Nutrisi Untuk Kucing Hamil

Kucing adalah hewan yang bisa melahirkan anak nya lebih dari 2 ekor. Kucing merupakan hewan yang lucu, akan lebih senang lagi jika kucing yang dimiliki oleh kita hamil, ini menandakan akan menambah jumlah kucing yang kita miliki.

Peminat kucing sangat banyak sekali, karena hewan ini adalah hewan yang sangat cocok untuk dipelihara, tidak berbahaya untuk anak-anak, sangat penurut, dan lucu.

Perlu di ingat kucing juga membutuhkan asupan nutrisi, apalagi jika kucing sedang dalam masa hamil, nutrisinya pun harus ditambah, agar kucing dan calon anak kucing tetap sehat dan tidak cacat.

Apa saja nutrisi yang di butuhkan ?

Simak Yuk…

Nutrisi Untuk Kucing Hamil 

Nutrisi sangat penting untuk kucing, karena dengan nutrisi ini kucing akan lebih aktif dan lincah sehinggat tetap sehat dan menggemaskan. Diantara nutrisi yang dibutuhkan adalah :

 

1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi bagi tubuh kucing, ini merupakan asupan yang sangat cocok jika kucingmu sedang hamil dan menyusui. Karbohidrat merupakan sumber serat bagi kucing dan juga sebagai pengisi perut agar kenyang.

 

 

2. Protein

 

Kucing membutuhkan sumber protein untuk sumber energi juga, berbagai jenis protein banyak sekali seperti pada daging, ikan, telur, susu dan masih banyak lagi. Untuk kucing yang masih muda protein sangat lah penting, karena dengan banyaknya asupan protein, kucing akan lebih sehat dan aktif.

Kucing bisa mencerna protein dan menghilangkan protein sekitar 5% ketika mereka membuang kotorannya. Hal ini dilakukan agar berat badan kucing tetep stabil.
nutrisi kucing hamil

 

3. Mineral

Mineral di butuhkan oleh tubuh kucing sebagai pembantu pembentukan enzim, keseimbangan PH dan juga sebagai pembantu sirkulasi oksigen. Beberapa kandungan mineral yang harus dipenuhi untuk tubuh kucing adalah zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, mangan, dan kalium.

 

4. Lemak

Kucing sangat membutuhkan nutrisi lemak hal ini karena lemak berfungsi untuk menjaga bulu dan kulit si kucing tetap sehat dan tidak rontok. Selain itu lemak juga sebagai sumber energi, setidaknya kucing membutuhkan lemak sekitar 9% dalam makanannya. Namun jangan sampai berlebihan karena bisa mengakibatkan kucing terserang penyakit seperti diabetes, jantung dan masih banyak lagi. kucing membutuhkan lemak seperti Omega 3 dan lemak arakidonat. Inilah zat yang membuat kucing tetap cantik dan indah bulunya.
nutrisi kucing hamil

 

5. Vitamin

Kucing membutuhkan vitamin karena sebagai metabolisme untuk tubuh dan juga sebagai pembantu pertumbuhan perkembangan kucing. Diantara vitamin yang dibutuhkan ada 2 tipe yaitu vitamin larut air dan dan vitamin larut lemak. Vitamin larut air antara lain adalah vitamin C dan vitamin B komplek. Sedangkan vitamin larut lemak antara lain adalah vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K.

Nah itu adalah jenis nutrisi yang di butuhkan untuk kucing hamil, dan ini di perlukan saat kucing memasuki masa kehamilannya.

Perlu diketahui juga, kucing hanya membutuhkan sedikit air saja, guna air ini adalah sebagai pencegah bulu menjadi kusam dan rontok. Jadi setidaknya berikan semangkuk air untuk minuman bagi sikucing. Sehingga kucing tidak akan kekurangan kebutuhan air dalam tubuhnya.

Kategori Kucing

Tinggalkan komentar