IguanaReptile

Mengenal Jenis Iguana

jenis iguana

Iguana merupakan salah satu reptil yang cocok untuk dijadikan hewan peliharaan. Ia merupakan marga kadal yang hidup di daerah tropis dan memiliki jenis yang berbeda beda. Menurut Penelitian yang di kutip dari Wikipedia Indonesia Istilah iguana sendiri diketahui kemungkinan berasal dari bahasa Taino (Suku Asli Amerika) yaitu “Iwana” yang memiliki arti kadal-kadal ini.

Untuk ukuran tubuh Iguana dewasa bisa mencapai 1.5 sampai 1.8 meter. Bentuk Iguana sendiri mirip dengan monster fiksi Godzilla, namun ini versi mininya. Iguana memiliki ciri khas jambul yang bentuknya seperti jambul pada ayam jantan, namun ini terdapat di bagian bawah rahangnya. Ia juga memiliki sisik berbentuk duru dari leher atas sampai ekornya.

 

 

Pada bagian kepala terdapat organ yang berbentuk seperti mata, namun itu bukan lah mata tapi organ yang berfungsi untuk menganalisa cahaya di sekitarnya. Tubuh iguana akan berubah menjadi hitam ketika ia membutuhkan cahaya untuk tubuhnya. Selain itu ia juga termasuk hewan herbivora.

Sekarang ini Iguana menjadi salah satu hewan peliharaan, bahkan sudah banyak komunitas iguana di indonesia. Dan ternyata hobi memelihara iguana sukses menghasilkan uang lho.

Merasa ingin mencoba memelihara hewan satu ini ?

Simak dulu gan artikel berikut, Apa saja sih jenis-jenis iguana dan makanannya.

Mari kita ke Bab-1 Terlebih dahulu untuk melihat jenis iguana tersebut.

 

jenis jenis iguana

 

Hewan Peliharaan “Si Cantik Iguana”

 

1. Iguana Hijau (Green Iguana)

 

iguana hijau

 

Iguana Hijau merupakan salah satu iguana yang paling banyak dipelihara, karena warna hijau yang cantik cerah ketika di pandang menenangkan. Binatang satu ini juga jinak tidak mudah menggigit, perawatan nya juga gampang nggak banyak neko-neko.

Selain itu Harga Iguana Hijau sendiri termarsuk iguana yang paling murah dari pada iguana jenis lainnya. Sudah banyak juga para breader iguana hijau yang sukses menghasilkan pundi pundi uang.

Oleh karena itu hewan satu ini tidak termasuk hewan dilindungi sehingga banyak yang menjualnya mulai dari online shop, petshop, dan para komunitas pecinta iguana sendiri.

Harga anakan iguana hijau sendiri berkisar dari 450 ribu hingga jutaan rupiah, karena harga iguana sendiri di tentukan berdasarkan ukuran iguana tersebut. semakin besar biasanya harganya semakin tinggi.

 

2. Iguana Merah (Red Iguana)

 

iguana merah

 

Iguana Merah juga termasuk jenis iguana yang banyak peminatnya, sama halnya dengan iguana hijau, namun karakter iguana merah ini lebih agresif, karakternya yang lincah dan suka bertahan, membuat sang majikan si merah ini merasakan kibasan ekornya.

Jenis iguana merah sendiri tergolong menjadi 2, yaitu :

a. Iguana Super Red

 

iguana merah super

 

Iguana Super Red adalah iguana dengan warna merah yang sangat mecolok dan terang di bagian tubuh hingga pangkal ekor, untuk bagian ekornya semua iguana terdapat lingkar cincin berwarna hitam sampai ujung ekor.

b. Iguana Red Mix

 

iguana red mix

 

Iguana Red Mix adalah iguana persilangan antara green iguana dan red iguana. Persilangan ini menjadikan terdapat 2 warna yaitu merah dan hijau pada bagian tubuhnya.

Harga iguana merah ini masih termasuk harga standart yang berkisar dari 600 ribu hingga jutaan rupiah. Untuk Red mix Iguana sendiri biasanya harganya lebih murah dari harga iguana Super Red.

 

3. Iguana Biru (Blue Iguana)

 

Iguana Blue

 

Blue Iguana adalah iguana yang sudah di klaim sebagai hewan punah, hewan satu ini hanya bisa di jumpai di alam liar yang berkisar hanya tinggal 10-25 ekor saja. Hewan yang berasal dari karibia pulau grand cayman. Namun saat ini ia di hapus dari species kepunahan karena saat ini jumlahnya sudah sangat banyak sekitar 800 ekor, hal ini tidak di dapat dengan mudah karena ini berkat mengikuti program pemulihan. Dan saat ini syukurnya di indonesia sendiri sudah banyak yang menangkarkan jenis iguana ini

Iguana biru ini menurut saya adalah hewan yang cool tapi cantik, warna birunya yang cerah menambah cantik dirinya. Sangat cocok iguana biru kecil untuk display kamar.

Harga iguana biru ini termasuk menengah ke atas karena untuk anakannya sendiri dengan ukuran 30 cm, harganya mencapai Rp 3.500.00,00, fantastis kan, jadi siapkan tabungan dulu ya kalau mau pelihara si reptil ini.

Tapi kalau mau versi murah nya juga ada gan. yaitu :

a. Iguana Blue Diamond

 

diamond blue iguana

 

Iguana ini merupakan iguana yang memiliki warna campuran hijau dan biru, dengan dominasi warna dasar hijau, semakin memperjelas keindahan hewan ini. Di namakan diamon karena pada bagian kepalanya terdapat warna biru terang yang menutupi warna kehijauannya sehingga berwarna seperti diamond biru.

Untuk harga iguana blue diamond anakan sendiri dibandrol dengan harga 600 ribu dan ada juga yang 500 ribu, silahkan cari yang termurah dan pandai-pandai bernegosiasi.

 

4. Iguana Albino (Albino Iguana)

 

iguana albino

 

Iguana Albino adalah iguana dengan harga yang fantastis, siapkah kamu untuk mengocek hartamu ?

Reptil yang satu ini memiliki ciri special yaitu warna kuning cerah yang menyala seperti warna stabilo, di tambah dengan warna mata yang merah menambah kesan cool nya.

Untuk perawatan albino iguana ini sama seperti dengan iguana lainnya, namun yang perlu diperhatikan adalah cahaya, karena iguana albino lebih sensitive terhadap cahaya.

Jadi ketika menjemur sang iguana albino ini di butuhkan waktu sekitar 10-15 menit saja.

Harga Iguana albino adalah harga yang paling WAHHHH. Untuk anakan usia enam bulan saja harga nya sudah 9 juta rupiah gan, dan untuk ukuran 1.5 meter harganya mencapai 45-50 juta, tepuk tangan ….

Itu untuk harga pejantan dewasa nya, karena iguana betina harganya lebih mahal ya. Belum lagi kalau sudah menang lomba, bayangkan saja bisa sampai ratusan juta.

Itulah beberapa jenis iguana yang menurut saya cocok untuk di jadikan hewan peliharaan, tidak hanya menjadi peliharaan malah, ketika agan-agan bisa mengembangkannya menjadi peternak iguana, ini merupakan prospek besar untuk menghasilkan pundi-pundi uang.

Baca Juga : Ciri – Ciri Kandang Iguana Yang Baik dan Sesuai 

 

Perawatan Dan Makanan Iguana Yang Baik

 

1. Perawatan Iguana

 

Merawat iguana itu tidak susah tapi juga tidak gampang hehehe

Pengalaman saya selama ini pemberian makan yang cukup, penjemuran yang baik, dan kandang yang bersih dan nyaman itu kunci suskes memelihara iguana.

Dalam perawatannya iguana harus di jemur, karena iguana merupakan hewan berdarah dingin sehingga mereka tidak bisa menghasilkan kehangatan tubuh sendiri, jadi setidaknya jemurlah sekitar 10-20 menit setiap hari supaya iguana bisa mencerna makanannya.

Kemudian untuk menjaga kulit iguana tetap terang dan mulus, sebelum di jemur, mandikan terlebih dahulu. Usahakan setiap hari ya.

 

2. Makanan Iguana

 

makanan iguana

 

Makanan iguana berupa sayuran hijau seperti, Sawi, Kangkung, Pokcay, Bayam, kemudian Wortel, Kecambah, dan juga buah-buahan segar seperti pisang, anggur, jeruk dan masih banyak lagi

Agar warna iguana tetap cerah dan elegan berikanlah wortel yang banyak.

Untuk menjaga agar iguana tetap sehat aturlah komposisinya, dengan mengatur komposisi juga bisa mempercepat proses pertumbuhan iguana.

berikanlah komposisi :

  • Sayuran kuning dan kacang-kacangan seperti labu, wortel atau kacang hijau sebanyak 45 %
  • Sayuran Hijau seperti sawi sebanyak 40 %
  • Tambahkan Buah sebanyak 10 %
  • Tambahkan protein dari tumbuhan lain sebanyak 5%

 

makanan iguana anakan

Untuk makanan iguana baby sama seperti yang disebutkan diatas, tapi alangkah baiknya cincanglah terlebih dahulu makanan tersebut menjadi kecil – kecil untuk mempermudah iguana baby mencerna makanannya sehingga tidak tersedak. Pengalaman dari para reptiler iguana ketika iguana baby di beri makanan yang tidak di potong menjadi kecil-kecil iguana menjadi tersedak dan ini bisa berakibat kematian bagi si iguana.

 

Baca Juga : Cara Merawat Baby Iguana

 

Kesimpulan

 

Iguana merupakan reptile yang bisa dipelihara di rumah, Perawatan yang baik dan tepat pada iguana bisa membuat iguana lebih sehat dan memiliki warna yang cerah.

Itulah penjelasan singkat mengenai jenis-jenis iguana dan makanan iguana.

Jadi, jika kamu tertarik memelihara iguana, berikanlah perawatan yang baik ya ? Tidak hanya iguana saja tetapi hewan peliharaan yang lain juga. Selalu sayangi mereka ya ?!

Tunggu Artikel kami berikutnya jangan lupa subscirbe & share ya…

 

About author

“Semangatlah dalam hal yang bermanfaat untukmu, minta tolonglah pada Allah, dan jangan malas (patah semangat).”
Related posts
IguanaReptile

Kandang Iguana

Kura KuraReptile

Jenis Kura Kura Darat

IguanaReptile

Makanan Iguana

IguanaReptile

Pertanyaan Tentang Iguana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *