Kelinci

Ciri Ciri Kelinci Hamil

Ciri ciri kelinci hamil

Ciri Ciri Kelinci Hamil – Kelinci merupakan hewan mamalia yang menyusui anakanya, selain itu kelinci juga sering dijadikan hewan ternak, karena memiliki keuntungan yang lumayan tinggi dan salah satu hewan yang sangat produktif.

Kenapa di bilang hewan produktif ? yappp, benar saja karena kelinci dalam satu tahun dapat mengalami 5 siklus melahirkan, dan biasanya untuk setiap siklusnya dapat melahirkan anakan 4 sampai 15 ekor.

Ditambah lagi kalau kelinci juga sudah dapat dikawinkan pada usia 6 bulan keatas, maka dari itu tidak heran kalau kelinci bisa dikatakan salah satu hewan yang produktif untuk perkembangbiakannya.

Jika kamu seorang peternak kelinci atau kamu ingin ternak kelinci, maka kamu harus tahu terlebih dahulu cara membedakan kelinci jantan dan betina, dan kamu bisa membaca artikelnya di bawah ini.

 

Ciri Ciri Kelinci Hamil

 

kelinci hamil

 

Selain harus tahu cara membedakan kelinci, kamu harus tahu juga mengenai ciri – ciri kelinci yang sedang hamil.

Jika kamu memang seorang pemula dalam beternak kelinci, pasti kamu akan kebingungan untuk mengetahuinya.

Nahh maka dari itu satriahewan akan membahas mengenai ciri ciri kelinci yang sedang hamil, Bagaimana caranya ? berikut ulasannya.

 

1. Meningkatnya Nafsu Makan

 

kelinci makan wortel

 

Ciri pertama kelinci masuk ke fase kehamilan yaitu bisa dilihat dari nafsu makan yang meningkat, karena jika kelinci sedang hamil, ia akan lebih banyak makan dari porsi sebelumnya, kamu bisa mengamatinya saat kelinci sedang makan.

Kalau kelinci kamu benar hamil maka ia akan menghabiskan makanannya lebih cepat, dan alangkah baiknya kamu memberikan porsi makan yang lebih banyak dari sebelumnya.

Saran dari saya jangan sampai telat dalam pemberian makan, karena hal tersebut dapat membuat kelinci mudah stress.

2. Lebih Suka Minum

 

kelinci minum

 

Selain nafsu makannya meningkat, kelinci juga akan meningkatkan nafsu minumnya, nahh kamu bisa tambahkan vitamin ke minumnya agar kelinci tetap terjaga kesehatannya.

Jangan sampai kelinci kekurangan air, karena dapat membuat dehidrasi pada kelinci dan mengakibatkan stress. Ohh ya sebaiknya pakai air minum yang matang.

 

3. Menjadi Galak dan Agresif

 

kelinci marah

 

Selain akan meningkatkan nafsu makan dan minumnya, Kelinci akan memiliki karakter lebih galak dan agresif yang tidak seperti biasanya, jika sifat tersebut terlihat setelah kamu mengawinkan dengan kelinci pejantan, maka dapat dipastikan kelinci betina kamu sudah memasuki hamil muda.

Alangkah baiknya kamu memisahkan kelinci yang hamil dengan kelinci pejantan, karena dikhawatirkan akan terjadi pertengkaran.

 

4. Mudah Stress

 

kelinci lokal

 

Kelinci yang memasuki fase hamil juga akan mudah stress.

Seperti yang dikatakan di atas, jika kelinci telat dalam pemberian makan atau  minumnya dapat membuat stress.

Selain memperhatikan pemberian makan, yang menyebabkan kelinci mudah stress yaitu faktor lingkungan atau penempatan kandang.

Untuk penempatan kandang sebaiknya terhindar dari serangan predator atau hewan lain seperti anjing, kucing, musang, dan lain-lain.

Selain itu jangan tempatkan kandang pada suasana yang rame atau sering dilewati banyak orang.

 

5. Tidak Mau di Kawini lagi

kelinci kawin ciri hamil

Jika kelinci betina sudah dikawini oleh kelinci jantan dan sudah memasuki fase hamil, pasti kelinci betina tidak akan mau dikawini lagi, dan jika hal tersebut terpantau oleh kamu dapat dipastikan kelinci kamu sudah masuk fase kehamilan.

Sebaiknya memisahkan kelinci betina ke kandang sendiri, agar tidak dikejar kejar oleh kelinci pejantan, dan jika dibiarkan dapat membuat kelinci betina menjadi strees.

 

6. Suka Mengorek – Ngorek

 

kelinci menggali

 

Ciri ciri selanjutnya kelinci sudah memasuki fase kehamilan yaitu, suka mengorek ngorek bagian pojok kandang atau jika kamu mengumbar kelincinya maka ia akan menggali lobang di tanah.

Hal tersebut merupakan insting kelinci yang akan membuat sarang untuk melahhirkan anakannya.

 

7. Mulut Yang Memerah

Ciri ciri lain yang terlihat dari fisiknya yaitu mulut yang berubah menjadi warna merah, jika usia kehamilan kelinci tambah tua maka warna merahnya akan lebih terlihat.

 

8. Kelamin Betina Memerah dan Melebar

Selain pada mulutnya, kelinci betina yang memasuki fase hamil akan terlihat pada kelaminnya yang memerah dan melebar, kamu bisa mengamati ciri tersebut jika usia kehamilan kelinci sudah lebih dari 3 minggu atau sekitar 21 harian.

 

9. Perut Yang Membesar

 

kelinci hamil

 

Ciri ciri terakhir kelinci telah memasuki proses kehamilan yaitu perut yang membesar, dan kamu bisa melihatnya setelah usia kehamilan kelinci berumur 25.

Jika hal tersebut sudah di ketahui dipastikan kelinci kamu sedang mengandung anakannya.

Nahh gimana ? Sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana cara untuk mengetahui kelinci yang sudah memasuki fase kehamilan, jadi jangan bingung lagi untuk mengetahui ciri cirinya…. Heheheh

Okee, mungkin itu saja pembahasan mengenai ciri ciri kelinci yang sedang hamil, semoga bermanfaat dan Terimakasihh.

Salam Pecinta Hewan.

 

 

 

Pencarian Terkait :

Kelinci Hamil, Mengetahui kelinci hamil, ciri kelinci betina hamil

About author

اَللّهُ Dulu, اَللّهُ Lagi, اَللّهُ Terus
Related posts
Kelinci

Kelinci Fuzzy Lop

Kelinci

Kandang Kelinci

Kelinci

Makanan Kelinci Agar Cepat Besar

Kelinci

Makanan Kelinci Yang Sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *