Makanan Burung Parkit Yang Dilarang

Related Articles




Makanan Burung Parkit Yang Dilarang – Burung Parkit adalah burung pemakan biji-bijian, burung ini sangat menyukai yang namanya milet. Mulai dari Milet merah, Milet putih, biji bijian lain seperti biji bunga matahari, canary seed, dan jagung muda.

Di alam liar burung parkit mencari makanan berupa biji-bijian di sekitar pegunungan, hutan dan bukit. Parkit mencari makan secara koloni, jadi burung parkit akan bergerombol dalam berpindah pindah tempat.

Jika kalian memelihara burung parkit maka sebaiknya berikanlah makanan berupa biji-bijian, sayuran hijau, dan jagung muda atau lainnya yang membuat burung parkit bisa tumbuh secara baik dan sehat.

Kalian bisa membaca jenis makanan burung parkit yang baik pada link di bawah ini.

 

5 Jenis makanan burung parkit yang baik dan menyehatkan

 

Tetapi kalian yang memelihara burung parkit ini harus memperhatikan makanannya dengan baik, karena ada beberapa makanan yang tidak boleh untuk diberikan kepada burung parkit, sebab dapat menyebabkan burung parkit keracunan bahkan berbahaya dan akhirnya mengakibatkan kematian pada burung parkit.

Apa saja sih makanan yang tidak boleh di berikan atau harus di hindari untuk burung parkit ?

 

Makanan Burung Parkit Yang Tidak Boleh Diberikan

1. Coklat

 

Coklat adalah makanan yang mengandung banyak manfaat untuk manusia. tapi tidak untuk burung parkit. Burung parkit yang di berikan coklat akan mempengaruhi kerja sistem pencernaannya. dan secara auto tubuh burung parkit akan memproduksi racun, Gejala yang di timbulkan adalah burung menjadi hiperaktif, kemudian mencret dan muntah-muntah dan memnyebabkan kematian. Proses ini bisa secara langsung ataupun tidak langsung.

 

2. Susu

 

makanan burung parkit

Susu adalah sumber protein, banyak sekali vitamin yang terkandung dalam susu, terutama laktosa , namun parkit adalah salah satu binatang yang tidak bisa mencerna dengan baik zat laktosa. Ini sebabnya jika burung parkit di berikan susu, maka burung parkit akan memproduksi laktosa, dan jika laktosa yang terdapat pada burung parkit lebih dari 10 % maka burung parkit akan membuat bulu burung menjadi rontok, selain itu burung pun menjadi diare.

 

3. Kafein

 

makanan burung parkit

Kafein atau zat yang terkandung dalam biji kopi adalah salah satu zat yang tidak bisa di hindari oleh manusia. Banyak sekali para penggemar minuman kopi saat ini. Namun kafein tidak cocok untuk burung paruh bengkok, termasuk burung parkit. Jika burung parkit di berikan kafein maka ini bisa menyebabkan burung terjangkit penyakit jantung dan juga hiperaktif. Jadi jangan sampai ya diberikan makanan yang mengandung kafein seperti biji kopi.

 

4. Alkohol

 

makanan burung parkit

 

Alkohol adalah zat yang keras dan ini jelas bisa meracuni tubuh burung parkit. Efek samping dari alkohol ini bisa mengakibatkan burung parkit mengalami kematian. Mungkin kita berfikir bahwa kita tidak akan memberikan burung parkit alkohol, namun berhati-hatilah bisa saja kita tidak sadar bahwa makanan atau minuman yang di berikan kepada burung parkit kesayangan mengandung zat alkohol atau pada saat memberikan alkohol pada luka di tubuh burung. Tanpa sengaja burung menelan ketika membersihkan bulunya.

 

5. Jahe

 

gambar jahe

Jahe memang bermanfaat pada tubuh manusia, selain menghangatkan tubuh, jahe juga menjadi obat radang tenggorokan. Tetapi untuk burung jenis paruh bengkok, jahe tidak di anjurkan untuk di berikan karena bisa mengakibatkan gangguan pencernaan yang di akibatkan oleh kandungan gas dalam jahe. sehingga gas tersebut menjadi menumpuk di tubuh burung parkit.

 

6. Alpukat

 

buah alpukat

Alpukat adalah salah satu jenis buah yang tidak boleh di berikan kepada burung jenis paruh bengkok, karena buah alpukat mengandung zat yang tidak cocok di tubuh burung, dan bisa mengakibatkan bahaya pada burung tersebut. Di antaranya adalah burung tidak mau makan karena kehilangan nafsu makannya. Karena burung tidak mau makan maka burung lebih mudah untuk terserang penyakit dan akhirnya mati mendadak.

Yups itulah jenis makanan yang tidak boleh di berikan kepada burung parkit kesayangan. Karena bisa mengakibatkan penyakit pada burung. Jadi selalu perhatikan ya kesehatan dan makanan burung kesayangan mu. Biar bisa terus hidup dengan nyaman.

 

 

Pencarian terkait :

  • makanan parkit
  • makanan parkit australia
  • makanan parkit agar cepat bertelur
  • makanan kesukaan parkit
  • makanan bayi parkit
  • parkit
  • parkit australia
  • harga makanan burung
  • harga pakan burung parkit




More on this topic

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Popular stories

Makanan Sugar Glider

Halloo pecinta sugar glider, kali ini satriahewan akan membahas mengenai makanan sugar glider yang baik dan sehat. Jika anda ingin memelihara atau sudah memiliki...

Tentang Bajing Kelapa

Pernahkah anda mendengar atau melihat bajing kelapa atau tupai kelapa ? jika pernah pasti tidak asing dengan hewan ini. Bajing kelapa adalah jenis mamalia...

Budidaya Hewan

Budidaya hewan adalah suatu bisnis, yang bisa di jalankan dirumah, atau di lahan milik pribadi. Salah satu kelebihan dari berbisnis adalah manajemen waktu yang...