Cara Menjinakan Kucing Hutan

Bagaimanakah cara menjinakan kucing hutan yang liar? Sehingga mereka bisa menjadi penurut dan menjadi hewan yang lucu?

Pada dasarnya kucing hutan adalah kucing liar, dan sangat sulit untuk dijinakan, namun setiap hewan pasti bisa dijinakkan.

Hanya saja tingkat kesulitannya saja yang berbeda-beda. Termasuk kucing hutan ini yang memiliki karakter asli galak dan agresif, maka akan tidak mudah untuk membuatnya menjadi jinak.

Untuk status kucing hutan kan termasuk hewan yang dilindungi (apendik) atau hampir punah? Seperti kucing hutan blacan yang ada di Indonesia ini, pemerintah sudah menetapkan sebagai kucing hutan berstatus dilindungi?

Iya, maka dari itu kami membuat artikel ini sehingga tahu bagaimana cara memelihara kucing hutan secara legal, dan bukan illegal.

Jadi apabila teman-teman ingin memelihara kucing hutan ini, sebaiknya teman-teman sudah membuat surat izin dari pemerintah untuk merawat kucing hutan.

Baiklah kembali lagi pada pembahasan mengenai penjinakkan kucing hutan, dalam melakukan penjinakkan kucing hutan tidaklah dilakukan secara mudah, karena butuh kesabaran, tekun, dan rajin. Untuk itu kamu harus siap dalam menghadapi si kucing.

Apalagi jika kucing yang kamu miliki adalah kucing hutan dewasa. Sangatlah sulit untuk dijinakkan atau malah bisa membuat mati si kucing karena tidak cocok dengan lingkungan kamu yang bukan habitat aslinya.

Selain itu kucing hutan juga sangat sensitif terhadap manusia, dipegang saja sangat menakutkan apalagi diajak bermain?

Walaupun begitu, banyak yang sudah berhasil dalam menaklukan kucing liar lucu ini, karena rata-rata mereka melatihnya sejak usia kecil, namun ada juga yang menjinakkan kucing hutan ini di usia dewasa.

Berikut ini tahapan tahapan penjinakkan kucing hutan Baca juga: Harga Kucing Hutan

Cara Menjinakan Kucing Hutan

Apa sajasih hal hal yang harus dilakukan untuk membuat kucing hutan menjadi jinak? Sehingga kucing hutan yang dipelihara bisa diajak bermain seperti halnya kucing kucing lain ?

Berikut ini tips dari para pemilik kucing hutan yang sudah berhasil melakukan penjinakan kucing liar.

Cara Menjinakan Kucing Hutan:

1.  Cara Menjinakan Kucing Hutan Melalui Proses Pendekatan

Sebagai hewan yang memiliki sifat dan karakter liar, tentu kucing hutan tidak bisa secara langsung dipaksa untuk menjadi jinak. Harus melalui pendekatan yang intens terlebih dahulu, serta dilakukan secara perlahan-lahan.

Terlebih lagi buat kamu yang baru membeli kucing hutan ini. Berikan si kucing untuk mengenal dan beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Untuk pendekatan, terdapat banyak cara yang bisa kamu praktekan, misalnya dengan membuat si kucing nyaman dengan tempat baru, menjaga jarak terlebih dahulu, agar si meong mau beradaptasi dengan cepat, pemberian makanan dengan penuh rasa sayang atau lainnya.

Jadi intinya adalah buat si kucing merasa nyaman terlebih dahulu dengan tempat barunya hingga si kucing merasa tenang di tempat atau lingkungan yang baru.

2. Cara Menjinakan Kucing Hutan Dengan Proses Perkenalan

cara menjinakkan kucing hutan

Setelah proses pendekatan, dan kucing dirasa sudah cukup nyaman, cobalah untuk berkenalan, bagaimana caranya? Manusia kan tidak bisa memahami bahasa lisan kucing?

Maka dari itu kamu harus tahu bagaimana bahasa tubuh dari si kucing, bahasa tubuh kucing hutan hampir serupa dengan kucing jenis lainnya.

Seperti pada saat pupil mata yang membesar, bulu-bulu yang berdiri, atau punggung yang melengkung disertai dengan suara eraman, hal ini menandakan kucing sedang marah dan siap menyerang.

Untuk itu kamu harus melakukan pengenalan, seperti pengenalan bau bahwa kamu adalah pemilik si kucing dan tidak ada niat untuk menjahatinya.

Berdasarkan pengalaman, tips ini sangat ampuh, karena kucing hutan memiliki indra penciuman yang sangat tajam, tipsnya yaitu dengan cara meletakkan pakaian bekas kamu ke dalam kandang.

Hal ini bertujuan agar si kucing bisa mengenal aroma keringat pemiliknya. Kalau bisa kamu pilih pakaian yang usdah dikenakan lebih dari 3 hari.

3. Beri Hadiah

cara menjinakkan kucing hutan

Pada umumnya kucing akan mengingat hal yang akan membuat dirinya senang. Ataupun hal lain yang memberikan untung bagi si meong.

Kucing hutan pun demikian, mereka suka akan reward atau hadiah. Konsep ini dalam teori psikologi adlaah teknik terbaik dalam mengkondisikan kucing.

Dengan cara membuat si kucing senang, maka kucing akan melakukan tindakan yang dirasa bahwa jika melakukan hal tersebut, maka akan diberi sebuah hadiah. Cara ini terbukti efektif dalam mengendalikan keagresifan kucing liar.

Kamu bisa memberikan reward berupa makanan atau cemilah khusus kucing, agar semakin dikenal, maka berikanlah makanan atau reward tersebut menggunakan tangan.

Fungsinya adalah agar si kucing mengenal aroma tangan kamu dan dia merasa diperhatikan oleh si pemilik.

Jika memang terlihat kucing hutan akan menggigit. Cobalah untuk tetap tenang, jangan langsung menarik tangan secara cepat. Hal ini akan membuat kucing berasumsi bahwa kamu adalah musuh baginya.

Tetap tenang, dan jangan takut, tariklah tangan pelan-pelan dan jangan kaget atau berteriak, Menjinakan kucing hutan memang beresiko tangan terkena gigitan atau cakaran si kucing.

4. Berikan Sentuhan Lembut

cara menjinakkan kucing hutan

Berikanlah sebuah sentuhan pada kucing mu secara lembut, maka si kucing akan merasa tenang dan tidak akan mencakar.

Jika kucing memang masih terlihat galak dan menakutkan, kamu bisa menggunakan tangan-tanganan yang terbuat dari spatula kayu, dan cobalah untuk mengelusnya secara lembut.

Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan pada sikucing dan membuat sikucing terbiasa dengan sentuhan tangan manusia. Dalam hal ini jangan sampai membuat si kucing terkejut.

cara menjinakkan kucing hutan

Jika memang si kucing hutan dirasa sudah cukup akrab dan merasa tenang, cobalah untuk menggendongnya. Untuk menghindari cakaran dan gigitan si kucing, kamu bisa melapisi tangan mu dengan kain tebal supaya aman.

Lakukan cara tersebut secara berulang-ulang. Bila mana dirasa sudah akrab dengan kamu, cobalah gendong tanpa menggunakan lapisan kain. Ajak bermain di halaman rumah dan lainnya.

5. Kitten Trick

kitten trick

Untuk kamu yang belum tahu tentang kitten trick, kitten trick adalah metode yang digunakan agar kucingg tidak terlalu sering menggunakan cakarnya.

Metode ini bisa dilakukan dengan cara memberikan si kucing mainan serta selalu meletakkan mainan didekat si kucing.

Hal ini akan membuat sikucing senantiasa bermain dengan mainan tersebut, dan kucing akan terbiasa, sehingga nantinya si meong akan lebih mudah untuk diajak bermain.

6. Mandikan

kucing mandi

Jangan lupa juga untuk memandikan kucing hutan, sehingga akan membuat tubuhnya terhindar dari kutu dan menjadi bersih.

Selain itu, hal ini bertujuan untuk membuat si kucing menjadi lebih mengenal pemiliknya, namun hati-hati dalam memandikan kucing hutan, jangan membuat si kucing merasa tidak nyaman dan akhirnya menyerang.

Mandikan si kucing dalam seminggu sebanyak 2 kali, jika kucing kamu masih anakan, cukup usap saja dengan tisu basah atau air. Jangan dimandikan seperti layaknya kucing dewasa, Silahkan Baca: Panduan Merawat Kucing Hutan Dengan Baik

7. Memenuhi Kebutuhan Kucing

kebutuhan kucing

Agar kucing hutan semakin jinak, jangan lupa juga siapkan kebutuhan yang harus dipenuhi. Seperti kebutuhan utama mereka yaitu makanan. Jangan sampai si kucing merasa kelaparan.

Hal ini akan membuat si kucing kembali ke sifat awalnya yaitu berburu, tentu hal ini akan merepotkan. Karena bisa saja hewan yang diburu adalah hewan ternak milik tetangga.

8. Kandang Yang Khusus Kucing Liar

kandang

Siapkan juga kandang khusus untuk kucing hutan kamu, seperti litter box, tempat makan, tempat minum, dan juga mainan.

Biasakan kucing akan kehadiran manusia disekitarnya. Serta tempatkan kandang kucing pada tempat yang tidak terlalu terang.

Hal ini akan membuat kucing lebih mudah memahami dan mengenali manusia di lingkungan barunya.

Itulah langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam menjinakan kucing hutan. Yang harus di tekankan disini adalah kesabaran dan ketekunan. Sehingga kucing akan nyaman dan jinak.

Jika sudah jinak, maka kamu bisa mengajaknya bermain sesuka hati, dan menjadi teman baik kamu.

Semoga Bermanfaat.


About Naufal Rasyada

Pekerja dan Pelajar yang suka dan tertarik seputar hal-hal teknologi, selain itu saya juga suka hal-hal tentang hewan. Hewan yang saya pelihara antara lain seperti burung lovebird, ikan cupang, dan kucing.

Satu pemikiran pada “Cara Menjinakan Kucing Hutan”

Tinggalkan komentar