Ciri Ciri Kucing Cacingan

Kucing termasuk hewan peliharaan yang dapat terserang cacingan, lalu bagaimana cara mengetahui ciri ciri kucing cacingan?

Kucing dapat mengalami cacingan karena disebabkan oleh parasit, parasit yang umum menyerang hewan peliharaan lucu ini adalah seperti cacing gelang dan cacing pita.

Kedua jenis cacing tersebut sangat berpengaruh akan kesehatan kucing, bahkan kucing yang menderita cacingan kesehatan dan perilakunya menjadi tidak normal dan cenderung pasif, mulai dari lesu hingga perubahan pola makan.

Jika tidak diobati maka dapat menimbulkan beberapa resiko pada kucing seperti turunnya berat badan, hingga gejala lainnya. Untungnya untuk mengetahui gejala kucing cacingan cukup mudah dilakukan.

Jika kamu tahu ciri-ciri kucing cacingan secara umum, maka kamu dapat membawa kucing peliharaan yang dimiliki ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan sehingga dapat mencegah resiko timbulnya penyakit yang lebih berbahaya.

Pahami Ciri Ciri Kucing Cacingan

kucing cacingan - satria hewan

Ciri Ciri Kucing Cacingan dapat dilihat dari perilaku kucing yang menjadi kurang sehat dan terdapat perubahan kebiasaan mereka.

Sebagai pemilik kucing kamu dapat mengetahui ciri ciri kucing cacingan dengan mengamati beberapa hal berikut:

1. Turunnya berat badan dan perut kembung

Kucing yang terkena cacingan masih tetap memiliki nafsu makan yang baik, akan tetapi sebagai pemilik harus selalu memperhatikan ketika kucing sedang memakan makanannya apakah dalam jumlah yang normal atau tidak.

Karena kucing yang terkena cacingan akan terlihat kehilangan berat badannya walaupun porsi makanan yang diberikan normal.

Jika hal ini terjadi maka kamu perlu ke dokter hewan untuk memastikan kemungkinan kucing terkena cacingan.

Hal lain yang dapat terlihat adalah kucing mengalami penurunan berat badan dan disertai dengan perut yang seolah-olah kembung atau bengkak, maka ini merupakan kemungkinan kucing mengalami gejala cacingan.

2. Bulu Kucing Menjadi Kasar

Ciri kucing cacingan selanjutnya adalah perubahan kondisi bulu kucing yang menjadi kasar dan tidak berkilau seperti biasanya. Hal ini bisa menjadi gejala kucing cacingan apabila dibarengi dengan perut kucing yang membuncit.

3. Perubahan Perilaku

Tanda kucing cacingan lainnya adalah perubahan perilaku kebiasaan kucing.

Kucing yang mengalami cacingan kemungkinan akan mengalami perubahan perilaku seperti buang air besar, terutama diare.

Sehingga apabila kucing mengalami gejala tersebut, maka segera bawa kucing ke dokter hewan.

4. Adanya Jejak Cacing

Secara umum, kucing yang mengalami cacingan akan ditemukan cacing pada kotorannya.

Cacing-cacing tersebut juga dapat terlihat pada tempat kucing membuang kotorannya atau di tempat kucing tidur.

Cacing dapat memiliki beragam ukuran, pada umumnya kucing akan mengalami masalah jika kucing terserang cacing gelang, cacing gelang dapat tumbuh hingga panjang 10cm dan berwarna putih.

Sedangkan untuk cacing pita akan terlihat seperti seutas tali yang berwarna putih kecil.

5. Kucing Terlihat Lesu

Kucing yang memiliki masalah pada perutnya karena terserang cacing akan menjadi lesu. Kucing mungkin kekurangan energi dan tampak kurang tertarik pada hal-hal yang biasanya disukai dan membuatnya senang.

Kucing Cacingan Dapat Menular Pada Manusia

Sebagai pemilik kucing, kamu harus tahu akan ciri ciri kucing cacingan ini, karena kucing yang cacingan harus mendapatkan perawatan dan pengobatan sesegera mungkin.

Karena cacingan pada kucing selain dapat menular ke sesama kucing ternyata juga dapat menular pada manusia yang berasal dari kotoran ketika tersentuh.

Beberapa ciri jika cacingan menginfeksi manusia adalah seperti timbulnya rasa gatal, permukaan kulit menjadi merah, dan terjadi peradangan yang menyebabkan bengkak.

Penyebab Kucing Cacingan

Siklus Penyebaran Cacing pada Kucing

Terdapat beberapa penyebab kucing mengalami cacingan, diantaranya seperti:

1. Tungau atau Kutu

Kucing yang memakan kutu yang terdapat telur cacing yang mana telur tersebut menetas dalam usus, sehingga menyebabkan kucing mengalami cacingan dalam perutnya.

Maka dari itu kamu wajib tahu bagaimana cara menghilangkan kutu kucing dengan benar.

2. Cacing dan Telur Cacing

Siapa sangka penyebab kucing cacingan juga dapat disebabkan karena cacing yang masuk kedalam tubuh kucing ketika kucing sedang terluka dan kucing menjilati dirinya sendiri.

Atau dapat juga kucing mengalami serangan cacing pita (cysticercoid) yang berasal dari makanan berupa daging mentah, ikan mentah, ataupun hewan mati.

Terdapat beberapa jenis-jenis cacing yang sering menyerang kucing, diantaranya adalah sebagai berikut:

ciri ciri kucing cacingan
  • Echinococcus – cacing yang menginfeksi kucing melalui daging mentah atau busuk.
  • Taenia Taeniaeformis – Cacing yang menginfeksi kucing melalui makanan yang tidak higenis.
  • Dipylidium caninum – Cacing ini sering sekali ditemukan pada kucing, cara menjangkiti cacing ini adalah melalui kutu, yang mana kutu tersebut memiliki larva cacing pita didalamnya.
  • Ddibothriocephalus latus dan Spirometra mansonoides – adalah cacing yang berasal dari makanan berupa ikan air tawar atau ikan mentah serta ular yang berasal dari air.

3. Infeksi

Akibat pertarungan atau perkelahian antar kucing, dapat menimbulkan luka pada kucing, dimana hal ini dapat menimbulkan infeksi dan kucing terserang cacing.

4. Lingkungan yang Kotor

Lingkungan yang kotor dan tidak higenis juga dapat menjadi sarang kuman terkhusus cacing.

Kucing dapat terinfeksi cacing pita dari tempat kucing membuang kotoran atau tempat tidurnya yang jarang dibersihkan.

Cara Mengobati Kucing Cacingan

ciri ciri kucing cacingan

Kucing yang mengalami cacingan perlu dan membutuhkan perawatan demi mencegah resiko yang lebih besar.

Jika terus diabaikan kucing akan menjadi tidak nyaman dalam bergerak dan tentunya dapat menular ke kucing lainnya.

Terdapat beberapa cara untuk mengobati kucing cacingan, namun sebelum menerapkan pengobatan yang diberikan, alangkah lebih baiknya cari tahu dengan menanyakan kepada para ahli kucing, atau konsultasi dengan dokter hewan, apakah kucing kamu cocok dengan pengobatan yang akan diberikan.

Terdapat beberapa bahan alami untuk mengatasi kucing cacingan seperti:

1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel merupakan obat alami untuk menyembuhkan masalah kucing cacingan.

Cara Mengobati:

  • Silahkan campurkan 1-2 sendok teh cuka sari apel kedalam air hangat.
  • Berikan kepada kucing sekitar satu minggu.

2. Biji Labu

Biji labu juga dapat digunakan sebagai obat pada kucing yang memiliki ciri kucing cacingan.

Cara Mengobati:

  • Tumbuk halus atau giling biji labu hingga halus.
  • Tambahkan bubuk biji labu ke makanan kucing secara teratur.

3. Bawang Putih

Bawang putih memiliki multi nutrisi yang membantu kucing menghilangkan cacing dalam perut. Bawang putih mengandung antiseptik dan antibakteri yang bagus.

Cara mengobati kucing cacingan dengan bawang putih caranya cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan bawang putih dan mencampurkannya pada makanan kucing.

Itulah tanda atau ciri ciri kucing cacingan dan cara mengobatinya. Semoga bermanfaat.


About Naufal Rasyada

Pekerja dan Pelajar yang suka dan tertarik seputar hal-hal teknologi, selain itu saya juga suka hal-hal tentang hewan. Hewan yang saya pelihara antara lain seperti burung lovebird, ikan cupang, dan kucing.

Tinggalkan komentar