Baca Ebook Mengenal Burung Parkit, Free!

BurungBurung Lovebird

Cara Ternak Lovebird

cara ternak lovebird

Cara Ternak Lovebird – Berternak adalah salah satu cara untuk mengisi luangnya waktu, dan ini juga adalah salah satu hal yang bisa dijadikan sebagai tabungan jangka panjang.

Salah satu ternak yang paling banyak adalah jenis burung, terutama burung lovebird, meskipun harga lovebird sedang turun, namun masih banyak yang menyukai burung ini.

Kenapa? Karena burung lovebird adalah burung yang lucu, mudah jinak, pintar berkicau dan salah satu burung paling setia.

Jadi ketika kamu memiliki lovebird yang sudah berpasangan, maka akan sulit untuk si lovebird pindah kelain hati. Inilah kenapa diberi nama lovebird atau burung cinta.

Saat ini lovebird menjadi pilihan para kolektor burung untuk mulai dikembang biakkan dengan cara diternakkan. Cara ternak lovebird ini terus dikembangkan sehingga bisa menghasilkan burung yang lebih bagus dari generasi sebelumnya.

Semakin bagus dan semakin langka serta memiliki ciri tersendiri, burung lovebird akan semakin mahal harganya.

Apalagi jika ditambah dengan suaranya yang ngekek dan ditambah ukurannya yang proporsional. Semakin melambunglah harga burung tersebut.

Kunci mendapatkan burung lovebird yang baik adalah dengan mengikuti cara ternak lovebird yang baik, sehingga kamu akan tahu secara lengkap bagaimana cara ternak lovebird hingga semua telur menetas dan menhasilkan anakan yang bagus dan tahan terhadap penyakit.

Untuk itulah pemilihan indukan harus dipertimbangkan dalam melakukan ternak lovebird ini. Agar nantinya dapat menghasilkan keturunan yang bagus dan berkualitas.

 

Panduan Cara Ternak Lovebird Untuk Menghasilkan Burung Lovebird Dengan Kualitas Premium

Dengan perbandingan dengan jenis burung lainnya, burung paruh bengkok memiliki ukuran yang lebih kecil, Karena inilah banyak orang yang berminat untuk berternak burung lovebird.

Selain itu, perawatan lovebird adalah perawatan yang mudah, dan juga tahan terhadap perubahan cuaca serta berbagai hama dan penyakit.

Ternak lovebird bagi pemula ini kamu bisa memulainya dengan beberapa pasang terlebih dahulu seperti 2 pasang hingga 3 pasang.

cara ternak lovebird

 

Cara Ternak Lovebird Bagi Pemula

Meskipun kamu adalah seorang pemula dalam berternak burung, khususnya burung lovebird, tetapi kamu juga bisa mendapatkan burung lovebird yang berkualitas.

Bagaimana caranya?

1. Pertama, perhatikan indukan yang akan kamu gunakan.

2. Pastikan juga, postur tubuh betina besar dan lebih besar dari pejantannya.

3. Kamu harus tahu bahwa burung tersebut adalah jantan dan betina, untuk kepastiannya kamu harus mengecek secara detail, karena terkadang terdapat penjual yang kurang jujur dalam menjual burung lovebird ini.

4. Pilih indukan betina dengan usia kurang lebih 1 tahun. Semakin dewasa semakin baik, pilih juga indukan betina dengan suara yang bagus, dan pilih pada indukan jantan dengan postur tubuh yang bagus.

5. Untuk makanan, kamu bisa menggunakan millet merah, putih, dan kuaci yang dicampurkan dengan perbandigan 4:1:1.

Untuk menambah birahi pada lovebird, kamu bisa membuat extra fooding khusus seperti menambahkan jagung, tauge, dan lainnya. Sehingga burung lebih bergairah dan cepat bertelur.

Lalu bagaimana cara ternak lovebird yang benar dan sesuai??

 

 

Cara Ternak Lovebird Yang Benar

kandang ternak

Dalam ternak lovebird kamu harus memperhatikan beberapa hal penting, sehingga akan membuahkan hasil yang memuaskan.

Berikut ini beberapa hal penting tersebut:

 

1. Siapkan Kandang Ternak Lovebird

Untuk memulai ternak, hal yang terpenting disini adalah tempat atau kandangnya.

Banyak para peternak menggunakan kandang ideal yaitu 60 x 44 x 44 cm dan menempatkannya pada satu kandang dalam bentuk box home.

Jangan lupa juga siapkan beberapa ranting, serut kayu dan glodok untuk tempat lovebird bertelur.

Secara naluri lovebird akan menghiasi sarangnya sendiri.

 

2. Membeli Indukan Lovebird

Untuk bisa berternak hal yang paling penting selanjutnya adalah indukan, belilah beberapa pasang indukan yang berkualitas, dan pastikan juga bahwa jenis kelamin nya berbeda.

perbedaan jantan dan betina burung lb

Ciri – Ciri Lovebird Jantan :

  • Ketika bertengger posisi kaki LB jantan akan lebih rapat dan tidak terlalu berjarak.
  • Ujung sayap dari LB jantan akan bersatu dan membentuk huruf V
  • Pada bagian tulang pubis akan terasa lebih keras dan jaraknya lebih kecil atau sempit ketika diraba
  • Ekor LB jantan lebih runcing bentuk ujungnya
  • Paruh LB jantan lebih kecil dan runcing
  • Lubang hidung LB jantan membentuk oval dan memanjang.
  • Postur tubuh lebih terlihat ramping dan bentuk bulu kurang tegas.
  • Warna bulu yang mencolok dan kontras.

Ciri – Ciri Lovebird Betina:

  • Posisi kaki LB betina saat bertengger akan lebih renggang dan berjarak lebar.
  • Memiliki ujung sayap yang tidak menyatu.
  • Ujung sayap tersebut membentuk huruf “u”.
  • Ekor LB betina akan lebih rata.
  • Paruhnya berbentuk lebih lebar dan besar dibandingkan LB jantan.
  • Memiliki lubang hidung yang berbentuk bulat.
  • Tulang pubis yang lembek dan elastis serta berjarak
  • Warna bulu kusam
  • Postur tubuh lebih besar dan bentuk bulu lebih tegas.

 

3. Proses Penjodohan Burung Lovebird

penjodohan burung lb

Proses penjodohan sendiri akan berlangsung cepat, maksimal satu bulan, maka si betina akan bertelur. Cara penjodohan ini terdapat berbagai macam diantaranya adalah dengan memperkenalkan antara si betina dan si jantan.

Caranya yaitu dengan mendekatkan kedua indukan tersebut agar saling mengenali satuj sama lain.

Kamu bisa menjemur bersama. Dalam proses ini sebaiknya jangan campur terlebih dahulu burung lovebird nya, karena bisa membuat burung berkelahi, yang akhirnya mengakibatkan luka dan trauma.

Ketika burung mau bersiul dan bersaut-sautan maka ini salah satu tanda bahwa lovebird tersebut sudah saling mengenali.

Tanda lain bahwa lovebird kamu sudah siap untuk di kembangbiakan adalah seperti betina yang merentangkan sayapnya seperti bentuk pesawat. Dan si pejantan yang akan menggosokkan pantatnya ke sangkar.

Silahkan satukan kedua lovebird tersebut. Cek apakah lovebird tersebut cocok atau tidak. Jika cocok maka lovebird tersebut telah berjodoh, namun sebaliknya jika terjadi perkelahian, sebaiknya langsung dipisahkan.

 

4. Makanan Lovebird Agar Cepat Berkembangbiak

makanan burung LB

Untuk membuat lovebird berkembang biak kamu juga harus teratur dalam memberikan makanan yang memiliki protein tinggi seperti:

  • Kangkung
  • Jagung Muda
  • Tulang Sotong
  • Telur Rebus
  • Extra Fooding
  • Buah Segar ( Mangga, Pepaya, Apel, dll)
  • Kuwaci
  • Tauge
  • Sawi

 

5. Proses Perkembangbiakan

Setelah penjodohan berhasil, maka lovebird akan segera bertelur, telur lovebird bisa mencapai 4-5 butir.

Perlu diketahui juga, bahwa jika lovebird sudah bertelur, tidak semua betina mau mengerami telurnya. Dengan ini kamu membutuhkan betina lain yang mau mengerami telurnya agar si betina yang tidak mau mengerami telurnya sehingga menjadi mau.

Cukup dengan mendekatkan sangkarnya saja. Karena Erangan betina yang mengerami telur akan memancing betina lainnya untuk mengerami telurnya juga.

 

6. Telur Lovebird Menetas

anakan lb

Saat telur sudah menetas, tunggu hingga 14 haru terlebih dahulu, baru bisa dipisahkan dengan indukannya. Atau kamu juga bisa menunggu hingga anakannya keluar dari sarang (glodok).

Ketika dipisahkan dengan induknya, jangan lupa siapkan lampu dengan ukuran 5 watt sebagai penghangat tubuhnya, karena bulunya masih sedikit.

 

7. Pemberian Makanan Bagi Anakan Lovebird

Untuk anakan lovebird pemberian makanan tidak bisa sembarangan makanan dapat diberikan, dan juga harus dibantu dengan cara menyuapinya.

Alatnya bisa menggunakan sendok ataupun bekas suntikan.

Lepas jarum suntuknya dan diganti dengan Karet selang yang lembut, makanan yang bisa diberikan adalah makanan khusus untuk anakan lovebird ataupun pelet burung yang telah diseduh dengan air hangat.

Suapi anakan lovebird ini dengan waktu 4 jam sekali. Berikan perhatian ekstra bagia anakan lovebird tersebut.

 

Cara Ternak Lovebird Koloni Yang Benar

cara ternak lovebird

Selain ternak sistem perpasang atau yang dikenal ternak beterai, kamu juga bisa menerapkan ternak koloni pada burung lovebird.

Mengapa harus koloni??

Karena metode ternak koloni ini bisa membuat burung berkembang lebih cepat, pertumbuhan lebih bagus dan hasilnya juga bagus. Dan ternak koloni ini juga lebih cepat masa perkawinan dan bertelurnya.

Untuk itu hal yang menjadi perhatian penting dalam berternak koloni ini adalah kualitas dari indukan lovebirdnya.

Misal indukan jantan memiliki warna dan tubuh yang bagus, dan betina memiliki suara yang bagus.

Dengan persilangan ini akan menghasilkan anakan lovebird yang bersuara merdu dan fisik yang bagus.

Jangan sekali-sekali mencoba mengawinkan burung lovebird yang belum cukup usianya, karena nanti akan mempengaruhi pada keturunannya, biasanya hasilnya tidak memuaskan, seperti cacat, atau gagal bertelur.

 

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

cara ternak lovebird

Bagaimana sih cara agar burung lovebird ini cepat bertelur?? Karena terkadang burung lovebird akan menghasilkan telur sekitar 1 bulanan setelah masa penjodohan, bagaimana caranya agar dalam waktu 2 minggu atau 20 hari sudah dapat menghasilkan telur??

Rahasianya adalah degan menambahkan lampu spektrum yang memiliki fungsi sebagai pengganti matahari.

Ini akan menjaga kestabilan suhu didalam kandang burung lovebird kamu.

Jangan terlalu panas, cukup menggunakan lampu yang dapat memberikan suhu sekitar 20 derajat celcius atau 5500 kelvin. Dan jangan terlalu sering juga, berikan istirahat pada burung sekitar 10 jam perhari.

Agar cepat bertelur kamu juga bisa membuat pancingan dengan menempatkan indukan lainnya, sehingga memicu gairah berkembang biak lebih cepat dan menghasilkan telur berkualitas.

Tidak lupa pula memberikan beberapa makanan tambahan untuk meningkatkan birahi burung seperti kangkung, taug dan lainnya.

Untuk minuman kamu bisa bersihkan setiap hari, sebiaknya gunakan air yang bersih yang mengalir langsung. Contoh menggunakan air mineral.

Jika hal diatas telah dilakukan dan burung tetap tidak bertelur, mungkin terdapat kendala dan masalah lain seperti: Indukan yang kurang bagus dan tidak sehat, adanya telur infertile, burung memiliki kelainan monomorfik seksual yang mengakibatkan kurang bisa mengenali betina dengan baik.

Atau tempat kandang yang tidak strategis, ramai dari lalu lalang orang, atau bisa juga burung tidak berjodoh, dan ingin ganti pasangan.

 

Memang ada banyak sekali cara cara ternak lovebird untuk mendapatkan hasil yang unggul dan bagus, Silahkan gunakan teknik yang menurut kamu mudah dan menguntungkan.

Itulah beberapa cara untuk berternak burung lovebird yang bisa digunakan bahkan untuk pemula.

Semoga Bermanfaat.

About author

“Semangatlah dalam hal yang bermanfaat untukmu, minta tolonglah pada Allah, dan jangan malas (patah semangat).”
Related posts
BurungBurung Parkit

Makanan Burung Parkit Yang Baik

Burung

Cara Membuat Egg Food

BurungBurung Parkit

Mengenal Parkit Rosella

BurungBurung Parkit

Pertanyaan dan Jawaban Seputar Burung Parkit 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *