Kelinci

Jenis & Harga Kelinci Anggora

Jika kalian mendengar kata anggora pada jenis hewan pastinya langsung terbesit tentang hewan yang memiliki rambut yang panjang dan lebat, yapp benar dan salah satu hewan yang memilki jenis anggora yaitu kelinci anggora.

Kelinci anggora berasal dari Ankara, Turki dan daerah yang dikenal dengan jenis anggoranya, seperti kucing anggora dan kambing anggora. Kelinci anggora lebih berkembang jika di tempatkan pada iklim yang dingin, karena jika di temaptkan pada iklim yang dingin akan membuat warna pada kelinci menjadi lebih cerah.

 

Baca Juga : Jenis Kelinci Lucu Cocok Di Pelihara

 

Diluar Negri sana kelinci anggora sering dimanfaatkan bulunya untuk dijadikan woll, dan dagingnya dapat dijadikan bahan pangan. Biasaya bulu kelinci anggora di ambil 4-5 bulan sekali, jika di luar negri dimanfaatkan bulunya di Indonesia kelinci anggora dijadikan hewan peliharaan atau sebagai kelinci hias.

Oke langsung saja ke pembahasan mengenai jenis kelinci anggora yang terkenal di Indonesia, sebagai berikut :

 

Jenis Kelinci Anggora Yang Populer Di Indonesia

 

1. Kelinci Anggora Inggris

 

 

Kelinci anggora inggris ini merupakan kelinci yang memiliki bulu yang tebal dan lebat, anggora inggris ini memiliki pertumbuhan bulu yang sangat cepat dibanding dengan jenis kelinci anggora lain, maka dari itu jika anda ingin memelihara jenis ini harus sering merawatnya dengan cara memotong rambutnya dan menyisirnya.

Karena jika tidak maka bulu pada kelinci ini akan kusut, kalau sudah kusut maka kelinci ini bulunya sangat acak acakan dan tidak enak saat di pandang. Kelinci anggora inggris merupakan kelinci yang memilki bobot terkecil dibanding dengan jenis kelinci anggora lain, bobot kelinci ini mencapai 2,5 – 3,5 kg. Dan kelinci jenis ini kelinci yang sering diikutkan kontes bagi para pecinta kelinci.

 

2. Kelinci Anggora Perancis

 

 

Kelinci jenis anggora perancis ini memiliki tubuh yang besar, selain memiliki tubuh yang besar jenis ini memiliki berat 3,4 – 4,8 kg. Dan jenis kelinci ini mampu hidup 7-12 tahun. Kelinci anggora jenis perancis ini memiliki bulu yang tebal dan panjang namun tidak seperti kelinci anggora inggris yang memiliki bulu hingga sampai menutupi mata dan telinganya, dan pada bulunya memiliki tekstur yang kasar. Untuk perawatan kelinci jenis ini juga tidak terlalu susah.

 

3. Kelinci Anggora Giant

 

 

Kelinci jenis anggora giant ini merupakan jenis anggora raksasa yang memiliki badan sangat besar diantara jenis kelinci anggora lainnya, jenis ini memiliki berat 4.3 – 4.8 kg, dan kelinci jenis ini dapat hidup 7 – 11 tahun. Jenis ini merupakan hasil persilangan antar kelinci jenis giant dan anggora, Kelinci anggora giant juga paling sering diambil bulu dan dagingnya, karena dapat menghasilkan lebih banyak bulu dan daging. Kelinci anggora giant biasanya memiliki warna putih atau coklat cream.

 

4. Kelinci Anggora Jerman

 

kelinci anggora

 

Kelinci anggora jerman hampir mirip dengan jenis anggora inggris, seperti memiliki bulu yang halus dan tebal, hanya saja bulunya tidak setebal kelinci anggora inggris, kelinci jenis ini memiliki ukuran yang besar dan memiliki bobot 3,5 – 5,2 kg dan dapat hidup hingga 7-12 tahun, hampir sama dengan kelinci jenis lain, kelinci ini sering diambil bulunya yang dijadikan woll, tetapi di indonesia sering dijakikan keliinci perliharaan.

 

5. Kelinci Anggora Satin

 

kelinci anggora

 

Kelinci anggora satin memiliki ukuran tubuh yang sedang dan memilki berat 3.2 – 4,2 kg, kelinci jenis ini memiliki karakter lincah dan aktif karena memiliki badan yang tidak terlalu besar. Kelinci ini juga sangat sering diambil bulunya karena bulunya mudah di olah.

 

Baca Juga : Jenis Kelinci Hias dengan Harganya

 

Daftar Harga 

Jenis Umur Harga
Kelinci Anggora Inggris 2 Bulan/ekor Rp 120.000 – Rp 150.000
Kelinci Anggora Inggris 4 Bulan/ekor Rp 170.000 – Rp 310.000
Kelinci Anggora Inggris 6 Bulan/ekor Rp 300.000 – Rp 450.000
Kelinci Anggora Perancis 2 Bulan/ekor Rp 120.000 – Rp 150.000
Kelinci Anggora Perancis 4 Bulan/ekor Rp 200.000 – Rp 500.000
Kelinci Anggora Giant 2 Bulan/ekor Rp 150.000 – Rp 180.000
Kelinci Anggora Giant 4 Bulan/ekor Rp 250.000 – Rp 520.000
Kelinci Anggora Jerman 2 Bulan/ekor Rp 180.000 – Rp 300.000
Kelinci Anggora Jerman 4 Bulan/ekor Rp 270.000 – Rp 600.000
Kelinci Anggora Satin 2 Bulan/ekor Rp 190.000 – Rp 350.000
Kelinci Anggora Satin 4 Bulan/ekor Rp 280.000 – Rp 650.000

Mungkin itu saja mengenai jenis kelinci anggora dan harganya, harga diatas tidak dapat dijadikan di daerah anda, karena di setiap daerah harganya berbeda beda, tergantung dari peternaknya.

Sekian semoga dapat membantu, jika artikel ini bermanfaat bisa di simpan atau di share ke teman anda. Salam Pecinta Hewan.

About author

اَللّهُ Dulu, اَللّهُ Lagi, اَللّهُ Terus
Related posts
Kelinci

Kelinci Fuzzy Lop

Kelinci

Kandang Kelinci

Kelinci

Makanan Kelinci Agar Cepat Besar

Kelinci

Makanan Kelinci Yang Sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *