Cara Merawat Kucing Kampung

Cara Merawat Kucing Kampung – Kucing kampung merupakan salah satu hewan yang cocok untuk dijadikan peliharaan. Kucing kampung tidak kalah lucu dengan kucing ras yang terkenal seperti anggora, persia, maine coon, peaknose dan lainnya.

Baca : Jenis Kucing Kampung Lucu Yang Cocok Di Pelihara

Selain kucing kampung juga termasuk kucing yang lucu, mereka juga sebagai pembasmi hama alami. Kucing kampung senang sekali berburu tikus.

Ini merupakan suatu keuntungan, karena tikus-tikus yang mengganggu dan membahayakan kesehatan bisa dikurangi dengan adanya kucing kampung.

Tidak seperti kucing ras, kucing kampung tidak akan dicuri, jadi buat kalian yang memelihara kucing kampung akan sedikit lebih tenang meskipun kucingnya tidak di beri kandang, atau bermain jauh.

Kucing kampung tetap akan kembali kerumah.

Karena itu, karena kucing kampung adalah hewan yang aktif dan energik maka untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri si kucing, sebagai pemilik harus bisa merawat kucingnya dengan baik.

Apa caranya ?

Cara Merawat Kucing Kampung Agar Selalu Sehat dan Bersih

1. Jaga Kebersihan Tubuh Kucing Kampung

cara merawat kucing kampung

Untuk menjaga kebersihan tubuh kucing maka sebagai pemilik minimal harus memandikan si kucing 1 minggu sekali, lebih bagus lagi 2 kali dalam seminggu, karena kucing kampung lebih suka memanjat, mengguling di tanah dan pergi keluar rumah.

Perlu diketahui juga memandikan kucing dengan rutin dan teratur akan membuat si kucing memahami pemilik kucing, ini merupakan tanda sayang kepada si kucing, dan memandikan kucing juga akan membuat bulu kucing lebih terawat dan lembut.

2. Perhatikan Kwalitas Makanan Untuk Si Kucing

cara merawat kucing kampung

Makanan merupakan faktor penting untuk kucing beraktivitas, sama halnya dengan manusia yang membutuhkan asupan gizi, kucing kampung pun demikian.

Maka sebaiknya beri makanan yang mengandung protein yang baik untuk kucing. Apakah harus beli di petshop ?

Tidak tentunya, karena kucing kampung tidak serewel kucing ras, namun perlu di ingat perut kucing kurang mampu untuk mencerna makanan yang mengandung pengawet dan pewarna.

Jadi berikannlah kucing dengan makanan seperti ikan, daging ayam, telur, tempe, nasi, dan lainya.

3. Perhatikan Minuman Untuk Kucing Kampung

cara merawat kucing kampung

Kucing merupakan hewan, selain membutuhkan makan ia juga membutuhkan minum. Jadi perhatikan minuman yang cocok untuk tubuh kucing.

Kucing menyukai susu, namun ingat jangan sekali sekali memberikan susu sapi untuk minuman kucing mu. Semua jenis kucing akan muntah ketika meminum susu sapi, karena perut kucing kurang mampu pencerna protein pada susu sapi.

Jika tidak ada susu maka bisa memberikan air putih. Ini jauh lebih baik dari pada susu sapi.

4. Cara Merawata Kucing Kampung Dengan Selalu Cek Kondisi Kesehatan Si Kucing

cara merawat kucing kampung

Kucing kampung adalah hewan peliharaan yang super aktif, dan tidak mengenal waktu, kadang malam keluar pagi baru pulang, kadang bertengkar dengan kucing lainnya karena memasuki daerah teritorinya, ini menyebabkan kesehatan kucing bisa terganggu mulai dari luka, diare, pincang dan lainnya.

Maka selalu lihat kondisi si kucing, jika ada luka maka segera di obati, untuk mengatasi nya bisa menggunakan obat alami yaitu daun sirih. Daun sirih memiliki manfaat untuk kesehatan hewan.

Baca : Fakta Kucing Kampung

5. Cara Merawat Kucing Kampung: Menjaga Kesehatan Bulu Kucing Dengan Menyisirnya

cara merawat kucing kampung

Untuk menjaga kelembutan dan kelebatan pada bulu kucing, bisa dilakukan dengan cara menyisir bulu kucing secara teratur, karena dengan menyisir ini ternyata membantu si kucing untuk menyebarkan minyak natural yang di produksi oleh si kucing sehingga membuat bulu kucing lebih mengkilat.

Selain itu menyisir juga menjaga agar bulu kucing tidak kusut dan menggumpal.

Selain menyisir kwalitas makanan ternyata mempengaruhi nya. Untuk menjaga agar kondisi bulu kucing tetap indah bisa memberikan makanan kucing dengan kandungan banyak protein dan lemak.

hewan peliharaan lucu

Itulah cara untuk merawat kucing kampung. Agar kucing kampung tetap terlihat indah dan juga tetap sehat. Jika kamu salah satu pemiliki kucing kampung dan ingin menambahkan tips tips yang di miliki, silahkan untuk komentar ya.

Terima kasih.

Pencarian Terkait:

cara merawat kucing
cara merawat kucing rumahan
cara merawat kucing kampung
cara merawat kucing liar
cara merawat kucing dengan baik

Kategori Kucing

Tinggalkan komentar