Fakta Tentang Kucing

Kamu memelihara kucing ? Pasti tahu kan kucing hewan yang lucu dan imut.

Di dunia juga banyak loh jenis kucing, mulai dari kucing anggora, kucing persia, kucing hutan, kucing maine coon.

Kali ini satria hewan mau berbagi nih fakta-fakta yang ada di diri kucing. Fakta apakah itu ?

Fakta tentang kucing punya cakar ? Pasti sudah jelas

 

Fakta tentang kucing punya taring ? Jelas sudah tahu.

Lalu fakta yang bagaimana ? Fakta yang menarik dong, fakta yang bisa membuat kalian para penyuka jenis kucing ini terkejoet terheran-heran.

Langsung saja yuks…

 

hewan peliharaan kucing

 

Fakta Tentang Kucing

1. Kucing mampu mengenali suasana hati majikannya

 

kucing main

Wah apa iya ? Iya, fakta tentang kucing yang pertama ternyata kucing ini mampu mengenali mana langkah kaki yang gembira dan mana langkah kaki yang sedang sedih ataupun marah.

Coba saja perhatikan jika kamu sedang marah, biasanya kucing akan bertingkah menjauh dari kamu. Atau ketika kamu sedang berbahagia, senang, biasanya kucing akan mendekat ke kamu dengan mengeluskan badannya. Nah ini adalah kemampuan kucing yang belum banyak orang tahu. Ternyata kucing mampu mengenali suasana hati pemiliknya hanya dengan langkah kakinya.

 

2. Kucing suka belajar banyak hal tentang pemiliknya

 

kucing belajar

Tanpa di sadari, fakta tentang kucing selanjutnya yaitu senang sekali memperhatikan gerak gerik kalian dan pura – pura tak acuh ketika kalian memergoki si kucing yang sedang memperhatikan kalian.

Ini karena kucing senang belajar banyak hal tentang majikannya. Hal ini lah yang membantu si kucing cepat memahami dan mudah mengerti akan sifat pemiliknya.

 

3. Kucing selalu memainkan hasil buruannya

 

mainan tikus

Pernah melihat kucingmu saat berhasil mendapatkan mangsanya lalu memainkan nya ?

Kucing memainkan mangsanya karena itu adalah sebuah cara yang di lakukan kucing untuk mendapatkan kesenangan. Karena Kucing selalu menikmati setiap moment keberhasillannya.

 

4. Kucing butuh protein untuk tubuhnya

Tidak hanya manusia yang membutuhkan protein, kucing juga butuh lho. Protein ini digunakan sebagai penunjang pertumbuhan otot agar sehat. Sebagian besar protein akan di salurkan ke pada bagian tubuh kucing seperti rambut, kulit, kuku, dan otot.

Kamu bisa memberikan makanan seperti daging, telur, ikan, biji-bijian, dan ragi untuk menambah asupan protein kucingmu.

 

5. Kucing fokus kepada incaran / mangsanya

Ketika kucing hendak menerkam mangsanya, kucing akan fokus pada satu objek yang di incar.

Kamu bisa melihat posisi tubuh kucing ketika berburu. Tubuh kucing akan merunduk serendah mungkin. Dan dalam kondisi ini kucing akan siap menerkam incarannya entah itu mainan, mangsa ataupun benda.

 

Baca Juga : Jenis Kucing Kampung Lucu

 

6. Kucing meng-ngulet, Ini adalah proses membantu pengeluaran racun di tubuhnya

Ternyata ketika kucing mengulet itu adalah tanda ia sedang mencoba untuk mengeluarkan racun di dalam tubuhnya, Kucing mengulet ini dapat membuat tubuh kucing menjadi lebih nyaman ternyata.

Menurut Peneliti postdoctoral dari Royal Veterinary Collage di London, Andrew Cuff, Membuat sebuah kajian mengenai anatomi pada kucing.

Kucing memiliki durasi antara 12 sampai 16 jam per harinya, dengan artian tidak ada pergerakan yang dilakukan selama jangka waktu tersebut. Hal ini akan berdampak pada penurunan tekanan darahnya, sehingga mengulet akan membantu mengembalikan tekakan darah ke keadaan semula.

 

fakta tentang kucing

Hal ini karena pada saat kucing mengulet, otot-ototnya yang tadinya pasif akan aktif kembali, sehingga tekanan darah pun ikut meningkat dan juga jumlah aliran darah menuju otak dan otot mengalami peningkatan pula. Proses ini lah yang akan membantu kucing kembali bangun dan waspada terhadap lingkungan di sekitarnya dan termasuk ketika berburu makanannya.

Selain itu, mengulet juga dapat membantu kucing membuang racun dan sisa produktivitas tubuh selama tidak terjadi aktivitas.

