Home » Kucing » Cara Kucing Berkembang Biak

Cara Kucing Berkembang Biak

Bagaimana cara kucing berkembang biak? Kucing adalah binatang yang begitu dekat dengan manusia. Melihat sejarah kucing dimana hewan ini sudah berbaur dengan manusia sejak 6000 tahun SM (Sebelum Masehi).

Kucing adalah hewan karnivora, sehingga masyarakat mesir kuno menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain yang ada pada lumbung hasil panen mereka.

Tentu makhluk hidup yang ada di bumi ini memiliki cara tersendiri dan berbeda-beda dalam bertahan hidup. Dalam lingkaran kehidupan yang normal dan umum, cara berkembang biak terdapat beberapa cara seperti:

  • Bertelur dan kemudian menetas
  • Membelah diri hingga menjadi banyak
  • Dan bertunas.

Untuk makhluk mamalia seperti kucing, cara kucing berkembang biak adalah dengan melahirkan atau beranak.

Perbedaan Makhluk Dalam Reproduksinya

cara kucing berkembang biak

Terdapat berbagai macam jenis makhluk hidup dan memiliki cara berbeda-beda dalam berkembang biak.

Ada yang bertelur, ada yang beranak, hingga membelah diri. Seperti misalnya ayam dan kelompok burung yang berkembang biak dengan cara bertelur, karena tubuh hewan ini tidak memiliki kelenjar susu.

Proses cara berkembang biak dengan bertelur ini disebut sebagai OVIPAR, karena dilakukan di luar induk.

Baca Juga Yuk : Nama Nama Kucing Yang Bagus dan Lucu Untuk Kucing Peliharaan

Cara Kucing Berkembang Biak atau Reproduksi

cara kucing berkembang biak

Berbeda dengan cara berkembang biak yang dilakukan dari proses kehamilan, cara kucing berkembang biak sebagai hewan mamalia adalah dengan hamil, melahirkan, dan menyusui anaknya.

Ciri-Ciri mamalia ialah memiliki kelenjar susu pada induk betina sehingga dapat memberikan ASI untuk anak-anaknya.

Beberapa tanda lain dari kucing yang bisa diamati ialah memiliki daun telinga pada indera pendengarannya.

Contoh hewan yang dapat berkembang biak dengan hamil dan melahirkan diantaranya seperti sapi, kucing, anjing, kambing, gajah, dan lainnya.

Kucing mengalami masa kehamilan (Gestasi) selama 63 hari. Kucing mampu melahirkan hingga 4-6 ekor anak dalam sekali melahirkan.

Ketika lahir, anak kucing masih dalam keadaan tuli dan buta. Mata anak kucing akan terbuka ketika memasuki usia 8 hingga 10 hari.

Anak-anak kucing akan mendapatkan ASI dari induknya hingga usia 6 sampai 7 minggu, dan setelah itu anak kucing akan diajarkan untuk belajar hidup dan mencari makan sendiri.

Ketika memasuki usia 10 hingga 15 bulan, kucing muda sudah memasuki fase kematangan seksual dan siap untuk berkembang biak, usia kucing diperkirakan dapat hidup hingga 15 tahun.

Itulah cara kucing dalam memperbarui generasinya, Semoga bermanfaat.

Share on:

Saya masih pelajar, namun suka sekali menulis, selain itu saya juga menyukai binatang peliharaan, saat ini saya memelihara kucing, dan burung sebagai hewan peliharaan.

Tinggalkan komentar

Home Category Toko Hewan Explore About