Home » Kucing » Deskripsi Tentang Kucing

Deskripsi Tentang Kucing

Kucing merupakan binatang lucu, berikut adalah deskripsi tentang kucing yang perlu diketahui oleh para pecinta binatang khususnya pecinta kucing.

Kucing mempunyai sebutan populer ditengah masyarakat, banyak juga yang memberikan nama untuk kucing kesayangan.

Kucing adalah hewan yang mudah jinak dan sering menjadi hewan peliharaan keluarga.

Sejarah Tentang Kucing

kucing hitam

Hewan ini merupakan binatang yang diyakini sudah ada sejak 6.000 tahun SM dengan beberapa bukti berupa kerangka yang ditemukan di Pulau Siprus.

Adanya kucing ditengah kehidupan manusia, sering dianggap sebagai hewan yang berjasa untuk menjaga perkebunan dan pertanian dari serangan hewan pengerat seperti tikus.

  • Permulaan sejarah, bermula dari Afrika

Banyak para ilmuwan peneliti yang mengungkap hasil penelitiannya dan menemukan jika spesies kucing pertama kali berasal dari Afrika, dan ketika itu masyarakat menggunakannya sebagai alat untuk membasmi kutu.

Selain menjadi pembasmi kutu, sekitar 4000 tahun yang lalu kucing juga digunakan untuk mengurangi penyakit dari hama tikus yang tersebar.

  • Mulai berkembang dan bertambah

Spesies kucing sangat populer di Mesir, bahkan ada yang menganggap jika hewan ini adalah hewan suci, dibuktikan dari tokoh mesir yang memilih spesies kucing sebagai teman hidup dan pelindungnya.

Namun, setelah runtuhnya dinasti Mesir, hewan lucu ini menjadi hewan populer di banyak tempat, yang pada awalnya hanya dimiliki oleh orang-orang kaya, kemudian hewan ini mulai masuk ke negara Asia seperti India dan Jepang.

Dan pada fase ini pula yang menandakan terjadinya fase breed yang sudah dimulai dari lahirnya beberapa ras kucing populer seperti ras siam dan ras burma.

  • Mulai masuk ke wilayah Eropa

Negara Eropa mulai mengenal akan hewan lucu ini, ketika para pedagang dari mesir mulai memperkenalkan hewan ini dengan julukan pembasmi hewan hidup yang sangat bisa diandalkan dan juga lucu.

Selama bertahun tahun sejak pertama kali masuk ke Eropa, popularitasnya kian bertumbuh dari waktu ke waktu.

Namun, terdapat insiden atau tragedi black death yang muncul di tahun 1348, dimana hewan ini dianggap sebagai hewan yang membawa penyakit tersebut.

Dengan berbagai macam landasan yang tidak masuk akal, hewan lucu ini mulai di musnahkan di negara Eropa, walau tanpa disadari, hama yang datang adalah akibat dari populasi tikus yang meningkat drastis, dan populasi binatang pembasmi hama tidak bisa menyainginya.

Akan tetapi, populasi hewan ini mulai kembali pulih dan semakin banyak, dan pada tahun 1600-an hewan lucu ini menjadi hewan favorit untuk dipelihara.

  • Mulai terkenal di wilayah Amerika

Di abad ke-15 dan 16, hewan ini mulai disambut baik sebagai pembasmi hama yang ada, sehingga dapat mengurangi penyakit yang dibawa oleh hama tersebut, dan terdapat sejarah yang menyebutkan jika Christopher Columbus juga membawa hewan ini ke dalam kapalnya ketika hendak menemukan Amerika.

  • Perkembangan saat ini

Saat ini, hewan lucu menggemaskan ini menjadi bagian penting, badan statistika mengatakan jika terdapat setengah milliar hewan lucu ini dari berbagai macam ras yang ada di dunia.

Tentang Kucing

Kucing Persia

Hewan ini dianggap hewan predator yang sempurna dengan gigi khusus dan saluran pencernaan.

Gigi premolar dan molar yang berbentuk menjadi sepasang taring di setiap sisi mulut, gigi ini bekerja secara efektif seperti gunting yang berguna merobek daging.

Kucing jantan yang aktif dan berkuasa akan lebih sering terlibat dalam banyak pertarungan dengan sesama kucing sepanjang hidupnya.

Kucing betina kadang-kadang juga terlibat dalam biola untuk melindungi anak-anak mereka.

Hewan lucu dan imut ini senang dengan suasana hangat dan sering tidur di atas kehangatan matahari. Kotoran biasanya kering, dan lebih suka menguburnya di tempat berpasir.

binatang imut ini juga bisa memanjat, mereka tidak bisa bergerak cukup lama terutama ketika mereka gagap mangsa.

Hewan ini tidak tahan terhadap kabut, hujan dan salju, meskipun ada beberapa yang bisa bertahan seperti kucing hutan Norwegia. Dan hewan ini juga tidak suka berendam di air kecuali van Turki.

Deskripsi Kucing Secara Umum

Kucing dikenal sebagai hewan berkaki empat yang memiliki kelebihan yang cukup banyak dan mudah beradaptasi dengan lingkungan.

Sebagian besar binatang lucu ini mempunyai bulu yang menyelimuti seluruh tubuhnya dengan jenis bulu pendek hingga panjang.

Dan terdapat juga yang tidak memiliki bulu, dan merupakan ras langka yang tidak mudah untuk ditemukan, selain itu perawatan yang diperlukan juga lebih mahal dan lebih ekstra.

Beberapa ras kucing tanpa bulu yaitu seperti Sphynx, Bambino, Dwelf, Elf, Peterbald, dan Ukrainian Levkoy.

Dan kehadiran hewan ini dipandangan sebagai hewan pembawa manfaat, dan mulai banyak dipelihara dan dijinakkan.

Binantang ini merupakan binatang karnivora, kucing telah bersatu dengan kehidupan manusia sudah sekitar 6.000 tahun sebelum masehi, dari kerangka kucing di Pulau Siprus.

Orang-orang Mesir kuno pada tahun 3.500 SM sudah menjadikan hewan lucu ini sebagai hewan untuk membasmi tikus dari gudang sebagai tempat persediaan ataupun tempat tanaman.

Kucing rumah adalah salah satu predator terbesar di dunia karena ukurannya tidak terlalu besar, hewan ini tidak terlalu berbahaya bagi manusia.

Salah satu yang dapat timbul adalah kemungkinan infeksi rabies karena gigitannya dan juga goresan kuku-kuku yang sangat menyakitkan.

hewan ini juga bisa berakibat fatal bagi ekosistem yang bukan tempat tinggal. Binatang ini memburu mangsanya dengan cara menerkam layaknya singa ataupun harimau

Dia menggigit leher mangsanya dengan taring tajam sehingga itu menyakiti saraf tulang belakang atau menyebabkan mangsa kehabisan napas dengan merusak tenggorokan.

Taksonomi dan Evolusi

Taksonomi kucing memiliki hubungan dengan Felidae sebagai keluarga mamalia pada 15 juta tahun yang lalu yang mencakup beberapa kelompok seperti singa, harimau dan lainnya.

Kelompok keluarga genus Felis yang lebih kecil memiliki tujuh spesies seperti kucing hutan, kucing pasir Arab dan kucing liar dari Afrika.

Perubahan dengan kucing dengan hewan lain seperti anjing, tidak begitu jauh karena mereka memiliki daya tahan khusus untuk hidup di alam liar.

Sementara kelompok spesies felidae lebih kecil, kemungkinan berubah karena proses penjinakan.

Sifat Alami

Hewan ini adalah jenis hewan predator yang bagus karena dapat menghilangkan ribuan spesies jika populasinya tidak dikendalikan.

Beberapa catatan digital yang didapatkan, binatang ini menjadi hewan predator dengan penyergapan dan penangkapan berburu seperti singa dan harimau.

Makanan yang dicari menjadi incaran hewan ini adalah daging dan tidak dapat di berikan berbagai macam jenis makanan vegetarian.

Ini karena tubuhnya tidak dapat memproses dan memecah asam amino yang diperlukan dari tanaman.

Itulah sebabnya, hewan lucu ini berbeda dari hewan lain yang dapat mengkonsumsi tanaman, buah dan akar.

Beberapa karakter dari kucing lainnya adalah hewan yang cenderung individu dan penyendiri, dalam beberapa kelompok tertentu, mereka dapat secara bersama-sama membentuk kelompok untuk membela diri.

Setiap kucing secara alami membagi wilayah kekuasaan dengan penandaan khusus dan akan bertarung dengan kucing asing yang ada di wilayah tersebut.

Hewan ini memiliki masa kehamilan kurang lebih 63 hari. Anak kucing dilahirkan buta dan tuli.

Mata mereka hanya buka pada usia 8-10 hari. Anak-anak akan dipisahkan dari induknya ketika memasuki usia 6-7 minggu dan kematangan seksual dicapai pada usia 10-15 bulan.

Hewan ini dapat memiliki 4 janin sekaligus karena rahim memiliki bentuk khusus 4 bagian berbeda.

Hewan ini dapat memiliki berat badan hipotek antara 2,5 hingga 7 kilogram dan jarang melebihi 10 kg. Saat makan berlebihan, binatang ini dapat mencapai bobot 23 kg.

binatang ini juga mampu hidup selama kurang lebih 15 sampai 20 tahun, kucing tertua saat ini yang sudah ada berkisar sekitar usia 36 tahun.

Kucing peliharaan dapat hidup lebih lama dan kucing liar yang tinggal di lingkungan perkotaan modern hanya hidup selama 2 tahun bahkan kurang dari itu.

Hewan ini juga sering memperlihatkan perilaku memilih makanan, hal ini disebabkan karena hewan lucu ini mempunyai sebuah organ kerucut khusus pada bagian langit-langit mulutnya, organ ini memiliki nama vomeronasal atau jacobson.

Ketika organ ini dirangsang oleh jenis makanan, hewan ini akan menolak makanan selain makanan.

Binatang ini dapat melihat dengan cahaya yang sangat terang. Mereka memiliki pelangi atau membran irisan membentuk celah di mata yang akan menyempit.

Sebuah organ yang disebut tapetum Laucidum digunakan dalam lingkungan dengan sedikit cahaya.

Organ ini menyebabkan mata kucing berwarna-warni saat difoto menggunakan Blitz.

Ketika cahaya yang ada terlalu absen untuk dilihat, kucing menggunakan kumisnya untuk membantu menentukan arah.

Binatang ini mempunyai sebuah kelopak mata ketiga yang memiliki nama membran Niktitans. Kelopak ketiga ini terdiri dari lapisan tipis yang dapat menutup mata dan muncul ketika mata hewan ini terbuka.

Ketika hewan ini mengeluarkan suara seperti “Meong” maka dapat memiliki berbagai makna tergantung pada pengucapan oleh hewan lucu ini.

binatang ini juga bisa membuat suara seperti dengkuran panjang yang sering disukai manusia.

Kemudian telinga kucing, umumnya daun telinga hewan ini memiliki bentuk tegak. Ketika marah atau takut, daun telinga jenis ras Scottish Fold akan menekuk ke belakang dengan mengeluarkan suara menggeram. 

binatang lucu ini juga termasuk binatang yang suka akan kebersihan. Mereka sering merawat diri sendiri dengan menjilati bulu mereka sendiri.

Air liur hewan ini merupakan alat pembersih yang kuat, tetapi dapat menyebabkan alergi terhadap manusia.

Panjang tiang tidur hewan ini antara 12-16 jam per hari, dengan jumlah rata-rata 13-14 jam. Tetapi itu tidak biasa bagi hewan lucu ini yang tidur selama 20 jam dalam satu hari.

RAS

Setiap ras memiliki ciri khusus tetapi karena sering terjadi perkawinan silang antara ras, banyak jenis dari hewan lucu ini yang hanya dikelompokkan dalam bulu panjang dan bulu pendek, tergantung pada jenis penutup bulunya. Beberapa jenis ras yang terkenal didunia diantaranya seperti:

  • Manx
  • Persia
  • Maine Coon
  • British Shorthair
  • Burma (Burma)
  • Anggora
  • Sphinx
  • Siam
  • Chinchilla Longghair

Jenis Warna

Karakteristik fisik hewan ini juga dipengaruhi oleh keturunan atau ras induknya. Kucing rumahan dapat dikelompokkan kedalam kategori berdasarkan penampilan fisik seperti: bulu pendek, bulu panjang, oriental.

Genetika yang mempengaruhi warna dan pola bulu kucing merupakan penentu penampilan fisik hewan ini, diantaranya seperti: Telon atau Calico, Toroiseshell, Tabby, Maltese, Bicolor.

Itulah seputar pengetahuan mengenai deskripsi tentang kucing yang perlu diketahui, semoga bermanfaat.


Seorang mahasiswa telekomunikasi yang suka dengan hewan peliharaan, saya juga memelihara iguana dan ikan sebagai hewan peliharaan.

Tinggalkan komentar