 

7. Kucing menangis bukan karena sedih

Kamu pernah melihat kucing kesayanganmu mengeluarkan air mata ? atau melihat kucing lain di sosial media ?. Menurut kamu apakah kucing tersebut memang benar-benar sedang menangis ?.

Ada banyak cara kucing menyampaikan emosi kepada orang sekitarnya ataupun ke satu sama lain. Perilaku dan bahasa kucing ini sendiri sebenarnya sudah banyak yang meneliti. Namun ada diantaranya yang sampai saat ini masih diperdebatkan, diantaranya yaitu benarkah kucing bisa menangis ?. Jika bisa apakah ia juga mengeluarkan air mata seperti manusia pada umumnya ?

Seperti dilansir dari Parade Magazine, saat kucing mengeluarkan air mata bukan berarti ia sedang menangis. Kucing memiliki kalenjar air mata yang sama pentingnya seperti pada manusia. Fungsi air mata ini adalah untuk melubrikasi permukaan bola mata dan mengeluarkan kotoran yang masuk ke mata. Tanpa air mata, permukaan bola mata kucing tidak terlindungi kesehatannya.

Jadi saat kucing terlihat menangis, air matanya semata-mata hanyalah respon terhadap cedera atau penyakit yang berkaitan dengan mata mereka. Contohnya seperti mata kering, infeksi mata karena debu, dicakar kucing lain, alergi, konjungtivitis, dan masalah struktur tengkorak – kucing dengan kepala bundar seperti kucing Persia lebih sering mengeluarkan air mata.

Dan ternyata kucing adalah hewan yang memiliki perasaan sedih dan emosi yang tinggi. Jadi bisa disimpulkan bahwa kucing memang mengeluarkan air mata namun bukan karena emosional melainkan karena medis. Jika kamu melihat kucing kesayanganmu mengeluarkan air mata, kamu jangan mengkhawatirkan perasaannya ya cat lovers, tapi perhatikan kesehatannya. Karena bisa jadi ada gangguan pada matanya sehingga ia mengeluarkan air mata.

 

Baca Juga : Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

 

8. Hidung kucing bagaikan sidik jari manusia

Bagian moncong hidung kucing yang tidak ditumbuhi bulu atau nose pad, (biasanya berwarna pink) ternyata memiliki pola seperti sidik jari manusia. Setiap kucing memiliki pola nose pad yang berbeda-beda. Setiap kucing memiliki nose pad yang sangat khas, sehingga kucing tidak akan pernah memiliki sidik hidung yang sama antara kucing yang lainnya.

Jika manusia memiliki sidik jari yang berbeda-beda antara satu sama lain dan tidak akan ada dua manusia dengan sidik jari yang sama, maka kucing memiliki “sidik hidung” yang tidak akan pernah ada yang sama antara satu kucing dengan kucing lainnya.

 

9. Kucing mampu masuk ke lubang yang sangat sempit

Tubuh kucing ini memiliki sifat yang elastis, sehingga kucing mampu masuk kedalam ruangan dengan lubang yang sempit walaupun lubang itu lebih kecil dari tubuhnya.

 

10. Kumis kucing sangat berguna bagi kucing

Kumis kucing merupakan bulu atau rambut dengan karakteristik tertebal yang ada pada kucing.
kumis kucing pun memiliki akar lebih dalam daripada bulu/rambut lain yang ada pada kucing.
kemampuan utama dari kumis ini adalah memberikan informasi sensorik melalui getaran/ gerakan/ perubahan aliran udara yang ada di sekitarnya dengan cepat kepada si kucing tanpa si kucing harus menyentuh objek nya terlebih dahulu.

Kumis kucing pun sangat berguna untuk mendektesi mangsa hingga sebagi sensor terhadap si kucing untuk mendeteksi besar kecilnya satu ruangan sehingga mereka bisa tahu apakah mereka dapat masuk ke satu ruangan tersebut atau tidak.

 

11. pupil mata kucing membesar

jika pupil membesar bisa berarti kucing sedang dalam kondisi ketakutan , ingin tahu, marah atau hanya keadaan ruangan yang gelap dan sedikitnya cahaya yang masuk.

 

12. Mata kucing mengedip lambat dan pupil mengecil

biasanya ini mengartikan bahwa mereka sedang merasa senang atau sedang dalam kondisi enjoy. Namun jika pupil mata kucing mengecil hal ini di indikasikan mereka sedang streess.

 

13. Mata kucing marah

Jika kucing menatap tanpa mengedip, biasanya hal ini dilakukan ketika mereka sedang berusaha mengintimidasi lawannya. Kucing yang memiliki rasa percaya diri tinggi sering melakukan hal ini. dalam kondisi seperti sebaiknya kucing jangan di dekati dulu. biarkan tenang terlebih dahulu.

 

14. Kucing tidur untuk memulihkan energi

Kucing menghabiskan waktu tidur sampai dengan 16jam/hari. Pad kucing yang lebih tua kucing dapat tidur hingga 20/hari. Kebiasaan tidur si kucing merupakan kombinasi dari evolusi, pemenuhan nutrisi dan fisiologis. Di alam bebas , keluarga kucing berburu untuk mendapatkan makanan, dengan itu mereka harus mengintai, mengejar dan membunuh mangsanya. Dengan tidur inilah kucing memulihkan energinya.

 

15. Kucing memiliki indra penciuman yang adiptif

Pada mulut kucing terdapat sebuah lapisan yang bernama vomeronasal, letaknya berada di atap mulutnya. Pada dasarnya organ ini memungkinkan merka untuk merasakan / mencium seacara jelas bau disekitar mereka. Jika anda pernah melihat kucing anda membuka mulutnya (menguap seperi layaknya manusia) Bisa jadi si kucing sedang menggunakan organ tersebut. Respon ini di sebut dengan Flehmen Response. Selain kemampuan tadi, Kucing juga menggunakan hidung mereka untuk mengidentifikasi musuh, pasangan, dan wilayah.

 

16. Kucing tidak sepenuhnya tidur pulas

kucing tidak sepenuhnya tidur dengan pulas. 3/4 hari dihabiskan kucing untuk tidur-tiduran(tidak sepenuhnya tidur) atau bahasa kerennya “snooze mode” sehingga meraka tetap waspada namun bisa beristirahat. Snooze mode ini di tandai dengan mata terbuka sedikit telinga bergerak mengikuti arah datangnya sumber suara/gerakan.

 

17. Kucing bisa terserang penyakit diabetes

Berikut ini merupakan gejala umum dari penyakit diabetes pada kucing:

1. Kucing lebih sering minum
2. Kucing lebih sering buang air
3. Kucing lebih banyak makan
4. Menurunnya berat badan kucing, meskipun ia sudah makan banyak
5. Menurunnya kualitas bulu kucing, sehingga ia terlihat tidak seindah atau se-sehat sebelumnya.

 

tentang kucing

Ketika anda menemukan gejala gejala tersebut pada kucing anda, segera bawa kucing anda ke dokter hewan terpercaya untuk diperiksa lebih lengkap, agar tau ia mengalami diabetes atau tidak .
Terutama jika kucing anda mengalami kegemukan/sudah tua

 

18. Kucing meneteskan air liur dari mulutnya

Berbeda dengan anjing, kucing tidak memproduksi air liur berlebih. Bila anda menemukan kucing anda meneteskan air liur dari mulutnya, kemungkinan besar kucing anda sedang mengalami kesakitan pada bagian mulut atau giginya. Pada kondisi seperti ini sebaiknya kucing anda segera dibawa ke dokter hewan terpercaya untuk dilakukan pengecekan

 

19. Lidah kucing memiliki duri

Apakah kamu pernah dijilat kucing? Bagaimana rasanya? Lidah kucing itu rasanya kasar seperti amplas dan kering. Itu karena permukaan lidah kucing dilapisi dengan papilla (papillae), yaitu kulit yang kaku yang terbuat dari keratin. Bentuk papilla sendiri seperti bentuk duri yang kecil-kecil.

Lalu apa sih fungsinya ? Berikut adalah fungsi dari Papilla :

1. Menahan makanan terjatuh dari mulut

Ketika ukuran makanan kucing cukup besar maka kucing akan lebih mudah untuk mengambilnya.
Namun ketika ukurannya kecil seperti makanan kering untuk kucing. Maka kucing akan kesulitan. Namun dengan adanya papilla ini makanan tidak akan jatuh lagi karena di tahan okeh papilla. Papilla juga membantu kucing dalam memarut daging dan tulang mangsanya.

 

tentang kucing

2. Menyisir Bulu

Maka kita sering melihat kucing menjilati bulunya segera setelah makan, karena
terdapat sisa makanan di bulunya. Sebenarnya kucing sedang menyisir bulunya
dengan menggunakan papilla. Tujuannya untuk menjatuhkan sisa makanan dari
bulunya. Selain untuk kesehatan, membersihkan sisa makanan dan kotoran itu
bertujuan untuk menghilangkan jejak pada predator.

3. Menyikat Kulit

Menjilati bulu kadang dilakukan untuk menyikat kulit. Dengan batuan air liur dan papilla, Kucing akan mudah membuang kulitnya yang mati, kuman yang mengganggu dan bakteri-bakteri yang menempel dengan cara merontokkannya. Menyikat kulit juga membantu kucing menyebarkan minyak tubuh dan meningkat
peredaran darah pada kulit.

4. Menahan Air

Kucing meminum air dengan cara menjulurkan lidahnya kedalam air, kemudian air akan di kepakkan seperti menampar – nampar menggunakan lidahnya. Dengan begitu air akan terpercik dan masuk ke mulut si kucing. Sebelum mulut kucing di tutup, air telebih dahulu di tahan oleh papilla, sehingga air tidak tumpah keluar.

 

20. Kucing merupakan hewan yang sensitif

Pendengaran kucing lebih sensitif dari manusia dan anjing. diketahui batas pendengaran kucing 65 khz sedangkan manusia 20 khz.

kucing memiliki indra penciuman 20-80 jt sel olfactory dibandingkan manusia yang memiliki indera penciuman 5-20 juta olfactory saja. karena penciuman nya yang sensitif inilah yang menjadi alasan mengapa kucing tidak mau buang kotoran di kotak sampah kotor.

Maka dari itu sebagai sang pemilik harus selalu sigap dalam menyediakan sesuatu yang dibutuhkan oleh si kucing seperti kotak pasir yang berguna untuk mengubur kotoran kucing. Inilah mengapa kucing disebut sebagai hewan yang suka kebersihan.

 

21. Kucing punya 9 nyawa

Mitos ini sangat populer di kalangan masyarakat, namun ini bukanlah karena kucing punya banyak nyawa.

Kucing mampu mendarat dari ketinggian karena dalam tubuh kucing memiliki sebuah mekanisme dalam bertahan hidup. Dimana ini berfungsi untuk giroskop internal yaitu “refleks meluruskan tubuh di udara.

 

tentang kucing

 

Dalam jangka panjang yang tinggal beberapa cm sebelum terjatuh, kucing akan mendarat kan semua kakinya karena kaki kucing berfungsi sebagai pegas saat berpijak.

 

22. Reproduksi kucing

Kucing jantan matang pada usia 9-12 bulan sedangkan kucing betina akan matang pada usia 6-10 bulan. Kucing dapat melahirkan anak sekitar 2 sampai 6 ekor anakan.

 

23. Kucing hewan yang bersih

Berdasarkan kutipan dari Dr. George Maqshud, Ketua laboratorium Rumah Sakit Hewan Baitharah membuktikan bahwa tidak di temukan kuman apada lidah kucing. Penelitian ini juga membuktikan bahwa kuman di temukan paling banyak terdapat pada anjing bahkan manusia hanya setengah lebih bersih di bandingkan kucing. Alasan mengapa kucing tidak suka pada air karena kucing sadar air merupakan tempat yang subur untuk bakteri terlebih lagi genangan air hujan. Maka kucing kerap tidak suka mandi karena bertujuan menghindari perpindahan bakteri ketubuhnya.

 

24. kucing tidak takut mentimun tetapi respon alami

Menurut Study kasus dari ahli behavioristik dari University of Bristol, Bahwa sebenarnya kucing bukanlah takut terhadap mentimun, melainkan ini adalah respon alami yang dilakukan kucing karena kaget terhadap benda asing.

Bradshaw berpendapat bahwa kucing merasa aneh saat melihat timun yang hanya diam dilantai.

warna timun yang hijau itu mungkin dianggap sebagai ular yang berbahaya bagi kucing. Jadi itulah alasan mengapa kucing takut mentimun.
IFL Science akhirnya turut memberikan pendapat tentang apa yang mebuat kucing takut mentimun. Sebenarnya respon kucing itu bukanlah tanda bahwa kucing takut mentimun

 

25. kucing memiliki kaki yang bisa berlari dengan cepat

beberapa gen kucing bisa mencapai kecepatan sekitar 30 mil per jam (dalam jarak tempuh yang pendek). tetapi semua jenis kucing pasti memiliki 4 kaki yang sangat cepat. Pernah melihat kucing sedang berburu. Kucing akan membuat kuda kuda dengan menyimpuhkan kaki dan menggoyangkan bokongnya, ini adalah cara kucing untuk melompat dan menerkam mangsanya.

Si kucing pun sudah mengukur dan mengira ngira tinggi rendah lompatannya. hingga jauhnya lompatan dimana ia akan mendarat dari lompatannya secara akurat disaat yang bersamaan dari kuda kuda yang telah mereka lakukan.

Nah itulah beberapa fakta tentang kucing yang mungkin belum teman-teman ketahui. Jika teman teman ingin menambahkan lagi bisa kok di tulis di kolom komentar blog.

Terima kasih.

Pencarian dengan kata kunci yang sama :

  • fakta kucing
  • tentang kucing
  • deskripsi tentang kucing
  • fakta tentang kucing
  • mitos tentang kucing
  • informasi tentang kucing
  • penjelasan tentang kucing
  • tentang kucing persia
  • tentang kucing anggora
  • tentang kucing kampung
  • deskripsi tentang kucing secara singkat

Kategori Kucing

Tinggalkan komentar