Makanan Sugar Glider

Halloo pecinta sugar glider, kali ini satriahewan akan membahas mengenai makanan sugar glider yang baik dan sehat.

Jika anda ingin memelihara atau sudah memiliki sugar glider maka sangat penting memperhatikan makanan untuk sugar glider kesayangan anda.

Kenapa?

Karena sugar glider harus memakan makanan yang bergizi dan memiliki protein, vitamin, lalu tidak mengandung zat yang tidak baik untuk di konsumsi sugar glider.

Jika di alam atau habitat aslinya sugar glider dapat mencari makanan sendiri dan sugar glider dapat membedakan makanan yang baik ataupun tidak untuk dia makan.

Jika kita pelihara sugar glider kan tidak bisa mencari makanan sendiri, karena SG di masukan ke kandang.

Dan sugar glider pun cuma makan makanan yang anda kasih, maka dari situ anda harus tau apa saja yang harus di kasihkan ke sugar glider untuk dimakan.

Berikut Menu Makanan Sugar Glider Yang Baik dan Sehat :      

Makanan Sugar Glider Yang Baik dan Sehat

Berikut ini daftar makanan terbaik untuk sugar glider.

  • Bubur Bayi

Nahh kenapa bubur bayi, Karena bubur bayi sangat mudah ditemukan di warung – warung maupun di mini market.

Selain mudah di temukan bubur bayi juga memiliki kandungan yang baik untuk sugar glider.

Seperti beras, tepung gandum, jagung, gula, susu bubuk, minyak nabati (mengandung antioksidan L- askorbil palmitat dan alfa tokoferol), frukto oligasarida, lisin, premiks vitamin, premiks mineral & DHA (mengandung campuran antioksidan tokoferol L-askobil palmitat).  

Baca Juga : Cara Memandikan Sugar Glider dengan Benar  

Jika menggunakan bubur bayi yang memiliki rasa pisang maka pada bubur bayi tersebut menggunakan tepung pisang.

Dan jika menggunakan rasa kacang hijau atau beras merah maka pada kandungan bubur tersebut terdapat sari kacang hijau dan beras merah.

Kandungan tersbut semuanya aman jika di berikan kepada sugar glider anda.    

  • Serangga

Salah satu yang sering di makan sugar glider di alam liar yaitu serangga, tetapi lebih baik anda berikan serangga yang paling sering dimakan hewan ini saja yaitu ulat hongkong dan jangkrik.

Selain itu ulat hongkong dan jangkring mudah di temukan di toko pakan burung.    

a. ulat hongkong

Ulat hongkong memiliki kandungan protein , lemak, dan kadar air, namun dalam sumber ilmiah lain menyatakan bahwa kadar lemak pada ulat hongkong lebih tinggi di bandingkan dengan kadar protein.

Sehingga pemberian ulat hongkong dapat menyebabkan obesistas.

Hal postif dalam pemberian ulat hongkong yaitu dapat mempercepat penggemukan pada sugar glider tetapi ada dampak negatifnya jika pemberian ulat hongkong terlalu banyak.

Yaitu dapat membuat pecah ginjal, pencernaan tidak sehat , dan dapat menyebabkan kematian.

Maka dari itu jangan memberikan ulat hongkong terlalu sering atau terlalu banyak, berikan hanya untuk selingan saja karena dapat menyebabkan hal tersbut.  

b. Jangkrik 

Salah satu serangga yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yaitu 60,90%, pada protein jangkrik terdapat asam amino, asam amino esensial dan semi esensial.

Selain itu juga tidak mengandung asam amino histidin, sehingga tidak akan ada perubahan histidin menjadi histamine yang menyebabkan iritasi dan gangguan pencernaan.

Hal ini menyebabkan jangkrik aman di konsumsi sugar glider.

Hal postif pemberian jangkrik untuk sugar glider juga bagus, karena dapat meningkatkan protein sugar glider dengan cepat.

Tetapi ada juga dampak negatifnya jika terlalu banyak saat pemberian jangkrik yaitu dapat menyebabkan over protein pada sugar glider.

Maka dari itu sama hal nya dengan ulat hongkong, makanan ini hanya untuk selingan saja jangan dijadikan menjadi makanan pokok.

Dan saat pemberian jangkrik tidak perlu di potong kaki belakangnya karena sugar glider dapat membuang kaki jangkrik saat memakannya.    

  • Buah Buahan

Sugar glider juga menyukai buah-buahan, karena buah-buahan memiliki kandungan air dan memiliki rasa yang manis.

Selain itu di dalam buah ada nutrisi yang dapat memberi stamina untuk sugar glider anda. tetapi tidak semua buah dapat dimakan oleh sugar glider.

Buah yang dapat dimakan sugar glider diantaranya yaitu buah :Pisang

  1. Pepaya
  2. Pear
  3. Mangga
  4. Kiwi
  5. Melon
  6. Semangka
  7. Rambutan
  8. Nangka
  9. Lengkeng
  10. Stroberi
  11. Anggur
  12. Tomat
  13. Apel
  14. Pisang
  • Sayuran

Selain menyukai buah-buahan sugar glider juga menyukai sayuran, karena di dalam kandungan sayur terdapat gizi, protein, dan vitamin, maka dari itu sayur bisa di jadikan makanan untuk SG.

Lalu sayur apa saja sih yang bisa di berikan pada sugar glider?

Yaitu sayuran sebagai berikut :

  1. Jagung manis
  2. Sawi
  3. Wortel
  4. Kubis
  5. Brokoli

Wortel juga dapat menyembuhkan penyakit mata ringan pada sugar glider, karena pada wortel terdapat kandungan kalsium yaitu 39mg.    

  • Madu

Madu merupakan cairan alami yang pada umumnya memiliki rasa manis alami yang di hasilkan oleh lebah madu.

Madu juga penting untuk sugar glider karena madu dapat menyembuhkan sugar glider yang sedang sakit dan dapat memberikan kekebalan/imun.

Makanan Snack Untuk SG

Bisa memberikan snack khusus sugar glider, tetapi belilah yang mengandung protein, vitamin dan gizi.

Dan snack tersebut dapat di berikan saat sedang bermain dengan anda agar anda dan sugar glider anda lebih akrab dan sugar glider menjadi tambah jinak.

Snack sugar glider bisa di temui di petshop atau online shop.

NB: Dalam pemberian makanan SG dapat dengan cara berganti ganti menunya jangan monoton agar SG tidak bosan.

Karena tidak hanya SG, kita saja jika memakan makanan yang menunya itu itu saja pasti akan bosan, nah sama halnya dengan Sugar Glider jika di berikan makanan yang itu itu saja maka SG pun juga akan bosan.

Nahh mungkin itu saja yang bisa di bahas mengenai makanan SG oleh satria hewan, jika artikel ini bermanfaat bisa di share keteman anda juga.

Tinggalkan komentar