Kelinci Holland Lop

Salah satu jenis kelinci hias yang populer dari kalangan lop yaitu kelinci holland lop, kelinci ini sangat digemari oleh para pecinta hewan, karena memiliki wajah yang imut dan memiliki tubuh yang mini.

Maka dari itu banyak yang menjadikan kelinci ini sebagai hewan peliharaan dan sering di ikutkan kontes kelinci, banyak orang yang mengatakan kalau kelinci holland lop itu sama seperti kelinci fuzzy lop.

Tetapi untuk hal tersebut sebenarnya berbeda, karena kelinci holland lop memiliki bulu yang lebih pendek dan postur tubuh lebih kecil di bandingkan dengan kelinci fuzzy lop.

Sedikit mengulas mengenai kelinci holland lop, Kelinci ini sebenarnya kelinci yang di hasilkan dari persilangan kelinci jenis lain.

Saat itu ada peternak kelinci asal belanda yang terkenal pada masanya yakni bernama Andrian De Cock, ia menyukai kelinci French Lop yang memiliki telinga kebawah dan kelinci ini memiliki postur tubuh besar, tetapi andrian kurang menyukai french lop karena memiliki postur tubuh besarnya.

Maka dari itu Andrian De Cock ingin memiliki kelinci jenis seperti french lop tetapi memiliki postur tubuh yang kecil atau mini, nahh mulai dari situ ia melakukan uji coba mengawinkan kelinci jenis lain dengan kelinci french lop.

Singkat cerita kelinci holland lop berhasil di dapatkan melalui perkawinan kelinci english lop, french lop dan netherland dwaft.

Tetapi jika kamu mengawinkan dengan kelinci jenis tersebut belum tentu bisa mendapatkan kelinci holland lop, karena indukan yang di gunakan untuk menghasilkan kelinci holland lop sudah melalui beberapa keturunan.

Gamber Kelinci Holland Lop

Kelinci Holland Lop

Dulu kelinci ini sangat susah untuk di temukan, karena kelinci ini baru masuk ke Indonesia pada tahun 2000an dan pada masa itu kelinci ini langsung sangat populer, nah mulai dari situ anggota IRA (Indonesia Rabbit Association) mulai mengimpor ke Indonesia.

Meningkatnya peminat untuk jenis kelinci ini, lalu mulai dari situ banyak peternak kelinci di Indonesia yang membudidayakan kelinci jenis ini.

Ciri – Ciri Kelinci Holland Lop

Ciri ciri kelinci holland lop

Jika kamu ingin memelihara dan mau membeli kelinci jenis ini, maka kamu harus tahu ciri ciri kelinci ini, karena bertambahnya tahun banyak peternak kelinci yang menyilangkan jenis kelinci holland lop dengan kelinci jenis lain.

Maka dari itu kamu jangan salah memilih saat membeli kelinci holand lop, nahh berikut ciri cirinya :

  • Kelinci holland lop memiliki tubuh yang sedang dan kaki yang pendek.
  • Memiliki telinga yang jatuh kebawah, seperti halnya jenis lop lainnya.
  • Memiliki bulu yang halus dan pendek.
  • Memiliki kepala yang membulat terutama pada bagian wajah.
  • Hanya memiliki tipe warna solid dan broken solid.

Nahh sekarang kamu sudah tau kan ciri ciri kelici ini, jadi kalau kamu melihat kelinci holland lop tetapi memiliki wajah yang agak moncong kedepan dan memiliki kombinasi warna lebih dari 2 warna, kemungkinan itu bukan kelinci holland lop murni, mungkin kelinci tersebut sudah di silangkan dengan jenis lain.

Jenis Warna Kelinci Holland Lop

Kelinci holland lop memiliki 2 tipe warna yaitu warna solid dan warna broken solid, warna solid yaitu hanya satu warna yang dimiliki oleh kelinci tersebut, dan kalau broken solid merupakan warna solid yang pecah dengan warna dasar putih pada kelinci.

Lalu apa saja warna yang solid dan broken solid yang dimiliki oleh kelinci holland lop ? berikut ulasannya :

1. Tortoise

warna kelinci holland lop tort

Warna ini merupakan warna coklat yang mendominasikan di tubuhnya dan ada warna torto gelap pada telinga dan hidungnya.

2. Broken Tortoise

warna broken tort

Warna ini merupakan warna coklat yang biasanya terlelak pada bagian telinga, hidung dan warna coklat bercak pada bagian tubuh kelinci ini, lalu lebihnya merupakan warna dasar putih.

3. Black Solid

warna kelinci holland lop black solid

Warna ini merupakan warna hitam pekat yang menyelimuti tubuh kelinci tanpaa adanya campuran warna lain.

4. Broken Black

warna kelinci broken black

Warna ini merupakan warna hitam yang hanya dibagian telinga, hidung dan bercak hitam di bagian tubuh kelinci, lalu untuk lebihnya merupakan warna dasar putih.

5. Sable

warna  kelinci holland lop sable

Warna ini merupakan warna putih ke abu-abuan yang terang dan bersih, tanpa adanya warna lain pada tubuh kelinci.

6. Broken Sable

warna broken sable

Warna ini merupakan percampuran warna putih dan warna sable pada tubuh kelinci.

7. Chestnut

warna kelinci chestnut

Warna ini merupakan warna coklat yang di tutupi dengan titik gelap pada permukaan.

8. Blue

warna kelinci biru blue

Warna ini merupakan warna abu – abu gelap yang hampir kebiru biruan.

9. Chinchilla

warna chincila

Warna ini merupakan warn abu – abu cerah dengan dan hampir ke warna putih.

10. Orange

warna kelinci orange

Warna ini merupakan kuning kemerahan yang bersih dan terang.

Perawatan Kelinci Holland Lop

Perawatan kelinci holland lop memang terbilang cukup rewel/susah, karena kelinci ini memiliki daya tahan tubuh yang rendah, nahh lalu bagaimana cara untuk merawatnya ? simak sampai selesai….

Kandang

kandang kelinci

Hal pertama yang harus di perhatikan yaitu kebersihan kandang, kenapa hal ini harus di perhatikan ?,  karena kelinci holland lop sangat menyukai tempat yang bersih dan hal tersebut membuat kelinci lebih nyaman dan aktif.

Bersihkan kandang kalau bisa sehari sekali atau 2 kali sehari, hal ini dilakukan agar kotoran kelinci yang masih dikandang tidak menempel kebadan kelinci tersebut.

Selain itu kebersihan kandang akan menghindari kelinci terkena penyakit scabies yang sering terjadi pada kelinci.

Selain Kebersihan kandang, penempatan kandang untuk kelinci ini juga perlu, karena kandang yang baik yaitu kandang yang tidak terancam dari gangguan predator atau hewan lain dan terhindar pula dari tempat yang bising.

Karena jika kamu menempatkan kandang kelinci dengan lokasi tersebut, hal itu akan membuat kelinci kamu streess dan tidak mau makan.

Makan dan Minuman Kelinci

pelet kelinci

Pemberian makan juga penting, karena jika kamu salah dalam pemberian makanan, hal itu akan membuat kelinci kamu terkena penyakit pencernaan.

Nahh jadi kamu bisa memberikan makanan untuk kelinci ini seperti pelet, rumput, dan sayur. Jika kamu ingin memberikan makanan seperti rumput dan sayur, alangkah baiknya untuk menjemurnya terlebih dahulu, hal ini bertujuan agar kadar air pada makanan tersebut bisa berkurang.

Pemberian minum, untuk memberikan minum kamu bisa menggunakan dot kelinci yang dijual di toko hewan atau pasar, atau kamu juga bisa menggunakan wadah seperti ukuran mangkok untuk tempat minumnya.

Tetapi untuk tempat minum, saya sarankan untuk menggunakan dot kelinci, hal ini bertujuan agar air minumnya tidak mudah tumpah dan tidak mudah kotor.

Lebih baik gunakan air yang matang untuk diberikan kekelinci, karena bakteri pada air yang sudah matang akan lebih sedikit ketimbang air yang belum masak.

Vitamin

vitamin kelinci

Mengingat daya tahan tubuh kelinci ini mudah terkena penyakit, maka dari itu untuk memberikan vitamin sangat penting bagi kelinci ini.

Kamu bisa berikan curcuma plus yang mengandung vitamin c dan berikan juga vitamin B kompleks khusus hewan.

Cara untuk memberikan curcuma plus bisa menggunakan pipa tetes atau suntikan yang jarumnya di hilangkan, lalu sodorkan pepet atau suntikan ke mulutnya dan pencet perlahan hingga curcuma plus keluar sedikit-sedikit.

Kalau untuk memberikan vitamin B kompleks, kamu harus menyiapkan jarum suntik dan kapas yang sudah dibasahi alkohol, lalu bagaimana cara menggunaknnya ?

Caranya ambil vitamin B kompleks menggunakan jarum suntik, lalu suntikan secara hati-hati ke bagian belakang kelinci, setelah itu usap dengan kapas yang dibasahi dengan alkohol tersebut.

Harga Kelinci Holland Lop

harga kelinci

Harga kelinci ini lumayan mahal, karena kelinci ini dalam perawatannya juga susah, dan termasuk kelinci yang lumayan susah untuk di kembangbiakan, maka tak heran kalau harga jenis kelinci ini ada yang sampai jutaan.

Lalu berapa harganya ? berikut daftar harganya dari anakan, dewasa hingga kontes.

Jenis KelinciHarga
Kelinci Mini Holland LopRp 500.000 - Rp 600.000
Kelinci Holland Lop Usia 3 BulanRp 600.000 - Rp 650.000
Kelinci Holland Lop Usia 5 BulanRp 650.000 - Rp 700.000
Kelinci Holland Lop DewasaRp 750.000 - Rp 850.000
Kelinci Holland Lop ShenoRp 700.000 - Rp 800.000
Kelinci Holland Lop Tipe BroodRp 1.500.000 - Rp 2.000.000
Kelinci Holland Lop Tipe ShowRp 2.000.000 - Rp 3.000.000

Nah bagaimana sudah tahukan mengenai ciri, jenis, cara perawatan, dan harganya kelinci holland lop ini.

Jika kamu ingin tahu juga seputar kelinci New Zealand kamu dapat mengikuti tautan berikut, yaitu hal-hal seputar kelinci New Zealand, mulai dari ciri-ciri, hingga cara merawatnya.

Oke, mungkin itu saja mengenai artikel ini, semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Salam pecinta hewan.

Tinggalkan komentar