Harga Kucing Hutan

Berapa sih harga kucing hutan? Apakah sama dengan kucing jenis lainnya seperti kucing mainecoon, persia, ataupun anggora? Ataukah berbeda?

Kucing hutan adalah jenis kucing yang tidak sejinak kucing pada umumnya. Kucing ini meskipun sudah terlihat jinak, terkadang bisa menyerang si pemilik secara tiba-tiba.

Hal ini karena karakter mereka yang merupakan hewan liar, Pemerintah Indonesia juga melarang siapapun untuk memelihara jenis kucing hutan.

Namun masih ada sih orang yang nekat memelihara kucing satu ini. Harga kucing hutan sendiri terbilang cukup tinggi. Sebab tingginya harga kucing hutan adalah langkanya jumlah spesies dari si kucing hutan.

Untuk memelihara kucing hutan ini sangatlah rumit, dikarenakan harus melakukan pemenuhan syarat syarat yang telah ditetapkan, seperti perizinan dan lainnya.

Maka dari itu, hanya sedikit orang yang berminat memelihara si kucing hutan ini, karena rumitnya persyaratan yang harus dipenuhi.

Memelihara kucing hutan, memiliki sensasi tersendiri, karena bukan hanya bulunya saja yang terlihat indah, namun tingkahnya yang berbeda dari jenis kucing lainnya membuat kucing ini menjadi unik dan menarik.

Baca Juga : 8++ Cara Merawat Kucing Hutan Dengan Baik

Lalu bagaimana sih habitat dari kucing hutan ini??

 

Habitat Kucing Hutan

harga kucing hutan

Kucing hutan memiliki habitat asli yang dekat dengan kawasan tetumbuhan dan dekat dengan area perkebunan. Kucing ini memiliki kebiasaan membuat sarang di dalam gua-gua kecil ataupun liang bebatuan.

Kebanyakan dari jenis kucing hutan adalah jenis hewan nocturnal atau hewan yang sering aktif dimalam hari. Mangsa yang diburu berupa burung, kelelawar, tikus, kadal, kancil, bahkan ular.

Kucing ini sangat pemberani, sangat pandai dalam memanjat pohon, dan tidak takut air, serta mampu berenang, hal ini menopang mereka dalam melakukan perburuan mangsanya.

Untuk pernyebaran kucing hutan ini sangatlah luas, mulai dari area Lembah Amur di Rusia, kemudian ke China, lalu masuk ke India, dan negara di Asia Tenggara.

Untuk wilayah Indonesia, kamu bisa menjumpai kucing hutan di daerah Sumatera, Jawa, Bali, dan juga Kalimantan.

Terdapat beberapa jenis kucing hutan yang bisa dijadikan peliharaan seperti blacan, kucing hutan caracal dan lainnya. Namun ingat harus memiliki surat izin, jika tidak mampu, sebaiknya tidak usah memelihara jenis kucing ini.

Baca Juga : 9++ Jenis Kucing Hutan Yang Harus Kamu Ketahui

Karena akan membahayakan diri sendiri, selain dianggap illegal, kamu juga bisa terkena hukuman. Karena hewan seperti kucing hutan ini sudah masuk dalam kategori hewan yang dilindungi.

 

Ciri Kucing Hutan

harga kucing hutan

Kucing hutan atau disebut juga dengan macan akar (Felis Bengalensis) memiliki ukuran tubuh yang hampir sama dengan kucing rumahan. Meskipun ada yang memiliki ukuran lebih besar, namun rata-rata kucing ini memiliki ukuran yang hampir serupa dengan kucing rumahan.

Memiliki bulu yang halus, berbadan pendek, memiliki warna yang khas yaitu coklat dan di tambah dengan belang-belang hitam pada bagian kepala hingga tengkuk, dan selebihnya adalah tutul-tutul hitam.

Corak tersebut sama sekali tidak ada pada berbagai jenis kucing liar lainnya. Bagian bawah kucing hutan adalah berwarna putih dilengkapi dengan tutul berwarna coklat tua.

Kucing ini memiliki sifat teritorial, sehingga terkadang sendirian, ataupun bersama pasangannya.

Masa produksi kucing hutan adalah sepanjang tahun dan memiliki masa kehamilan selama 70 hari. Setiap periode kelahirannya kucing ini menghasilkan 2-4 ekor anakan.

Anakan kucing hutan belum mampu membuka matanya hingga usia 10 hari. Ketika anakan kucing hutan sudah bisa membuka matanya, ia akan langsung mencari mangsanya sendiri.

Yang mana dibantu oleh induk betina dan indukan jantan dalam mengasuh anakan-anakannya. Usia dewasa anakan kucing hutan adalah sekitar umur 13 bulan.

 

Harga Kucing Hutan

harga kucing hutan

Jika kamu memang berniat untuk memelihara kucing hutan, maka kamu juga harus memperhitungkan biaya yang akan dikeluarkan, karena harga dari kucing hutan sendiri tidaklah murah, belum lagi ditambah dengan surat perizinan, serta kelengkapan kebutuhannya, seperti vaksin, makanan dan lainnya.

Berikut adalah harga kucing hutan hutan terbaru, diantaranya sebagai berikut:

Jenis KucingUmurHarga
Kucing Hutan Sumatera4 BulanRp 451.000
Kucing Hutan Macan Dahan3-1 TahunRp 4.000.000
Kucing Hutan Murah6 BulanRp 550.000
Kucing Hutan Anakan Murah3 BulanRp 450.000
Kucing Hutan Jawa1 TahunRp 1.500.000
Kucing Hutan Kalimantan2,5 BulanRp 300.000

 

Jenis Kucing HutanUmurHarga
Anakan Blacan Non-Ped2 bulanRp22.005.000
Anakan Blacan Kitten1 bulanRp4.505.000
Anakan Blacan 1 Pasang6 bulanRp8.005.000
Anakan Blacan Asli3 bulanRp8.705.000
Anakan Blacan Jantan4 bulanRp4.005.000
Blacan Betina2 tahunRp6.005.000
Kucing Asli Sumatera4 bulanRp455.000
Kucing Hutan Asli Jawa1 TahunRp1.005.000
Kucing Asli Anakan Murah3 bulanRp355.000
Kucing Asli Macan Dahan6 bulan – 2 tahunRp100.005.000
Kucing Hutan6 bulanRp505.000
Kucing Hutan Kalimantan2,5 bulanRp405.000
Jenis Macan Dahan3 bulan – 1 tahunRp3.005.000

Memelihara kucing hutan adalah bukan perkara yang mudah, ada hal khusus yang harus diperhatikan agar kucing hutan yang kamu pelihara tetap sehat dan lincah.

Dan ingat selalu jika kucing hutan bukanlah jenis kucing yang jinak, mereka tidak sama dengan kucing jenis lainnya seperti anggora dan persia atau lainnya. Sehingga harus tahu cara perawatannya, baik itu makanan, tempat tinggal, lingkungan dan tahapan penjinakannya.

Demikian pembahsan mengenai harga kucing hutan, semoga bisa bermanfaat.

Kategori Kucing

Tinggalkan komentar