Tentang Bajing Kelapa

Berikut ini adalah berbagai hal tentang bajing kelapa atau Plantain squirrelSalah satu mamalia kecil yang imut dan menggemaskan.

Pernahkah anda mendengar atau melihat bajing kelapa atau tupai kelapa ? jika pernah pasti tidak asing dengan hewan ini.

Plantain squirrel adalah jenis mamalia kecil yang termasuk keluarga bajing (Sciuridae).

Banyak orang yang menyebut hewan ini sebagai tupai kelapa, padahal hewan ini bukan termasuk jenis tupai tetapi masuk ke dalam jenis bajing.

Karena bentuknya dan tingkah lakunya yang hampir sama ini sering dikatakan sama, sedikit pembahasan perbedaanya.

Untuk perbedaanya bisa di lihat dari mukanya jika tupai memiliki moncong yang agak lancip tetapi bajing memiliki moncong yang agak datar.

Baca Juga : Tentang Tupai Terbang 

Sesuai dengan namanya Plantain squirrel jika di habitat aslinya tinggal di pepohonan, lebih seringnya hidup di pohon kelapa.

Bajing kelapa memiliki bulu tebal dan ekor yang panjang yang bisa membantu saat melompat dari pepohonan, biasanya memiliki warna coklat ke orenan.

Bajing kelapa memiliki gigi yang tajam dan runcing yang dapat melubangi butir kelapa muda maupun tua, selain itu juga dapat melubangi pohon.

Cakar yang panjang dan tajam juga dapat membantu memanjat dan mencengkram ranting pohon.

hewan ini sering memakan buah kelapa, buah-buahan dan biji-bijian, sebab itu bajing kelapa sering menjadi hama bagi petani atau pekebun.

Selain menjadi hama bajing kelapa di zaman sekarang banyak yang menjadikan hewan peliharaan bahkan ada juga yang membudidayakan/ternak.

Hal Tentang Bajing Kelapa

Jika anda ingin memelihara hewan ini, maka anda harus mengetahui apa saja yang harus di ketahui mengenai bajing kelapa ini.

Apa saja sih hal-hal menarik tentang Plantain squirrel ini? Yang membuat orang tertarik untuk memelihara mamalia kecil satu ini?

Berikut ini adalah hal-hal tentang si kecil imut ini:

1. Habitat Bajing Kelapa

Bajing kelapa jika di habitat asli nya hidup di pepohonan, seperti di pohon kelapa, biasanya melubangi pohon untuk bersembunyi atau untuk tidur.

Jika anda ingin memelihara di rumah, bisa menyediakan kandang besi kotak yang sering untuk kandang hamster atau burung, jangan lupa juga di kasih batok kelapa atau yang ain dan beri kain agar tupai bisa bersembunyi dan tidak kedinginan.

2. Makanan

Squirell

Plantain squirrel hewan yang aktif pada siang hari (diurnal) dan makanan yang sering dimakan oleh bajing kelapa dari buah-buahan yaitu kelapa, rambutan, pisang, apel, pepaya, dll. Kalo dari sayuran yaitu jagung, kacang panjang, wortel, brokoli, sledri, dll. Biji-bijian juga dimakannya seperti kuaci, milet, kacang hijau, beras merah, dll.

Jika anda memelihara bajing kelapa yang masih anakan bisa di kasih bubur sun atau serelac.

3. Predator

bajing kelapa

Plantain squirrel juga memiliki musuh atau bisa di sebut predator, jika di alam bebas hewan yang bisa mengancam hidupnya itu seperti rakun, musang, ular, burung hantu, burung elang, dll.

Baca Juga : Kucing Kampung Lucu Yang Bagus Jadi Peliharaan 

Semisal anda memelihara Plantain squirrel di rumah jangan mengira bahwa ancaman dari predator sudah aman.

Karena jika anda memelihara kucing atau anjing hewan tersebutlah yang menjadi predator bagi bajing.

4. Reproduksi

bajing kelapa

Siklus reproduksi Plantain squirrel ini bisa di bilang poligami, kenapa bisa di bilang seperti itu ?

Karena biasanya bajing pejantan bisa mengawini lebih dari satu bajing betina dan juga sebaliknya, bajing betina juga bisa kawin dengan bajing jantan lebih dari satu.

Biasanya jika sudah kawin, bajing betina bisa mengandung anaknya setelah 40 hari, jika sudah melahirkan rata-rata bajing betina bisa melahirkan 1-4 ekor anakan.

5. Harga

bajing kelapa

Jika anda ingin memelihara Plantain squirrel, anda bisa membelinya di pasar hewan atau di pet shop.

Biasanya di jual dengan harga mulai Rp 50.000 untuk yang anakan dan untuk yang dewasa mulai Rp 75.000.

Harga tersebut jangan menjadi acuan, karena mahal murahnya tergantung daerah masing-masing.

Itu tadi hal-hal tentang Plantain squirrel, dan jika artikel ini bermanfaat bisa di save atau di share ketema anda biar tahu.

Terimakasih.

Pencarian bajing terbaru :

  • Plantain squirrel
  • tupai kelapa
  • tupai kelapa jinak
  • suara bajing
  • gambar bajing
  • sarang bajing
  • tupai kelapa jinak

Tinggalkan komentar