IguanaReptile

Pertanyaan Tentang Iguana

tentang iguana

Tentang Iguana – Iguana adalah salah satu hewan reptil yang sampai saat ini masih populer di kalangan penghobi binantang khususnya reptiler, Berbagai jenis iguana pun saat ini banyak di pelihara, mulai dari iguana lokal hingga iguana import.

Jenis jenis iguana sendiri sangat banyak untuk di jabarkan, Namun yang sering di pelihara oleh para pecinta reptil adalah jenis iguana hijau dan merah.

Sering sekali para pemula menanyakan pertanyaan mengenai reptil iguana ini khususnya di makanan iguana apa yang baik, apakah harus menggunakan lampu reptil untuk iguana ? Nah oleh karena itu satria hewan akan merangkumkan pertanyaan umum tentang iguana ini dan tentunya sudah ada jawabannya.

Iguana Hijau dan Iguana Merah menjadi sangat diminati karena harganya yang terjangkau bagi para pemula di bidang reptile ini.

Selain harga terjangkau iguana hijau dan iguana merah adalah jenis iguana yang tidak gampang stress sehingga bisa dibilang lebih mudah perawatannya daripada jenis iguana lainnya. Namun meskipun mudah yang namanya pemeliharaan tetap harus di lakukan secara teratur agar mendapat hasil yang maksimal.

Tidak hanya perawatan yang mudah iguana hijau dan iguana merah juga tidak kalah keren dengan jenis iguana lainnya. Banyak sekali teknik perawatan agar mendapatkan iguana dengan warna yang cantik, apalagi jika perawatannya dilakukan dari usia baby atau anakan, perawatan iguana baby yang baik dan benar akan menghasilkan iguana dewasa yang bagus.

 

Baca Juga : Cara Merawat Baby Iguana

 

Yuk langsung saja…

 

 

Pertanyaan Mengenai Iguana

Dari sekian banyak pertanyaan tentang iguana ini yang sering di tanyakan adalah variasi makanan iguana.

 

1. Apa saja sih variasi makanan iguana, biar iguana menjadi sehat ?

Makanan iguana sendiri di bagi menjadi beberapa kategori :

 

  • Makanan Utama, makanan utama ini adalah makanan yang sangat di sukai oleh iguana dan bisa diberikan setiap hari. Contohnya adalah sawi, kangkung, sayuran hijau lainnya. Namun banyak isu beredar bahwa kangkung ini bisa membuat warna iguana menjadi kurang baik, jadi untuk berjaga jaga sebaiknya berikan sedikit saja, jangan terlalu sering.
  • Lauk atau makanan pendamping, Makanan pendamping ini digunakan sebagai selingan agar iguana tidak bosan dengan makanan yang itu itu saja. Contohnya adalah tauge, bayam,wortel yang di parut, paprika, labu, buah-buahan(melon,pepaya,apel,avokado, dll). Berikan sekitar 2 atau 3 hari sekali bersama makanan utama.
  • Penunjang makanan, Selain makanan utama dan makanan pendamping, iguana juga membutuhkan suplemen untuk membantu pertumbuhannya, sehingga berkembang secara baik. Untuk itu bisa diberikan seperti bubuk multivitamin dan kalsium, biasanya ini tersedia di toko reptil contohnya seperti merek exoterra. Namun jika makanan utama dan pendamping sudah cukup variatif multivitamin bisa tidak di berikan. Karena jika terlalu banyak kalsium bisa berbahaya dan mengakibatkan keracunan pada iguana. Cukup berikan sedikit saja sekitar 1 kali dalam seminggu.
  • Makanan Haram, Makanan jenis satu ini 100% tidak boleh untuk iguanan, contohnya daging dan produk hewani sebab ini menyebabkan iguana terserang diabetes dan juga sakit ginjal komplikasi karena tidak dapat dicerna dan akhirnya meninggalkan residu dan memperberat kerja ginjal. Kemudian Dog food dan Cat Food ini menyebabkan penyakit yang sama seperti daging. Lalu Biji-bijian, makanan ini tidak boleh diberikan karena keras dan susah dicerna dan dapat menyumbat sistem pencernaan. Lalu susu juga tidak boleh karena tidak bisa di cerna oleh iguana

 

 

2. Bolehkah memberikan pisang pada iguana ?

Pisang adalah buah yang mengandung banyak vitamin namun juga mengandung zat tertentu yang bersifat menolak penguraian kalsium, Iguana juga tergila – gila akan buah ini, pisang ini salah satu makanan sebagai pemancing nafsu makan.

Namun pemberian pisang ini boleh jika dilakukan tidak sering dan tidak setiap hari, cukup berikan seminggu sekali saja. Karena jika rutin di berikan dikhawatirkan bisa mengakibatkan MBD/ Penyakit tulang karena kurangnya kalsium. Begitu juga bayam.

 

 

3. Apa saja makanan iguana yang bisa mempercantik warna ?

Catatan saja bahwa makanan untuk mempercerah warna bersifat hanya untuk membantu bukan mengubah warna ya. Karena Genetika tetap yang berperan paling besar dalam kualitas warna iguana .

Jadi jika ingin warna bagus lihatlah indukannya. Sama seperti Iguana hijau berubah menjadi Iguana merah, itu tidak akan mungkin terjadi ya hehe.

Makanan pencerah warna ini dalam pengaplikasiannya termasuk makanan sampingan, diberikan sebagai selingan makanan utama. Seperti Pepaya dan Mangga, ini adalah buah terbaik untuk iguanan karena mengandung vitamin lengkap dan rasa yang enak. Atau bisa juga paprika merah, dan juga wortel yang di parut.

 

4. Apa saja makanan untuk iguana yang bisa di jadikan obat ?

Beberapa jenis tumbuhan seperti daun sirih yang di masak dan digunakan sebagai air rendaman ini berfungsi sebagai antibiotik alami untuk merontokkan jamur kulit. Kalau untuk dijadikan makanan biasanya harus ada triknya yaitu disuapkan bersama dengan makanan kesukaan iguana seperti mangga atau pepaya.

Daun sirih ini berfungsi juga sebagai obat cacing. Ciri iguana yang terkena cacingan adalah susah tumbuh besar dan terlihat kurus.

Lalu ada juga biji pepaya yang di tumbuk halus lalu di taburkan di dalam makanan utama. Ini juga sebagai obat untuk iguana yang cacingan.

 

 

5. Apa yang menyebabkan penyakit MBD ?

MBD adalah penyakit yang sering menyerang iguana, MBD merupakan singkatan dari Metabolic Bone Disease, atau penyakit tulang akibat metabolisme yang salah. Biasanya disebabkan karena makanan yang dimakan tidak baik/tidak cocok/tidak bisa dicerna. Namun sebab paling utama adalah kurang nya terkena paparan sinar UVB. Sinar UVB alami adalah cahaya matahari.

Untuk beberapa reptil sepeti iguana membutuhkan sinar UVB ini untuk memproses kalsium yang masuk kedalam tubuh menjadi vitamin D3 dan baru dapat di serap oleh tubuh iguana untuk membantu pertumbuhan tulang dan pembentukan cangkang telur iguana betina.

Sisa kalsium yang berhasil di serap akan di buang melalui feses . Gejala awal jika terserang penyakit ini adalah pada bagian ujung ekor keriting, kemudian kaki belakang lemas.

 

 

6. Bagaimana mengatasi jika tidak bisa menjemur karena sibuk ?

Untuk mengatasi iguana yang kurang jemur, bisa mneggunakan lampu khusus reptil yang mengandung uva uvb. Berbagai jenis merek pun ada di indonesia, contohnya SUN GLO. Jika ingin membeli bisa menghubungi Via Nomor berikut 085815262100.

Posisikan lampu lebih tinggi 10-20cm dari kandang iguana. Namun tetap sinar matahari adalah yang terbaik. lampu uvb ini berfungsi hanya sekitar 1 tahun saja, jika lebih dari itu panasnya sangat kurang. Apabila memang tidak sempat menjemur nyalakan lampu uvb ini sekitar 7-8 jam per hari.

Selain mengandung UVB lampu Sun Glo juga mengandung UVA yang berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan reptil.

Penting! Sebaiknya matikan lampu reptil pada malam hari agar iguana bisa tidur dengan nyenyak dan tenang. Jika tidak dimatikan lampunya ini bisa membuat iguana menjadi stress karena kurang tidur. Lampu reptil berfungsi bukan sebagai penerangan malam. Ini juga merupakan salah satu sebab iguana menjadi jumpy.

Apabila ingin menggunakan pemanas di malam hari sebaiknya gunakan lampu pemanas INFRA-RED yang tidak mengganggu penglihatan mata reptile.

Itulah beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan tentang iguana. Jika para pembaca ingin menambahkan informasi baru seputar iguana bisa di tulis di kolom komentar yah.

Sekian dan terimakasih

 

 

 

Pencarian Terkait :

 

  • Jenis iguana
  • Iguana merah
  • Iguana Hijau
  • Makanan Iguana
  • Lampu untuk Iguana
  • Tentang Iguana

About author

“Semangatlah dalam hal yang bermanfaat untukmu, minta tolonglah pada Allah, dan jangan malas (patah semangat).”
Related posts
IguanaReptile

Kandang Iguana

Kura KuraReptile

Jenis Kura Kura Darat

IguanaReptile

Makanan Iguana

Kura KuraReptile

Jenis Kura Kura Air

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *