Jenis & Harga Kelinci Hias

Jenis kelinci hias yang ada di Indonesia begitu banyak ragamnya, kelinci-kelinci hias ini biasanya menjadi hewan peliharaan yang digemari oleh masyarakat.

Selain jenis kelinci hias ada juga jenis kelinci lain yaitu jenis kelinci pedaging, kelinci pedaging di Indonesia sudah banyak yang mengembangbiakannya karena daging dari kelinci pedaging tersebut lebih banyak mengahsilkan daging dari pada kelinci hias.  

Kenapa kelinci hias jarang untuk diambil dagingnya?

Hal tersebut karena biasanya kelinci hias memiliki postur tubuh yang kecil dan memilki bulu yang bagus, maka dari itu kelinci ini biasanya untuk kontes atau untuk di pelihara saja.

Berikut ini ulasan seputar kelinci hias

Jenis Kelinci Hias dan Harganya

Salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai banyak orang selain kucing dan anjing yaitu Kelinci, Kelinci merupakan hewan mamalia yang menyusui anaknya.

Selain menjadi hewan mamalia hewan ini memilki bulu yang tebal dan karakter yang lucu.

Maka dari itu tak heran di Indonesia banyak yang menjadikan kelinci menjadi hewan peliharaan.  

Biasanya kelinci yang dijadikan hewan peliharaan itu jenis kelinci hias, karena kelinci hias memiliki bulu yang bagus dan lucu.

Jenis jenis kelinci hias yang populer antara lain :

  • Kelinci Lion
  • Kelinci Hottot
  • Kelinci Netherland Dwarf
  • Kelinci Dutch
  • Kelinci Himalayan

Baca Juga : Jenis Kelinci Lucu Cocok Di Pelihara

Mari kita ulas, seputar jenis kelinci hias tersebut.

Jenis Jenis Kelinci Hias

1. Kelinci Fuzy Lop

Kelinci hias jenis ini memiliki bulu yang halus, tebal dan panjang, selain itu kelinci fuzzy lop memiliki cirikhas berbeda dengan jenis kelinci lain yaitu memilki telinganya yang jatuh kebawah, telinganya tidak tegak seperti kelinci pada umumnya. Tetapi cirikhas tersebut baru kelihatan setelah kelinci berusia 3-4 bulanan.

Kelinci Fuzy lop masih termasuk ke dalam keluarga lop, selain fuzy lop ada juga kelinci jenis lop lainnya seperti anggora lop, holland lop,english lop, french lop, dwarf lop dan lain lain, kelinci tersebut memilki telinga yang sama yaitu jatuh kebawah.

2. Kelinci Lion

kelinci hias

Sesuai dengan namanya, kelinci jenis ini memiliki bulu yang tebal seperti singa (lion), kelinci lion berasal dari kelinci keturunan anggora jenis inggris yang cacat, cacat disini bukan berarti kekurangan pada bagian tubuhnya, cacatnya kelinci lion melainkan memilki telinga yang pendek, badan yang kecil dan bulu yang lebat pada bagian pipi wajahnya.

Tetapi cacat nya kelinci lion tidak menutupi keindahan yang dimilkinya, melainkan banyak yang menjadikan kelinci lion sebagai hewan peliharaan karena ke imutan kelinci ini yang memilki telinga kecil dan karakter yang lincah.

3. Kelinci Anggora

rabbit

Kelinci Anggora merupakan kelinci yang terkenal memilki bulu yang panjang dan lebat, Hal tersebut yang menjadikan kelinci anggora di luar negri diambil bulunya untuk dijadikan woll.

Beda halnya dengan di Indonesia kelinci anggora ini banyak yang dijadikan kelinci peliharaan karena memilki nulu yang bagus.

Kelinci anggora berasal dari Ankara, Turki, dan daerah yang memiliki hewan berjenis anggora lainnya seperti kucing anggora dan kambing anggora.

Kelinci ini mulai terkenal dari pelaut inggris yang membawa ke inggris.

Lalu diperkenalkan juga di perancis dan terus dikenalkan ke negara negara lain sehingga sampai juga ke negara Indonesia kita tercinta.

rabbit

4. Kelinci Hottot

Mungkin kelinci ini agak asing dikalangan orang awam, tetapi jenis kelinci hottot sangat terkenal di kalangan para penghobi kelinci.

Kelinci hottot memiliki tubuh yang mini dan memiliki bulu yang halus, selain itu kelinci ini memilki keunikan yaitu pada matanya dikelilingi lingkaran hitam.

Hal tersebut yang membuat banyak menjadikan kelinci jenis ini menjadi kelinci peliharaan karena terlihat imut dan cantik.

Banyak yang mengatakan kelinci ini memilki karakter yang agrsif, sebenarnya karakter tersebut dapat di rubah asalkan anda sering berinteraksi dengan kelinci jenis ini.

5. Kelinci Himalayan

rabbit

Tidak hanya kucing yang memiliki jenis himalayan, kelincipun juga memiliki jenis himalayan, seperti kelinci Himalayan.

Kelinci ini merupakan kelinci yang juga sangat di sukai para pecinta kelinci.

Karena kelinci jenis ini terlihat lucu dengan menggunakan kaos kaki hitam di 4 kakinya dan memiliki warna hitam pada telinga dan hidungnya.

Biasanya kelinci himalayan memiliki warna dasar putih.

Hal tersebut yang menjadikan warna hitam pada kelinci ini sangat terlihat dan membuat cantik kelinci jenis ini.

Kelinci himalayan di Indonesia banyak yang memeliharanya untuk dijadikan kelinci hias, selain dijadikan kelinci hias juga ada yang membudidayakan kelinci jenis ini.

6. Kelinci Netherland Dwarf (ND)

kelinci hias

Kelinci Netherland dwarft (ND) merupakan kelinci yang sangat populer di negara belanda sana.

Kelinci ND memiliki postur tubuh yang kecil, dan memilki karakter yang aktif dan lincah, hal ini dapat diketahui jika kelinci ini sedang di lepas dari kandangnya.

Maka jika anda akan menangkap kelinci tersebut akan lari dan susah untuk ditangkap.

Kelinci jenis ini memiliki bulu yang halus, postur tubuh yang kecil, dan memiliki telinga yang pendek.

Hal tersebut yang menyebabkan kelinci ND sangat diminati oleh para pecinta kelinci hias, memiliki telinga yang pendek bukan disebabkan dari kecacatan seperti kelinci jenis lion.

Melainkan dari keturunan dari persilangan kelinci mini.

Jenis kelinci ini memiliki varian warna yang bermacam macam.

7. Kelinci Hias Dutch

harga kelinci hias

Kelinci jenis hias Dutch ini juga salah satu kelinci yang populer di kalangan pecinta kelinci, tidak hanya di Indonesia diluar Negri pun kelinci ini sangat digemari.

Karena kelinci ini memiliki warna yang unik, dan memiliki karakter yang lucu. hal tersebut yang membuat banyak orang memelihara kelinci dutch.

Kenapa di bilang unik?

Karena kelinci dutch biasanya memiliki 2 warna yang berkombinasi, kombinasi warna kelinci dutch yang membuat seseorang menyukainya.

Karena biasanya warna kelinci dutch setengah badan putih dan setengah badannya lagi warna lain.

Warna putih yang menjadi dasar warna kelinci ini, lalu untuk warna kombinasi kelinci ini yaitu hitam, abu abu, coklat dan lain-lain.

8. Kelinci Hias REX

kelinci hias

Jika anda ingin memeilihara kelinci yang berbulu halus, maka admin rekomendasikan jenis kelinci rex ,

Karena kelinci rex memiliki bulu yang lebat dan halus, bulu halus ini seperti kain beludru.

Ciri dari kelinci rex adalah warna yang dimiliki yaitu bercak bercak, seperti warna telur puyuh. Kelinci ini memiliki habitat asli di perancis.

Jika mencari kelinci ini bagus dan harga nya tetap terjangkau, maka kelinci rex adalah pilihan yang tepat.

Harga Kelinci Hias

SpesifikasiHarga
Kelinci Holland lopRp 500.000 – Rp 550.000
Kelinci Fuzzy LopRp 200.000 – Rp 350.000
Kelinci HottotRp 200.000 – Rp 350.000
Kelinci AnggoraRp 250.000 – Rp 350.000
Kelinci RexRp 100.000 – Rp 250.000
Kelinci HimalayaRP 100.000 – Rp 200.000
Kelinci LionRp 700.000 – Rp 800.000
Kelinci Netherland DwarfRp 700.000 – Rp 1.000.000
Kelinci New ZealandRp 250.000 – Rp 300.000
Kelinci DutchRp 150.000 – Rp 250.000
Kelinci French LopRp 500.000 – Rp 600.000

Nahh, mungkin itu saja pembahasan mengenai kelinci hias, semoga artikel ini bermanfaat dan Terimakasih.

Salam pecinta hewan.

Tinggalkan komentar