Home » Bajing dan Tupai » Siberian Flying Squirrel

Siberian Flying Squirrel

Tupai terbang siberian flying squirrel adalah jenis tupai terbang dengan bahasa ilmiah yaitu Ptenomys Volans.

Hewan ini merupakan salah satu jenis tupai terbang tua yang memiliki cakupan penyebaran dari pantai pasifik di  timur hingga laut baltik di barat.  

Tupai terbang ini adalah tupai yang hanya di temukan di eropa. Saat ini tupai spesies Pteromys ini bisa di temukan di Estonia, Finlandia dan Latvia dari 28 negara uni eropa.    

Siberian Flying Squirrel

Mengenai Tupai Terbang Siberian Flying Squirrel

Tupai terbang ini memiliki pejantan yang lebih kecil dibandingkan dengan betinanya. Ukurannya biasanya antara 13-20 cm dengan panjang pipih antara 9-14 cm.

Tupai ini memiliki mata yang besar dan berwarna hitam, serta pada bagian tubuhnya di tutupi oleh bulu yang berwarna abu-abu ke putihan, memiliki sebuah garis hitam di antara leher dan kaki depan.

Seperti pada umum nya bajing terbang lainnya, bajing terbang ini juga memiliki membran diantara kaki depan dan belakangnya.

Sehingga mereka juga mampu untuk terbang dari pohon ke pohon. Untuk jaraknya tidak tanggung tanggung, tupai jenis ini bisa terbang dengan jarak 100 meter dan pernah ada yang mencapai 3,31 meter.

Tupai Terbang eropa

Makanan Flying Squirrel Siberian

Makanan tupai terbang siberian flying squirrel adalah daun, biji-bijian, kecambah, kuncup atau terkadang memakan telur burung.

Tupai terbang ini mampu menyimpan makanannya untuk bekal di musim dingin di lubang bekas burung pelatuk yang sudah tua dan tidak terpakai.

Atau jenis celah lubang yang lain yang serupa.

makanan tupai terbang

Reproduksi Flying Squirrel Siberian

Bajing terbang siberian flying squirrel memiliki masa reproduksi pada awal musim semi. Di negara finlandia tupai ini berkembang biak pada akhir maret.

Masa kehamilan tupai ini sekitar 5 minggu,  tupai betina akan melahirkan anaknya. Jumlahnya bisa mencapai 2 hingga 3 ekor.

Tupai terbang ini menyukai sarang di pohon, biasanya bekas burung pelatuk.

Siberian Flying Squirrel

Habitat

Tupai terbang siberian flying squirrel hidup aktif dimalam hari. Tupai jenis ini adalah tupai yang memiliki sifat pemalu dan nokturnal sehingga sangat jarang untuk terlihat.

Tanda dari keberadaan mereka adalah bisa dilihat dari kotorannya yang menyerupai butiran beras dengan warna orange.

Habitat kesukaannya adalah hutan tua dan di pohon gugur.

Predator

kucing hutan caracal

Tupai terbang ini memiliki musuh yang bisa mengancam nyawanya, diantara musuh-musuh mereka adalah Martens, Burung Hantu, Kucing Hutan.    

Itulah mengenai tupai terbang berspesies Pteromys Volans.

Semoga bermanfaat.

Share on:

Pekerja dan Pelajar yang suka dan tertarik seputar hal-hal teknologi, selain itu saya juga suka hal-hal tentang hewan. Hewan yang saya pelihara antara lain seperti burung lovebird, ikan cupang, dan kucing.

Tinggalkan komentar