Baca Ebook Mengenal Burung Parkit, Free!

AquascapeIkan

Ikan Hias Aquascape

ikan hias aquascape

Aquascape merupakan aquarium yang di hias seperti habitat asli untuk ikan hias, biasanya di dalam aquascape terdapat material seperti batu, tanaman, pasir, dan ikan hias yang menghuni aquascape.

Jika ikan yang menghuni aquascape, maka kamu harus pilih lah jenis ikan hias yang sesuai dengan dekorasi aquascape mu jika kamu membuat aquascape dengan dekorasi laut maka pilihlah jenis ikan air laut

Sebelum masuk ke jenis ikan aquascape perlu diketahui nih, jenis ikan air laut yang dapat di jadikan marine scape atau bahasa untuk aquarium dalam lautnya.

Jenis Ikan Hias Air Laut

 

1. Ikan Hias Clown Fish

 

 

Ikan hias clown fish atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan ikan badut, ini merupakan jenis ikan yang banyak dipelihara oleh para pecintan hewan khususnya pecinta ikan hias. Ikan badut merupakan ikan yang mudah beradaptasi, sifatnya yang pemalu membuatnya menambah kesan lucu pada dirinya, ikan badut sendiri memiliki warna corak putih dan orange, Karena ikan badut suka sekali bersembunyi, maka apabila kamu ingin memelihara ikan badut sebaiknya siapkan karang juga, karena ikan badut suka bersembunyi di karang-karang.

 

2. Ikan Hias Butterfly Fish

 

butterfly fish

 

Ikan Hias Butterfly fish merupakan ikan yang sangat mudah untuk dipelihara, oleh sebab jenis ikan hias ini sering disarankan untuk dipelihara bagi para pemula, ikan butterfly fish ini memili warna tubuh kuning cerah dan garis-garis pada tubuhnya sehingga mirip sekali dengan sayap kupu-kupu. Ikan yang dikenal sebagai ikan indikator kesehatan terumbu karang ini juga tidak kalah lucu dengan jenis ikan laut lainnya.

 

3. Ikan Hias Dotty Back

 

dottyback fish

 

Ikan dottyback adalah ikan hias penghuni terumbu karang, ikan hias dotty back sendiri juga termasuk ikan laut yang mudah dipelihara, cocok untuk para pemula aquascape. Ikan yang memiliki nama latin pseudochromidae ini memiliki warna yang cantik dan unik karena pada bagian depan ikan ini berwarna ungu violet hingga tengah tubuhnya dan tengah tubuhnya hingga belakang berwarna kuning. Untuk makanannya ikan ini sering memakan udang kecil.

 

4. Ikan Hias Yellow Tang

 

yellow tang

 

Ikan Hias Yellow Tang merupakan ikan hias yang mudah juga untuk menjadi peliharaan, selain itu ikan ini juga agresif, ikan yang terkenal aktif. Ikan ini memiliki nama ilmiah zebrasoma flavenscens dapat tumbuh hingga 20 cm. Seperti namanya Yellow tang memiliki warna tubuh kuning cerah. Ikan ini senang sekali memakan rumput laut dan alga. Meskipun mudah dipelihara ikan ini harus di perhatikan dalam pemberian makanan karena harus memiliki makanan yang mengandung nutrisi, dan juga parameter air yang stabil serta rendah nitrat.

 

5. Ikan Hias Blue Tang

 

ikan dori

 

Ikan Hias Blue Tang adalah saudara dari yellow tang, tahu kan film animasi “Finding Nemo” ? Ya Blue Tang ini adalah karakter ikan Dori pada film tersebut. Ikan ini memiliki nama paracanthurus hepatus atau lebih dikenal sebagai ikan botana. Bagaikan di film dalam realitanya Blue Tang ini bisa bersahabat baik dengan ikan Badut, jadi jika kamu ingin memelihara ikan badut dan ikan botana itu tidak mengapa.

 

6. Ikan Hias Doctor Fish

 

doctor fish

 

Ikan Hias air yang terakhir adalah doctor fish, ikan ini merupakan ikan hias yang cocok dengan berbagai ikan hias lainnya, selain itu doctor fish juga mampu membersihkan jamur parasit pada ikan lainnya maka dari itu ikan ini dipanggil doctor fish karena mampu menyembuhkan jamur pada ikan ikan.

Nah itu adalah jenis ikan hias air laut yang bisa di pelihara, ikan hias tersebut juga cocok untuk para pemula aquascape.

Baca Juga : 10 Hewan Peliharaan Lucu Yang Bisa di Pelihara

 

Namun apabila dekorasi mu adalah air tawar seperti danau maka pilihlah jenis ikan hias air tawar.
Berikut rekomendasi ikan hias air tawar terindah untuk aquascape mu  :

 

Jenis Ikan Hias Air Tawar

1. Ikan Hias Neon Tetra

 

neon tetra

 

Ikan hias neon tetra adalah primadona bagi para pecinta aquascape, sangat sering sekali di jumpai di para kalangan penghobi aquascape ikan neon tetra ini. Ikan hias neon tetra memiliki ukuran tubuh sekitar 4-5 cm saja, ia memiliki warna seperti neon yaitu silver merah dan biru, sangat cantik jika di terkena cahaya LED aquascape. Untuk usianya bisa mencapai 4-5 tahun saja. Dalam perawatan ikan neon tetra ini yang harus di perhatikan adalah suhu air yang sebaiknya sekitar 20-27 derajat celcius.

 

2. Ikan Hias X-ray Prisella Tetra

 

x-ray tetra

 

Ikan hias satu-satunya keluarga prisella ini adalah ikan cantik selanjutnya, tidak kalah cantik dari ikan tetra lainnya. Ikan x-ray tetra ini juga sangat cocok untuk dipelihara karena tubuhnya yang tidak terlalu sensitive seperti ikan tetra lainnya, ia memiliki warna tubuh yang transparant, maka apabila terkena cahaya, tubuhnya akan tembus pandang terkena paparan cahaya lampu. keren bukan. Gimana mau memelihara ?

 

3. Ikan Hias Black Tetra

 

ikan hias black tetra

 

Black tetra adalah jenis keluarga tetra yang berasal dari benua america. Ikan ini berwarna silver dan hitam, serta memiliki tubuh yang pipih. Ikan black tetra sendiri adalah jenis ikan hias kecil yang memiliki daya tahan tubuh yang kuat, dan ukuran ikan hias ini sekitar 7,5 cm. Agar menjaga tubuh black tetra tetap sehat sebaiknya suhu air tidak lebih dari 28 derajat celcius, saran saya sekitar 20-26 derajat celcius. Apabila kamu ingin memelihara ikan black tetra sebaiknya campurkan dengan keluarga tetra yang lainnya, dan jangan sekali – sekali di campurkan dengan ikan bersirip panjang.

 

4. Ikan Hias Cardinal Tetra

 

ikan hias cardinal tetra

 

Ikan hias cardinal tetra adalah saudara dekat dari neon tetra, warna nya yang hampir mirip dan ukuran tubuhnya yang hampir mirip juga meskipun agak sedikit lebih kecil sekitar 2,5 – 4,5 cm. Ikan hias ini tidak cocok untuk para pemula aquascape karena ikan cardinal tetra ini sangat sensitive terhadap parameter air, suhu air dan makanan. Jika ada perubahan pada air atau suhu maka ikan cardinal tetra ini bisa terserang stress bahkan kematian.

 

5. Ikan Hias Molly

 

ikan hias black molly

 

Ikan hias molly adalah ikan hias yang cukup populer di kalangan para pecinta ikan, ikan bertubuh mungil ini sangat mudah di kembangbiakan dan cukup mudah dalam perawatannya, kalau boleh saya bilang ikan molly ini adalah ikan yang qonaah, menerima apa adanya hehe, harga ikan molly sendiri cukup murah, dengan uang 5000 ribu saja kamu sudah bisa mendapatkan ikan molly ini, jenis ikan molly pun bermacam-macam ada ikan molly sailfin, yucatan, sphenops, dan masih banyak lagi. Karakter ikan ini kalem, lembut dan tidak banyak menuntut.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Burung  Parkit, Komplit !

6. Ikan Hias Platy

 

ikan hias platy

 

Ikan hias platy adalah ikan hias yang bisa di coba untuk para pemula, ikan hias platy ini juga cantik dan mudah perawatannya serta mudah pula berkembangbiaknya. Para pecinta ikan juga menyarankan memelihara ikan platy ini dalam aquascape karena ia memiliki warna yang cerah dan merona, sangat cocok untuk menambah kesan indah aquascape kamu. Jenis ikan platy ini juga ada banyak di antaranya ada ikan platy koral, mickey mouse, sunset dan lainnya. Untuk karakter, ikan platy ini adalah jenis ikan yang bersahabat, jadi cocok deh buat kamu yang ingin memelihara ikan ini dengan ikan lainnya seperti neon tetra atau molly.

 

7. Ikan Hias Guppy

 

ikan hias guppy

 

Ikan Hias guppy adalah jenis ikan hias kecil yang memiliki warna tubuh beraneka warna, ada yang memiliki warna putih bercorak, hitam, abu-abu, hingga warna tiger, ikan guppy ini termasuk ikan yang lembut terhadap ikan lainnya, meskipun mirip dengan ikan cupang, ikan guppy ini tidak sama dengan cupang yang suka menggigit ikan lainnya, Ikan guppy cenderung lebih bersahabat. Dalam merawat ikan guppy yang paling penting adalah parameter suhu air yang bagus yaitu sekitar 15-27 derajat celcius.

 

8. Ikan Hias Zebra

ikan hias zebra

 

Ikan hias danio zebra atau lebih dikenal zebra, memiliki warna corak pada tubuhnya seperti zebra, ikan ini adalah ikan yang sangat aktif bergerak, ia suka berada di perairan bagian atas, dan yang lebih parahnya lagi ikan ini suka meloncat, jadi jika ingin memelihara ikan zebra lebih baik aquascapenya diberi sedikit penutup.

 

9. Ikan Hias Harlequin Rasbora

 

harlequin rasbora

 

Ikan harlequin rasbora adalah jenis ikan yang cocok untuk aquascape kecil hingga besar. Ikan hias ini sangat senang apabila memiliki kawanan, ia akan berenang ke tepi satu dan kelainnya secara bersamaan, istilah kerennya adalah shcooling. Namun perlu diperhatikan juga, ikan harlequin rasbora ini juga sering meloncat. Jadi sebaiknya beri penutup pada aquascape mu jika ingin memelihara ikan jenis rasbora ini.

 

10. Ikan Hias Rummy Nose Tetra

 

nose tetra

 

Ikan Rummy Nose Tetra yang memiliki nama ilmiah Hemmigramus rhodostomus ini adalah ikan yang berasal dari amerika selatan. Ikan ini salah satu ikan populer untuk aquascape. Ia memiliki warna silver dengan gradasi hijau serta warna hidung merah, membuat ikan ini terlihat sangat menawan. Ukuran tubuh ikan ini adalah 5 cm. Ikan jenis rummy nose tetra ini juga mudah dipelihara loh.

Nah itulah jenis jenis ikan hias yang bisa kamu pelihara untuk aquascape kamu, semoga bisa membantu kamu dalam menentukan ikan hias yang ingin kamu miliki ya…

Jangan lupa juga share artikel ini ya…

Sekian dan Terima Kasih …

Sampai jumpa lagi.

pencarian artikel yang sama :
  • Jenis ikan hias
  • jenis ikan hias air tawar
  • jenis ikan hias air laut
  • jenis ikan hias kecil
  • jenis jenis ikan hias
  • jenis ikan hias aquascape
  • harga aquascape 2019
  • harga ikan hias

About author

“Semangatlah dalam hal yang bermanfaat untukmu, minta tolonglah pada Allah, dan jangan malas (patah semangat).”
Related posts
Aquascape

Cara Membuat Aquascape

Ikan

Ikan Arwana Super Red

Ikan

Mengenal Jenis Ikan Arwana

Ikan

Ikan Guppy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *