Mengenal Jenis Ikan Arwana

Related Articles




Ikan arwana adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak sekali peminatnya, jenis ikan arwana ini terdapat berbagai macam, mulai dari warna, harga dan lainnya.

Ikan ini terkenal akan warna sisik nya yang sangat menawan, dan ikan ini pasti menjadi salah satu koleksi bagi para pecinta ikan hias.

Ikan Arwana pertama kali ditemukan oleh Muller dan Schiegle pada tahun 1845 di daerah kalimantan barat. Dan ikan ini ber migrasi hingga sumatera, irian, dan kalimantan.

Nama latin dari ikan arwana adalah Scleopages sp. Seringkali di kenal sebagai ikan naga, barramundi, pla tapad, arowana dan lainnya.

Usia arwana ini ternyata bisa mencapai setengah abad. Dan selain itu jenisnya juga macam-macam. Apa saja sih jenis ikan arwana yang bisa dipelihara oleh kita??

 

Jenis Jenis Ikan Arwana

Apa saja sih jenis ikan arowana yang populer dan termahal di dunia serta bisa dipelihara?

Ikan arowana ini termasuk jenis ikan agresif dan angkuh, namun selain itu ikan ini juga termasuk ikan paling indah, karena terdapat berbagai macam warna dan corak yang dimiliki.

Jenis Jenis ikan arowana sendiri ada banyak sekali namun ikan arwana yang paling terkenal antara lain adalah:

  • Super red
  • Silver
  • Platinum
  • Golden Red
  • Golden Pino
  • Dll

Untuk lebih jelasnya Yuk terus simak hingga akhir artikel ini…..

 

Jenis Ikan Arwana Super Red

jenis ikan arwana




Arowana jenis ini adalah jenis ikan yang memiliki warna merah super, ikan ini berasal dari Indonesia, dan menjadi salah satu ikan arowana termahal di asia.

Kamu bisa dengan mudah menjumpai ikan arwana super red di daerah kalimantan barat seperti sungai kapuas, atau danau sentarum.

Namun kamu juga bisa nih menjumpai ikan ini di berbagai daerah, karena sudah cukup banyak para pencinta ikan hias khususnya arwana ini melakukan pengembangbiakan.

untuk kategori ikan super red sendiri dibagi menjadi 4 kelompok yaitu

  • Merah Cabe (Chilli Red)
  • Merah Orange (Orange Red)
  • Merah Darah (Blood Red)
  • Dan Merah Emas (Golden Red)

Jenis jenis diatas diberi golongkan menjadi satu kedalam jenis ikan arwana super red. Jadi yang dimaksud dengan super red adalah ikan dengan jenis warna yang kemerahan seperti merah cabe atau darah.

Warna Merah ini terdapat pada sirip, dayung, sungut, hingga Ekor. Warna ini akan tampak sangat jelas pada usia 3-4 tahun dan ketika ukurannya mencapai 25 cm, Ring akan nampak dan ring tersebut akan berwarna mengkilat di pinggiran sisik.

Para pecinta ikan arwana, menemukan sebuah cara agar warna merah ini cepat muncul yaitu dengan melakukan tanning.

tanning adalah pemberian makanan yang bagus dengan menempatkan ikan arwana pada sebuah kolam yang langsung terkena sinar matahari.

 

 

Jenis Ikan Arwana Cross Back Golden

ikan arwana cross back golden

Ikan arwana jenis ini berasal dari malaysia. Ikan arwana yang masuk kedalam jajaran ikan termahal didunia ini tidak jauh berbeda cirinya dengan ikan arwana golden red.

Yang membedakan disini adalah bentuk tubuh dan corak pada punggung ikan ini.

Ciri khas dari ikan ini adlaah warna emas dari kepala hingga ekornya dan di bagian ujung sirip ekor ikan cross back golden ini terdapat warna merah kehijauan.

Harga ikan ini termasuk kategori mahal karena perekornya bisa mencapai 5 – 15 juta rupiah.

 

Ikan Arwana Silver

jenis ikan arwana

Arwana silver ini terkenal di indonesia, asal dari ikan ini adalah brazil. Ikan ini cukup diminati oleh para pemula yang ingin belajar memelihara ikan arwana.

Karena harga ikan arwana silver yang sedikit lebih terjangkau. Walaupun begitu ikan ini tidak kalah cantik dengan jenis lainnya. Keindahannya akan lebih terlihat ketika ukurannya mulai besar. Ukurannya bisa mencapai 50 cm – 90 cm.

Ikan arwana silver ini selain terkenal karena harganya yang lebih terjangkau, ia juga terkenal karena sifatnya yang agresif, mampu melompat, dan inilah yang membuatnya dijuluki sebagai ikan monyet.

Mungkin jika kamu pemula kamu akan kaget dengan karakter si ikan jenis silver ini, namun ini tantangan tersendiri tentunya.

Jadi sediakan saja akuarium yang cukup besar sehingga ikan leluasa untuk berenang dan bergerak.

 

Ikan Arwana Golden Red

golden red

Ikan arwana golden red adalah ikan arwana yang memiliki karakter agresif, hampir sama dengan karakter ikan arwana silver.

Asal ikan ini dari Indonesia khususnya daerah pekanbaru, sumatera. Jenis nya sendiri terbagi menjadi 3 yaitu Blue Base, Green Base dan Gold Base.

Harga ikan ini cukup tinggi karena ikan ini termasuk jenis ikan arwana keluarga osteoglossidae.

Meskipun harganya yang melambung tinggi, ikan arwana jenis ini tetap menjadi primadona dikalangan para pecinta jenis ikan ini.

Kamu bisa menemukan ikan ini di 4 benua yaitu asia, afrika, australia dan amerika selatan.

 

Ikan Arwana Irian

arwana jardani

Jenis selanjutnya, salah satu ikan arwana paling digemari di masyarakat adalah arwana jardani atau lebih dikenal sebagai arwana irian.

Tapi perlu diketahui, bahwa asal dari ikan ini adalah australia bukan dari irian. Namun ikan arwana ini lebih mudah dijumpai disekitar perairan sungai kabupaten merauke hingga provinsi papua.

Maka dari itu ikan ini lebih dikenal sebagai arwana irian. Yang unik dari ikan ini adalah warnanya yang memiliki 2 jenis warna, yaitu warna dasar gelap dan satunya lebih terang.

Untuk ikan arwana irian dengan warna gelap adalah Scleropages Jardani sedangkan yang lebih terang adalah Scleropages Leichharti.

Namun secara umum warna dari ikan ini adalah coklat dengan bintik bintik keemasan pad bagian tengah tubuh, kepala, sirip hingga ekornya.

 

Jenis Ikan Arwana Platinum

arwana platinum

Ikan arwana platinum ini memang sangat awam terdengar, namun jenis satu ini masuk kedalam jenis ikan arwana dengan harga termahal. Harga jual nya bisa mencapai 200 juta per ekornya.

Ikan ini berasal dari Amazon brazil, Ciri khas dari ikan ini adalah warna silver yang putih dan sangat indah.

Banyak orang mengira bahwa arwana platinum adalah arwana silver padahal ini berbeda sekali.

 

Ikan Arwana Red Banjar

red arwana banjar

Ikan red banjar adalah jenis ikan yang berasal dari sungai kapuas dan barito.

Ciri dari ikan ini sebenarnya hampir sama dengan ikan arwana super red. Yang membedakan adalah corak warnanya. Dimana ikan arwana red banjar ini memiliki kombinasi warna kuning dan silver pada sisiknya.

Harga ikan ini lebih terjangkau dari harga arwana platinum, yaitu sekitar 2-10 juta. Termasuk Mahal untuk sejenis ikan hias bukan??

 

Ikan Arwana Golden Pino

golden pino

Berikutnya adalah ikan arwana golden pino. Ikan ini merupakan ikan yang berasal dari myanmar, kambodja, thailand dan Indonesia.

Di Indonesia ikan ini bisa kita jumpai di sungai-sungai kalimantan. Ciri khas dari ikan jenis golden pino ini adalah warna emas bercampur gradasi warna hijau yang dimulai dari kepala hingga ekornya.

Harga dari ikan golden pino ini bisa mencapai 3 – 8 juta rupiah per ekornya.

 

Itulah jenis jenis ikan arwana yang populer dan termahal didunia….

Tertarik memelihara ikan arwana diatas???

Semoga bermanfaat informasi ini

Terima Kasih




More on this topic

Berita sebelumyaIkan Guppy
Berita berikutnyaIkan Arwana Super Red

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Popular stories

Makanan Burung Parkit Yang Dilarang

Makanan Burung Parkit Yang Dilarang - Burung Parkit adalah burung pemakan biji-bijian, burung ini sangat menyukai yang namanya milet. Mulai dari Milet merah, Milet...

Jenis Kucing Persia

Apa itu kucing persia? Sudah tahukah kamu tentang jenis jenis kucing persia ini? Dan bagaimana sih sejarah kucing persia ini....? Kucing adalah salah satu spesies...

Cara Memelihara Tupai Terbang

Tupai terbang sekarang banyak yang menjadikan hewan ini sebagai hewan peliharaan, karena kelucuannya dan badannya yang mungil membuat para pecinta hewan ingin memeliharanya, lalu...