan air, kecuali pada bagian wajah. Gosok secara lembut menggunakan sikat khusus anjing dan tambahkan shampoo, tidak lupa pula untuk menggunakan kondisioner agar bulunya lebih lembut serta tidak mudah rontok.
  • Latihan atau training seperti melompat dan berlari juga tidak boleh dilupakan, dengan anjing beraktivitas dan bergerak akan mencegah penyakit berbahaya seperti jantung serta kolestrol yang bisa menyerang anjing. Training juga membantu anjing agar tidak stress dan merasa happy.
  • Pemeriksaan hematologi bisa menjadi pilihan yang perlu dilakukan secara rutin, hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah anjing terserang penyakit atau tidak, selain itu ini juga bertujuan untuk mencegah penyakit endokarditis, atau penyakit jantung yang sering menyerang anjing mini pom.
Endokarditis adalah infeksi oleh bakteri yang terdapat pada permukaan endokardial yang meliputi dinding ventrikel, dinding dasar aorta, dan katup jantung.

Harga Anjing Mini Pom

harga anjing mini pom

Bagi kamu yang ingin meminang anjing mini pom, maka kamu perlu menyiapkan budget yang terbilang cukup tinggi, harga anjing mini pom begitu beragam, dimulai dari angka 1 jutaan untuk usia anakan, hingga 17 juta untuk kualitas supernya.

Yang mempengaruhi harga anjing mini pomeranian adalah kelengkapan dan keturunan ras mini pom itu sendiri, apabila terdapat dokumen yang menjelaskan ciri dan turunan ras anjing, pasti akan jauh lebih mahal dibandingkan anjing tanpa dokumen atau identitas.

Jangan cepat tergiur dengan harga anjing mini pom dibawah harga 3 juta, karena bisa jadi kondisi anjing yang dijual dalam keadaan yang kurang sehat atau bukan ras murninya.

Berikut ini detail harga anjing mini pom berdasarkan kualitas dan kelengkapan dokumen serta penampilannya.

  • Range Harga 3-4 Juta, untuk range harga ini, kemungkinan besar adalah ras anjing pom murni dari Indonesia, memiliki kesehatan yang baik, namun terkadang dengan harga tersebut anjing tidak dilengkapi dengan dokumen yang lengkap seperti akta lahir atau no registrasi. Bagi kamu yang masih awam akan anjing pom, maka range harga tersebut cocok.
  • Range Harga 5-12 Juta, dengan harga tersebut kamu sudah bisa mendapatkan mini pom dengan dokumen yang lengkap. Dan sudah dipastikan jika mini pom yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik, biasa nya merupakan keturunan dari anjing pemenang kontes.
  • Range Harga 12-17 Juta, dengan harga ini kamu bisa mendapatkan anjing mini pom yang sudah dibekali dokumen FCI (FEDERATION Cynologique Internationale). Dimana dokumen ini merupakan silsilah dari anjing tersebut. Tentunya anjing yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik bahkan merupakan keturunan ras murni.

Table Harga Anjing Mini Pom

Berikut ini adalah tabel harga anjing mini pomeranian yang dirangkum dari berbagai sumber termasuk beberapa situs online yang menjual belikan anjing mini pom.

Harga pada tabel berikut bukanlah harga pasti, dan tentunya bisa berubah-ubah setiap waktunya.

Jenis Mini PomeranianHarga per Ekor
Anakan Anjing Mini Pomeranian (Tanpa Dokumen)Rp 1.300.000
Anakan Anjing Mini Pomeranian Snow White (Tanpa Dokumen)Rp 2.500.000
Anjing Mini Pomeranian JantanRp 5.500.000
Anjing Mini Pomeranian BetinaRp 5.500.000
Anjing Mini Pomeranian Turunan ChampionRp 8.000.000
Anjing Mini Pomeranian Mix Golden (Non Ras Murni)Rp 1.850.000
Anjing Mini Pomeranian Stambum CreamRp 6.000.000
Anjing Mini Pomeranian Betina Dewasa ChampionRp 15.000.000
Anjing Mini Pomeranian Non STB Party Colour (Tanpa Dokumen)Rp 2.850.000
Anjing Mini Pomeranian Betina Cream Non STB (Tanpa Dokumen)Rp 2.850.000
Anjing Mini Pomeranian Non STB Jantan Broken White (Tanpa Dokumen)Rp 2.850.000
Anjing Mini Pomeranian StambumRp 6.000.000

Itulah hal hal yang berkaitan dengan anjing pomeranian hingga harga anjing mini pom, semoga bermanfaat.

Seberapa Manfaat Artikel Ini?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.7 / 5. Vote count: 3

Share on:

Senang menulis dan menyukai hal hal seputar binatang terutama kucing dan burung :) happy reading.

Tinggalkan komentar